Kajian Literasi Membaca Mahasiswa IAIN Palopo: Studi Penelitian Mixed Methods Research

Authors

  • Nurhasa Satya Putri Institut Agama Islam Negeri Palopo
  • Muhammad Agil Amin Institut Agama Islam Negeri Palopo
  • Fitri Aulia Jamaluddin Institut Agama Islam Negeri Palopo
  • Munalir Munalir Institut Agama Islam Negeri Palopo

DOI:

https://doi.org/10.30605/jsgp.8.1.2025.5651

Keywords:

Kajian, Literasi Membaca, Mahasiswa, Mixed Methods Research

Abstract

Penelitian ini mengkaji literasi membaca mahasiswa di IAIN Palopo. Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya minat baca di Indonesia berdasarkan riset UNESCO dan data world’s most literate nations yang menyatakan Indonesia berada diperingkat 60 dari 61 negara dalam hal kemampuan literasi. Studi ini bertujuan untuk memahami kondisi literasi membaca saat ini, mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi kebiasaan membaca mereka, dan mengeksplorasi solusi potensial untuk peningkatan. Jenis penelitian yang digunakan yakni mixed methods research. Teknik pengumpulan data melalui lembar wawancara terstruktur dan lembar angket respon yang diberikan kepada 22 mahasiswa di perpustakaan IAIN Palopo. Temuan menunjukkan bahwa meskipun beberapa mahasiswa terlibat dalam membaca reguler, sebagian besar berjuang dengan frekuensi membaca karena faktor-faktor seperti kesibukan akademik, masalah eksternal dan kurangnya bahan bacaan yang menarik. Penelitian ini menyoroti pentingnya membentuk program-program peningkatan budaya membaca di kampus dengan menyediakan bahan bacaan yang mudah diakses dan relevan, memupuk lingkungan yang mendukung dan menggabungkan teknologi secara efektif untuk meningkatkan keaktifan membaca mahasiswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afghani, D. R., Prayitno, H. J., Jayanti, E. D., Zsa-ZsaDilla, C. A., Salsabilla, T. A., Saputri, E. D., ... & Siswanto, H. (2022). Budaya Literasi Membaca di Perpustakaan untuk Meningkatkan Kompetensi Holistik bagi Siswa Sekolah Dasar. Buletin KKN Pendidikan, 4(2), 143-152. https://doi.org/10.23917/bkkndik.v4i2.19185

Chairunnisa, C. (2017). Pengaruh Literasi Membaca Dengan Pemahaman Bacaan (Penelitian Survei pada Mahasiswa STKIP Kusumanegara Jakarta). Jurnal Tuturan, 6(1), 745-756. https://doi.org/10.33603/jt.v6i1.1584

Dafit, F., Mustika, D., & Melihayatri, N. (2020). Pengaruh Program Pojok Literasi Terhadap Minat Baca Mahasiswa. Jurnal Basicedu, 4(1), 117-130. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i1.307

Galenso, N., & Hasan, S. M. (2022). Gambaran Literasi Membaca Mahasiswa Tingkat I Prodi D-III Keperawatan Luwuk Kabupaten Banggai. Poltekita: Jurnal Ilmu Kesehatan, 16(3), 409-415. https://doi.org/10.33860/jik.v16i3.1667

Hakim, M. N. (2021). Studi tingkat literasi membaca mahasiswa selama pembelajaran daring. Bahtera Indonesia; Jurnal Penelitian Bahasa dan Sastra Indonesia, 6(1), 77-87. https://doi.org/10.31943/bi.v6i1.112

Hendrayadi, H., Kustati, M., & Sepriyanti, N. (2023). Mixed method research. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 2402-2410. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.21905

Hidayat, R., Romadani, A. T. F., Rahmawati, Y., & Utomo, W. T. (2024). Investigasi Tingkat Literasi Membaca Mahasiswa: Studi Kasus di Perguruan Tinggi Swasta Yogyakarta. Journal of Education Research, 5(4), 6557-6567. https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.1866

Justan, R., Margiono, M., Aziz, A., & Sumiati, S. (2024). Penelitian kombinasi (mixed methods). ULIL ALBAB: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 3(2), 253-263. https://doi.org/10.56799/jim.v3i2.2772

