Keefektifan Model Two Stay Two Stray Pada Pembelajaran Memarafrasekan Cerpen Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Mappedeceng
https://doi.org/10.30605/onoma.v4i2.161
Keywords:
Two Stay Two Stray, parafraseAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model dua tinggal dua tamu (two stay two stray) pada pembelajaran memarafrasekan cerpen siswa kelas VII SMP Negeri 1 Mappedeceng. Penelitian ini merupakan jenis penelitian yang terdiri dari dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Penelitian ini didesain dengan menggunakan pretestposttest control group design. Sampel pada penelitian ini terdiri dari dua kelas yaitu kelas VIID sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIB sebagai kelas kontrol, yang ditentukan secara purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah observasi, tes dan dokumentasi. Data hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model two stay two stray dalam memarafrasekan cerpen siswa kelas VII SMP Negeri 1 Mappedeceng. Ini dibuktikkan dari hasil uji t-test dengan taraf signifikansi 5% diperoleh p < 0,05 (0,000 < 0,05). Artinya, ada perbedaan kemampuan memarafrasekan cerpen antara kelompok yang menerapkan model two stay two stray dengan yang tidak menerapkan model two stay two stray. Hal tersebut juga didukung dari perbedaan nilai rata-rata (mean) posttest memarafrasekan cerpen kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Kelompok eksperimen memiliki nilai rata-rata 22,783 sedangkan kelompok kontrol memiliki nilai rata-rata 27,318.
Downloads
References
Akhadiah, 1994. Pembinaan Kemampuan Menulis Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.
Anjasmara, 2014. Keefektifan Teknik Scrambel dalam Pembelajaran Cerpen Siswa Kelas X Madrasah Aliyah Al-Jihad Buangin. Skripsi. Palopo: Universitas Cokroaminoto Palopo.
Arikunto, 1998. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Depoter, B. & Hernacki, M., 2001. Quantum learning: Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Terjemahan Abudurrahman Bandung: Kaifa.
Dian, 2016. Kemampuan Memarafrasekan Puisi Hijau Dalam Mimpi Karya S.S.Saputra Siswa Kelas VIII SMP Negeri 7 Palopo. Skripsi. Palopo: Universitas Cokroaminoto Palopo.
Endah, 2012. Membaca Sastra dengan Ancangan Literasi Kritis. Jakarta: Bumi: Aksara
Fachruddin, 1985. Bahasa Indonesia (Buku Pegangan Mata Kuliah Dasar Umum). Ujung Pandang: IKIP Ujung Pandang
Fitriani, 2013. Komparasi Keefektifan Pembelajaran Matematika Melalui Pembelajaran kooperatif Tipe Make a Match dan Tipe Scramble pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 4 Palopo. Tesis tidak diterbitkan. Makassar. Pascasarjana-UNM.
FKIP, 2013. Panduan Penulisan Proposal dan Skripsi. Palopo: Universitas Cokroaminoto Palopo.
Hasan, 2014. Kemampuan Menulis Karangan deskripsi melalui Audio Visual. Skripsi. Palopo:Universitascokro Aminoto Palopo.
Hendy, 1988. Pelajaran Sastra. Jakarta: Gramedia.
Hijrah, 2012. Korelasi Minat Baca Terhadap Kemampuan Menulis Cerpen Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Papalang Kecamatan Papalang Kabupaten Mamuju. Skripsi. Palopo: Universitas Cokroaminoto Palopo.
Kasim, 2013. Peranan Metode Cooperatif Learning Tipe TS-TS dalam Menulis Karangan Narasi untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa Kelas X.2 SMA Negeri 6 Palopo. Skripsi. Palopo: Universitas Cokroaminoto Palopo.
Komang. 2015. Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Eksposisi Melalui Metode Brainstorming. Skripsi. Palopo: Universitascokro Aminoto Palopo.
Nurgiantoro, 1987. Penilaian dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra. Yogyakarta: BPFE.
Nurgiantoro, 2007. Teori Pengkajian Prosa Fiksi. Yokyakarta: Gajah Mada University Press.
Nurkancana, 1986. Evaluasi Pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional.
Purba, 2010. Sastra Indonesia Kontemporer.Yokyakarta: Graha Ilmu.
Sumardjo, J., 2001. Catatan Kecil tentang Menulis Cerpen.Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Sulastriningsih, 2011. Strategi dan Aplikasi Model Pembelajaran Inovatif Bahasa dan Sastra. Makassar: Universitas Negeri Makassar.
Sugiyono, 2014. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta. Tarigan, 2013. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Thahar, 2008. Pengertian Cerpen Jakarta: Bumi: Aksara.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with Onoma Journal: Education, Languages??, and Literature agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.