Analisis Kemampuan Menulis Teks Deskriptif Brosur Wisata Mahasiswa Level B1

https://doi.org/10.30605/onoma.v10i1.3162

Authors

  • Iim Siti Karimah Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung
  • Farida Amalia Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung
  • Yuliarti Mutiarsih Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung
  • Tri Indri Hardini Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung
  • Ariessa Racmadhany Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung
  • Ikhwan Zuhdi Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung

Keywords:

Français du Tourisme, teks deskriptif, Brosur Wisata, Keterampilan Menulis

Abstract

Français du Tourisme yang dalam bahasa Indonesia adalahBahasa Perancis bidang Pariwisata merupakan bagian dari kelompok mata kuliah peminatan Français sur Objectifs Spécifique (FOS)  atau Bahasa Perancis untuk Tujuan Khusus. Dalam proses pembelajaran Français du Tourisme empat keterampilan berbahasa yaitu menyimak (Compréhension orale), berbicara (Production orale), membaca (Compréhension écrite), dan menulis (Production écrite) diarahkan dan disesuaikan dengan tema-tema tentang dunia pariwisata. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan mahasiswa dalam menulis teks deskriptif brosur wisata yang berjudul Analisis Kemampuan Menulis Teks Deskriptif Brosur Wisata Mahasiswa Level B1. Selain tujuan tersebut, penelitian ini juga diharapkan dapat memberikan solusi untuk kesulitan yang dihadapi mahasiswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif analitik, yang memusatkan pada pemecahan masalah yang ada pada masa sekarang, atau masalah aktual dengan jalan mengumpulkan, menyusun, mengklasifikasikan, menganalisis, dan menginterpretasikan” Surakhmad (1982: 169). Populasi dari penelitian ini adalah karakeristik kemampuan menulis teks deskriptif brosur wisata mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Perancis yang mengikuti kuliah Français du Tourisme.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Rahma, A. A. (2020). Potensi sumber daya alam dalam mengembangkan sektor pariwisata di Indonesia. Jurnal Nasional Pariwisata, 12(1), 1-8.
Kusuma, C. S. D. (2019). MICE-Masa depan bisnis pariwisata Indonesia. Efisiensi: Kajian Ilmu Administrasi, 16(2), 52-62.
Ab, A., & Sambilaka, K. N. (2023). Penggunaan Bahasa Asing di Swiss-Belhotel Makassar. Journal of Hospitality Accommodation Management (JHAM), 2(2), 58-65.
Himawan, R., Fathonah, E. N., Heriyati, S., & Maslakhah, E. N. I. (2020). Analisis Kesalahan Berbahasa Bidang Semantik pada Karangan Teks Deskripsi Siswa Kelas VII A SMPIT Ar-Raihan Kabupaten Bantul. Pena: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 10(1), 1-9.
Fitria, T. N., & Pratiwi, D. N. (2020). Pengajaran Menulis Teks Deskripsi Berbahasa Inggris Dengan Media Visual. Jurnal Ilmiah Edunomika, 4(01).
Surakhmad, Winarno. 1982. Pengantar Penelitian Ilmiah. Tarsito
Tarigan, Henry Guntur. 2008. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Angkasa Bandung.
YEO, K. O. (2020). L’adjectif qualificatif et son accord dans les langues senoufo. Revue Akofena, 65-78.
Gumilar, T., Karyaningsih, T. Y., & Ladinata, L. (2019). Transposisi pada Penerjemahan Adjektiva Bahasa Rusia ke dalam Bahasa Indonesia. Metahumaniora, 9(1), 28-40.
Nurmin, Samsul, Arman. (2022). Nominalisation de la langue française dans le roman la bête humaine par Êmile Zola, 3(1).
Oktavianti, I. N., Chaerani, N., & Prayogi, I. (2019). Analisis kontrastif nominalisasi dalam bahasa Inggris, bahasa Indonesia, dan bahasa Jawa. SASDAYA: Gadjah Mada Journal of Humanities, 3(2), 103-119.
Baiti, N. (2020). Analisis Penggunaan Konjungsi Dalam Kumpulan Artikel Pada Rubrik Politik Hukum Koran Kompas. Jurnal Konfiks, 7(1), 24-27.
Sanjoko, Y. (2022). Adverbia Bahasa Mooi: Adverbia Of Mooi Language. Kibas Cenderawasih: Jurnal Ilmiah Kebahasaan dan Kesastraan, 19(1), 104-128.
OLOU, M. A. (2019). Des adverbes du français comme «proformes»: vers une redéfinition de cette catégorie. Revue Roumaine d’Études Francophones, 11, 247-262.
Isnaini, N., & Huda, N. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Kosakata Bahasa Arab Berbasis Permainan My Happy Route Pada Siswa Kelas Viii Mtsn 10 Sleman. Al Mi'yar: Jurnal Ilmiah Pembelajaran Bahasa Arab dan Kebahasaaraban, 3(1), 1-14.
Visakha, J. A. (2019). Pengaruh Penguasaan Kosakata dan Tata Bahasa Terhadap Kemampuan Menulis Teks Deskriptif Bahasa Inggris. INFERENCE: Journal of English Language Teaching, 2(1), 68-79.

Published

2024-01-03

How to Cite

Siti Karimah, I., Amalia, F. ., Mutiarsih, Y. ., Hardini, T. I., Racmadhany, A., & Zuhdi, I. (2024). Analisis Kemampuan Menulis Teks Deskriptif Brosur Wisata Mahasiswa Level B1. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 10(1), 156–168. https://doi.org/10.30605/onoma.v10i1.3162

Issue

Section

Articles

Categories