Nasikhatul, L., Sahiruddin, S., & Khasanah, I. (2020). Sosial budaya yang berpengaruh terhadap minat membaca mahasiswa Unmer Malang. Diglossia: Jurnal Kajian Ilmiah Kebahasaan dan Kesusastraan, 11(2), 41-54. https://doi.org/10.26594/diglossia.v11i2.1824

Nudiati, D., & Sudiapermana, E. (2020). Literasi sebagai kecakapan hidup abad 21 pada mahasiswa. Indonesian Journal of Learning Education and Counseling, 3(1), 34-40. https://doi.org/10.31960/ijolec.v3i1.561

Nurhidin, E. (2022). Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Kualitas Literasi Membaca Qur'an Siswa Sekolah Menengah Atas. Edudeena: Journal of Islamic Religious Education, 6(1), 1-11. https://doi.org/10.30762/ed.v6i1.136

Nuriman, S. P. I. (2021). Memahami Metodologi Studi Kasus, Grounded Theory, dan Mixed-Method: Untuk Penelitian Komunikasi, Psikologi, Sosiologi, dan Pendidikan. Prenada Media.

Pardosi, B. Y. A., Manurung, L. M. R., & Firdarianti, R. (2021). Peran mahasiswa sebagai volunteer dalam meningkatkan kualitas literasi di desa 3T. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 7(2), 589-596. http://dx.doi.org/10.37905/aksara.7.2.589-596.2021

Pujiono, S. (2021). Literasi Budaya Mahasiswa Di Era 4.0. Lingua: Jurnal Bahasa dan Sastra, 17(2), 110-120. https://doi.org/10.15294/lingua.v17i2.28426

Saadati, B. A., & Sadli, M. (2019). Analisis pengembangan budaya literasi dalam meningkatkan minat membaca siswa di sekolah dasar. Terampil: Jurnal pendidikan dan pembelajaran Dasar, 6(2), 151-164. https://dx.doi.org/10.24042/terampil.v6i2.4829

Sari, E. D. K., Nur, M., Rosadi, M., & Bahri, S. (2020). Literasi keagamaan mahasiswa di perguruan tinggi keagamaan Islam negeri uin syarif hidayatullah Jakarta. Emanasi: Jurnal Ilmu Keislaman Dan Sosial, 3(1), 21-52.

Septianingrum, A. D., Suhandi, A. M., Putri, F. S., & Prihantini, P. (2022). Peningkatan kompetensi pendidik dalam literasi digital untuk menghadapi tantangan pembelajaran abad 21. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(7), 137-145. https://doi.org/10.5281/zenodo.6555502

Syabaruddin, A., & Imamudin, I. (2022). Implementasi Literasi Digital Di Kalangan Mahasiswa. Jurnal Eduscience, 9(3), 942-950. https://doi.org/10.36987/jes.v9i3.3447

Tahmidaten, L., & Krismanto, W. (2020). Permasalahan budaya membaca di Indonesia (Studi pustaka tentang problematika & solusinya). Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(1), 22-33. https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i1.p22-33

Tasrif, T., & Syaifullah, S. (2022). Literasi Sebagai Praktik Budaya Di Kalangan Pelajar Dan Mahasiswa. Edu Sociata: Jurnal Pendidikan Sosiologi, 5(1), 58-70. https://doi.org/10.33627/es.v5i1.742

Widiyawati, A. T. (2019). Kajian Literasi Media Digital Library Universitas Brawijaya (Studi Kasus pada Mahasiswa Tuna Netra Universitas Brawijaya). Tik Ilmeu: Jurnal Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 3(1), 1-26. https://doi.org/10.29240/tik.v3i1.617

Wulan, N. S., & Fajrussalam, H. (2021). Pengaruh literasi membaca terhadap pemahaman moderasi beragama mahasiswa pgsd. Jurnal Basicedu, 6(1), 372-385. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.1927

Published

2025-04-19

How to Cite

Putri, N. S., Amin, M. A., Jamaluddin, F. A., & Munalir, M. (2025). Kajian Literasi Membaca Mahasiswa IAIN Palopo: Studi Penelitian Mixed Methods Research. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 8(1), 395–406. https://doi.org/10.30605/jsgp.8.1.2025.5651

Issue

Section

Regular Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.