Analisis Makna Konotatif Dalam Lagu Cundamani Karya Denny Caknan : Kajian Semiotik
https://doi.org/10.30605/onoma.v10i1.3398
Keywords:
makna konotatif, lirik lagu, semiotikAbstract
Memahami makna konotatif yang terkandung dalam sebuah lirik lagu dapat menimbulkan kesalahpahaman dalam mengartikan maksud yang ingin disampaikan oleh penciptanya, untuk membuktikan asumsi tersebut maka perlu untuk meneliti lebih lanjut mengenai makna konotatif dalam lirik lagu. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan makna konotasi yang terkandung dalam lagu Cundamani karya Denny Caknan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian yaitu lagu Cundamani karya Denny Caknan. Teknik pengumpulan data yang dilakukan pada penelitian ini adalah teknik simak catat. Teknik analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah dengan cara menerjemahkan terlebih dahulu ke dalam Bahasa Indonesia kemudian menghimpun dan menganalisis makna setiap kalimat yang terdapat dalam bait lirik lagu Cundamani Karya Denny Caknan dengan menggunakan pendekatan semiotik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa makna konotasi dalam lirik lagu Cundamani Karya Denny Caknan memiliki makna tersirat yaitu hubungan erat, kepercayaan dan komitmen yang dalam terhadap pasangan yang diistilahkan dengan kata bintang.
Kata Kunci: makna konotatif, lirik lagu, semiotik
Downloads
References
Alfreda, Rifdah Salsabila, and R. M. N. Sakinah. 2022. “Konteks Denotatif Dan Konotatif Dalam Karya Sastra "the Deed of the Bloody Tyrant ".” TheGIST 4(2). doi: 10.53675/gist.v4i2.388. DOI: https://doi.org/10.53675/gist.v4i2.388
Annisa Maulidiyah, Tri, and Bagus Wahyu Setyawan. 2022. “Analisis Semiotik Pada Makna Lagu Kok Iso Yo? Karya Andry Priyanto Di Populerkan Oleh Guyon Waton.” Jurnal Skripta 8(November):9–18. DOI: https://doi.org/10.31316/skripta.v8i2.2875
Antika, Tamia Rindi, Nurmada Ningsih, and Insi Sastika. 2020. “Analisis Makna Denotasi , Konotasi , Mitos Pada Lagu ‘ Lathi ’ Karya Weird Genius.” Asas : Jurnal Sastra 9(2):61–71. DOI: https://doi.org/10.24114/ajs.v9i2.20582
Banjarnahor, Desiana. 2022. “Analisis Kritis Semiotika Lirik Lagu Batak Toba ‘INANG’(Kajian Pengorbanan Orang Tua).” Student Mini Discussion and Review (April):0–10.
Suparman, S., Madeamin, S., & Beta, P. (2018). Dokumentasi tradisi lisan Tana Luwu melalui film dokumenter.
Cahyani, Essy, and Hendri Zalman. 2021. “Analisis Makna Konotatif Lirik Lagu Dalam Album ‘Best Selection Blanc’ Oleh Aimer.” Omiyage : Jurnal Bahasa Dan Pembelajaran Bahasa Jepang 4(1):1–14. doi: 10.24036/omg.v4i1.234. DOI: https://doi.org/10.24036/omg.v4i1.234
Damayanti, Indah Kusuma. 2022. “Makna Terhadap Mitos Dalam Lirik Lagu ‘Takut’ Karya Idgitaf: Kajian Semiotika Roland Barthes.” Deiksis: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia 9(1):31. doi: 10.33603/deiksis.v9i1.6150. DOI: https://doi.org/10.33603/deiksis.v9i1.6150
Damayanti, Maya Ariska, Saharudin, and I. Nyoman Sudika. 2020. “Bentuk Lingual Dan Makna Konotasi Pada Lirik Lagu Ebiet G. Ade Dalam Album Masih Ada Waktu.” Jurnal Bastrindo 1(1):51–66. doi: 10.29303/jb.v1i1.10. DOI: https://doi.org/10.29303/jb.v1i1.10
Fadli, Muhammad Rijal. 2021. “Memahami Desain Metode Penelitian Kualitatif.” Humanika 21(1):33–54. doi: 10.21831/hum.v21i1.38075. DOI: https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.38075
Ma’rufi, Ilham, and Mulia Ardi. 2021. “Nilai-Nilai Budaya Dalam Lagu Ndas Gerih Karya Denny Caknan; Studi Semiotika Ferdinand De Saussure.” Jurnal Komunikasi Dan Penyiaran Islam 12(01):15–27.
Nathaniel, Axcell, and Amelia Wisda Sannie. 2020. “Analisis Semiotika Makna Kesendirian Pada Lirik Lagu ‘Ruang Sendiri’ Karya Tulus.” SEMIOTIKA: Jurnal Ilmu Sastra Dan Linguistik 19(2):41. doi: 10.19184/semiotika.v19i2.10447. DOI: https://doi.org/10.19184/semiotika.v19i2.10447
Purnama Sari, Itika, Fira Febriyanti, Triana Ayuningsih Ujung, and Frinawaty Lestarina Barus. 2021. “Analisis Makna Konotasi Dalam Lirik Lagu Bertaut Karya Nadin Amizah.” Diksa : Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia 7(1):. DOI: https://doi.org/10.55606/jpbb.v1i1.684
Putri, Shinta Widyanti, and Bambang Sulanjari. 2021. “Kajian Semiotika Dalam Lagu Satru Ciptaan Denny Cakna.” Jurnal Ilmiah Sastra Dan Bahasa Daerah, Serta Pengajaran 13(1):104–16.
Sinaga, Y. C., Suci Cyntia, Siti Komariyah, and F. L. Barus. 2021. “Analisis Makna Denotasi Dan Konotasi Pada Lirik Lagu ‘Celengan Rindu’ Karya Fiersa Besari.” Jurnal Metabasa 2:38–50.
Supriandi, Agus, Muhammad Sukri, and Burhanuddin. 2023. “Makna Konotatif Lagu Iwan Fals Album Sarjana Muda.” Jurnal Bastrindo 4–13.
Theodora, Melisa, Nina Siti Salmaniah Siregar, and Taufik Wal Hidayat. 2023. “Analisis Semiotika Pada Film Parasite Dalam Makna Denotasi Konotasi Dan Pesan Moral.” Jurnal Antropologi Sumatera 19(2):119. doi: 10.24114/jas.v19i2.43926. DOI: https://doi.org/10.24114/jas.v19i2.43926
Wati, Trimo, Dina Safira Ikmaliani, and Mustolehudin. 2022. “Representasi Makna Denotasi Dan Konotasi Dalam Lirik Lagu Kun Fayakun (Analisis Semiotika Roland Barthes).” Alibbaa’: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab 3(1):73–102. doi: 10.19105/ajpba.v3i1.5172. DOI: https://doi.org/10.19105/ajpba.v3i1.5172
Downloads
Published
How to Cite
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with Onoma Journal: Education, Languages??, and Literature agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.