Penerapan Media Puzzle untuk Meningkatkan Kosakata Bahasa Arab pada Siswa Kelas VII MTS Muhammadiyah Boarding School Palopo

Authors

  • Raodatul Jannah Kamuz UIN Palopo
  • Naidin Syamsuddin UIN Palopo
  • Muhammad Yamin UIN Palopo
  • Nur Ainun UIN Palopo
  • Fitriani Fitriani UIN Palopo
  • Sarmila Sarmila UIN Palopo

DOI:

https://doi.org/10.30605/jsgp.8.3.2025.6827

Keywords:

Media Puzzle, Kosakata Bahasa Arab, Penelitian Tindakan Kelas

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan media puzzle dalam meningkatkan kosakata bahasa Arab pada siswa kelas VII MTs Muhammadiyah Boarding School Palopo. Urgensi penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan kosakata siswa, yang selama ini hanya diajarkan menggunakan media buku cetak. Kondisi tersebut membuat siswa kurang termotivasi, pasif, serta mengalami kesulitan dalam mengingat dan memahami kosakata baru. Oleh karena itu, diperlukan media pembelajaran yang lebih kreatif, interaktif, dan mampu mendorong keterlibatan aktif siswa, salah satunya melalui penggunaan media puzzle. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing meliputi tahap perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah 25 siswa kelas VII A MTs Muhammadiyah Boarding School Palopo. Instrumen pengumpulan data terdiri atas observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Data dianalisis secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif dengan melihat peningkatan nilai rata-rata, persentase ketuntasan belajar, serta respon siswa terhadap pembelajaran. Indikator keberhasilan ditetapkan apabila nilai rata-rata siswa mencapai ≥75 dan tingkat ketuntasan klasikal minimal 85%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan media puzzle dapat meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Arab. Hal ini terlihat dari peningkatan nilai rata-rata siswa dari 64,4 pada pra-siklus, menjadi 74,8 pada siklus I, dan mencapai 86 pada siklus II. Persentase ketuntasan belajar juga meningkat dari 48% pada pra-siklus menjadi 88% pada akhir siklus II. Selain itu, siswa menunjukkan respon positif, lebih antusias, termotivasi, dan aktif dalam proses pembelajaran. Dengan demikian, media puzzle terbukti efektif sebagai alternatif strategi pembelajaran kosakata bahasa Arab di tingkat madrasah tsanawiyah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aftika, S. N. (2020). Penerapan Media Puzzle Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaan Siswapada Pembelajaran Tematik Kelas I Sdn Ragunan 012 (Bachelor's thesis, Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta).

Akhsan, A., Ahmadi, M., & Taufiqurrahman, M. (2025). Interaksi Pembelajaran Dan Pengaruhnya Terhadap Kemampuan Maharah Kitabah Bahasa Arab. Lahjah Arabiyah: Jurnal Bahasa Arab dan Pendidikan Bahasa Arab, 6(1), 55-67. https://doi.org/10.35316/lahjah.v6i1.55-67

Arsyad, A. (2002). Media pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Asmara, B. (2020). Meningkatkan kemampuan motorik halus melalui kegiatan menggunting di Kelompok A TK Khadijah Surabaya. Pedagogi: Jurnal Anak Usia Dini dan Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 11–23. https://doi.org/10.30651/pedagogi.v6i1.3624

Azizah, A. (2021). Pentingnya penelitian tindakan kelas bagi guru dalam pembelajaran. Auladuna: Jurnal Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 3(1), 15-22. https://doi.org/10.36835/au.v3i1.475

Febriani, E. S., Arobiah, D., Apriyani, A., Ramdhani, E., & Millah, A. S. (2023). Analisis data dalam penelitian tindakan kelas. Jurnal Kreativitas Mahasiswa, 1(2), 140-153.

Furoidah, A. (2020). Media pembelajaran dan peran pentingnya dalam pengajaran dan pembelajaran bahasa Arab. Al-Fusha: Arabic Language Education Journal, 2(2), 63-77. https://doi.org/10.36835/alfusha.v2i2.358

Hasbi, A. F., Kasmilah, N., Farkhan, M., & Ummah, V. N. (2025). Rekontekstualisasi Peran Tata Bahasa dalam Akuisisi Bahasa Kedua: Telaah Kritis Teori Monitor Krashen. MUHIBBUL ArabiyaH: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 5(1), 143-158. https://doi.org/10.35719/pba.v5i1.179

Hasriani, H. (2021). Penggunaan Media Pembelajaran Puzzle dalam Meningkatkan Hasil Belajar Tematik Siswa Kelas V SDN 72 Lamurukung Kecamatan Tellu Siattinge Kabupaten Bone (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Makassar).

