Efektivitas Metode Pembelajaran Probing Prompting dan Problem Based Learning Pada Topik Sumber Sejarah berdasarkan Motivasi Belajar Siswa Kelas X di SMA Negeri 13 Semarang

Authors

  • Yusril Aditya Wicaksono Universitas Negeri Semarang
  • Atno Atno Universitas Negeri Semarang

DOI:

https://doi.org/10.30605/jsgp.8.2.2025.6546

Keywords:

Metode Pembelajaran, Probing Prompting, Problem Based Learning, Motivasi Belajar Siswa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas dua pendekatan pembelajaran aktif, yaitu Probing Prompting dan Problem Based Learning (PBL), dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada materi sumber sejarah di kelas X SMA Negeri 13 Semarang. Latar belakang penelitian ini berasal dari rendahnya keterlibatan siswa dalam pembelajaran sejarah yang disebabkan oleh metode konvensional yang masih dominan. Dengan menggunakan pendekatan kuantitatif melalui desain kuasi eksperimen kelompok kontrol non ekuivalen, dipilih karena kelas sudah terbentuk secara alami sehingga randomisasi penuh sulit dilakukan, penelitian melibatkan populasi siswa kelas X yang mengambil mata pelajaran sejarah, di mana sampel purposive sebanyak 108 siswa (54 siswa Probing Prompting, 54 siswa PBL) dipilih berdasarkan kriteria nilai rata‑rata di atas Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) dan kesetaraan nilai antar kelas untuk menjamin homogenitas kemampuan akademik. Instrumen berupa kuesioner daring 30 butir skala Likert lima poin (1 = Sangat Tidak Setuju hingga 5 = Sangat Setuju), dengan item positif dan negatif, mengukur tiga indikator motivasi belajar: berpikir kritis, partisipasi aktif, dan refleksi belajar. Pengisian mandiri melalui Google Form berlangsung selama satu minggu, kemudian data ditabulasi di Spreadsheet untuk menghitung frekuensi, persentase, interval, rentang skor, serta skor ideal dan aktual guna menentukan persentase pencapaian tiap variabel. Statistik deskriptif (rata‑rata, median, modus) disajikan dalam tabel distribusi frekuensi, lalu interpretasi naratif memperbandingkan efektivitas kedua metode. Hasil penelitian menunjukkan, kelompok PBL memperoleh skor rata-rata total yang lebih tinggi (108,43) dibandingkan dengan kelompok Probing Prompting (107,85). PBL unggul dalam meningkatkan dimensi berpikir kritis (36,04) dan partisipasi aktif (37,04), sedangkan Probing Prompting menunjukkan keunggulan pada dimensi refleksi belajar (36,09). Temuan ini memperlihatkan, PBL lebih efektif secara menyeluruh dalam meningkatkan motivasi belajar sejarah siswa, sedangkan Probing Prompting memiliki kekuatan dalam pengembangan refleksi dan kesadaran metakognitif. Penelitian ini berkontribusi terhadap pengembangan praktik pembelajaran sejarah berbasis motivasi dan merekomendasikan integrasi kedua pendekatan untuk menciptakan model pembelajaran hibrid yang lebih responsif terhadap kebutuhan siswa abad ke-21.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abraham, I., & Supriyati, Y. (2022). Desain Kuasi Eksperimen Dalam Pendidikan: Literatur. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 8(3). https://doi.org/10.36312/jime.v8i3.3800

Aini, A., Sari, M., & Hutagaol, N. M. (2024). Perbandingan Metode Snowball Throwing Dan Metode Talking Stick Terhadap Hasil Belajar Sejarah Kelas X SMAN 25 Batam. Historia: Jurnal Program Studi Pendidikan Sejarah, 9(2), 95–105. https://doi.org/10.33373/hjpsps.v9i2.7389

Aini, F., Saddam, & Suratmi, S. (2024). Upaya Peningkatan Motivasi Belajar Sejarah Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Siswa Kelas X Fase E SMA. Historis: Jurnal Kajian, Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan Sejarah, 8(2), 1–8. https://doi.org/10.31764/historis.v8i2.22417

All, M. A. A. H., & Bahri, B. (2025). Berpikir Sejarah dalam Pembelajaran Sejarah. Indonesian Journal Of Education, 2(1), 60-69.

Anantasia, G., & Rindrayani, S. R. (2025). Metodologi Penelitian Quasi Eksperimen. Adiba: Journal Of Education, 5(2), 183-192.

