Kajian Literasi Membaca Mahasiswa IAIN Palopo: Studi Penelitian Mixed Methods Research
DOI:
https://doi.org/10.30605/jsgp.8.1.2025.5651Keywords:
Kajian, Literasi Membaca, Mahasiswa, Mixed Methods ResearchAbstract
Penelitian ini mengkaji literasi membaca mahasiswa di IAIN Palopo. Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya minat baca di Indonesia berdasarkan riset UNESCO dan data world’s most literate nations yang menyatakan Indonesia berada diperingkat 60 dari 61 negara dalam hal kemampuan literasi. Studi ini bertujuan untuk memahami kondisi literasi membaca saat ini, mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi kebiasaan membaca mereka, dan mengeksplorasi solusi potensial untuk peningkatan. Jenis penelitian yang digunakan yakni mixed methods research. Teknik pengumpulan data melalui lembar wawancara terstruktur dan lembar angket respon yang diberikan kepada 22 mahasiswa di perpustakaan IAIN Palopo. Temuan menunjukkan bahwa meskipun beberapa mahasiswa terlibat dalam membaca reguler, sebagian besar berjuang dengan frekuensi membaca karena faktor-faktor seperti kesibukan akademik, masalah eksternal dan kurangnya bahan bacaan yang menarik. Penelitian ini menyoroti pentingnya membentuk program-program peningkatan budaya membaca di kampus dengan menyediakan bahan bacaan yang mudah diakses dan relevan, memupuk lingkungan yang mendukung dan menggabungkan teknologi secara efektif untuk meningkatkan keaktifan membaca mahasiswa.
Downloads
References
Afghani, D. R., Prayitno, H. J., Jayanti, E. D., Zsa-ZsaDilla, C. A., Salsabilla, T. A., Saputri, E. D., ... & Siswanto, H. (2022). Budaya Literasi Membaca di Perpustakaan untuk Meningkatkan Kompetensi Holistik bagi Siswa Sekolah Dasar. Buletin KKN Pendidikan, 4(2), 143-152. https://doi.org/10.23917/bkkndik.v4i2.19185
Chairunnisa, C. (2017). Pengaruh Literasi Membaca Dengan Pemahaman Bacaan (Penelitian Survei pada Mahasiswa STKIP Kusumanegara Jakarta). Jurnal Tuturan, 6(1), 745-756. https://doi.org/10.33603/jt.v6i1.1584
Dafit, F., Mustika, D., & Melihayatri, N. (2020). Pengaruh Program Pojok Literasi Terhadap Minat Baca Mahasiswa. Jurnal Basicedu, 4(1), 117-130. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i1.307
Galenso, N., & Hasan, S. M. (2022). Gambaran Literasi Membaca Mahasiswa Tingkat I Prodi D-III Keperawatan Luwuk Kabupaten Banggai. Poltekita: Jurnal Ilmu Kesehatan, 16(3), 409-415. https://doi.org/10.33860/jik.v16i3.1667
Hakim, M. N. (2021). Studi tingkat literasi membaca mahasiswa selama pembelajaran daring. Bahtera Indonesia; Jurnal Penelitian Bahasa dan Sastra Indonesia, 6(1), 77-87. https://doi.org/10.31943/bi.v6i1.112
Hendrayadi, H., Kustati, M., & Sepriyanti, N. (2023). Mixed method research. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 2402-2410. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.21905
Hidayat, R., Romadani, A. T. F., Rahmawati, Y., & Utomo, W. T. (2024). Investigasi Tingkat Literasi Membaca Mahasiswa: Studi Kasus di Perguruan Tinggi Swasta Yogyakarta. Journal of Education Research, 5(4), 6557-6567. https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.1866
Justan, R., Margiono, M., Aziz, A., & Sumiati, S. (2024). Penelitian kombinasi (mixed methods). ULIL ALBAB: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 3(2), 253-263. https://doi.org/10.56799/jim.v3i2.2772
Nasikhatul, L., Sahiruddin, S., & Khasanah, I. (2020). Sosial budaya yang berpengaruh terhadap minat membaca mahasiswa Unmer Malang. Diglossia: Jurnal Kajian Ilmiah Kebahasaan dan Kesusastraan, 11(2), 41-54. https://doi.org/10.26594/diglossia.v11i2.1824
Nudiati, D., & Sudiapermana, E. (2020). Literasi sebagai kecakapan hidup abad 21 pada mahasiswa. Indonesian Journal of Learning Education and Counseling, 3(1), 34-40. https://doi.org/10.31960/ijolec.v3i1.561
Nurhidin, E. (2022). Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Kualitas Literasi Membaca Qur'an Siswa Sekolah Menengah Atas. Edudeena: Journal of Islamic Religious Education, 6(1), 1-11. https://doi.org/10.30762/ed.v6i1.136
Nuriman, S. P. I. (2021). Memahami Metodologi Studi Kasus, Grounded Theory, dan Mixed-Method: Untuk Penelitian Komunikasi, Psikologi, Sosiologi, dan Pendidikan. Prenada Media.
