Penerapan Pembelajaran Berbasis Sumber (Resource Based Learning) untuk Meningkatkan Pemahaman Fiqih Peserta Didik Kelas VIII MTS Mafatihul Akhlaq Demangan Jepara

Authors

  • Aliefia Nirmala Rahmah Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara
  • Alex Yusron Al Mufti Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara

DOI:

https://doi.org/10.30605/jsgp.8.3.2025.6918

Keywords:

Penerapan, Pembelajaran Berbasis Sumber, Resource Based Learning, Pemahaman Fiqih

Abstract

Pembelajaran Fiqih di madrasah selama ini cenderung menekankan aspek hafalan teks dengan keterlibatan peserta didik yang masih terbatas. Kondisi ini menimbulkan urgensi untuk menghadirkan inovasi pembelajaran yang lebih kontekstual, partisipatif, dan relevan dengan kebutuhan peserta didik di era digital. Salah satu alternatifnya adalah Resource Based Learning (RBL) yang menekankan pemanfaatan berbagai sumber belajar agar peserta didik dapat membangun pemahaman secara mandiri. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan RBL dalam meningkatkan pemahaman Fiqih peserta didik kelas VIII MTs Mafatihul Akhlaq Demangan Jepara. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Subjek penelitian terdiri atas guru Fiqih, kepala madrasah, dan peserta didik. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan sebagaimana model Miles & Huberman, sedangkan keabsahan data dijamin melalui triangulasi sumber, metode, dan waktu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa integrasi berbagai sumber belajar seperti buku teks, LKS, video, dan praktik nyata mampu meningkatkan pemahaman konseptual, keterlibatan aktif, serta keterampilan berpikir kritis peserta didik. Sebagian besar siswa menyatakan lebih mudah memahami materi melalui media visual dan praktik langsung, meskipun sebagian lainnya tetap mengandalkan LKS sebagai sumber utama. Faktor pendukung berupa kesiapan guru dan dukungan kelembagaan sangat berperan dalam keberhasilan implementasi RBL, sedangkan kendala meliputi keterbatasan manajemen kelas dan akses internet yang tidak stabil. Kesimpulan penelitian ini menegaskan bahwa penerapan RBL berkontribusi dalam menggeser orientasi pembelajaran Fiqih dari sekadar hafalan menuju pemahaman yang lebih aplikatif, kontekstual, dan relevan dengan kehidupan sehari-hari. Secara teoretis, penelitian ini memperkuat konstruktivisme dalam konteks pendidikan agama Islam. Secara praktis, penelitian ini memberikan rekomendasi bagi guru dan lembaga pendidikan untuk merancang pembelajaran yang variatif dan adaptif. Penelitian lanjutan disarankan untuk memperluas cakupan materi, menggunakan pendekatan mixed-methods, serta mengeksplorasi dampak jangka panjang penerapan RBL terhadap praktik keagamaan peserta didik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alex Yusron Al Mufti, M Natsir, A. A. (2021). Analisis Hots, Mots Dan Lots Pada Soal-soal Uambn Bahasa Arab Madrasah Aliyah Dalam Kurikulum Nasional 2013 Indonesia. Jurnal Psikologi Dan Pendidikan, 58(2), 7342–7350. https://doi.org/10.70177/jssut.v1i1.593

Alfarizi, L. (2023). Evaluation of the Fiqh Learning Process. Journal of Social Science Utilizing Technology, 1(1), 11–20. https://doi.org/10.70177/jssut.v1i1.593

Arkanudin, A., Ahmad, H. B., & Asmuni. (2025). Challenges and Opportunities in Implementing the 21st Century Skills Learning Model for Fiqh Subjects. Al-Bustan: Jurnal Pendidikan Islam, 2(1). https://doi.org/https://doi.org/10.62448/ajpi.v1i2.92

As’ad, A., Al-mufti, A. yusron, & Natsir, M. (2021). Pengembangan Model Kurikulum Madrasah Diniyyah Takmiliyah Lp. Ma’Arif Kab. Jepara Di Era 4.0. Edudeena : Journal of Islamic Religious Education, 5(1), 33–48. https://doi.org/10.30762/ed.v5i1.3056

Baxter, P., & Jack, S. (2008). Qualitative case study methodology: Study design and implementation for novice researchers. The Qualitative Report, 13(4), 544–559.

Farkhan, Muhammad; Tarihoran, Nafan; Supardi, M. (2020). Research Based Learning in Indonesia’s Islamic Higher Education: A Case Study in Pragmatics Course. International Journal of Psychosocial Rehabilitation, 24(9), 2806–2822. https://doi.org/10.37200/IJPR/V24I9/PR290313

Hartati, T., Warsah, I., & Siswanto, S. (2019). Implementasi Resource Based Learning pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Smp Negeri 1 Rejang Lebong Kelas VIII.

