Dinamika Pengelolaan Program Merdeka Belajar - Kampus Merdeka Pada Kampus Swasta

Authors

  • Alfikalia Alfikalia Universitas Paramadina
  • Handrix Universitas Paramadina
  • Agustin Widyaningsih Universitas Paramadina

DOI:

https://doi.org/10.30605/jsgp.5.1.2022.1557

Keywords:

Faktor Pendukung, Faktor Penghambat, MBKM, Mahasiswa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan program MBKM untuk mahasiswa serta memberikan rekomendasi terhadap pelaksanaan program MBKM untuk mahasiswa selanjutnya. Penelitian menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data diambil dengan menggunakan metode focus group discussion (FGD) terhadap 13 orang responden yang dibagi dalam tiga sesi FGD yang berbeda, yaitu sesi FGD bersama 2 orang wakil rektor, sesi FGD bersama 3 orang dekan, dan sesi FGD bersama 8 orang ketua program studi. Data yang diambil kemudian dikodekan untuk mendapatkan tema dan alur cerita. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor pendukung pelaksanaan program MBKM bagi mahasiswa adalah adanya inisiatif mahasiswa untuk terlibat, adanya mitra, arahan universitas untuk implementasi OBE yang mendukung MBKM serta dukungan pengelola fakultas dan prodi untuk mekanisme konversi nilai. Faktor penghambat yang diidentifikasi antara lain adalah kurangnya sosialisasi mengenai program, perspektif negatif terhadap program pada sebagian dosen, kurangnya panduan teknis, serta faktor keterbatasan sumber daya. Dari dinamika faktor pendukung dan penghambat dihasilkan beberapa rekomendasi kepada Kemendikbud sebagai regulator dan kepada para pengambil kebijakan di Universitas Paramadina.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Handrix, Universitas Paramadina

Psychology Department

References

Asiah, N. (2021). Implementasi Kebijakan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (Studi Pada Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum Universitas Negeri Makassar). Skripsi. Universitas Negeri Makassar.

Creswell, J. W. (2018). Research Design: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran Edisi Keempat (Terj: Achmad Fawaid & Rianayati Kusmini Pancasari). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Creswell, J. W., & Poth, C. N. (2018). Qualitative Inquiry & Research Design, 4th Ed. USA: SAGE Publications.

Fuadi, T. M. & Aswita, D. (2021). Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM): Bagaimana Penerapan dan Kendala Yang Dihadapi Oleh Perguruan TInggi Swasta di Aceh. Jurnal Dedikasi Pendidikan. Vol. 5 No. 2, hal. 603-614

Kamalia, P. U & Andriansyah,, E. H. (2021). Independent Learning-Independent Campus (MBKM) in Students’ Perception. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di bidang Pendidikan, Pengajaran, dan Pembelajaran, Vol, 7 (4), 857 – 867. doi:https://doi.org/10.33394/jk.v7i4.4031

Kongolo, M. (2019). Management of Higher Education Institutions in Uncertain Times: the perspective of university college. Journal of Social Science Studies. Vol. 6 No. 2 pp. 97-107

Krishna Patria, K. (2021). Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM) Curriculum In English Studies Program: Challenges and Opportunities. ELT in Focus Vol 4 (1), pp. 12-19. doi: 10.35706/eltinfc.v4i1.5267

Mertens, D. M. & Wilson, A. T. (2019). Program Evaluation Theory and Practice, 2nd Ed. New York: The Guilford Press.

Muslikh.(2020). Landasan filosofis dan analisis terhadap kebijakan merdeka belajar dan kampus merdeka. Jurnal Syntax Transformation, 1 (3), 40-46.

Purwanti, E. (2020). Preparing The Implementation of Merdeka Belajar - Kampus Merdeka Policy in Higher Education Institutions. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, volume 518. Proceedings of the 4th International Conference on Sustainable Innovation 2020-Social, Humanity, and Education (ICoSIHESS 2020).

Sharabi, M. (2013). Managing And Improving Service Quality In Higher Education. International Journal Of Quality And Service Sciences, 5(3), 309–320. doi:10.1108/ijqss-03-2013-0016

Sopiansyah, D., Masruroh, S., Zaqiah, Q. Y., Erihadiana, M. (2022). Konsep dan implementasi kurikulum MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka). Religion Education Social Laa Roiba Journal, 4 (1), 34-41.

Susetyo. (2020). Permasalahan Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia FKIP Universitas Bengkulu. Prosiding. Seminar Daring Nasional: Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar.

Riyadi, S., Harimurti, RR. S., & Ikhsan, J. (2022). Dampak Implementasi MBKM terhadap Pengembangan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta Menuju Research Excellence University. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4 (1), 1018-1029.

Rozi, F., Prawijaya, S., & Ratno, S. (2021). Development of Interactive E-Modules Based on Google Docs in Basoc Concepts of Biology Curriculum MBKM UNIMED FIP PGSD Study Program. Advances in Social Science, Education and Humanities Research volume 591, Proceedings of The 6th Annual International Seminar on Transformative Education and Educational Leadership (AISTEEL 2021)

Published

2022-04-30

How to Cite

Alfikalia, A., Haryanto, H. C., & Widyaningsih, A. (2022). Dinamika Pengelolaan Program Merdeka Belajar - Kampus Merdeka Pada Kampus Swasta. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 5(1), 111–123. https://doi.org/10.30605/jsgp.5.1.2022.1557

Issue

Section

Regular Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.