Pengaruh Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi Terhadap Literasi Membaca Peserta Didik Sekolah Dasar

Authors

  • Indriana Viantho Universitas Terbuka
  • Juhana Juhana Universitas Terbuka
  • Sri Dewi Nirmala Universitas Terbuka

DOI:

https://doi.org/10.30605/jsgp.7.2.2024.3732

Keywords:

Pembelajaran Berdiferensiasi, Literasi Membaca, Peserta Didik SD

Abstract

Tujuan dari penelitian yaitu mendeskripsikan pengaruh strategi pembelajaran berdiferensiasi terhadap literasi membaca peserta didik. Penelitian dilakukan pada peserta didik di sekolah kecamatan Parung Kabupaten Bogor sebanyak 30 peserta didik. Variabel independen pada penelitian ini yaitu strategi pembelajaran berdiferensiasi, sedangkan variabel dependen ialah literasi membaca peserta didik. Desain penelitian yaitu desain penelitian kuantitatif untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran berdiferensiasi terhadap peningkatan literasi membaca peserta didik. Data dikumpulkan menggunakan instrumen lembar observasi, kuesioner, wawancara, dan tes tertulis. Analisis data dilakukan dengan teknik seperti analisis deskriptif, uji normalitas, uji homogenitas, dan uji-t. Analisis data dilakukan secara manual dan juga memanfaatkan SPSS 22. Hasil yang diperoleh dari data menunjukkan bahwa pengaruh strategi pembelajaran berdiferensiasi terhadap literasi membaca peserta didik sebesar 0,6983 dengan kategori sedang. Selain itu strategi pembelajaran berdiferensiasi dapat menaikkan tingkat kompetensi peserta didik terbanyak dari level dasar menjadi terbanyak level cakap. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan kalua strategi pembelajaran berdiferensiasi memberikan pengaruh kepada literasi membaca peserta didik

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abidin, Y., Mulyati, T., & Yunansah, H. (2021). Pembelajaran literasi: Strategi meningkatkan kemampuan literasi matematika, sains, membaca, dan menulis. Bumi Aksara.

Aisyah, H., Wiryanto, W., & Muhimmah, H. A. (2023). Konsep Merdeka Belajar dalam Perspektif Teori Belajar Humanistik. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 08(01), 1–8. https://doi.org/10.23969/jp.v8i1.7831

Ambarita, J., SIMANULLANG, M. P. K. P. S., & Adab, P. (2023). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi. Penerbit Adab.

Astutik, F. (2023). Integrasi Model Problem Based Learning pada Pembelajaran Berdiferensiasi di Sekolah Dasar untuk Mewujudkan School Well-Being di Era Merdeka Belajar. Penerbit NEM.

Aziz, S. (2023). Strategi Peningkatan Literasi Digital dalam Pembelajaran PABP dengan Menggunakan Google Dokumen. Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar, 7(3), 857-876. https://doi.org/10.26811/didaktika.v7i3.570

Bungsu, A. P., & Dafit, F. (2021). Pelaksanaan Literasi Membaca di Sekolah Dasar. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 4(3), 522. https://doi.org/10.23887/jp2.v4i3.40796

Emiliani, E. (2023). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Berdasarkan Gaya Belajar Peserta Didik dengan Menggunakan Pendekatan TaRL. Global Journal Teaching Professional, 2(4), 1083-1091. https://doi.org/10.35458/jtp.v2i4.935

Harahap, D. G. S., Nasution, F., Nst, E. S., & Sormin, S. A. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(2), 2089–2098. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2400

Helaluddin, H., & Alamsyah, A. (2019). Kajian Konseptual Tentang Social-Emotional Learning (Sel) Dalam Pembelajaran Bahasa. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 11(1), 1. https://doi.org/10.35445/alishlah.v11i1.123

Hunaida, W. L. (2020). Peningkatan Kompetensi Sosial Emosi Dalam Pembelajaran Tematik. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI, 7(1), 71-85. https://doi.org/10.36835/modeling.v7i1.641

