Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe CIRC dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Paragraf Deskriptif

https://doi.org/10.30605/onoma.v6i1.275

Authors

  • M Zulham Universitas Cokroaminoto Palopo

Keywords:

Model Pembelajaran Kooperatif Tipe CIRC, Kemampuan Menulis, Paragraf Deskriptif

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui: (1) Kemampuan menulis paragraf deskriptif siswa kelas X SMA Negeri 1 Palopo sebelum dan setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe CIRC, (2) peningkatan kemampuan menulis paragraf deskriptif siswa kelas X SMA Negeri 1 Palopo setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe CIRC. Satuan eksperimen adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Palopo tahun pelajaran 2019/2020 dengan jumlah siswa 26 orang yang dipilih dengan menggunakan teknik Purposive sampling.  Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes kemampuan menulis paragraf deskriptif siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan pemberian tes awal (pretest)  dan tes akhir (posttest). Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Kemampuan menulis paragraf deskriptif siswa kelas X SMA Negeri 1 Palopo sebelum diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe CIRC berada pada kategori sangat rendah, (2) Kemampuan menulis paragraf deskriptif siswa kelas X SMA Negeri 1 Palopo setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe CIRC berada pada kategori sedang, (3) Terjadi peningkatan kemampuan menulis paragraf deskriptif siswa kelas X SMA Negeri 1 Palopo setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe CIRC. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe CIRC dapat meningkatkan kemampuan menulis paragraf deskriptif siswa kelas X SMA Negeri 1 Palopo.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alwi, Hasan, dkk. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Keempat. Jakarta: Balai Pustaka.

Akhadiat, Sabarti. dkk. 1996. Pembinaan Kemampuan Menulis Bahasa Indonesia. Jakarta: IKAPI.

Haduyanto. 2001. Membudayakan Kebiasaan Menulis. Sebuah Pengantar. Jakarta: PT. Fikahati Aneska

Keraf, Goris. 1994. Komposisi. Jakarta: Nusa Indah

Kusumah, Encep, dkk. 2003. Menulis 2. Jakarta: Pusat Penerbitan Univeritas Terbuka.

Kusnandar. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Rajawali Pers.

Liang Gie, The. 2002. Terampil Mengarang. Yogyakarta: Andi.

Melki. 2011. Peningkatan Kemampuan Menulis Ringkasan dengan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe CIRC pada Siswa Kelas XI IPA1 SMA Negeri 1 Baebunta Kabupaten Luwu Utara: Skripsi. Makassar: UNM.

Solihatin, Etin. 2007. Cooperative Learning. Jakarta: Bumi Aksara

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Tarigan, Hendry Guntur. 2008. Menulis sebagai Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Wardhani, IGAK. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Universitas Terbuka. Yunus, Mohammad & Suparno. 2007. Keterampilan Menulis. Jakarta: Universitas Terbuka

Downloads

Published

2020-05-30

How to Cite

Zulham, M. (2020). Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe CIRC dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Paragraf Deskriptif. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 6(1), 533–547. https://doi.org/10.30605/onoma.v6i1.275

Issue

Section

Articles