Ika, I., Wasmin, A., Oktori, S., & Nurhalimah, S. (2023). Kewajiban Menuntut Ilmu Mengembangkan Dan Mengamalkannya. Al-Tarbiyah: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 1(3), 110-117. https://doi.org/10.59059/al-tarbiyah.v1i3.319

Ikhsan, K. N. (2022). Sarana pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar. Academia: Jurnal Inovasi Riset Akademik, 2(3), 119–127. https://doi.org/10.51878/academia.v2i3.1447

Iskandar, D. (2021). Peningkatan hasil belajar siswa pada materi report text melalui pembelajaran berdiferensiasi di kelas IX. A SMP Negeri 1 Sape Tahun Pelajaran 2020/2021. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 1(2), 123-140. https://doi.org/10.53299/jppi.v1i2.48

Khaira, M. (2021). Perbandingan Penggunaan Media Crossword Puzzle dan Scrabble Game Dalam Meningkatkan Penguasaan Kosakata Bahasa Arab. Madaris: Jurnal Guru Inovatif, 1(1), 63-77.

Mappasoro, M. I. A., & Ulinnuha, Z. (2022). Meningkatkan Kemampuan Anak Membedakan Huruf Vokal dan Konsonan Melalui Pemanfaatan Media Pembelajaran Flashcard. Jurnal Dieksis Id, 2(2), 91-102. https://doi.org/10.54065/dieksis.2.2.2022.216

Mawardi, M., Muhaemin, M., & Pratiwi, W. (2023). Upaya Guru Mengatasi Kecemasan Siswa MTsN Luwu dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 12(2), 115-124.

Mulyaningsih, S., Baihaqi, A. R., Rifa’ah, R. A., Susanto, H., & Muchlis, M. (2025). Learning Tournament: Inovasi Pembelajaran Kooperatif dalam Konteks Pendidikan Abad 21. At-Tasyrih: jurnal pendidikan dan hukum Islam, 11(1), 316-327. https://doi.org/10.55849/attasyrih.v11i1.306

Nurjannah, P. (2019). Efektivitas permainan puzzle kosakata terhadap kemampuan menghafal mufradāt bahasa Arab di kelas III SDIT Salsabila Al-Muthi’in Yogyakarta (Tesis doktor, UIN Sunan Kalijaga).

Pitaloka, D. L., Dimyati, D., & Purwanta, E. (2021). Peran guru dalam menanamkan nilai toleransi pada anak usia dini di Indonesia. Jurnal obsesi: jurnal pendidikan anak usia dini, 5(2), 1696-1705. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.972

Pratiwi, D., Raharjo, B. T., Aulia, M., & Surya, R. P. I. (2025). Pemanfaatan AI-Based Puzzle Maker untuk Penguasaan Kosakata Bahasa Inggris di Sekolah Dasar. BERBAKTI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(3), 315-322. https://doi.org/10.30822/berbakti.v2i3.3930

Rohman, I. (2016). Arabic puzzle book: Pengembangan media interaktif untuk keterampilan membaca bagi siswa kelas IV MI di Kota Semarang. Journal of Arabic Learning and Teaching, 5(1), 28–32. https://doi.org/10.15294/la.v5i1

Sanatin, S., Asfi, M., Amroni, A., & Nas, C. (2023). Perancangan Sistem Informasi Persediaan Stok Obat Dengan Metode Safety Stok Dan ROP Di Apotek Pasuketan Cirebon. Jurnal Manajemen Sistem Informasi, 1(2), 75-80. https://doi.org/10.51920/jurminsi.v1i2.145

Published

2025-09-25

How to Cite

Kamuz, R. J., Syamsuddin, N., Yamin, M., Ainun, N., Fitriani, F., & Sarmila, S. (2025). Penerapan Media Puzzle untuk Meningkatkan Kosakata Bahasa Arab pada Siswa Kelas VII MTS Muhammadiyah Boarding School Palopo. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 8(3), 1576–1585. https://doi.org/10.30605/jsgp.8.3.2025.6827

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 21 22 23 24 25 26 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.