Pengaruh Motivasi Kerja dan Kepemimpinan Visioner Terhadap Efektivitas Kerja Guru Sekolah Dasar

Authors

  • Rina Rina Universitas Terbuka
  • Taufani C Kurniawan universitas Pendidikan Indonesia
  • Yuyun Elizabeth Patras Universitas Pakuan

DOI:

https://doi.org/10.30605/jsgp.8.1.2025.5583

Keywords:

Pengaruh, Motivasi Kerja, Kepemimpinan Visioner, Efektivitas Kerja, Guru Sekolah Dasar

Abstract

Urgensi dari penelitian ini terletak pada pentingnya peningkatan efektivitas kerja guru sebagai faktor kunci dalam meningkatkan kualitas pendidikan. Efektivitas kerja guru tidak hanya berpengaruh terhadap kualitas pengajaran, tetapi juga mempengaruhi perkembangan dan prestasi siswa. Mengingat tantangan yang dihadapi dunia pendidikan, seperti keterbatasan sumber daya dan perubahan dalam kurikulum, penting untuk memahami faktor-faktor yang dapat meningkatkan kinerja guru, khususnya motivasi kerja dan kepemimpinan visioner. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi berbagai upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan efektivitas kerja guru dengan menelaah keterkaitannya dengan motivasi kerja dan kepemimpinan visioner. Populasi penelitian mencakup 140 guru PNS, dengan sampel sebanyak 104 guru yang dipilih menggunakan rumus Yamane dengan tingkat toleransi kesalahan sebesar 5%. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner, sementara analisis data menggunakan pendekatan statistik deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian mengungkapkan adanya tiga hubungan yang positif dan signifikan. Pertama, motivasi kerja memiliki hubungan positif dan signifikan dengan efektivitas kerja guru, dengan koefisien korelasi sebesar 0,63. Kedua, kepemimpinan visioner juga menunjukkan hubungan positif dan signifikan terhadap efektivitas kerja guru, dengan koefisien korelasi sebesar 0,48. Ketiga, secara simultan, motivasi kerja dan kepemimpinan visioner berhubungan secara positif dan signifikan dengan efektivitas kerja guru, dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,696

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adi, Y., & Irwan, A. (2023). Pengaruh Motivasi Kerja Budaya Organisasi Dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar Di Kecamatan Malunda Provinsi Sulawesi Barat. Jurnal Online Manajemen ELPEI, 3(1), 437-452. https://doi.org/10.58191/jomel.v3i1.116

Amin, M. A. S. (2022). Perilaku Komunikasi Dan Motivasi Kerja Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Dan Tenaga Kependidikan Di Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(2), 511-519. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i2.2256

Baharuddin, R. (2021). Pengaruh Kemampuan Guru, Lingkungan Kerja, Motivasi Guru Dan Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Efektivitas Pengelolaan Sd Negeri Di Kecamatan Sendana Kabupaten Majene. Jurnal Bisnis dan Kewirausahaan, 10(4), 339-354. https://doi.org/10.37476/jbk.v10i4.3167

Daris, K., Dongoran, F. R., & Aktar, S. (2024). Pengaruh Kepemimpinan Transformasional, Optimis Akademik, Dan Motivasi Kerja Guru Terhadap Efektivitas Sekolah Di Perguruan Kristen Methodist Indonesia Kecamatan Lubuk Pakam Kabupaten Deli Serdang. EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial, 10(1). https://doi.org/10.30596/edutech.v10i1.19256

Fransiska, W., Harapan, E., & Tahrun, T. (2020). Pengaruh Kepemimpinan Visioner Kepala Sekolah dan Disiplin Guru terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar. Journal of Education Research, 1(3), 308-316. https://doi.org/10.37985/jer.v1i3.37

Irwana, A. (2015). Kepemimpinan visioner kepala sekolah dan kinerja guru terhadap efektivitas sekolah di sekolah dasar. Jurnal administrasi pendidikan, 12(2). https://doi.org/10.17509/jap.v22i2.5392

Kusumawati, E. (2023). Efektivitas kerja guru. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(3), 1487-1492. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i3.1578

Laia, S. (2025). Pengaruh Motivasi Terhadap Efektivitas Kerja Pegawai Di Kantor Camat Hilimegai Kabupaten Nias Selatan. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Nias Selatan, 8(1), 234-245. https://doi.org/10.57094/jim.v8i1.1495

