Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM) Program Studi Biologi Universitas Nusa Bangsa

Authors

  • Ade Ayu Oksari Universitas Nusa Bangsa
  • Devy Susanty Universitas Nusa Bangsa
  • Gladys Ayu Paramita Kusumah Wardhani Universitas Nusa Bangsa
  • Lany Nurhayati Universitas Nusa Bangsa

DOI:

https://doi.org/10.30605/jsgp.5.1.2022.1556

Keywords:

Analisis, Implementasi Kurikulum, MBKM, Program Studi Biologi

Abstract

Program MBKM merupakan langkah awal untuk menyiapkan mahasiswa yang dapat memenuhi tantangan di dunia kerja. Program studi Biologi Universitas Nusa Bangsa telah melakukan program ini, namun perlu evaluasi mengenai implementasi kurikulum MBKM yang telah berjalan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis implementasi kurikulum MBKM Program Studi Biologi UNB. Penelitian ini menggunakan metode survey terhadap dosen, mahasiswa, tenaga kependidikan dan mitra. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan skala Likert. Kuesioner diberikan dengan menggunakan aplikasi Google Form. Kuesioner penelitian sebelumnya telah di uji validitas dan reliabilitasnya. Data yang telah didapat kemudian diolah. Pengolahan data dimulai dari pengkodean (coding), pemasukan data (data entry), pengecekan ulang (cleaning), dan analisis data. Program MBKM nya sudah terlaksana dengan baik. Namun, Prodi Biologi UNB harus tetap melakukan persiapan di setiap kegiatan yang akan berjalan dan evaluasi setelah kegiatan selesai.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aji, R. H. S., & Putra, M. H. I. (2021). Jurnal Sosial dan Budaya Syar-i. Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I, 8(1), 1–20. https://doi.org/10.15408/sjsbs.v8i6.23821

Baharuddin, M. R. (2021). Adaptasi Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (Fokus: Model MBKM Program Studi). Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 4(1), 195–205. https://www.e-journal.my.id/jsgp/article/view/591

Fuad, T. M. (2021). konsep merdeka belajar kampus merdeka ( MBKM: aplikasinya dalam pendidikan biologi. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 3, 2013–2015.

Haris, H., Muharram, Khaeruddin, Sultan, Suardi, Farid, M., Hasriani, Nur, H., Bakhtiar, Gunawan, S., Arnidah, Yasdin, Rahmatullah, Herman, Majid, A. F., Arwadi, F., Said, M., Nurussyariah, NeuroSci, M., … Akbar, M. (2021). Petunjuk Teknis Penelitian/Riset (1st ed.). Badan Penerbit UNM.

Hidayatullah, S. (2021). Persepsi Mahasiswa Tentang Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Fonema, 4(1), 79–87. https://doi.org/10.25139/fonema.v4i1.3357

Nasik, K., & Setiawan, F. (2020). Model Pembelajaran Mata Kuliah Keislaman Sebagai Langkah Menyikapi. Jurnal Studi Islam, 7(2), 76–87.

Nehe, B. M. (2021). Kampus merdeka dalam menghadapi era revolusi Industri 4.0 di masa pandemi di STKIP Setia Budhi. Prosiding Seminar Nasional Setiabudhi, 1(1), 13–19. https://jurnal.stkipsetiabudhi.ac.id/index.php/prosiding/article/view/18

Puspitasari, R., & Nugroho, R. (2021). Implementasi Kebijakan Merdeka Belajar, Kampus Merdeka FISIP UPN Veteran Jawa Timur. Ilmu Administrasi Negara, 11(2), 276–292.

Rodiyah, R. (2021). Implementasi Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka di Era Digital dalam Menciptakan Karakter Mahasiswa Hukum yang Berkarakter dan Profesional. Seminar Nasional Hukum Universitas Negeri Semarang, 7(2), 425–434. https://doi.org/10.15294/snhunnes.v7i2.737 Implementasi

Siregar, N., Sahirah, R., & Harahap, A. A. (2020). Konsep Kampus Merdeka Belajar di Era Revolusi Industri 4.0. Fitrah: Journal of Islamic Education, 1(1), 141–157. https://doi.org/10.53802/fitrah.v1i1.13

Soeharso, S. Y. (2021). Relevansi Kebijakan MBKM Terhadap Penguatan Pendidikan Karakter Pancasila.

Sopiansyah, D., Masruroh, S., Zaqiah, Q. Y., & Erihadiana, M. (2022). Konsep dan Implementasi Kurikulum MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka ). Reslaj: Religion Education Social Laa Roiba Journal, 4(1), 34–41. https://doi.org/10247476/reslaj.v4i1.458

Susilawati, N. (2021). Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka Dalam Pandangan Filsafat Pendidikan Humanisme. Jurnal Sikola:Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(3), 203–219. https://doi.org/10.24036/sikola.v2i3.108

Suwandi, S. (2020). Pengembangan Kurikulum Program Studi Pendidikan Bahasa (dan Sastra) Indonesia yang Responsif terhadap Kebijakan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka dan Kebutuhan Pembelajaran Abad ke-21. Seminar Nasional Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 1(1), 1–12. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/semiba/article/view/13356

Wulandari, D., Arifin, S., Edy, C., Kusumawardani, S. S., Hertono, G. F., Wastutiningsih, S. P., Soetanto, H., Utama, I. M. S., Syam, N. M., Putra, P. H., & Wijayanti, C. (2021). Program bantuan kerjasama kurikulum dan implementasi merdeka belajar-kampus merdeka. iv17.

Yamin, M., & Syahrir, S. (2020). Pembangunan Pendidikan Merdeka Belajar (Telaah Metode Pembelajaran). Jurnal Ilmiah Mandala Education, 6(1), 126–136. https://doi.org/10.36312 /jime.v6i1.1121.

Published

2022-04-30

How to Cite

Oksari, A. A., Susanty, D., Wardhani, G. A. P. K., & Nurhayati, L. (2022). Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM) Program Studi Biologi Universitas Nusa Bangsa. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 5(1), 78–85. https://doi.org/10.30605/jsgp.5.1.2022.1556

Issue

Section

Regular Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.