Penggunaan Alih Kode dalam Pernyataan Megawati Soal Persiapan Pemilu di Merdeka News Terhadap Pembelajaran Sosiolinguistik
https://doi.org/10.30605/onoma.v10i1.3339
Keywords:
Bahasa, Sosiolonguistik, Allih kodeAbstract
Dalam kehidupan berkomunikasi ataupun berinteraksi masyarakat menggunakan media bahasa sebagai alat sosial agar lawan bicara dapat memahaminya, dengan tujuan mendapatkan dan menyampaikan informasi yang diperlukan. Tanpa bahasa manusia tidak dapat mengungkapkan pikirannya. Singkatnya, tanpa bahasa tidak dapat berkomunikasi. Peran bahasa sangat penting agar terwujudnya kehidupan bermasyarakat. Sosiolinguistik merupakan suatu kajian tentang bahasa yang dikaitkan dengan kondisi kemasyarakatan. Sosiolinguistik berurusan dengan aspek bahasa pada gilirannya. Fokus pada bahasa dan pertimbangkan konteks sosial. Keanekaragaman bahasa tersebut disebabkan oleh ragam bahasa yang digunakan oleh masyarakat penuturnya Pengubahan kode bahasa bisa terjadi secara total, mencantumkan element bahasa lain dengan bahasa yang sedang diterapkan, atau memodifikasi sebuah bahasa. pengaplikasian dua bahasa atau lebih, beberapa model dari satu bahasa, atau mungkin beberapa pembawaan dari satu ragam. Pengalihan kode dapat dijumpai dalam satu percakapan, atau dalam pidato.
Downloads
References
Akhii, Laiman; Rahayu, Ngudining; dan Wulandari, Catur. 2018. Campur Kode dan Alih Kode dalam Percakapan di Lingkup Perpustakaan Universitas Bengkulu. Jurnal Ilmiah Korpus. Vol. II. No. I. Hal. 45-55. DOI: https://doi.org/10.33369/jik.v2i1.5556
Ala, Muhammad, Muasa; Miftahuddin, Achmad; dan Qutni, Darul. 2019. Interpretasi Fonologis dan Gramatikal Siswa Kelas VII MTs N 1 Kudus dalam Pembelajaran Bahasa Arab (Kajian Sosiolinguistik). Journal of Arabic Learning and Teaching. Vol. 8. No. 1.
Fawziyyah, Safynatul; Santoso, B, Wahyudi, Joko. 2017. Implikatur Percakapan pada Iklan Kosmetik di Televisi: Kajian Pragmatik. Seloka: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Vol. 6. No. 3.
Khoirurrohman, Taufiq; dan Anjany, Anny. 2020. Alih Kode dan Campur Kode dalam Proses Pembelajaran di SD Negeri Ketug (Kajian Sosiolinguistik). Jurnal Dialekta Jurusan PGSD. Vol. 10. No. 1. Hal. 362-370.
Kurniasih, Dwi; dan Zuhriyah, Siti, Aminataz. 2017. Alih Kode dan Campur Kode di Pondok Pesantren Mahasiswa Darussalam. Journal Indonesian Language Education and Literature. Vol. 3. No. 1. Hal. 53-65. DOI: https://doi.org/10.24235/ileal.v3i1.1521
Lestari, Putri; dan Rosalina, Sinta. 2022. Alih Kode dan Campur Kode dalam Interaksi Sosial Antara Penjual dan Pembeli. Disastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. 4(1). 11-19. DOI: https://doi.org/10.29300/disastra.v4i1.4703
Mayasari, Diana; Irwansyah. 2020. Peran Soaiolinguiatik dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing (BIPA). Jurnal Pendidikan Tambusai. Vol. 4. No. 1. Hal. 189 - 199. DOI: https://doi.org/10.32493/sns.v1i2.10822
Mustikawati, Diyah, Atiek. 2015. Alih Kode dan Campur Kode Antara Penjual dan Pembeli (Analisis Pembelajaran Berbahasa Melalui Studi Sosiolinguistik). Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran. Vol. 3 No. 2. Hal. 23-32. DOI: https://doi.org/10.24269/dpp.v2i2.154
Ningrum, Fitria. 2019. Alih Kode dan Campur Kode dalam Postingan di Akun Instagram Yowessorry. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Bahasa Indonesia. Vol. 8. No. 2. Hal. 119-125. DOI: https://doi.org/10.33503/alfabeta.v2i2.613
Rohmani, Siti; Fuady, Amir; dan Anindiyarini, Atikah. 2013. Analisis Alih Kode dan Campur Kode pada Novel Negeri 5 Menara Karya Ahmad Fuadi. BASASTRA Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra Indonesia dan Pengajarannya. Vol. 2. No. 1.
Simatupang, Ruth, Remilani; Rohmadi, Muhammad; dan Saddhono, Kundharu. 2018. Alih Kode dan Campur Kode Tuturan di Lingkungan Pendidikan. LingTera. 5 (1). 1-9. DOI: https://doi.org/10.21831/lt.v5i1.19198
Suparman, S., & Nurahmad, M. (2022). Inovasi Leksikal Apokope Sinkope Bahasa Tae dan Bahasa Wotu. DEIKTIS: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 2(4), 433-437. DOI: https://doi.org/10.53769/deiktis.v2i4.345
Sukmana, Ayu, Andini; Wardarita, Ratu; dan Ardiansyah, Arif. 2021. Penggunaan Alih Kode dan Campur Kode dalam Acara Mata Najwa pada Stasiun Televisi Trans7. Jurnal Kredo. Vol. 5. No. 1. Hal. 206-221. DOI: https://doi.org/10.24176/kredo.v5i1.5872
Suparman. 2018. Alih Kode dan Campur Kode Antara Guru dan Siswa SMA Negeri 3 Palopo. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa dan Sastra. Vol. 4. No. 1. Hal. 43-53.
Yusnan, Muhammad; Iye, Kamasiah, Risman; dan Karim; dkk. 2020. Alih Kode dan Campur Kode pada Novel Badai Matahari Andalusia Karya Hary El-Parsia. (UJSS). Vol. 1. No. 1. Hal. 1-12.
Downloads
Published
How to Cite
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with Onoma Journal: Education, Languages??, and Literature agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.