Keefektifan Media Gambar dalam Pembelajaran Menulis Cerpen
https://doi.org/10.30605/onoma.v6i1.276
Keywords:
media gambar menulis cerpenAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil penerapan media gambar terhadap pembelajaran menulis cerpen. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian eksperimen. Terdapat dua kelas yaitu kontrol dan eksperimen, tidak diberi perlakuan kelas kontrol dan diberi perlakuan dengan menggunakan media pembelajaran media gambar disebut kelas eksperimen. Data yang sudah terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis Statistika Deskriptif, analisis Statistika Inferensial diuji normalitas, homogenitas dan uji t independent sample t test. Hasil belajar siswa kelas VIII C (kelas kontrol) SMPN 2 Bua Ponrang sebelum diberi perlakuan dikategorikan kurang dengan skor rata-rata 76,09 dengan standar deviasi 5,145. Sedangkan hasil belajar siswa setelah diberi perlakuan kelas eksperimen dalam kategori baik dengan skor rata-rata 81,50 dengan standar deviasi 4,272. Hal ini menunjukan bahwa terdapat peningkatan diterapkan pada kelas eksperimen. Hasil belajar siswa kelas VIII D (kelas eksperimen) SMPN 2 Bua Ponrang setelah diajar dengan menggunakan media gambar dikategorikan baik dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa 81,50 dengan standar deviasi 4,272. Berdasarkan kategori perolehan nilai KKM posttest menulis cerpen kelas eksperimen yang memperoleh nilai 75 ke atas terdapat 21 orang siswa dengan persentase 95,45%, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media gambar efektif digunakan dalam pembelajaran menulis cerpen
Downloads
References
Mawarni dkk. 2014. Peranan Media Gambar dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS. Vol.5 No.8. Desember 2017.
Megawati. 2016. Keefektifan Media Gambar dalam Pembelajaran Menulis Cerpen Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Sukamaju. Skripsi. UNCP.
Ningiyanti, Utami Sri. 2015. Penggunaan Media Gambar untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Tentang Benda-Benda Langit. Vol.5 No. 3. November 2017.
Novia, Rina dkk. 2016. Pengenbangan Bahan Ajar Menulis Cerpen dengan Koversi Teks Untuk Siswa Kelas VII SMP . Vol.1 No.7. Juli 2016.
Nursamsia. 2015. Kemampuan Menulis Puisi dengan Menggunakan Media Gambar Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Lamasi kecematan Walenrang Utara Kabupaten Luwu. Skripsi. UNCP.
Nur, A.M. 2015. Efektivitas Penggunaan Media Gambar Berseri Terhadapa Kemampuan Menulis Karangan Narasi Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Atap Raja. Skripsi. UNCP.
Rahmawati. 2017. Strategi Pembelajaran Membaca dan Menulis Permulaan Melalui Media Kata Bergambar. Vol.1 No.3. November 2017.
Rovimyanti. 2008. Kemampuan Menulis Paragraf Siswa Kelas X SMK Taruna Bhakti Malang Tahun Ajaran 2007/2008. Vol.5 No.1. November 2017.
Tarigan, Henry Guntur. 2013. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Angkasa. Bandung.
Tiro, M.A. 2008. Dasar-Dasar Statistika. Andira Publisher. Makasar.
Wahyuddin, WIsrawati. 2016. Kemampuan Menentukan Isi Cerita Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Raha. Vol.1 No.1. Desember 2017.
Downloads
How to Cite
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with Onoma Journal: Education, Languages??, and Literature agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.