Estetika Bahasa dalam Retorika Dakwah KH Anwar Zahid pada Channel Youtube: Kajian Fungsional Linguistik
https://doi.org/10.30605/onoma.v9i2.2906
Keywords:
Language Aesthetics, KH Anwar Zahid, Da'wah RhetoricAbstract
Retorika dan dakwah memiliki keterkaitan yang erat, sebagaimana dua sisi dari
sebuah mata uang. Dengan fungsi dari retorika dakwah yang begitu kompleks
diperlukan media penyampai yaitu bahasa yang estetik agar indah, lebih menarik,
dan enak didengar. Penelitian ini memiliki tujuan yaitu mengkaji permainan bunyi
dan gaya bahasa serta kekhasan estetika bahasa dalam retorika dakwah KH. Anwar
Zahid dalam channel youtube. Teknik dokumentasi menjadi teknik pengumpulan
data dan teknik content analysis menjadi teknik dalam analisis data. Permainan
bunyi yang paling dominan digunakan AZ adalam retorika dakwahnya adalah
aliterasi. Aliterasi ini memberikan kesan keindahan diksi dan kesedapan bunyi pada
retorika AZ. Di samping itu, permainan bunyi pada tuturan AZ ditandai dalam
bentuk penggunaan asonansi, akronim, dan slogan. Asonansi memberikan efek
keindahan bunyi dan memunculkan rima akhir yang estetik.. Akronim memberikan
efek santai bahkan humor. Slogan memberikan efek padat makna dengan nuansa
kata-kata yang indah. Selanjutnya , estetika bahasa pada retorika AZ diwarnai oleh
gaya bahasa Repetisi, Anafora, Antitesis, Simile, dan Pleonasme. Repetisi dan
Anafora membawa efek penegasan dan meingkatkan daya ingat. Simile membawa
efek perumpamaan, Antitesis menciptakan efek dramatis, sedangkan Pleonasme
memberikan kemudahan dalam memahami makna. Permainan bunyi dan gaya
bahasa menjadikan retorika dakwah KH. Anwar Zahid penuh dengan estetika
bahasa sehingga menjadi hidup, menarik, enak didengar, dan penuh motivasi.
Penelitian ini mengungkapkan bahwa penggunaan permainan bunyi dan gaya
bahasa tidak lagi terbatas pada upaya mencari keindahan semata. Sebaliknya,
penggunaan permainan bunyi dan gaya bahasa menunjukkan kecerdasan dan
memberikan penjelasan konsep estetika bahasa
Downloads
References
Alwi, H., and dkk. (2003). Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia (Edisi Ketiga). Balai Pustaka.
Amin, S. M. (2009). Ilmu Dakwah. Amzah.
Anindya, A. (2019). Analisis penggunaan gaya bahasa dalam puisi le lac karya Alphonse de Lamartine. Universitas Lampung Press.
Anwar, M. (2017). Creating Effective Learning Through Hypnoteaching. Journal of Chemical Information and Modeling, 16(2), 469–480.
Aripudin, A. (2011). Pengembangan Metode Dakwah. PT. Raja Grafindo Persada.
Basri, N. H. (2005). Pengajaran gaya bahasa dalam Bahasa Melayu. Jurnal Pengajian Melayu, 16(1), 37–54. https://myjurnal.mohe.gov.my/filebank/published_article/24024/Article_2.PDF
Busri, H. & B. M. (. (2018). Linguistik Indonesia: Pengantar Memahami Hakikat Bahasa. Madani Media.
Corbett, E. P. J. (1990). Classical Theoric For The Modern Student. Oxford University Press.
Creswell, J. W. (2013). Qualitative Inquiry and Research Design (Choosing Among Five Approaches.
Darmalaksana, W. (2020). Jejak kuliah online metode penelitian. Fakultas Ushuludin UIN Sunan Gunung Djati.
