Pengaruh Motivasi Kerja dan Kepemimpinan Visioner Terhadap Efektivitas Kerja Guru Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.30605/jsgp.8.1.2025.5583Keywords:
Pengaruh, Motivasi Kerja, Kepemimpinan Visioner, Efektivitas Kerja, Guru Sekolah DasarAbstract
Urgensi dari penelitian ini terletak pada pentingnya peningkatan efektivitas kerja guru sebagai faktor kunci dalam meningkatkan kualitas pendidikan. Efektivitas kerja guru tidak hanya berpengaruh terhadap kualitas pengajaran, tetapi juga mempengaruhi perkembangan dan prestasi siswa. Mengingat tantangan yang dihadapi dunia pendidikan, seperti keterbatasan sumber daya dan perubahan dalam kurikulum, penting untuk memahami faktor-faktor yang dapat meningkatkan kinerja guru, khususnya motivasi kerja dan kepemimpinan visioner. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi berbagai upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan efektivitas kerja guru dengan menelaah keterkaitannya dengan motivasi kerja dan kepemimpinan visioner. Populasi penelitian mencakup 140 guru PNS, dengan sampel sebanyak 104 guru yang dipilih menggunakan rumus Yamane dengan tingkat toleransi kesalahan sebesar 5%. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner, sementara analisis data menggunakan pendekatan statistik deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian mengungkapkan adanya tiga hubungan yang positif dan signifikan. Pertama, motivasi kerja memiliki hubungan positif dan signifikan dengan efektivitas kerja guru, dengan koefisien korelasi sebesar 0,63. Kedua, kepemimpinan visioner juga menunjukkan hubungan positif dan signifikan terhadap efektivitas kerja guru, dengan koefisien korelasi sebesar 0,48. Ketiga, secara simultan, motivasi kerja dan kepemimpinan visioner berhubungan secara positif dan signifikan dengan efektivitas kerja guru, dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,696
Downloads
References
Adi, Y., & Irwan, A. (2023). Pengaruh Motivasi Kerja Budaya Organisasi Dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar Di Kecamatan Malunda Provinsi Sulawesi Barat. Jurnal Online Manajemen ELPEI, 3(1), 437-452. https://doi.org/10.58191/jomel.v3i1.116
Amin, M. A. S. (2022). Perilaku Komunikasi Dan Motivasi Kerja Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Dan Tenaga Kependidikan Di Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(2), 511-519. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i2.2256
Baharuddin, R. (2021). Pengaruh Kemampuan Guru, Lingkungan Kerja, Motivasi Guru Dan Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Efektivitas Pengelolaan Sd Negeri Di Kecamatan Sendana Kabupaten Majene. Jurnal Bisnis dan Kewirausahaan, 10(4), 339-354. https://doi.org/10.37476/jbk.v10i4.3167
Daris, K., Dongoran, F. R., & Aktar, S. (2024). Pengaruh Kepemimpinan Transformasional, Optimis Akademik, Dan Motivasi Kerja Guru Terhadap Efektivitas Sekolah Di Perguruan Kristen Methodist Indonesia Kecamatan Lubuk Pakam Kabupaten Deli Serdang. EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial, 10(1). https://doi.org/10.30596/edutech.v10i1.19256
Fransiska, W., Harapan, E., & Tahrun, T. (2020). Pengaruh Kepemimpinan Visioner Kepala Sekolah dan Disiplin Guru terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar. Journal of Education Research, 1(3), 308-316. https://doi.org/10.37985/jer.v1i3.37
Irwana, A. (2015). Kepemimpinan visioner kepala sekolah dan kinerja guru terhadap efektivitas sekolah di sekolah dasar. Jurnal administrasi pendidikan, 12(2). https://doi.org/10.17509/jap.v22i2.5392
Kusumawati, E. (2023). Efektivitas kerja guru. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(3), 1487-1492. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i3.1578
