Realitas Kesantunan Berbahasa Gen-Z di Era Digital

https://doi.org/10.30605/onoma.v10i1.3167

Authors

  • Rika Ningsih Universitas Islam Riau
  • Fatmawati Fatmawati Universitas Islam Riau, Indonesia

Keywords:

Gen Z, Kesantunan Berbahasa, Mahasiswa

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh ditemukan banyaknya ketidaksantunan berbahasa Gen Z (mahasiswa) ketika berkomunikasi dengan dosen. Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah realitas kesantunan berbahasa Gen Z (mahasiswa). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengungkapkan kenyataan kesantunan berbahasa Gen Z (mahasiswa) dalam berkomunikasi melalui media sosial Whatsapp dengan dosennya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode analisis isi. Sumber data dalam penelitian ini adalah aktivitas berbahasa yang terdapat dalam chat mahasiswa kepada dosennya pada aplikasi Whatsapp. Data dalam penelitian ini adalah chat mahasiswa yang mengandung skala kesantunan berbahasa Leech. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan observasi, FGD, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan sesuai dengan prosedur penelitian analisis isi yaitu coding, klasifikasi, analisis dan deskripsi. Berdasarkan pengumpulan dan analisis data penelitian ditemukan 162 data chat mahasiswa yang mengandung beberapa skala kesantunan Leech. Skala kerugian dan keuntungan (Cost- benefit scale) ditemukan sebanyak 14 data. Skala pilihan (Optionality scale) ditemukan sebanyak 21 data. Skala ketidaklangsungan (Indirecness scale) ditemukan sebanyak 31 data. Skala keotoritasan (Authority scale) ditemukan sebanyak 25 data. Skala jarak sosial (Social distance scale ) ditemukan sebanyak 25 data. Berdasarkan hasil dan pembahasan dalam penelitian ini simpulan. Pertama, mahasiswa (Gen Z) kurang memperhatikan kesantunan dalam berbahasa. Hal tersebut tergambar dari banyaknya pelanggaran skala kesantunan Leech yang ditemukan dalam penelitian ini. Kedua, mahasiswa (Gen Z) tidak bisa lagi menempat posisinya sebagai mahasiswa yang seharusnya santun berbahasa kepada orang yang lebih tua dalam hal ini adalah dosennya. Ketiga, kesantunan berbahasa mahasiswa (Gen Z) dipengaruhi oleh teknologi yang sedang berkembang saat ini.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Brown, Penelope, and Stec Levinson. 1987. Politeness: Some Universal In Languange Usage. Camridge: Camridge University Press.
Budiawati, T. R. 2017. “Kesantunan Berbahasa Mahasiswa Dalam Berinteraksi Dengan Dosen Di Universitas Ahmad Dahlan: Analisis Pragmatik.” 42(7): 557–71.
Bungin, Burhan. 2008. Penelitian Kualitatif: Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Public Dan Ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Chaer, Abdul. 2010. Kesantunan Berbahasa. Jakarta: Rineka Cipta.
Dowlatabadia, Hamidreza, Ehsan Mehri, and Azar Tajabadi. 2014. “Politeness Strategies in Conversation Exchange : The Case of Council for Dispute Settlement in Iran.” Procedia - Social and Behavioral Sciences 98: 411–19. http://dx.doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.03.434.
Hudani Nabila, Annisa, and Fatmawati. 2022. “Kesantunan Tuturan Interogatif Dalam Talkshow Kick Andy Ada Apa Dengan Luhut Di Youtube.” Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, dan Sastra 8(2): 749–59.