Anisah, T., & Carlian, Y. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Probing Prompting untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Madrasah Ibtidaiyah. Al-Aulad: Journal of Islamic Primary Education, 3(2), 98–106. https://doi.org/10.15575/al-aulad.v3i2.9047

Arief, H. S., & Sudin, A. (2016). Meningkatkan Motivasi Belajar Melalui Pendekatan Problem-Based Learning (Pbl). Jurnal Pena Ilmiah, 1(1), 141–150. https://doi.org/10.23819/pi.v1i1.2945

Armanda, H. (2024). Implementasi Pembelajaran Model Problem Based Learning pada Mata Pelajaran Sejarah Indonesia Kelas 10 MA Bustanul Muta’allimin Blitar. SOSIAL: Jurnal Ilmiah Pendidikan IPS, 2(4), 01-12. https://doi.org/10.62383/sosial.v2i4.397

Bahri, A., & Jais, M. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Siswa Kelas Vii Di Smp Negeri 26 Makassar. Didaktik: Jurnal Ilmiah Pgsd Stkip Subang, 10(2), 286-299. https://doi.org/10.36989/didaktik.v10i2.3666

Chasanah, N., Musadad, A. A., & Pelu, M. (2021). Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) dengan Media Video Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Motivasi Belajar Sejarah. Candi: Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah, 21(1), 16-30.

Fatmawati, I. (2025). Transformasi Pembelajaran Sejarah dengan Deep Learning Berbasis Digital untuk Gen Z. Revorma: Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran, 5(1), 25–39. https://doi.org/10.62825/revorma.v5i1.140

Fismariza, W., & Karima, E. M. (2024). The Influence of Learning Motivation on Cognitive Learning Outcomes in History for Phase E Student at SMA Negeri 12 Padang. 4, 707–721. MASALIQ : Jurnal Pendidikan dan Sains, 4(1), 707-721. https://doi.org/10.58578/masaliq.v4i3.3044

Fitriani, Y., & Fatmariza, F. (2022). Manfaat kesadaran sejarah dalam membangun karakter bangsa. JPGI (Jurnal Penelitian Guru Indonesia), 7(2), 278–283. https://doi.org/10.29210/022312jpgi0005

Gani, H. A., & Upu, H. (2025). Student Responses to Learning Models Involving Interpersonal Intelligence. International Journal of Scientific Multidisciplinary Research, 3(5), 767-772. https://doi.org/10.55927/ijsmr.v3i5.267

Hartata, R. (2020). Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Sebagai Upaya Meningkatkan Motivasi Dan Prestasi Belajar Sejarah (Peminatan). Keraton: Journal of History Education and Culture, 1(2).. https://doi.org/10.32585/keraton.v1i2.521

Herdin, M., Robin, A. A., & Andi, A. (2022). Pemanfaatan Museum Tour Virtual Sebagai Sumber Media Pembelajaran Sejarah di Era Digitalisasi. Kalpataru: Jurnal Sejarah Dan Pembelajaran Sejarah, 8(2), 111–118. https://doi.org/10.31851/kalpataru.v8i2.10715

Hidayat, M., Ikhsanudin, M., Kholil, K., & Ridha, A. R. (2025). Penerapan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) dalam Kurikulum Merdeka: Tantangan dan Solusi di Madrasah. Al-Tarbiyah: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 3(1), 198-208.

Juliana, J., Jaya, W. S., & Yustiani, Y. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Probing Prompting Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Sejarah Pada Materi Revolusi Menegakkan Panji-Panji Nkri Siswa Kelas Xi Ips. Palapa: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 3(1), 1-9.

Khairurrozi, K., Suryanti, N. M. N., Wahidah, A., Masyhuri, M., & Hamdi, H. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Probing-Prompting Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sosiologi Kelas XI IPS 1 SMAN 1 Terara. Jurnal Ilmiah Widya Pustaka Pendidikan, 11(2), 1–7.

Kurniawan, S. D., Putra, A. P., & Maryuni, Y. (2025). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Di SMA Negeri 5 Kota Serang. NUSRA : Jurnal Penelitian Dan Ilmu Pendidikan, 6(1), 142–149. https://doi.org/10.55681/nusra.v6i1.3517

Martin, N., & Nurhayati, E. (2024). Efektivitas Model Problem Based Learning (PBL) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Journal of Classroom Action Research, 6(2), 229–442. https://doi.org/10.29303/jcar.v6i2.7170

Meirawati, E. (2020). Pemanfaatan google form sebagai alat evaluasi pembelajaran mata pelajaran pendidikan agama islam di SMKN 2 Palangka Raya (Doctoral dissertation, IAIN Palangka Raya).

