Penggunaan Media Interaktif Berbasis Geogebra dan Powerpoint Untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Pegal di Kelas VIII1 SMPN 3 Tanete Rilau
DOI:
https://doi.org/10.30605/jsgp.2.3.2019.8Keywords:
keaktifan, media interaktif, geogebra, powerpointAbstract
Pembelajaran pada abad ke-21 menuntut kesungguhan guru dalam mengelola pembelajaran. Perkembangan dan penggunaan teknologi sangat pesat, mempengaruhi setiap aspek kehidupan termasuk dunia pendidikan, maka guru harus mampu menggunakan media pembelajaran berbasis TIK. Pembelajaran dikatakan berhasil jika guru mampu melibatkan peserta didik secara aktif dalam pembelajaran. Suatu alternatif pembelajaran yang dapat meningkatkan keaktifan peserta didik yaitu dengan memanfaatkan TIK. Guru merancang dan membuat media interaktif berbasis geogebra dan powerpoint. Peserta didik melakukan simulasi materi pelajaran (media geogebra), mendiskusikan contoh soal dan soal latihan (media powerpoint). Selama proses pembelajaran peserta didik bekerjasama, saling membantu, dan saling memotivasi untuk menemukan, memahami dan memecahkan masalah. Penggunaan media interaktif berbasis geogebra dan powerpoint pada pembelajaran persamaan garis lurus memberikan hasil yang baik. Pada aspek proses pembelajaran, aktivitas peserta didik pada siklus III mengalami peningkatan dibandingkan siklus I dan II. Pada aspek hasil belajar terjadi peningkatan rata-rata hasil belajar. Pada siklus I, rata-rata hasil belajar peserta didik adalah 46,8 menjadi 53,3 pada siklus II dan pada siklus III menjadi 81,9. Jumlah peserta didik yang mencapai/melampaui nilai KKM pada siklus III lebih banyak dari siklus I dan II. Pada siklus I ketuntasan hanya 15,8%, meningkat menjadi 40% pada siklus II dan pada siklus III menjadi 85%.
Downloads
References
Agus, M. (2018). Meningkatkan Hasil Belajar Geografi Siswa Kelas-X IPS-4 SMA Negeri 3 Palopo melalui Eksperimen Inovatif. Naskah Lomba Inobel Level Utama bagi Guru Jenjang Pendidikan Menengah Tingkat Nasional.
Arikunto, S. (1999). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. (Edisi Revisi). Jakarta: Bumi Aksara.
Departemen Pendidikan Nasional. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa. Edisi IV. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Departemen Pendidikan Nasional. (2004). Materi Pelatihan Terintegrasi. Matematika 3. Jakarta: Bagian Proyek Pengembangan Sistem dan Pengendalian Program SLTP.
Furchan, A. (2011). Pengantar Penelitian dalam Pendidikan. (Karya Donald Ary, Luchy Cheser Jacobs, Asghar Eazavieh). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Hamalik, O. (2014). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Hamzah, A., Muhlisrarini. (2014). Perencanaan dan Strategi Pembelajaran Matematika. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Hidayat, F. N., Marfuah. (2018). Geogebra. Modul Diklat Pemanfaatan TIK untuk Guru Matematika. Yogyakarta: PPPPTK Matematika.
Koswara, D., Deni, & Halimah. (2008). Bagaiman Menjadi Guru Kreatif? Bandung: PT Pribumi Mekar.
Purnomo, J., Sutrisno, A. (2018). Powerpoint untuk Pembelajaran Matematika. Modul Diklat Pemanfaatan TIK untuk Guru Matematika. Yogyakarta: PPPPTK Matematika.
Riyanto, Y. (2012). Paradigma Baru Pembelajaran. Sebagai Referensi bagi Pendidik dalam Implementasi Pembelajaran yang Efektif dan Berkualitas. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Sriyono. (1992). Teknik Belajar mengajar dalam CBSA. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Sujadi, I., Dhoruri, A. (2016). Guru Pembelajar Modul Matematika SMP. Kelompok Kompetensi B Teori Belajar, Himpunan, dan Logika Matematika. Jakarta: Dirjen GTK Kemendikbud.
Sumantri, M. S. (2015). Strategi Pembelajaran. Teori dan Praktik di Tingkat Pendidikan Dasar. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Suryosubroto, B. (2009). Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Warso, A. W. D. D. (2016). PKB Publikasi Ilmiah. PTK dan Nilai Angka Kreditnya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with JSGP agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.