Misrina, M., Suroyo, S., & Tatminingsih, S. (2022). Pengaruh Personalitas, Motivasi Kerja Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Guru SD Kecamatan Bukit Raya Kota Pekanbaru. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8(1), 165-178. http://dx.doi.org/10.37905/aksara.8.1.165-178.2022

Mustika, Z., & Syamsuddin, N. (2022). Pengaruh motivasi kerja dan kepuasan kerja terhadap kinerja guru sd negeri di banda aceh. Pionir: Jurnal Pendidikan, 11(2). http://dx.doi.org/10.22373/pjp.v11i2.13508

Patmawati, P., Suriansyah, A., & Basuki, S. (2025). Hubungan Etos Kerja, Komitmen Kerja dan Motivasi Berprestasi dengan Kinerja Guru SMA Negeri di Kota Banjarbaru. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 8(1), 94-111. https://doi.org/10.30605/jsgp.8.1.2025.5159

Permananingsih, E. Y. (2022). Komunikasi Interpersonal Dan Motivasi Kerja Guru Serta Dampaknya Terhadap Efektivitas Proses Pembelajaran. Edum Journal, 5(2), 141-159. https://doi.org/10.31943/edumjournal.v5i2.119

Prasetya, A. B. (2021). Pengaruh Motivasi Kerja, Stres Kerja dan Kepuasan Kerja Guru Milenial terhadap Turnover. Jurnal Syntax Fusion, 1(10), 1025-1038. https://doi.org/10.54543/fusion.v1i10.68

Ratmini, N. A., Natajaya, I. N., & Sunu, I. G. K. A. (2019). Kontribusi Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah, Komitmen Organisasi, Iklim Kerja dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru SMP Negeri 2 Singaraja. Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia, 10(2), 91-100. https://doi.org/10.23887/japi.v10i2.2795

Sebayang, S., & Rajagukguk, T. (2019). Pengaruh pendidikan, pelatihan dan motivasi kerja terhadap kinerja guru di sd dan smp swasta budi murni 3 medan. Jurnal Ilmu Manajemen METHONOMIX, 2(2), 105-114.

Sedarmayanti, S., & Safer, G. Y. (2016). Pengaruh Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar di Gugus Satu Desa Neglawangi Kecamatan Kertasari Kabupaten Bandung. Jurnal Ilmu Administrasi: Media Pengembangan Ilmu Dan Praktek Administrasi, 13(3), 501-524.

Sumarsih, S. (2017). Pengaruh Motivasi Kerja Dan Kompetensi Profesionalterhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar Di Kecamatan Cikarang Utara, Kabupaten Bekasi. Jurnal Pendidikan Dasar UNJ, 7(2), 361-374. https://doi.org/10.21009/JPD.072.13

Suyanto, W., & Samidjo, S. (2016). Pengaruh manajemen kepala sekolah, profesionalisme guru, dan motivasi berprestasi terhadap efektivitas kerja guru sekolah dasar di Kecamatan Kledung Kabupaten Temanggung. Wiyata Dharma: Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 4(1), 54-62. https://doi.org/10.30738/wd.v4i1.2259

Umami, S., Lian, B., & Missriani, M. (2021). Pengaruh Kepemimpinan Dan Motivasi Kerja Guru Terhadap Disiplin Kerja. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan), 6(1), 52-66. https://doi.org/10.31851/jmksp.v6i1.3961

Wibawani, D. T., Wiyono, B. B., & Benty, D. D. N. (2019). Kepemimpinan visioner kepala sekolah sebagai pemimpin perubahan dalam peningkatan mutu pendidikan. JAMP: Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan, 2(4), 181-187.

Windiawan, W., Hartinah, S., & Habibi, B. (2024). Pengaruh Kepemimpinan Transformasional dan Motivasi Kerja Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru di SD. Journal of Education Research, 5(3), 2892-2903. https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1387

Published

2025-03-27

How to Cite

Rina, R., Taufani C Kurniawan, & Yuyun Elizabeth Patras. (2025). Pengaruh Motivasi Kerja dan Kepemimpinan Visioner Terhadap Efektivitas Kerja Guru Sekolah Dasar. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 8(1), 287–299. https://doi.org/10.30605/jsgp.8.1.2025.5583

Issue

Section

Regular Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.