Pengaruh Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi Terhadap Literasi Membaca Peserta Didik Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.30605/jsgp.7.2.2024.3732Keywords:
Pembelajaran Berdiferensiasi, Literasi Membaca, Peserta Didik SDAbstract
Tujuan dari penelitian yaitu mendeskripsikan pengaruh strategi pembelajaran berdiferensiasi terhadap literasi membaca peserta didik. Penelitian dilakukan pada peserta didik di sekolah kecamatan Parung Kabupaten Bogor sebanyak 30 peserta didik. Variabel independen pada penelitian ini yaitu strategi pembelajaran berdiferensiasi, sedangkan variabel dependen ialah literasi membaca peserta didik. Desain penelitian yaitu desain penelitian kuantitatif untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran berdiferensiasi terhadap peningkatan literasi membaca peserta didik. Data dikumpulkan menggunakan instrumen lembar observasi, kuesioner, wawancara, dan tes tertulis. Analisis data dilakukan dengan teknik seperti analisis deskriptif, uji normalitas, uji homogenitas, dan uji-t. Analisis data dilakukan secara manual dan juga memanfaatkan SPSS 22. Hasil yang diperoleh dari data menunjukkan bahwa pengaruh strategi pembelajaran berdiferensiasi terhadap literasi membaca peserta didik sebesar 0,6983 dengan kategori sedang. Selain itu strategi pembelajaran berdiferensiasi dapat menaikkan tingkat kompetensi peserta didik terbanyak dari level dasar menjadi terbanyak level cakap. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan kalua strategi pembelajaran berdiferensiasi memberikan pengaruh kepada literasi membaca peserta didik
Downloads
References
Abidin, Y., Mulyati, T., & Yunansah, H. (2021). Pembelajaran literasi: Strategi meningkatkan kemampuan literasi matematika, sains, membaca, dan menulis. Bumi Aksara.
Aisyah, H., Wiryanto, W., & Muhimmah, H. A. (2023). Konsep Merdeka Belajar dalam Perspektif Teori Belajar Humanistik. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 08(01), 1–8. https://doi.org/10.23969/jp.v8i1.7831
Ambarita, J., SIMANULLANG, M. P. K. P. S., & Adab, P. (2023). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi. Penerbit Adab.
Astutik, F. (2023). Integrasi Model Problem Based Learning pada Pembelajaran Berdiferensiasi di Sekolah Dasar untuk Mewujudkan School Well-Being di Era Merdeka Belajar. Penerbit NEM.
Aziz, S. (2023). Strategi Peningkatan Literasi Digital dalam Pembelajaran PABP dengan Menggunakan Google Dokumen. Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar, 7(3), 857-876. https://doi.org/10.26811/didaktika.v7i3.570
Bungsu, A. P., & Dafit, F. (2021). Pelaksanaan Literasi Membaca di Sekolah Dasar. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 4(3), 522. https://doi.org/10.23887/jp2.v4i3.40796
Emiliani, E. (2023). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Berdasarkan Gaya Belajar Peserta Didik dengan Menggunakan Pendekatan TaRL. Global Journal Teaching Professional, 2(4), 1083-1091. https://doi.org/10.35458/jtp.v2i4.935
Harahap, D. G. S., Nasution, F., Nst, E. S., & Sormin, S. A. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(2), 2089–2098. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2400
Helaluddin, H., & Alamsyah, A. (2019). Kajian Konseptual Tentang Social-Emotional Learning (Sel) Dalam Pembelajaran Bahasa. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 11(1), 1. https://doi.org/10.35445/alishlah.v11i1.123
Hunaida, W. L. (2020). Peningkatan Kompetensi Sosial Emosi Dalam Pembelajaran Tematik. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI, 7(1), 71-85. https://doi.org/10.36835/modeling.v7i1.641
Kurniasih, E. S., & Priyanti, N. (2023). Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Diferensiasi Terhadap Kemampuan Literasi Baca, Tulis Dan Numerasi Pada Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Potensia, 8(2), 398-498. https://doi.org/10.33369/jip.8.2.398-498
Kusumardi, A. (2024). Strategi Pembelajaran Sosial Emosional Dalam Pencegahan Perundungan, Bullying Pada Kurikulum Merdeka. LENTERNAL: Learning and Teaching Journal, 5(1), 10-26. https://doi.org/10.32923/lenternal.v5i1.4161
Lestari, L., Hadarah, H., & Soleha, S. (2023). Implementasi pembelajaran berdiferensiasi dalam meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas tinggi di Sekolah Dasar Negeri 10 Pangkalpinang. EDOIS: International Journal of Islamic Education, 1(02), 49-58. https://doi.org/10.32923/edois.v1i02.3710
Liestari, S. P., & Muhardis, M. (2020). Kemampuan Literasi Membaca Siswa Indonesia (Berdasarkan hasil UN dan PISA). Indonesian Journal of Educational Assessment, 3(1), 24. https://doi.org/10.26499/ijea.v3i1.53
Malawi, I., Tryanasari, D., & Apri Kartikasari, H. S. (2017). Pembelajaran literasi berbasis sastra lokal. Cv. Ae Media Grafika.
Meirisa, S. (2023). Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(3), 3348-3356. https://doi.org/10.31004/innovative.v3i3.2449
Musfiroh, T., & Listyorini, B. (2016). Konstruk kompetensi literasi untuk siswa sekolah dasar. Litera, 15(1). http://dx.doi.org/10.21831/ltr.v15i1.9751
Nurahayu, H., & Guru, S. M. P. N. (2024). Memenuhi Kebutuhan Belajar Peserta Didik melalui Pembelajaran Berdiferensiasi. TATA AKBAR.
Pebriyanti, D. (2023). Pengaruh implementasi pembelajaran berdiferensiasi pada pemenuhan kebutuhan belajar peserta didik tingkat sekolah dasar. Jurnal Kridatama Sains dan Teknologi, 5(01), 89-96. https://doi.org/10.53863/kst.v5i01.692
Pratama, A. (2022). Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi Meningkatkan Kemampuan Literasi Membaca Pemahaman Siswa. Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar, 6(2), 605-626. https://doi.org/10.26811/didaktika.v6i2.545
Putri, N. N. C. A., & Yudiana, K. (2021). Implementasi Model Pembelajaran Induktif Kata Bergambar Berdampak Positif Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Dan Kemampuan Literasi Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 8(3), 150–160. https://doi.org/10.23887/paud.v8i3.34520
Rohim, D. C. (2021). Konsep Asesmen Kompetensi Minimum untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Numerasi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal VARIDIKA, 33(1), 54–62. https://doi.org/10.23917/varidika.v33i1.14993
Saptandari, E. W., Febriani, A., & Kisriyani, A. (2022). Siap Sekolah dari Rumah: Stimulasi Aspek Sosial-Emosional pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 4417–4430. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2002
Shaifudin, A. (2020). Pendekatan Sosio-Emosional Dalam Pembelajaran. EL WAHDAH, 1(1), 15-28. https://doi.org/10.35888/elwahdah.v1i1.4050
Teresia, W. (2021). Asesmen Nasional 2021. Guepedia.
Utari, D., & Muadin, A. (2023). Peranan pembelajaran abad-21 di sekolah dasar dalam mencapai target dan tujuan kurikulum merdeka. Jurnal Pendidikan Islam Al-Ilmi, 6(1), 116-123. https://doi.org/10.32529/al-ilmi.v6i1.2493
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with JSGP agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.