Eksplorasi Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Berbasis Religius dan Budaya dalam Roman Sitti Nurbaya Karya Marah Rusli

Authors

  • Rere Pahira Nawar Institut Agama Islam Negeri Palopo
  • Sukirman Sukirman Institut Agama Islam Negeri Palopo
  • Asgar Marzuki Institut Agama Islam Negeri Palopo
  • Makmur Makmur Institut Agama Islam Negeri Palopo

DOI:

https://doi.org/10.30605/jsgp.8.2.2025.5857

Keywords:

Eksplorasi, Nilai-Nilai Pendidikan Karakter, Religius, Budaya, Roman Sitti Nurbaya

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya penguatan pendidikan karakter yang berbasis nilai religius dan budaya dalam karya sastra sebagai sarana pendidikan moral dan spiritual. Roman Sitti Nurbaya karya Marah Rusli dipilih karena mengandung nilai-nilai karakter yang relevan dengan konteks sosial dan religius masyarakat Indonesia. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi bentuk nilai-nilai pendidikan karakter religius yang mencakup nilai akidah, akhlak, dan syariah dalam roman tersebut, serta menganalisis hubungan antara nilai budaya dan nilai pendidikan karakter religius yang tergambar dalam narasi dan tokoh-tokohnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian etnografi sastra. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui dokumentasi terhadap teks roman dan literatur pendukung. Instrumen utama penelitian adalah peneliti sendiri, dan keabsahan data dijamin melalui teknik kredibilitas dengan ketekunan serta validasi oleh pakar. Analisis data dilakukan melalui tahap reduksi, interpretasi, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) nilai akidah dalam roman ini mencerminkan unsur rukun iman, seperti keimanan kepada Allah, kitab-kitab-Nya, hari akhir, serta qada dan qadar; (2) nilai akhlak tercermin dalam hubungan manusia dengan Tuhan, diri sendiri, keluarga, dan masyarakat; dan (3) nilai syariah mencakup aspek ibadah, muamalah, munakahat, dan jinayah. Adapun hubungan antara nilai budaya dan religius terlihat dari integrasi sistem budaya matrilineal Minangkabau yang menempatkan perempuan sebagai pendidik utama dalam keluarga dengan ajaran Islam mengenai peran ibu. Penelitian ini memberikan kontribusi dalam pengembangan pendidikan karakter melalui pendekatan sastra. Namun, keterbatasan penelitian terletak pada fokus yang hanya mencakup satu karya sastra. Disarankan penelitian lanjutan membandingkan beberapa karya untuk memperluas cakupan temuan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abidin, Z. (2021). Manajemen Peningkatan Mutu Pendidikan Karakter Berbasis Agama, Budaya, Dan Sosiologi. al-Afkar, Journal For Islamic Studies. https://doi.org/10.31943/afkarjournal.v4i1.167

Ambarwati, A. P., Budiarti, A. R., Laela, N., Haqq, A. Q. A. D., & Makhful, M. (2023). Urgensi pendidikan karakter religius dalam meningkatkan kedisiplinan siswa. Jurnal Pendidikan dan Media Pembelajaran, 1(1), 35-46. https://doi.org/10.61813/jpmp.v0i0.58

Anshari, A., & Juanda, J. (2024). Kajian Sosiologi Sastra Novel Karya Mahfud Ikhwan dan Relevansinya Terhadap Pembelajaran Sastra. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 10(1), 680-690. https://doi.org/10.30605/onoma.v10i1.3007

Anwar, K., & Choeroni, C. (2019). Model Pengembangan Pendidikan Karakter Berbasis Penguatan Budaya Sekolah Religius Di Sma Islam Sultan Agung 3 Semarang. Al-Fikri: Jurnal Studi dan Penelitian Pendidikan Islam, 2(2), 90-101. http://dx.doi.org/10.30659/jspi.v2i2.5155

Arafah, A., Firman, F., & Aswar, N. (2025). Eksplorasi Nilai-Nilai Novel dalam Novel Janji Karya Tere Liye dan Relevansinya terhadap Pendidikan Agama Islam. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Humanis, 5(2), 880-893. https://doi.org/10.37481/jmh.v5i2.1422

Arifuddin, A., & Karim, A. R. (2021). Konsep Pendidikan Islam. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 10(1), 13-22. https://doi.org/10.58230/27454312.76

Atikurrahman, M., Ilma, A. A., Dharma, L. A., Affanda, A. R., Ajizah, I., & Firdaus, R. (2021). Sejarah pemberontakan dalam tiga bab: Modernitas, belasting, dan kolonialisme dalam Sitti nurbaya. SULUK: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Budaya, 3(1), 1-22. https://doi.org/10.15642/suluk.2021.3.1.1-22

Fadilah, M. P., Alim, W. S., Zumrudiana, A., Lestari, I. W., Baidawi, A., Elisanti, A. D., & KM, S. (2021). Pendidikan karakter. Agrapana Media.