Nasir, M. (2016). Efektivitas Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Pada Pelajaran Matematika. Muallimuna, 1(2), 1-19. https://doi.org/10.31602/muallimuna.v1i2.381

Negara, C. P., & Irawan, D. (2024). The The Impact of Problem-Based Learning on Students' Collaboration Skills and Critical Attitudes in History Education. Journal of Science, Learning Process and Instructional Research, 2(3), 34-39.

Nurliyati, S. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Probing Promting Learning Terhadap Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Peserta Didik Kelas Iv Sdn 01 Kali Awi (Doctoral dissertation, Uin Raden Intan Lampung).

Ovartadara, M., Nabar, D., & Fitria, Y. (2022). Pengaruh Model Talking Stick Terhadap Hasil Belajar Ips Siswa. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 8(2), 1888–1895. https://doi.org/10.36989/didaktik.v8i2.492

Pratiwi, I. R. (2021). Metode Tanya Jawab dan Berkisah sebagai Alternatif dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa (Studi Kasus di Madrasah Diniyah Nurul Huda Tambakbayan Ponorogo) (Doctoral dissertation, IAIN Ponorogo).

Priadana, M. S., & Sunarsi, D. (2021). Metode penelitian kuantitatif. Pascal Books.

Purnamasari, I., & Fithriani, R. (2024). Promoting Indonesian EFL Students’critical Thinking Skills through Reflective Learning. JP (Jurnal Pendidikan): Teori Dan Praktik, 9(1), 1–9. https://doi.org/10.26740/jp.v9n1.p1-9

Purwaningrum, S., Khoiroh, L., & Fani’mah, S. (2024). Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa pada Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Allimna: Jurnal Pendidikan Profesi Guru, 3(01), 36–48. https://doi.org/10.30762/allimna.v3i01.2709

Purwanto, A., Soedarmo, R., & Suryana, A. (2021). Model Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Pebelajaran Sejarah Untuk Meningkatkan Karakter Siswa Di Kelas X SMA Negeri 3 Banjar. J-KIP (Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan), 2(2), 39-46. https://doi.org/10.25157/j-kip.v2i2.5288

Rahmaniah, R., Rahim, A. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Probing-Prompting Terhadap Hasil Belajar Sejarah Siswa Kelas X SMA Negeri 9 Tanjung Jabung Timur. FKIP Universitas Batanghari Jambi, 5(2). https://doi.org/10.33087/istoria.v5i2.114

Renner, B., Prilla, M., Cress, U., & Kimmerle, J. (2016). Effects of prompting in reflective learning tools: Findings from experimental field, lab, and online studies. Frontiers in psychology, 7, 820. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2016.00820

Rohma, F. A., & Purwaningsih, S. M. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Problem Solving Siswa Pada Mata Pembelajaran Sejarah Kelas XI SMA Negeri 1 Cerme. AVATARA, 15(4), 1–9.

Rosida, A., Widyasari, R., Prasetiyo, T. H., & Yudiana, I. K. (2025). Analysis Of Student Learning Motivation In History Subjects In The Independent Curriculum at SMKN 1 Banyuwangi. SANTHET: Jurnal Sejarah, Pendidikan Dan Humaniora, 9(2), 701–711. https://doi.org/10.36526/js.v3i2.4975

Rusnawati, R. (2023). Penggunaan Model Pembelajaran Probing Prompting dalam Aktivitas Belajar Peserta Didik. AZKIA: Jurnal Aktualisasi Pendidikan Islam, 18(1), 57-68.

Samudra, H. P., & Karima, E. M. (2025). Analisis Motivasi Belajar Siswa Terhadap Pembelajaran Sejarah di SMA Negeri 1 Sungai Penuh. Jurnal Pendidikan Tambusai, 9, 4785–4791.

Sanur, I. S., Ridha, M. . R., & Bustan. (2020). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Sejarah Melalui Model Pembelajaran Probing-Prompting pada Siswa Kelas X IPS 3 SMA Negeri 4 Makassar. Attoriolog Jurnal Pemikiran Kesejarahan Dan Pendidikan Sejarah, 18(1), 85–93.

