Penerapan Media Puzzle untuk Meningkatkan Kosakata Bahasa Arab pada Siswa Kelas VII MTS Muhammadiyah Boarding School Palopo
DOI:
https://doi.org/10.30605/jsgp.8.3.2025.6827Keywords:
Media Puzzle, Kosakata Bahasa Arab, Penelitian Tindakan KelasAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan media puzzle dalam meningkatkan kosakata bahasa Arab pada siswa kelas VII MTs Muhammadiyah Boarding School Palopo. Urgensi penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan kosakata siswa, yang selama ini hanya diajarkan menggunakan media buku cetak. Kondisi tersebut membuat siswa kurang termotivasi, pasif, serta mengalami kesulitan dalam mengingat dan memahami kosakata baru. Oleh karena itu, diperlukan media pembelajaran yang lebih kreatif, interaktif, dan mampu mendorong keterlibatan aktif siswa, salah satunya melalui penggunaan media puzzle. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing meliputi tahap perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah 25 siswa kelas VII A MTs Muhammadiyah Boarding School Palopo. Instrumen pengumpulan data terdiri atas observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Data dianalisis secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif dengan melihat peningkatan nilai rata-rata, persentase ketuntasan belajar, serta respon siswa terhadap pembelajaran. Indikator keberhasilan ditetapkan apabila nilai rata-rata siswa mencapai ≥75 dan tingkat ketuntasan klasikal minimal 85%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan media puzzle dapat meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Arab. Hal ini terlihat dari peningkatan nilai rata-rata siswa dari 64,4 pada pra-siklus, menjadi 74,8 pada siklus I, dan mencapai 86 pada siklus II. Persentase ketuntasan belajar juga meningkat dari 48% pada pra-siklus menjadi 88% pada akhir siklus II. Selain itu, siswa menunjukkan respon positif, lebih antusias, termotivasi, dan aktif dalam proses pembelajaran. Dengan demikian, media puzzle terbukti efektif sebagai alternatif strategi pembelajaran kosakata bahasa Arab di tingkat madrasah tsanawiyah.
Downloads
References
Aftika, S. N. (2020). Penerapan Media Puzzle Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaan Siswapada Pembelajaran Tematik Kelas I Sdn Ragunan 012 (Bachelor's thesis, Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta).
Akhsan, A., Ahmadi, M., & Taufiqurrahman, M. (2025). Interaksi Pembelajaran Dan Pengaruhnya Terhadap Kemampuan Maharah Kitabah Bahasa Arab. Lahjah Arabiyah: Jurnal Bahasa Arab dan Pendidikan Bahasa Arab, 6(1), 55-67. https://doi.org/10.35316/lahjah.v6i1.55-67
Arsyad, A. (2002). Media pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Asmara, B. (2020). Meningkatkan kemampuan motorik halus melalui kegiatan menggunting di Kelompok A TK Khadijah Surabaya. Pedagogi: Jurnal Anak Usia Dini dan Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 11–23. https://doi.org/10.30651/pedagogi.v6i1.3624
Azizah, A. (2021). Pentingnya penelitian tindakan kelas bagi guru dalam pembelajaran. Auladuna: Jurnal Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 3(1), 15-22. https://doi.org/10.36835/au.v3i1.475
Febriani, E. S., Arobiah, D., Apriyani, A., Ramdhani, E., & Millah, A. S. (2023). Analisis data dalam penelitian tindakan kelas. Jurnal Kreativitas Mahasiswa, 1(2), 140-153.
Furoidah, A. (2020). Media pembelajaran dan peran pentingnya dalam pengajaran dan pembelajaran bahasa Arab. Al-Fusha: Arabic Language Education Journal, 2(2), 63-77. https://doi.org/10.36835/alfusha.v2i2.358
Hasbi, A. F., Kasmilah, N., Farkhan, M., & Ummah, V. N. (2025). Rekontekstualisasi Peran Tata Bahasa dalam Akuisisi Bahasa Kedua: Telaah Kritis Teori Monitor Krashen. MUHIBBUL ArabiyaH: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 5(1), 143-158. https://doi.org/10.35719/pba.v5i1.179
Hasriani, H. (2021). Penggunaan Media Pembelajaran Puzzle dalam Meningkatkan Hasil Belajar Tematik Siswa Kelas V SDN 72 Lamurukung Kecamatan Tellu Siattinge Kabupaten Bone (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Makassar).