Jahdiah, NFN. 2018. “Kesantunan Tindak Tutur Bamamai Dalam Bahasa Banjar: Berdasarkan Skala Kesantunan Leech.” Ranah: Jurnal Kajian Bahasa 7(2): 164.
Juita, Novia, and Novia Juita. 2016. “TINDAK TUTUR TOKOH DALAM KABA: PENCERMINAN KEARIFAN DAN KESANTUNAN BERBAHASA ETNIS MINANGKABAU.” Humanus: Jurnal Ilmiah Ilmu-ilmu Humaniora 15(1): 92–104. http://ejournal.unp.ac.id/index.php/humanus/article/view/6416 (December 23, 2022).
Kholisotin, L., & Lataria. 2017. “Fungsi Kesantunan Berbahasa Dalam Interaksi Guru Dan Murid Di Lingkungan MIS Al Jihad Palangka Raya.” Anterior Jurnal 17(1): 52–59.
Kusno, Ali. 2016. “BENTUK-BENTUK PELANGGARAN PRINSIP KESOPANAN.” 11(2).
Leech, Geoffrey N. 1993. Prinsip-Prinsip Pragmatik. Jakarta: UI Press.
Lestari, Puji, and Joko Prayitno. 2016. “Strategi Dan Skala Kesantunan Tindak Direktif Mahasiswa Riau Di Lingkungan Masyarakat Berlatar Belakang Budaya Jawa.” Jurnal Penelitian Humaniora 17(2): 135–48.
Mey, Jacob L. 2001. Pragmatics: An Introduction. Second. Oxford UK & Cambridge USA: Blackwell Publishing.
Moleong, Lexy J. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Ningsih, Rika et.al. 2021. “Politeness in Language of Riau Malay Students: A Linguistic Phenomenon.” Turkish Journal of Computer and Mathematics Education Research Article 12(12): 2669–74.
Olaniyi, Kaseem. 2017. “Politeness Principle and Ilorin Greetings in Nigeria: A Sociolinguistic Study.” : 58--67.
Rahman, Fatmawati, and Rika Ningsih. 2022. “Kesantunan Tindak Tutur Asertif Memberitahukan Dalam Acara Catatan Demokrasi Manuver Giring Di Depan Jokowi Di Tv One.” KREDO : Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra 6(1): 128–49.
Rakhmah, Diyan Nur. 2021. “Gen Z Dominan, Apa Maknanya Bagi Pendidikan Kita?” https://puslitjakdikbud.kemdikbud.go.id/produk/artikel/detail/3133/gen-z-dominan-apa-maknanya-bagi-pendidikan-kita.
Rihan K, Eka. 2015. “Kesantunan Pengungkapan Kalimat Perintah Dalam Perkuliahan Bahasa Indonesia Mahasiswa Sekolah Tinggi Islam (STAI).” 2(April): 34–49.
Rika Ningsih, Endry Boeriswati, and Liliana Muliastuti. 2020. “Language Politeness of Students and Teachers: An Ethnographic Study.” Getsempena English Education Journal 7(1): 159–69.
Salsabil, Rezki Dwi, and Rika Ningsih. 2023. “Kesantunan Berbahasa Warganet Dalam Kolom Komentar Instagram@ Jokowi ‘Ruang Cakap Digital.’” Jurnal Konfiks 10(1): 44–54.
Uswatun, A. T., Wijayanti, C. P., & Puspitasari, M. 2016. “Krisis Kesantunan Berbahasa Di Media Sosial Instagram Sebabkan Fenomena Cyberbullying.” : 67–73.
Utari, Lisa Tri. 2021. “Kesantunan Berbahasa Para Peserta Diskusi Dalam Gelar Wicara Mata Najwa : Kajian Pragmatik.” Sapala 8: 154–65.
Wardhaugh, Ronald, and Janet M. Fuller. 2015. An Introduction to Sociolinguistics. Sevent Edi. UK: Blackwell.
“Wikipedia.” 2021. https://id.wikipedia.org/wiki/Generasi_Z#cite_note-:3-10.

Published

2024-01-03

How to Cite

Rika Ningsih, & Fatmawati, F. (2024). Realitas Kesantunan Berbahasa Gen-Z di Era Digital. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 10(1), 215–224. https://doi.org/10.30605/onoma.v10i1.3167

Issue

Section

Articles

Categories