Kurniasih, E. S., & Priyanti, N. (2023). Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Diferensiasi Terhadap Kemampuan Literasi Baca, Tulis Dan Numerasi Pada Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Potensia, 8(2), 398-498. https://doi.org/10.33369/jip.8.2.398-498

Kusumardi, A. (2024). Strategi Pembelajaran Sosial Emosional Dalam Pencegahan Perundungan, Bullying Pada Kurikulum Merdeka. LENTERNAL: Learning and Teaching Journal, 5(1), 10-26. https://doi.org/10.32923/lenternal.v5i1.4161

Lestari, L., Hadarah, H., & Soleha, S. (2023). Implementasi pembelajaran berdiferensiasi dalam meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas tinggi di Sekolah Dasar Negeri 10 Pangkalpinang. EDOIS: International Journal of Islamic Education, 1(02), 49-58. https://doi.org/10.32923/edois.v1i02.3710

Liestari, S. P., & Muhardis, M. (2020). Kemampuan Literasi Membaca Siswa Indonesia (Berdasarkan hasil UN dan PISA). Indonesian Journal of Educational Assessment, 3(1), 24. https://doi.org/10.26499/ijea.v3i1.53

Malawi, I., Tryanasari, D., & Apri Kartikasari, H. S. (2017). Pembelajaran literasi berbasis sastra lokal. Cv. Ae Media Grafika.

Meirisa, S. (2023). Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(3), 3348-3356. https://doi.org/10.31004/innovative.v3i3.2449

Musfiroh, T., & Listyorini, B. (2016). Konstruk kompetensi literasi untuk siswa sekolah dasar. Litera, 15(1). http://dx.doi.org/10.21831/ltr.v15i1.9751

Nurahayu, H., & Guru, S. M. P. N. (2024). Memenuhi Kebutuhan Belajar Peserta Didik melalui Pembelajaran Berdiferensiasi. TATA AKBAR.

Pebriyanti, D. (2023). Pengaruh implementasi pembelajaran berdiferensiasi pada pemenuhan kebutuhan belajar peserta didik tingkat sekolah dasar. Jurnal Kridatama Sains dan Teknologi, 5(01), 89-96. https://doi.org/10.53863/kst.v5i01.692

Pratama, A. (2022). Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi Meningkatkan Kemampuan Literasi Membaca Pemahaman Siswa. Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar, 6(2), 605-626. https://doi.org/10.26811/didaktika.v6i2.545

Putri, N. N. C. A., & Yudiana, K. (2021). Implementasi Model Pembelajaran Induktif Kata Bergambar Berdampak Positif Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Dan Kemampuan Literasi Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 8(3), 150–160. https://doi.org/10.23887/paud.v8i3.34520

Rohim, D. C. (2021). Konsep Asesmen Kompetensi Minimum untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Numerasi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal VARIDIKA, 33(1), 54–62. https://doi.org/10.23917/varidika.v33i1.14993

Saptandari, E. W., Febriani, A., & Kisriyani, A. (2022). Siap Sekolah dari Rumah: Stimulasi Aspek Sosial-Emosional pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 4417–4430. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2002

Shaifudin, A. (2020). Pendekatan Sosio-Emosional Dalam Pembelajaran. EL WAHDAH, 1(1), 15-28. https://doi.org/10.35888/elwahdah.v1i1.4050

Teresia, W. (2021). Asesmen Nasional 2021. Guepedia.

Utari, D., & Muadin, A. (2023). Peranan pembelajaran abad-21 di sekolah dasar dalam mencapai target dan tujuan kurikulum merdeka. Jurnal Pendidikan Islam Al-Ilmi, 6(1), 116-123. https://doi.org/10.32529/al-ilmi.v6i1.2493

Published

2024-08-15

How to Cite

Viantho, I., Juhana, J., & Nirmala, S. D. (2024). Pengaruh Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi Terhadap Literasi Membaca Peserta Didik Sekolah Dasar . Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 7(2), 526–536. https://doi.org/10.30605/jsgp.7.2.2024.3732

Issue

Section

Regular Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.