Efektivitas Pembelajaran Berbasis Masalah dalam Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa Sekolah Menengah Atas
DOI:
https://doi.org/10.30605/jsgp.8.3.2025.6983Keywords:
Efektivitas, Pembelajaran Berbasis Masalah, Keterampilan Proses SainsAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kebutuhan akan metode pembelajaran inovatif yang dapat melibatkan siswa secara aktif dalam penyelidikan ilmiah dan meningkatkan keterampilan berpikir kritis. Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki efektivitas Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) dalam meningkatkan keterampilan proses sains siswa SMA. Desain penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimental, dengan kelompok eksperimen yang menerima pembelajaran berbasis PBM dan kelompok kontrol yang mengikuti metode pembelajaran konvensional. Penelitian ini menggunakan Pretest Posttest Nonequivalent Control Group Design untuk mengevaluasi perubahan keterampilan proses sains siswa sebelum dan sesudah penerapan PBM. Sampel penelitian terdiri dari siswa kelas XI di SMA Santa Familia Wae Nakeng yang dipilih melalui purposive sampling. Data dikumpulkan melalui tes keterampilan proses sains, yang disusun berdasarkan indikator keterampilan proses sains, seperti kemampuan mengobservasi, merumuskan hipotesis, merencanakan percobaan, menganalisis data, dan menarik kesimpulan. Tes ini divalidasi oleh dosen ahli untuk memastikan validitasnya. Selain itu, lembar observasi digunakan untuk menilai keterlibatan, kerja sama, dan motivasi siswa selama pembelajaran. Analisis data dilakukan secara deskriptif dan inferensial menggunakan paired sample t-test untuk uji efektivitas PBM, dengan asumsi data memenuhi normalitas dan homogenitas. Apabila tidak memenuhi asumsi tersebut, digunakan uji non parametrik wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan yang signifikan pada keterampilan proses sains kelompok eksperimen, dengan selisih rata-rata sebesar +35,36 dan nilai p sebesar 0,001, yang lebih kecil dari ambang batas 0,05. Sebaliknya, kelompok kontrol hanya menunjukkan peningkatan kecil yang tidak signifikan secara statistik. Temuan ini menunjukkan bahwa PBM merupakan pendekatan yang efektif untuk meningkatkan keterampilan penyelidikan ilmiah siswa, termasuk merumuskan hipotesis, merancang eksperimen, dan menganalisis data. Namun, penelitian ini memiliki keterbatasan pada ukuran sampel yang kecil dan fokus pada satu konteks pendidikan, yang dapat membatasi generalisasi hasil.
Downloads
References
Alfita, N. A., Harianto, D., Alfita, N. A., Ramadhani, N., Wahid, Abd., Sukri, M. A., & Fahlan, Muh. F. (2025). Efektivitas Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah Dalam Meningkatkan Kemampuan Berfikir Siswa. Contemporary Education Review, 1(1), 10–19. https://doi.org/10.69875/cer.v1i1.297
Aprina, E. A., Fatmawati, E., & Suhardi, A. (2024). Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Mengembangkan Keterampilan Berpikir Kritis Pada Muatan IPA Sekolah Dasar. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(1), 981–990. https://doi.org/10.58230/27454312.496
Cahyani, V. P., & Ahmad, F. (2024). Efektivitas Problem Based Learning terhadap Keterampilan Berpikir Kritis, Hasil belajar dan Motivasi Siswa. Venn: Journal of Sustainable Innovation on Education, Mathematics and Natural Sciences, 3(2), 76–82. https://doi.org/10.53696/venn.v3i2.155
Elvanisi, A., Hidayat, S., & Fadillah, E. N. (2018). Analisis keterampilan proses sains siswa sekolah menengah atas. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 4(2), 245–252. https://doi.org/10.21831/jipi.v4i2.21426
Fedi, S., Gunsi, A. S., Ramda, A. H., & Gunur, B. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 4(1), 11. https://doi.org/10.30998/jkpm.v4i1.3025
Kastawaningtyas, A., & Martini, M. (2018). Peningkatan Keterampilan Proses Sains Siswa Melalui Model Experiential Learning Pada Materi Pencemaran Lingkungan. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 2(2), 45. https://doi.org/10.26740/jppipa.v2n2.p45-52
Kasuga, W., Maro, W., & Pangani, I. (2022). Effect of problem-based learning approach on developing students’ science process skills on the topic of safety in our environment. Journal of Turkish Science Education, 19(3), 872–886. https://doi.org/10.36681/tused.2022.154
Khadijah, I., Nurhadi, M. W. J., Wijaya, A., Baiturrahman, R., Azahra, K. Z. F., & Hambali, M. S. (2025). Pengaruh Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Memecahkan Masalah Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Indonesia: Teori, Penelitian Dan Inovasi, 5(4), 337–345.