Husnussaadah, Yaumi, M., Syamsuddin, S., Zulfah, Z., & Abdul Rahman Sakka. (2024). Effectiveness of Fiqh Worship Teaching Materials Based on Contextual Teaching and Learning at Parahikma Indonesia Institute Gowa. Nanotechnology Perceptions, 20(7), 605–616. https://doi.org/10.62441/nano-ntp.v20i7.3929

Huyler, D., & McGill, C. M. (2019). Book Review: Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches, by CreswellJohn and CreswellJ. David. Thousand Oaks, CA: Sage Publication, Inc.275 pages, $67.0. New Horizons in Adult Education and Human Resource Development, 31(3), 75–77. https://doi.org/10.1002/nha3.20258

Khalifah, A., & Rusmanto. (2025). Metode Resource Based Learning untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Fiqih Siswa Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Al Ishlah Yayasan Zunnuroin Pulau Tengah. Guruku: Jurnal Pendidikan Dan Sosial Humaniora, 3(1), 125–145. https://doi.org/10.59061/guruku.v3i1.898

Listrianti, F., Hidayah, T., & Lama, A. V. (2025). Enhancing Contextual Understanding and Critical Thinking in Fiqh Learning through Problem-Based Learning. Journal of Islamic Education Research, 6(1), 111–124. https://doi.org/10.35719/jier.v6i1.469

Mansir, F., Tumin, & Purnomo, H. (2020). the Use of Active Learning Methods in Learning Fiqh Subjectat Islamic Boarding School. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 23(1), 173–182. https://doi.org/10.24252/lp.2020v23n1i14

Maulana, M. H., Zahid, R. A., Susanti, S., & Dini, T. (2024). Implementation of Active Learning Method in Fiqh Learning ( Case Study at Ma ’ had Aly Lirboyo Kediri ). Journal of Research in Islamic Education, 6(2). https://doi.org/10.25217/jrie.v6i2.5531

Qadri, M. A. Al. (2021). Penerapan Pembelajaran Berbasis Sumber (Resource Based Learning) Untuk Meningkatkan Pemahaman Fiqih Peserta Didik Kelas Viii A Mts Darul Falah Enrekang Kab. Enrekang Skripsi. In Pharmacognosy Magazine (Vol. 75, Issue 17). http://repositori.uin-alauddin.ac.id/20534/

Sapiudin, S., Supriyadi, T., Rijal, A., & Mulyono, D. (2025). Developing a Digitally Integrated Critical-Contextual Learning Model of Ushul Fiqh for Future Islamic Education Teachers. International Journal of Learning, Teaching and Educational Research, 24(6), 653–671. https://doi.org/10.26803/ijlter.24.6.30

Sari, A. F. I. M., Lutfiah, L. N., & Ferianto. (2025). Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning ( Pbl ) Melalui Teknik Fishbone Diagram Dalam Penerapan Kurikulum Merdeka Pada Mata Pelajaran PAI. 15(1), 182. https://doi.org/10.22373/jm.v15i1.24217

Setyorini, A. D., Yamtinah, S., & Mahardiani, L. (2021). Analisis Rasch Kualitas Butir Soal Penilaian Literasi Kimia untuk Mengkaji Literasi Kimia Siswa pada Konsep Laju Kimia. Jurnal Penelitian Pendidikan Eropa, 10(4), 10. https://doi.org/10.12973/eu-jer.10.4.1769

Sinaga, H. N. I., Nasution, H. A., & Irwansyah, I. (2024). Penerapan Metode Resource Based Learning dalam Pembelajaran Fiqih di Kelas VIII MTs Al-Hidayah Patumbak. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(1), 19182–19201.

Sudrajat, A., Meiliana Lovienica, & Vina Iasha. (2021). Pengaruh Model Resource Based Learning Terhadap Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Siswa Kelas IV SD Sekolah Dasar. Buana Pendidikan: Jurnal Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 17(1), 70–75. https://doi.org/10.36456/bp.vol17.no1.a3217

Syamratulagi, S., Kamaluddin, K., Komalasari, L. intan, Swandi, S., & Rumakat, M. (2025). The Effect of the Based Learning (RBL) Model to Improve Students’ Critical Thinking Skills. Edunesia : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 6(1), 171–189. https://doi.org/10.51276/edu.v6i1.1081

Yanuarsa, A. (2024). Implementasi Resource Based Learning Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Smp N 2.

Yoranita, A. S. P., Saputri, A. D., Verawati, A., Musyarofah, A. H., & Suratmin, A. Y. (2024). The Qur’anic Learning Model Based on the Direct Method: A Case Study at the Modern Islamic Boarding School Darur Ridwan, Banyuwangi | Bunayya: Islamic Education and Teaching Journal. Bunayya: Islamic Education and Teaching Journal, 1(2), 67–83.

Published

2025-10-03

How to Cite

Rahmah, A. N., & Al Mufti, A. Y. (2025). Penerapan Pembelajaran Berbasis Sumber (Resource Based Learning) untuk Meningkatkan Pemahaman Fiqih Peserta Didik Kelas VIII MTS Mafatihul Akhlaq Demangan Jepara. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 8(3), 1654–1665. https://doi.org/10.30605/jsgp.8.3.2025.6918