Laia, S. (2025). Pengaruh Motivasi Terhadap Efektivitas Kerja Pegawai Di Kantor Camat Hilimegai Kabupaten Nias Selatan. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Nias Selatan, 8(1), 234-245. https://doi.org/10.57094/jim.v8i1.1495
Misrina, M., Suroyo, S., & Tatminingsih, S. (2022). Pengaruh Personalitas, Motivasi Kerja Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Guru SD Kecamatan Bukit Raya Kota Pekanbaru. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8(1), 165-178. http://dx.doi.org/10.37905/aksara.8.1.165-178.2022
Mustika, Z., & Syamsuddin, N. (2022). Pengaruh motivasi kerja dan kepuasan kerja terhadap kinerja guru sd negeri di banda aceh. Pionir: Jurnal Pendidikan, 11(2). http://dx.doi.org/10.22373/pjp.v11i2.13508
Patmawati, P., Suriansyah, A., & Basuki, S. (2025). Hubungan Etos Kerja, Komitmen Kerja dan Motivasi Berprestasi dengan Kinerja Guru SMA Negeri di Kota Banjarbaru. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 8(1), 94-111. https://doi.org/10.30605/jsgp.8.1.2025.5159
Permananingsih, E. Y. (2022). Komunikasi Interpersonal Dan Motivasi Kerja Guru Serta Dampaknya Terhadap Efektivitas Proses Pembelajaran. Edum Journal, 5(2), 141-159. https://doi.org/10.31943/edumjournal.v5i2.119
Prasetya, A. B. (2021). Pengaruh Motivasi Kerja, Stres Kerja dan Kepuasan Kerja Guru Milenial terhadap Turnover. Jurnal Syntax Fusion, 1(10), 1025-1038. https://doi.org/10.54543/fusion.v1i10.68
Ratmini, N. A., Natajaya, I. N., & Sunu, I. G. K. A. (2019). Kontribusi Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah, Komitmen Organisasi, Iklim Kerja dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru SMP Negeri 2 Singaraja. Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia, 10(2), 91-100. https://doi.org/10.23887/japi.v10i2.2795
Sebayang, S., & Rajagukguk, T. (2019). Pengaruh pendidikan, pelatihan dan motivasi kerja terhadap kinerja guru di sd dan smp swasta budi murni 3 medan. Jurnal Ilmu Manajemen METHONOMIX, 2(2), 105-114.
Sedarmayanti, S., & Safer, G. Y. (2016). Pengaruh Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar di Gugus Satu Desa Neglawangi Kecamatan Kertasari Kabupaten Bandung. Jurnal Ilmu Administrasi: Media Pengembangan Ilmu Dan Praktek Administrasi, 13(3), 501-524.
Sumarsih, S. (2017). Pengaruh Motivasi Kerja Dan Kompetensi Profesionalterhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar Di Kecamatan Cikarang Utara, Kabupaten Bekasi. Jurnal Pendidikan Dasar UNJ, 7(2), 361-374. https://doi.org/10.21009/JPD.072.13
Suyanto, W., & Samidjo, S. (2016). Pengaruh manajemen kepala sekolah, profesionalisme guru, dan motivasi berprestasi terhadap efektivitas kerja guru sekolah dasar di Kecamatan Kledung Kabupaten Temanggung. Wiyata Dharma: Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 4(1), 54-62. https://doi.org/10.30738/wd.v4i1.2259
Umami, S., Lian, B., & Missriani, M. (2021). Pengaruh Kepemimpinan Dan Motivasi Kerja Guru Terhadap Disiplin Kerja. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan), 6(1), 52-66. https://doi.org/10.31851/jmksp.v6i1.3961
Wibawani, D. T., Wiyono, B. B., & Benty, D. D. N. (2019). Kepemimpinan visioner kepala sekolah sebagai pemimpin perubahan dalam peningkatan mutu pendidikan. JAMP: Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan, 2(4), 181-187.
Windiawan, W., Hartinah, S., & Habibi, B. (2024). Pengaruh Kepemimpinan Transformasional dan Motivasi Kerja Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru di SD. Journal of Education Research, 5(3), 2892-2903. https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1387
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with JSGP agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.