Eksploitasi Gaya Penulisan Barbara Cartland dalam Novel Malaikat di Neraka Dunia

https://doi.org/10.30605/onoma.v5i2.124

Authors

  • Harsia Harsia Universitas Cokroaminoto Palopo

Keywords:

eksploitasi, gaya penulisan

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis secara mendalam atau mengeksploitasi gaya penulisan Barbara Cartland dalam novel ‘Malaikat di Neraka Dunia”. Penelitian ini termasuk penelitian pustaka dengan metode deskriptif. Teknik analisis datanya dengan pendekatan objektif atau intrinsik. Data dan sumber data adalah novel “Malaikat di Neraka Dunia” karya Barbara Cartland khusus unsur intrinsik yaitu gaya penulisan. Hasil penelitian: 1) Dalam novel “Malaikat di Neraka Dunia” dapat ditemukan gaya khas yang digunakan penulis yaitu menyuguhkan kalimat-kalimat deskriptif yang mengumbar kalimat dan pencitraaan yang hiperbolis antara lain: seperti salah satu pasien cantik anda yang modern, rumah-rumahnya beratap merah terang, dan vila-vila putihnya tampak bagaikan kue berlapis es, semuanya begitu memesona, begitu mengagumkan, hingga Ancella menyadari ia belum pernah tahu warna dapat menggerakkan perasaannya dengan begitu kuat, wanita-wanita bangsawan yang luar biasa elegan, wajahnya berkerut-kerut dalam dan terlihat bagaikan tekstur kertas kulit Cina Kuno, di lehernya melingkar seuntai kalung mutiara indah yang butir-butirannya begitu besar hingga bagaikan telur burung; 2) Gaya penulisan deskriptif juga digunakan penulis dalam Novel “Malaikat di Neraka Dunia” dimana banyak menampilkan kalimat deskriptif yang menggambarkan sesuatu secara detail terutama hal-hal yang berbentuk fisik seperti tempat atau bangunan dengan maksud menghidupkan hal tersebut dalam benak pembaca; 3) Gaya penulisan personifikasi dan depersonifikasi juga digunakan penulis sebagai variasi dalam novel tersebut agar gaya penulisan lebih variatif dan dinamis sehingga menimbulkan kesan tidak monoton bagi pembaca; 4) Gaya penulisan dalam novel “Malaikat di Neraka Dunia” juga banyak menggambarkan sejarah-sejarah peradaban khususnya di Eropa yang menandakan luasnya pengetahuan dan wawasan penulis mengenai sejarah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmad, Sabaruddin. 2005. Pengantar Sastra Indonesia. Medan : Saiful.
Ali, Lukman. 2007. Bahasa dan Kesusastraan Indonesia Sebagai Cerminan Manusia Indonesia Baru. Jakarta: GunungAgung.
Aminuddin. 2009. Pengantar Apresiasi Karya Sastra. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Amiri, Tatang. 1986. Menyusun Rencana Penelitian. Jakarta: Rajawali
Badudu, J.S. 1990. Buku dan Pengarang. Bandung : Pustaka Prima.
Brahim. 2005. Bahasa dan Kesusastraan Indonesia sebagai Cerminan Manusia Indonesia Baru. Jakarta: Gunung Agung.
Cartland, Barbara. 2001. Malaikat di Neraka Dunia. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama
Jassin, H.B. 1987. Pengarang Indonesia dan Dunianya. Jakarta: PT.Gramedia.
Junaedie, Moha. 1990. Dasar-dasar Teori Sastra II. Ujung Pandang: CV. Putra Maspul.
Nurgiyantoro, Burhan. 2009. Penilaian dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra; Edisi Ketiga. Yogyakarta: BPFF.
Saleh, Saad. 2003. Catatan Kecil Sekitar Penelitian Sastra. Jakarta : Depdikbud.
Semi, A. 1985. Kritik Sastra. Bandung: Angkasa.
Sriomaryati, B.S. 1962. Suatu Pembicaraan Roman Atheis. Jakarta:
Gunung Agung.
Sudjiman, Panuti. 2008. Kamus Istilah Sastra. Jakarta: PT. Gramedia.
Sumardjo, Jakob dan Saini, K.M. 1991. Apresiasi Kesusastraan. Jakarta: Gramedia.
Suparman. 2014. Pandangan Dunia Pengarang dalam Novel Larung Karya Ayu Utami. Jurnal telaga Bahasa. Volumen 2 No.1
Suparni. 1997. Bahasa dan Kesusastraan Indonesia. Bandung : Geneca Exact.
Tarigan, H.G. 1984. Prinsip-Prinsip Dasar Sastra. Bandung: Angkasa.
Wellek, Rene dan Austin Warren. 2005. Teory of Literature (Teori Kesusastraan) diterjemahkan oleh Budianta. Jakarta: PT. Gramedia.

Downloads

Published

2019-11-28

How to Cite

Harsia, H. (2019). Eksploitasi Gaya Penulisan Barbara Cartland dalam Novel Malaikat di Neraka Dunia . Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 5(2), 399–415. https://doi.org/10.30605/onoma.v5i2.124

Issue

Section

Articles