Analisis Kemampuan Menulis Teks Deskriptif Brosur Wisata Mahasiswa Level B1
https://doi.org/10.30605/onoma.v10i1.3162
Keywords:
Français du Tourisme, teks deskriptif, Brosur Wisata, Keterampilan MenulisAbstract
Français du Tourisme yang dalam bahasa Indonesia adalahBahasa Perancis bidang Pariwisata merupakan bagian dari kelompok mata kuliah peminatan Français sur Objectifs Spécifique (FOS) atau Bahasa Perancis untuk Tujuan Khusus. Dalam proses pembelajaran Français du Tourisme empat keterampilan berbahasa yaitu menyimak (Compréhension orale), berbicara (Production orale), membaca (Compréhension écrite), dan menulis (Production écrite) diarahkan dan disesuaikan dengan tema-tema tentang dunia pariwisata. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan mahasiswa dalam menulis teks deskriptif brosur wisata yang berjudul Analisis Kemampuan Menulis Teks Deskriptif Brosur Wisata Mahasiswa Level B1. Selain tujuan tersebut, penelitian ini juga diharapkan dapat memberikan solusi untuk kesulitan yang dihadapi mahasiswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif analitik, yang memusatkan pada pemecahan masalah yang ada pada masa sekarang, atau masalah aktual dengan jalan mengumpulkan, menyusun, mengklasifikasikan, menganalisis, dan menginterpretasikan” Surakhmad (1982: 169). Populasi dari penelitian ini adalah karakeristik kemampuan menulis teks deskriptif brosur wisata mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Perancis yang mengikuti kuliah Français du Tourisme.
Downloads
References
Kusuma, C. S. D. (2019). MICE-Masa depan bisnis pariwisata Indonesia. Efisiensi: Kajian Ilmu Administrasi, 16(2), 52-62.
Ab, A., & Sambilaka, K. N. (2023). Penggunaan Bahasa Asing di Swiss-Belhotel Makassar. Journal of Hospitality Accommodation Management (JHAM), 2(2), 58-65.
Himawan, R., Fathonah, E. N., Heriyati, S., & Maslakhah, E. N. I. (2020). Analisis Kesalahan Berbahasa Bidang Semantik pada Karangan Teks Deskripsi Siswa Kelas VII A SMPIT Ar-Raihan Kabupaten Bantul. Pena: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 10(1), 1-9.
Fitria, T. N., & Pratiwi, D. N. (2020). Pengajaran Menulis Teks Deskripsi Berbahasa Inggris Dengan Media Visual. Jurnal Ilmiah Edunomika, 4(01).
Surakhmad, Winarno. 1982. Pengantar Penelitian Ilmiah. Tarsito
Tarigan, Henry Guntur. 2008. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Angkasa Bandung.
YEO, K. O. (2020). L’adjectif qualificatif et son accord dans les langues senoufo. Revue Akofena, 65-78.
Gumilar, T., Karyaningsih, T. Y., & Ladinata, L. (2019). Transposisi pada Penerjemahan Adjektiva Bahasa Rusia ke dalam Bahasa Indonesia. Metahumaniora, 9(1), 28-40.
Nurmin, Samsul, Arman. (2022). Nominalisation de la langue française dans le roman la bête humaine par Êmile Zola, 3(1).
Oktavianti, I. N., Chaerani, N., & Prayogi, I. (2019). Analisis kontrastif nominalisasi dalam bahasa Inggris, bahasa Indonesia, dan bahasa Jawa. SASDAYA: Gadjah Mada Journal of Humanities, 3(2), 103-119.
Baiti, N. (2020). Analisis Penggunaan Konjungsi Dalam Kumpulan Artikel Pada Rubrik Politik Hukum Koran Kompas. Jurnal Konfiks, 7(1), 24-27.
Sanjoko, Y. (2022). Adverbia Bahasa Mooi: Adverbia Of Mooi Language. Kibas Cenderawasih: Jurnal Ilmiah Kebahasaan dan Kesastraan, 19(1), 104-128.
OLOU, M. A. (2019). Des adverbes du français comme «proformes»: vers une redéfinition de cette catégorie. Revue Roumaine d’Études Francophones, 11, 247-262.
Isnaini, N., & Huda, N. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Kosakata Bahasa Arab Berbasis Permainan My Happy Route Pada Siswa Kelas Viii Mtsn 10 Sleman. Al Mi'yar: Jurnal Ilmiah Pembelajaran Bahasa Arab dan Kebahasaaraban, 3(1), 1-14.
Visakha, J. A. (2019). Pengaruh Penguasaan Kosakata dan Tata Bahasa Terhadap Kemampuan Menulis Teks Deskriptif Bahasa Inggris. INFERENCE: Journal of English Language Teaching, 2(1), 68-79.
Downloads
Published
How to Cite
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with Onoma Journal: Education, Languages??, and Literature agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.