Ika, I., Wasmin, A., Oktori, S., & Nurhalimah, S. (2023). Kewajiban Menuntut Ilmu Mengembangkan Dan Mengamalkannya. Al-Tarbiyah: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 1(3), 110-117. https://doi.org/10.59059/al-tarbiyah.v1i3.319
Ikhsan, K. N. (2022). Sarana pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar. Academia: Jurnal Inovasi Riset Akademik, 2(3), 119–127. https://doi.org/10.51878/academia.v2i3.1447
Iskandar, D. (2021). Peningkatan hasil belajar siswa pada materi report text melalui pembelajaran berdiferensiasi di kelas IX. A SMP Negeri 1 Sape Tahun Pelajaran 2020/2021. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 1(2), 123-140. https://doi.org/10.53299/jppi.v1i2.48
Khaira, M. (2021). Perbandingan Penggunaan Media Crossword Puzzle dan Scrabble Game Dalam Meningkatkan Penguasaan Kosakata Bahasa Arab. Madaris: Jurnal Guru Inovatif, 1(1), 63-77.
Mappasoro, M. I. A., & Ulinnuha, Z. (2022). Meningkatkan Kemampuan Anak Membedakan Huruf Vokal dan Konsonan Melalui Pemanfaatan Media Pembelajaran Flashcard. Jurnal Dieksis Id, 2(2), 91-102. https://doi.org/10.54065/dieksis.2.2.2022.216
Mawardi, M., Muhaemin, M., & Pratiwi, W. (2023). Upaya Guru Mengatasi Kecemasan Siswa MTsN Luwu dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 12(2), 115-124.
Mulyaningsih, S., Baihaqi, A. R., Rifa’ah, R. A., Susanto, H., & Muchlis, M. (2025). Learning Tournament: Inovasi Pembelajaran Kooperatif dalam Konteks Pendidikan Abad 21. At-Tasyrih: jurnal pendidikan dan hukum Islam, 11(1), 316-327. https://doi.org/10.55849/attasyrih.v11i1.306
Nurjannah, P. (2019). Efektivitas permainan puzzle kosakata terhadap kemampuan menghafal mufradāt bahasa Arab di kelas III SDIT Salsabila Al-Muthi’in Yogyakarta (Tesis doktor, UIN Sunan Kalijaga).
Pitaloka, D. L., Dimyati, D., & Purwanta, E. (2021). Peran guru dalam menanamkan nilai toleransi pada anak usia dini di Indonesia. Jurnal obsesi: jurnal pendidikan anak usia dini, 5(2), 1696-1705. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.972
Pratiwi, D., Raharjo, B. T., Aulia, M., & Surya, R. P. I. (2025). Pemanfaatan AI-Based Puzzle Maker untuk Penguasaan Kosakata Bahasa Inggris di Sekolah Dasar. BERBAKTI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(3), 315-322. https://doi.org/10.30822/berbakti.v2i3.3930
Rohman, I. (2016). Arabic puzzle book: Pengembangan media interaktif untuk keterampilan membaca bagi siswa kelas IV MI di Kota Semarang. Journal of Arabic Learning and Teaching, 5(1), 28–32. https://doi.org/10.15294/la.v5i1
Sanatin, S., Asfi, M., Amroni, A., & Nas, C. (2023). Perancangan Sistem Informasi Persediaan Stok Obat Dengan Metode Safety Stok Dan ROP Di Apotek Pasuketan Cirebon. Jurnal Manajemen Sistem Informasi, 1(2), 75-80. https://doi.org/10.51920/jurminsi.v1i2.145
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Raodatul Jannah Kamuz, Naidin Syamsuddin, Muhammad Yamin, Nur Ainun, Fitriani Fitriani, Sarmila Sarmila

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with JSGP agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.