Saputra, R., & Safitri, S. (2024). Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Sejarah Siswa Kelas XI di SMA Bina Warga 1 Palembang. Jurnal Inovasi Pembelajaran Di Sekolah, 5(2), 455–461. https://doi.org/10.51874/jips.v5i2.291

Setiawan, A. (2021). Efektivitas Penggunaan Model Pembelajaran Probing-Prompting Terhadap Hasil Belajar Siswa Tema Lingkungan Sahabat Kita Di Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 7(1), 1-16. https://doi.org/10.29407/jpdn.v7i1.15963

Sriyanto, S. (2019). Penerapan Model Problem Based Learning Dalam Pembelajaran Sejarah Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Nilai-Nilai Kearifan Lokal Pada Peserta Didik Kelas XI TB 1 SMK Negeri 1 Bancak Kabupaten Semarang. Jurnal Artefak, 3(1), 17-28. https://doi.org/10.25157/ja.v3i1.1106

Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. In Bandung: CV Alfabeta.

Suhaeni, F., Sumaryoto, S., & Permana, R. (2024). Pengaruh Motivasi dan Kebiasaan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Sejarah Indonesia (Survey Pada SMA Negeri di Kabupaten Tangerang). Herodotus: Jurnal Pendidikan IPS, 7(3), 366-377. https://doi.org/10.30998/herodotus.v7i3.10910

Sumardin, O. Henri.(2024). Pentingnya pendidikan sejarah dalam pembentukan identitas bangsa. Gudang Jurnal Multidisiplin Ilmu, 2(12), 27-33. https://doi.org/10.59435/gjmi.v2i12.415

Sumaryanto, S., Leksono, I. P., & Rohman, U. (2024). Pengaruh Model Problem Based Learning Versus Direct Learning dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Sejarah Siswa SMA Kelas XI. Jurnal Pendidikan: Riset dan Konseptual, 8(3), 568-581. https://doi.org/10.28926/riset_konseptual.v8i3.1004

Supardi, S., Bahari, Y., & Suratman, D. (2024). Increasing Interest and Learning Outcomes in Sociology with the Problem Based Learning Model (PBL) Learning Model for Class X IPS Students at SMA Negeri 1 Kuala Behe. Jurnal Pendidikan Sosiologi dan Humaniora, 15(1), 49-59. https://doi.org/10.26418/j-psh.v15i1.76216

Susilo, A., & Hanika, S. A. (2021). Hubungan semangat belajar sejarah dengan hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri 5 Lubuklinggau. Jurnal Pendidikan IPS, 11(2), 95-100. https://doi.org/10.37630/jpi.v11i2.511

Susilo, A., & Sustianingsih, I. M. (2021). Student learning style in high school history learning process towards achievement improvement. Edukasi, 15(2), 101-109. https://doi.org/10.15294/edukasi.v15i2.30039

Umar, Y. (2024). Pengaruh Metode Problem-Based Learning Berbasis Diskusi Kelompok terhadap Sikap Kolaboratif Siswa dalam Pembelajaran Sejarah di Kelas XI SMA Negeri 18 Makassar. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Pembelajaran, 6(3), 522–530.

Wilujeng, N. T., Widodo, J. P., & Wibowo, S. (2025). Planning, Implementation, and Evaluation of Problem-Based Learning in Improving Students’ Critical Thinking Skills on History Subjects. Santhet (Jurnal Sejarah Pendidikan Dan Humaniora), 9(2), 441–449. https://doi.org/10.36526/santhet.v9i2.4136

Wulandari, D. S., Suryanti, N. M. N., Nursaptini, & Wahidah, A. (2024). Penerapan Probing Prompting Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Berpikir Kritis Siswa Kelas XII IPS 3 SMAN 1 Gunungsari. Jurnal Teknologi Pendidikan : Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pembelajaran, 1–7.

Wulandari, M., Elisabeth, A., Cerdikusman, C., Saputra, S., & Chantika, W. (2022). Efktivitas Penggunaan Google Form Sebagai Media Penilaian Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Tik. Jurnal Ilmiah Teknik Informatika Dan Komunikasi, 2(3), 09-16.

Yusran, N. F., & Tati, A. D. R. (2024). Urgensi Kesadaran Sejarah Bagi Peserta Didik. JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 9(2), 514-523. http://dx.doi.org/10.24815/jimps.v9i2.30382

Published

2025-09-01

How to Cite

Wicaksono, Y. A., & Atno, A. (2025). Efektivitas Metode Pembelajaran Probing Prompting dan Problem Based Learning Pada Topik Sumber Sejarah berdasarkan Motivasi Belajar Siswa Kelas X di SMA Negeri 13 Semarang. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 8(2), 1226–1243. https://doi.org/10.30605/jsgp.8.2.2025.6546

Issue

Section

Regular Articles

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 21 22 23 24 25 26 27 28 29 30 31 32 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.