Fauzi, A. (2018). Gaya Retorika Dakwah Ustadz Abdul Somad. Skripsi, 6(1), 1–8. https://core.ac.uk/download/pdf/160445102.pdf
Fikry, A. (2020). Representasi Konsep Retorika Persuasif Aristoteles dalam Pidato Ismail Haniyah untuk Umat Islam Indonesia. Jurnal Al-Azhar Indonesia Seri Humaniora, 5(3), 137–145. http://dx.doi.org/10.36722/sh.v5i3.387
Haerun, A. (2010). Akronim dalam Bahasa Indonesia Tinjauan Linguistik dan Sosio-Politis Perkembangannya. Linguistika: Buletin Ilmiah Program Magister Linguistik Universitas Udayana, 17(c). http://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=1376759&val=994&title=Akronim dalam Bahasa Indonesia Tinjauan Linguistik dan Sosio-Politis Perkembangannya
Hu, F. (2017). A study on Chinese EFL learning of English pronunciation from the perspective of aesthetic linguistics. Theory and Practice in Language Studies, 7 (7), 579. https://doi.org/10.17507/tpls.0707.12
Hyang, O. S. (2021). Bicara Itu Ada Seninya, Rahasia Komunikasi yang Efektif. Buana Ilmu Populer.
Junus, U. (2010). Gaya bahasa sastera Melayu. Dewan Bahasa dan Pustaka.
Kadarisman, E. A. (2009). Mengurai Bahasa Menyibak Budaya. Universitas Negeri Malang.
Keraf, G. (2000). Diksi dan Gaya Bahasa. PT Gramedia Pustaka Utama.
King, L. (2021). Seni Berbicara Kepada Siapa Saja, Kapan Saja, di Mana Saja. Gramedia Pustaka Utama.
Kridalaksana, H. (1993). Kamus Linguistik. Gramedia.
Kridalaksana, H. (2008). Kamus linguistik edisi keempat. Gramedia Pustaka Utama.
Labibah, S. (2022). Retorika Dakwah Ustadzah Mumpuni Handayayyekti Melalui Humor di Youtube Raden Aryo Production. Institusional Repository UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/62772
Latifah, U., Busri, H., & Badrih, M. (2023). Retorika estetik bahasa iklan online Ramadan 2022: Kajian Fungsional Aliran Praha. KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 9(1), 285–299. https://doi.org/10.22219/kembara.v9i1.22546
Mcquarrie, E. F., & Mick, D. G. (1996). Figures of rhetoric in advertising language. . . Journal of Consumer Research, 22(4), 424–438. https://doi.org/10.1086/209459
MD Zain, R., & Nik Muhammad Affendi, N. R. (2019). Unsur Estetika Bahasa Dalam Novel-Novel Pemenang Sayembara Fiksyen Sains Dan Teknologi Dari Tahun 2012 Sehingga 2017. MANU Jurnal Pusat Penataran Ilmu Dan Bahasa (PPIB), 2019, 189–212. https://doi.org/10.51200/manu.v0i0.1926
Mubarok, M. A. R. M., & Rohaedi. (2021). Variasi Bahasa Slogan dalam Iklan Situs Belanja Daring Tokopedia : Kajian Sosiolinguistik. Bapala, 8(5), 187–196. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/bapala/article/view/41417
Mulyadi, J. (2021). Fenomena Pleonasme Dalam Bahasa Indonesia: Perspektif Gaya Bahasa Dan Kalimat Efektif. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 4(2), 262–270. https://doi.org/10.31004/jrpp.v4i2.2839
Mulyana, M. (2021). Nilai-Nilai Etika Dan Estetika Dalam Prosesi Upacara Perkawinan Masyarakat Jawa: Wahana Pembentukan Karakter Mulia. Kejawen, 1(1), 68–76. https://doi.org/10.21831/kejawen.v1i1.40557
Mulyani, Y. (1981). Tanya Jawab Dasar-Dasar Pidato. Pioner Jaya.
Munawwir, W. (1994). Kamus Al Munawwir. Pustaka, Progressif.
Nurgiyantoro, B. (2014). Stilistika. Gadja Mada University Press.
Nusantari, A. P., & Rokhman, F. (2016). Kode Tutur Verbal Penutur Asingdalam Ranah Sosialmasyarakat Dwibahasawan. Seloka: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 5(1).