Pardosi, B. Y. A., Manurung, L. M. R., & Firdarianti, R. (2021). Peran mahasiswa sebagai volunteer dalam meningkatkan kualitas literasi di desa 3T. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 7(2), 589-596. http://dx.doi.org/10.37905/aksara.7.2.589-596.2021
Pujiono, S. (2021). Literasi Budaya Mahasiswa Di Era 4.0. Lingua: Jurnal Bahasa dan Sastra, 17(2), 110-120. https://doi.org/10.15294/lingua.v17i2.28426
Saadati, B. A., & Sadli, M. (2019). Analisis pengembangan budaya literasi dalam meningkatkan minat membaca siswa di sekolah dasar. Terampil: Jurnal pendidikan dan pembelajaran Dasar, 6(2), 151-164. https://dx.doi.org/10.24042/terampil.v6i2.4829
Sari, E. D. K., Nur, M., Rosadi, M., & Bahri, S. (2020). Literasi keagamaan mahasiswa di perguruan tinggi keagamaan Islam negeri uin syarif hidayatullah Jakarta. Emanasi: Jurnal Ilmu Keislaman Dan Sosial, 3(1), 21-52.
Septianingrum, A. D., Suhandi, A. M., Putri, F. S., & Prihantini, P. (2022). Peningkatan kompetensi pendidik dalam literasi digital untuk menghadapi tantangan pembelajaran abad 21. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(7), 137-145. https://doi.org/10.5281/zenodo.6555502
Syabaruddin, A., & Imamudin, I. (2022). Implementasi Literasi Digital Di Kalangan Mahasiswa. Jurnal Eduscience, 9(3), 942-950. https://doi.org/10.36987/jes.v9i3.3447
Tahmidaten, L., & Krismanto, W. (2020). Permasalahan budaya membaca di Indonesia (Studi pustaka tentang problematika & solusinya). Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(1), 22-33. https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i1.p22-33
Tasrif, T., & Syaifullah, S. (2022). Literasi Sebagai Praktik Budaya Di Kalangan Pelajar Dan Mahasiswa. Edu Sociata: Jurnal Pendidikan Sosiologi, 5(1), 58-70. https://doi.org/10.33627/es.v5i1.742
Widiyawati, A. T. (2019). Kajian Literasi Media Digital Library Universitas Brawijaya (Studi Kasus pada Mahasiswa Tuna Netra Universitas Brawijaya). Tik Ilmeu: Jurnal Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 3(1), 1-26. https://doi.org/10.29240/tik.v3i1.617
Wulan, N. S., & Fajrussalam, H. (2021). Pengaruh literasi membaca terhadap pemahaman moderasi beragama mahasiswa pgsd. Jurnal Basicedu, 6(1), 372-385. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.1927
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with JSGP agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.