Hasan, N. (2016). Model Pembelajaran Berbasis Pondok Pesantren Dalam Membentuk Karakter Siswa Di Pondok Pesantren Raoudhotut Tholibin Rembang Jawa Tengah. Wahana Akademika: Jurnal Studi Islam dan Sosial, 3(2), 92-110. https://doi.org/10.21580/wa.v3i2.1146

Herlina, E. (2017). Kajian strukturalisme dinamik dalam novel Siti Nurbaya karya Marah Rusli. Bahtera Indonesia; Jurnal Penelitian Bahasa dan Sastra Indonesia, 2(2), 27-40.

Ipandang, I., & Syukri, N. H. (2022). Tinjauan Hukum Islam Terhadap Implementasi Peraturan Pemerintah Nomor 60 Tahun 2016 Dalam Penerbitan SIM di Polres Konawe Selatan. Datuk Sulaiman Law Review (DaLRev), 3(1), 15-27. https://doi.org/10.24256/dalrev.v3i1.2579

Iswatiningsih, D. (2019). Penguatan pendidikan karakter berbasis nilai-nilai kearifan lokal di sekolah. Satwika: Kajian Ilmu Budaya Dan Perubahan Sosial, 3(2), 155-164. https://doi.org/10.22219/satwika.v3i2.10244

Mayasari, A., & Arifudin, O. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Nilai Melalui Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Karakter Siswa. Antologi Kajian Multidisiplin Ilmu (Al-Kamil), 1(1), 47-59.

Nurfalah, Y. (2016). Urgensi Nilai-Nilai Pendidikan Karakter. Tribakti: Jurnal Pemikiran Keislaman, 27(1), 170-187. https://doi.org/10.33367/tribakti.v27i1.264

Rahmatiah, R. (2022). Representasi Nilai Karakter dalam Roman Siti Nurbaya Karya Marah Rusli. DEIKTIS: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 2(2), 258-265. https://doi.org/10.53769/deiktis.v2i2.281

Restiyani, A., & Rusdiarti, S. R. (2023). Transformasi Resistensi Perempuan dalam Novel Sitti Nurbaya Karya Marah Rusli ke Serial Musikal Nurbaya. Diglosia: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 6(2), 607-624. https://doi.org/10.30872/diglosia.v6i2.685

Sahruli, A., Widodo, R., & Budiono, B. (2017). Implementasi Pendidikan Karakter Berbasis Budaya Religius. Jurnal Civic Hukum, 2(1), 1-8. https://doi.org/10.22219/jch.v2i1.9898

Setiawan, A. (2019). Sistem Kekerabatan Matrilineal dalam Adat Minangkabau pada Novel Siti Nurbaya: Kasih Tak Sampai Karya Marah Rusli. ALFABETA: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya, 2(1), 92-104. https://doi.org/10.33503/alfabeta.v2i1.1239

Sukirman, S. (2021). Karya sastra media pendidikan karakter bagi peserta didik. Jurnal Konsepsi, 10(1), 17-27.

Tjaraka, A. R., & Tjahjandari, L. (2024). Jejak antikolonial kesusastraan Balai Pustaka dalam novel Sitti Nurbaya: Kasih Tak Sampai. Diglosia: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 7(1), 123-134. https://doi.org/10.30872/diglosia.v7i1.835

Published

2025-06-14

How to Cite

Nawar, R. P., Sukirman, S., Marzuki, A., & Makmur, M. (2025). Eksplorasi Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Berbasis Religius dan Budaya dalam Roman Sitti Nurbaya Karya Marah Rusli. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 8(2), 672–687. https://doi.org/10.30605/jsgp.8.2.2025.5857

Issue

Section

Regular Articles