Pengaruh Model Pembelajaran RADEC terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Materi Iklan, Slogan, Poster kelas VIII SMPN 2 Siak Kecil

https://doi.org/10.30605/onoma.v10i1.3435

Authors

  • Siti Maryam universitas islam riau
  • Fatmawati Fatmawati Universitas Islam Riau

Keywords:

RADEC, Learning Motivation, Advertising

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh model pembelajaran RADEC terhadap motivasi belajar pada materi iklan, slogan, dan poster siswa kelas VIII di SMPN 2 Siak Kecil. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Desain penelitian yang digunakan adalah pre-experimental design, dengan model desain one group pretest-posttest design. Desain ini digunakan untuk membandingkan keadaan sebelum dengan yang sudah diberi perlakuan. Populasi dalam penelitian yang akan dilakukan adalah seluruh siswa kelas VIII di SMPN 2 Siak Kecil, sedangkan sampel nya diambil secara acak dengan menggunakan teknik cluster random sampling, yaitu melakukan pengundian seluruh kelas VIII A. Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Pembelajaran RADEC terhadap motivasi belajar siswa kelas VIII di SMPN 2 Siak Kecil pada mata pelajaran bahasa Indonesia. Berdasarkan perhitungan uji-t yang telah dilakukan pada nilai pretest dan nilai posttest maka didapatkan thitung memperoleh nilai 11,96 dan ttabel adalah 1,670 sehingga hasilnya Thitung > Ttabel yang artinya Ha diterima dan Ho ditolak. Jadi, dapat disimpulkan bahwa terdapat Adanya pengaruh model pembelajaran RADEC terhadap motivasi belajar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustin, M., Pratama, Y. A., & Sopandi, W. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Radec Terhadap Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Mahasiswa Pgsd. Jurnal Cakrawala Pendas, 7(1). https://doi.org/10.31949/jcp.v7i1.2672 DOI: https://doi.org/10.31949/jcp.v7i1.2672

Fadil, A. R., & Ramadhan, S. (2023). Pengaruh Model Radec ( Read , Answer , Discuss , Explain , Create ) Dan Motivasi Belajar Terhadap Keterampilan Menulis Teks Eksposisi. Ranah: Jurnal Kajian Bahasa, 12(3), 368–390. DOI: https://doi.org/10.26499/rnh.v12i2.6830

Fakhrurrazi, F. (2018). Hakikat Pembelajaran Yang Efektif. At-Tafkir, 11(1), 85–99. https://doi.org/10.32505/at.v11i1.529 DOI: https://doi.org/10.32505/at.v11i1.529

Gafur, A. (2018). Peningkatan Hasil Belajar IPA Terpadu Melalui Metode Demonstrasi Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Sano Nggoang Manggarai Barat Tahun Pelajaran 2017/2018. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 2(1), 144–161. https://doi.org/10.58258/jisip.v2i1.249 DOI: https://doi.org/10.58258/jisip.v2i1.249

Laka, B. M., Burdam, J., & Kafiar, E. (2020). Role of Parents in Improving Geography Learning Motivation in Immanuel Agung Samofa High School. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(2), 69–74. https://doi.org/10.47492/jip.v1i2.51 DOI: https://doi.org/10.47492/jip.v1i2.51

Lisa, J. L., Ariesta, R., & Purwadi, A. J. (2019). Analisis Interaksi Guru Dan Siswa Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Kelas Vii Smp Negeri 15 Kota Bengkulu. Jurnal Ilmiah KORPUS, 2(3), 270–282. https://doi.org/10.33369/jik.v2i3.6782 DOI: https://doi.org/10.33369/jik.v2i3.6782

Makmur, A. (2015). “Efektivitas Penggunaan Metode Base Method Dalam Meningkatkan Kreativitas dan Motivasi Belajar Matematika Siswa SMP N 10 Padangsidimpuan.” Jurnal EduTech, 1(1), 1–15.

