Alih Kode dan Campur Kode Antara Guru dan Siswa SMA Negeri 3 Palopo
https://doi.org/10.30605/onoma.v4i1.159
Keywords:
Alih Kode, Campur KodeAbstract
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penggunaan alih kode dan campur kode antara guru dan siswa SMA Negeri 3 Palopo. Hasil analisis data penelitian yang telah dikemukakan dalam pembahasan yang sebelumnya, dapat diperoleh simpulan bahwa bentuk alih kode dan campur kode sering digunakan guru dan siswa SMA Negeri 3 Palopo dalam berinteraksi dan berkomunikasi. Siswa dan guru sering melakukan peralihan bahasa dari bahasa Indonesia kebahasa daerah begitu juga sebaliknya. Bentuk alih kode yang ditemukan peneliti di lapangan, yaitu bentuk alih kode intern yang mana terjadi, peralihan dari bahasa Indonesia, kebahasa daerah atau sebaliknya, sedangkan campur kode yang terjadi, yaitu percampuran atau penyisipan kata-kata bahasa daerah kedalam percakapan bahasa Indonesia, baik disengaja atau pun tidak disengaja. Bentuk campur kode yang didapatkan oleh peneliti, yaitu berupa bentuk campur kode kedalam pencampuran bahasa Indonesia dengan bahasa daerah (Tae). Hal ini terjadi karena kebiasaan guru dan siswa menggunakan bahasa daerahnya masing-masing, sehingga tejadinya alih kode dan campur kode dalam percakapan di lingkungan sekolah.
Downloads
References
Chaer, Abdul dan leonie Agustina. 2010. Sosiolinguistik Perkenalan Awal. Jakarta : Rineka Cipta Effendi, Rustam. 2014. Alih Kode dan Campur Kode dalam Masyarakat Indramayu. Jurnal Pendidikan, Vol. III, No. 17, September 2014. Hudson, R. A. 1980. Sosiolinguistisc. Cambridge Universitas Press KD, Mutmainna. 2015. Alih Kode dan Campur Kode dalam Interaksi Masyarakat Desa Salutubu Dusun To’Bakkun Kec. Walenrang Utara Kabupaten Luwu. Skripsi: Universitas Cokroaminoto Palopo. Mustikawati, Diyah Atiek. Alih Kode dan Campur Kode antara Penjual dan Pembeli (Analisis Pembelajaran Berbahasa Melalui Studi Sosiolinguistik). Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran, Vol. 3, No. 2, Juli 2015. Rhosyantina, Laura is. 2014. Alih Kode, Campur Kode dan interferensi dalam peristiwa tutur penjual dan pembeli di ranah pasar tradisional cisanggarung losari kabupaten brebes. Skripi: Universitas Negeri Yogyakarta. Rulyandi, Rohmadi, Muhammad, dan Sulistyo, Edi Tri. Alih Kode dan Campur Kode dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA. Jurnal Pendidikan, Jilid 17, Nomor 1, Februari 2014, ISSN 1026-4109. Sugiyono. 2016. Metodologi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif & R & D. Penerbit Alfabeta Bandung Suparmo. 2002. Teori dan aliran Linguistik. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada. Suwito. 1985. Pengantar Awal Sosiolinguistik dan Problema. Bandung : Angkasa
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with Onoma Journal: Education, Languages??, and Literature agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.