Penerapan Teknik Imajinasi Metafor terhadap Kemampuan Menulis Puisi Bebas Siswa Kelas X SMA Negeri 6 Palopo

https://doi.org/10.30605/onoma.v5i1.40

Authors

  • M Zulham Universitas Cokroaminoto Palopo
  • Pancana Beta Universitas Cokroaminoto Palopo

Keywords:

Teknik Imajinasi Metafor, Menulis Puisi Beba

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: (1) hasil menulis puisi bebas Siswa kelas X SMA Negeri 6 Palopo sebelum penerapan teknik imajinasi metafor, (2) hasil menulis puisi bebas Siswa kelas X SMA Negeri 6 Palopo setelah penerapan teknik imajinasi metafor, (3) peningkatan hasil menulis puisi bebas Siswa kelas X SMA Negeri 6 Palopo setelah penerapan teknik imajinasi metafor. Penelitian ini termasuk penelitian eksperimen. Satuan eksperimen dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 6 Palopo. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah pemberian tes yang terdiri dari dua yaitu pretest dan posttest. Hasil yang diperoleh adalah (1) hasil menulis puisi bebas siswa kelas X SMA Negeri 6 Palopo sebelum diajar dengan menggunakan teknik imajinasi metafor berada pada kategori sangat rendah, (2) hasil menulis puisi bebas siswa kelas X SMA Negeri 6 Palopo sebelum diajar dengan menggunakan teknik imajinasi metafor berada pada kategori tinggi, (3) Terjadi peningkatan hasil menulis puisi bebas siswa kelas X SMA Negeri 6 Palopo setelah penerapan teknik imajinasi metafor.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aftaruddin. Pesu. 1984. Pengantar Apresiasi Puisi, Bandung: Angkasa Ahmadi,M 1990. Strategi Belajar mengajar Keterampilan berbahasa dan Apresiasi Sastra.Malanga: YA3 Arikunto, Suharsini. 2006. Prosedur Penelitian (Suatu Pendekatan Praktik). Jakarta: Rineke Cipta Badrun Ahmad. 1989 , Teori Puisi. Jakarta: departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Proyek Pengembangan Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan. Esten, Mursal. 1987, Sepuluh Petunjuk dalam Memahami dan Membaca Puisi. Padang: Angkasa Raya. I Wesiana, Wayan. 2009, “Upaya Meningkatkan Kemampuan Menulis Iklan dan Poster Melalui Pendekatan CTL (Contextual Teaching dan Learning) Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Mangkutana”. Skripsi. Palopo: Program S1 UNCP.
Jabrohim, dkk. 2001. Cara Menulis Kreatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Offest. Sayuti, Suminto A. 1985. Puisi dan Pengajarannya: Sebuah Pengantar. Yogyakarta: IKIP Semarang Press. Situmorang, B.P. 1983. Puisi dan Metodologi Pengajarannya. Ende-Flores: Nusa Indah. Situmorang , B.P. 1974. Puisi dan Metodologi Pengajaran. Medan: Nusa Indah. Permendiknas, 2008. Undang-undang SISDIKNAS (Sistem Pendidikan Nasional): UU RI No. 20 Th, 2003 dilengkapi PPRI No. 48 dan 47 Th. 2008. Jakarta: Sinar Grafika. Tarigan, H.G. 1993. Prinsip-prinsip Dasar Sastra. Bandung: Angkasa. Waluyo, Herman J. 1995. Teori dan Apresiasi Puisi. Jakarta: Erlangga.

Published

2019-10-04

How to Cite

Zulham, M., & Beta, P. (2019). Penerapan Teknik Imajinasi Metafor terhadap Kemampuan Menulis Puisi Bebas Siswa Kelas X SMA Negeri 6 Palopo. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 5(1), 275–290. https://doi.org/10.30605/onoma.v5i1.40

Issue

Section

Articles