Nurkaidah, & Kartika, D. (2023). Penerapan Metode SQ3R untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pemahaman Membaca Cerita Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di Kelas IV MI Cibuntu Bogor. Tarbiatuna: Journal of Islamic Education Studies, 4(1), 52–63. DOI: https://doi.org/10.47467/tarbiatuna.v4i1.4748

Pratama, Y. A., Sopandi, W., Hidayah, Y., & Trihatusti, M. (2020). Pengaruh model pembelajaran RADEC terhadap keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa sekolah dasar. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 6(2), 191–203. https://doi.org/10.22219/jinop.v6i2.12653 DOI: https://doi.org/10.22219/jinop.v6i2.12653

Rahmayanti, V. (2016). Pengaruh Minat Belajar Siswa dan Persepsi atas Upaya Guru dalam Memotivasi Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa SMP di Depok. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 1(2), 206–216. https://doi.org/10.30998/sap.v1i2.1027 DOI: https://doi.org/10.30998/sap.v1i2.1027

Sidik, Z., & Sobandi, A. (2018). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Kemampuan Komunikasi Interpersonal Guru. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 3(2), 50. https://doi.org/10.17509/jpm.v3i2.11764 DOI: https://doi.org/10.17509/jpm.v3i2.11764

Sinarsi, S. R. I. M. S. (2020). Edukasi Peningkatan Pengetahuan Akan Kemampuan Motivasi Belajar Pada Siswa Smp Panca Abdi Bangsaku (Pabaku) Stabat. Jurnal Abdimas Mutiara, 1, 275–285.

Sukmawati, D., Sopandi, W., & Sujana, A. (2021). Kemunculan Aspek Karakter Siswa SD melalui Pembelajaran RADEC dengan Menggunakan WhatsApp pada Materi Siklus Air. Jurnal Basicedu, 5(4), 1787–1798. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/993 DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.993

Sulfemi, W. B., & Yuliana, D. (2019). Penerapan model pembelajaran discovery learning meningkatkan motivasi dan hasil belajar pendidikan kewarganegaraan. Jurnal Rontal Keilmuan PKn, 5(1), 17–30. http://www.jurnal.stkippgritulungagung.ac.id/index.php/rontal/article/view/1021

Syaparuddin, Meldianus, & Elihami. (2020). STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR Pkn PESERTA DIDIK. Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(1), 30–41. https://doi.org/10.33487/mgr.v1i1.326 DOI: https://doi.org/10.33487/mgr.v1i1.326

Tabi’in, A. (2016). Kompetensi Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar pada MTsn Pekan Heran Indragri Hulu. Jurnal Al-Thariqah, 1(2), 156–171. http://ejournal.unisba.ac.id/index.php/performa/article/view/6076%0Ahttps://ejournal.unisba.ac.id/index.php/performa/article/viewFile/6076/3279 DOI: https://doi.org/10.25299/althariqah.2016.vol1(2).629

Tampubolon, M. (2022). Upaya Guru Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Pendidikan Bahasa Indonesia Dan Sastra (Pendistra), I(1), 92–102. https://doi.org/10.54367/pendistra.v4i2.1617 DOI: https://doi.org/10.54367/pendistra.v4i2.1617

Utsman, A., Markhamah, Rahmawati, L. E., Minsih, & Widyasari, C. (2022). Thematic Learning Plans with the RADEC Learning Model in Building Students’ Environmental Care Character in Elementary Schools. International Journal of Elementary Education, 6(3), 672–681.

Waruwu, M. (2023). Pendekatan Penelitian Pendidikan: Metode Penelitian Kualitatif, Metode Penelitian Kuantitatif dan Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Method). Jurnal Pendidikan Tambusai , 7(1), 2896–2910.

Wibowo, N. (2016). Pembelajaran Berdasarkan Gaya Belajar Di Smk Negeri 1 Saptosari. 1. DOI: https://doi.org/10.21831/elinvo.v1i2.10621

Yulianti, Y., Lestari, H., & Rahmawati, I. (2022). Jurnal Cakrawala Pendas Penerapan Model Pembelajaran Radec Terhadap. Jurnal Cakrawa Pendas, 8(1), 47–56.

Published

2024-02-21

How to Cite

Maryam, S., & Fatmawati, F. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran RADEC terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Materi Iklan, Slogan, Poster kelas VIII SMPN 2 Siak Kecil. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 10(1), 1052–1062. https://doi.org/10.30605/onoma.v10i1.3435

Issue

Section

Articles

Categories