Khomaeroh, D. H. K., Nashir, M. A., Hairina, R. F., Oktavia, R. N., & Pratiwi, D. A. (2025). Optimalisasi Keterlibatan Siswa dalam Pembelajaran Aktif Kurikulum Merdeka di SDN Kuin Utara 7. MARAS : Jurnal Penelitian Multidisiplin, 3(2), 584–591. https://doi.org/10.60126/maras.v3i2.905
Kurniawan, S. (2025). Pembelajaran Sains di Luar Kelas: Membangun Minat dan Pengetahuan Sains dalam Kehidupan Sehari-hari: (Studi Kasus di SMPN 1 Tanggulangin). SEARCH: Science Education Research Journal, 3(2), 82–92. https://doi.org/10.47945/search.v3i2.1884
Muhartini, M., Mansur, A., & Bakar, A. (2022). Pembelajaran Kontekstual Dan Pembelajaran Pembelajaran Berbasis Masalah. Lencana: Jurnal Inovasi Ilmu Pendidikan, 1(1), 66–77. https://doi.org/10.55606/lencana.v1i1.881
Parisu, C. Z. L., Sisi, L., & Juwairiyah, A. (2025). Pengembangan Literasi Sains pada Siswa Sekolah Dasar melalui Pembelajaran IPA. Jurnal Pendidikan Multidisiplin, 1(1), 11–19. https://doi.org/10.54297/jpmd.v1i1.880
Putri, C. S. (2023). Peran Pembelajaran Berbasis Outdoor dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa: Studi Quasi-Eksperimental di Sekolah Menengah Atas di Bandung. Sanskara Pendidikan Dan Pengajaran, 1(02), 68–77. https://doi.org/10.58812/spp.v1i02.113
Rahma, F. A., & Wahyuni, S. (2025). Studi Literatur: Analisis Penyebab Kurangnya Keterampilan Proses Sains Siswa SMP Dalam Pembelajaran IPA. Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 13(2). https://doi.org/10.20961/jkc.v13i2.103421
Rahmawati, D., Fitri, R., & Malaikosa, Y. M. L. (2025). Analisis Pemanfaatan Metode Eksperimental dalam Mengembangkan Keterampilan Sains pada Anak Usia Dini. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(2), 1974–1982. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i2.7002
Ramadhan, R., Ningsih, K., & Supartini, S. (2023). Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada Materi Biologi. Bioscientist : Jurnal Ilmiah Biologi, 11(2), 1061. https://doi.org/10.33394/bioscientist.v11i2.8034
Sucipto, S. (2017). Pengembangan Ketrampilan Berpikir Tingkat Tinggi dengan Menggunakan Strategi Metakognitif Model Pembelajaran Problem Based Learning. Jurnal Pendidikan (Teori Dan Praktik), 2(1), 77. https://doi.org/10.26740/jp.v2n1.p77-85
Sulardi, S., Nur, M., & Widodo, W. (2017). Perangkat Pembelajaran Fisika Model Problem Based Learning (PBL) Untuk Melatih Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. JPPS (Jurnal Penelitian Pendidikan Sains), 5(1), 802. https://doi.org/10.26740/jpps.v5n1.p802-810
Tyas, R. A., Wilujeng, I., & Suyanta, S. (2020). Pengaruh pembelajaran IPA berbasis discovery learning terintegrasi jajanan lokal daerah terhadap keterampilan proses sains. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 6(1). https://doi.org/10.21831/jipi.v6i1.28459
Wahyuni, S., Irmawanty, & Hambali, H. (2024). Science Process Skills to Improve Learning Outcomes of Elementary School Students. JUDIKDAS: Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar Indonesia, 3(2), 81–90. https://doi.org/10.51574/judikdas.v3i2.1229
Yasmin, N., Ramdani, A., & Azizah, A. (2015). Pengaruh Metode Inkuiri Terbimbing Terhadap Keterampilan Proses Sains Dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas Viii Di Smpn 3 Gunungsari Tahun Ajaran. Jurnal Pijar Mipa, 10(2). https://doi.org/10.29303/jpm.v10i2.33
Yuliati, Y. (2016). Peningkatan Keterampilan Proses Sains Siswa Sekolah Dasar Melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Cakrawala Pendas, 2(2). https://doi.org/10.31949/jcp.v2i2.335
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Rikardus Herak, Lukas Seran

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with JSGP agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.