Oktapiani, D. (2021). Analisis gaya retorika dan penggunaan diksi bagian pendahuluan artikel jurnal silampari bisa. KASTRAL: Kajian Sastra Nusantara Linggau, 1(2), 46–55. https://jurnal.lp3mkil.or.id/index.php/kastral/article/view/120
Pateda, L. (2016). Gaya Kepengarangan Tere Liye dalam Novel ‘Moga Bunda Disayang Allah’ Tinjauan Retorika-Stilistika. 3, 1–23. https://www.journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/al/article/view/321/276
Radhiyah, I. (2018). Diksi, Gaya Bahasa, dan Permainan Bunyi pada LIrik Lagu-Lagu Melayu. Jurnal Ilmiah Darul Ulum, 9 (1), 75–106. http://ejournal.stitdukotabaru.ac.id/index.php/darululum/article/view/7
Regmi, L. R. (2014). Analysis and Use of Figures of Speech. Journal of Nelta Surkhet, 4, 76–80. https://doi.org/10.3126/jns.v4i0.12864
Saifudin, A. (2020). Implikatur Percakapan dalam Studi Linguistik Pragmatik (Conversational Implicature in Pragmatic Linguistic Studies). Jalabahasa, 16(1), 15–24. https://doi.org/10.36567/jalabahasa.v16i1.423
Sari, L. K. (2022). Kanon Style dalam Retorika Najwa Shihab pada Acara Mata Najwa di Metro Tv. Stilistika: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 15(1), 47–63. http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/Stilistika/index
Sari, N. A. (2019). Retorika subversif dalam sajak-sajak wiji thukul: Kajian stilistika. Jurnal Ekonomi, Sosial & Humaniora, 1(05), 34–45. https://jurnalintelektiva.com/index.php/jurnal/article/view/53/36
Saufi, N., Hisyam, A., Amri, M. H., & Aisyah, I. (2022). Unsur Estetika Bahasa yang Terdapat dalam Novel Magis Karya Ramlee Awang Murshid. http://hdl.handle.net/123456789/4477
Selviana, I. (2019). Peran Estetika dalam Dakwah Bagi Generasi Milenial. Ath Thariq Jurnal Dakwah Dan Komunikasi, 3(2), 161–171. https://core.ac.uk/download/pdf/276542585.pdf
Semi, M. A. (1990). Stilistika Sastra. Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni IKIP Padang.
Septihadi, D. (2018). Gaya bahasa retoris dalam kumpulan puisi Mantra Sang Nabi dan rancangan pembelajarannya. . . Jurnal Kata (Bahasa, Sastra, Dan Pembelajarannya), 6(3), 1–10. http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/BINDO1/article/view/15323
Sudaryono, S. (2019). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Mix Method. PT Raja Grafindo Persada.
Tasmara, T. (1997). Komunikasi Dakwah. Media Pratama.
Triadi, R. B. (2020). Fonologi Bahasa Indonesia (Indonesian Phonology). In Rineka Cipta, Jakarta (Issue 1). https://repository.unpam.ac.id/8977/1/SIN0072_Fonologi Bahasa Indonesia-full.pdf
Wardani, R. Y., & Musyarofah, U. (2019). Retorika Dakwah Dai di Indonesia: Kajian Stilistika dalam Sastra Arab. Adabia Press. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/44544/2/cetak FIX Retorika Dakwah Lengkap- Vini.pdf
Winslow, L. A. (2014). The Imaged Other: Style and Substance in the Rhetoric of Joel Osteen. Southern Communication Journal, 79 (3), 250–271. 10.1080/1041794X.2013.%0A87217
Yulika, N. L. E. C., Budiarta, I. W., & Susanthi, I. G. A. A. D. (2022). Analisis makna, pesan, dan retorika dalam iklan Kitabisa. com. KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 8(2), 472–491. https://doi.org/10.22219/kembara.v8i2.21340
Zulfikar, Z. (2012). Analisis Isi Pesan Dakwah pada Lagu Album Ingat Sholawat Grup Band Wali. Institusional Repository UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, 5 Okrober 2012. http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/21855
Downloads
Published
How to Cite
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with Onoma Journal: Education, Languages??, and Literature agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.