Cyber-Bahasa-Sastra pada Aplikasi di Playstore sebagai Model Pembelajaran Bahasa-Sastra Mutakhir

https://doi.org/10.30605/onoma.v10i2.3617

Authors

  • Hilda Hilaliyah Universitas Negeri Surabaya
  • Bambang Yulianto Universitas Negeri Surabaya
  • Syamsul Sodiq Universitas Negeri Surabaya
  • Haris Supratno Universitas Negeri Surabaya

Keywords:

Model Pembelajaran, Bahasa Mutakhir, Cyber-Bahasa-Sastra

Abstract

Berbagai model pembelajaran bahasa-sastra mutakhir terus dikembangkan saat ini dengan mengombinasikan perkembangan teknologi pada era digital. Salah satunya adalah cyber-bahasa-sastra. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan memberikan gambaran terkait cyber-bahasa-sastra pada aplikasi di playstore sebagai model pembelajaran bahasa mutakhir. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan menggunakan analisis isi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari hasil analisis isi ditemukan; Pertama banyak tersedia aplikasi pengembangan bahasa dan sastra yang menyediakan berbagai karya. Aplikasi tersebut antara lain, Wattpad, WebNovel, NovelToon, Innovel, AllNovel, Fizzo Novel dan masih banyak lagi. Kedua, penulis menemukan bahwa aplikasi-aplikasi yang tersedia dan dapat diunduh di playstore tersebut dapat dijadikan model pembelajaran bahasa mutakhir dalam hal ini model pembelajaran Cyber-Bahasa-Sastra karena menggunakan teknologi internet dalam penyebaran karya seperti novel, puisi, cerpen, serta prosa lainnya. Penulis mengatakan dapat menjadi model pembelajaran bahasa mutakhir berbasis Cyber-Bahasa-Sastra karena memungkinkan pengembangan bahasa dan sastra indonesia dengan empat indikator yaitu penulis, pembaca, apresiasi karya, kritik karya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Albab, U. (2018). Teori Mutakhir Pembelajaran: Konsep Edutainment Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. El-Tarbawi, 11(1), 51–62. https://doi.org/10.20885/tarbawi.vol11.iss1.art4
Alfulaila, N. (2022). Model-model dan strategi pembelajaran bahasa di sekolah dan madrasah (Issue 33).
Ananda, I., & Rakhmawati, A. (2022). Pembelajaran Sastra Populer Sebagai Peningkatan Literasi Digital Dengan Penggunaan Media Aplikasi Wattpad: Studi Kasus. Research in Education and Technology (REGY), 1(1), 36–45. https://doi.org/10.62590/regy.v1i1.6
Anna, H. (2016). 235775-Pembelajaran-Bahasa-Indonesia-Dalam-Kont-Aefa2Fc0. Al-Ta’dib, 9.
Artajaya, G. S. (2022). Inovasi Media Wattpad dalam Pembelajaran Sastra Indonesia. SANDIBASA I (Seminar Nasional Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia I), 4(April), 173–184. https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/sandibasa/article/view/2011
Azzuhri, M. (1970). Metode dan Media Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Internet di Era Teknologi Informasi. INSANIA : Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 14(3), 348–445. https://doi.org/10.24090/insania.v14i3.360
Gelar, M., Pendidikan, S., & Agustina, S. A. (2024). Penggunaan media joylada dalam pembelajaran keterampilan membaca cerpen pada siswa sma muhammadiyah 08 ciputat tahun pelajaran 2023/2024.
Isma, V. P. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Mutakhir Dalam Proses Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri Sinjay. 53(9), 1689–1699.
Linggasari, E., & Rochaendi, E. (2022). Indonesian Language Learning in Elementary Schools Through Life Skills Education Model. LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan), 13(1), 40. https://doi.org/10.21927/literasi.2022.13(1).40-62
Menengah, P. (2022). ANALISIS MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TIME- ACHIVEMENT DIVISON ( STAD ) TERHADAP HASIL BELAJAR. 7(1), 1–9.
Mulyaningtyas, R., & Ekafebriyanti, V. (2021). PEMANFAATAN NOVELTOON SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PROSA di SMA. Tabasa: Jurnal Bahasa, Sastra Indonesia, Dan Pengajarannya, 2(2), 87–106. https://doi.org/10.22515/tabasa.v2i2.3938
Nasution, S., & Zulheddi, Z. (2018). Pengembangan Model Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Teori Konstruktivisme Di Perguruan Tinggi. Arabi : Journal of Arabic Studies, 3(2), 121. https://doi.org/10.24865/ajas.v3i2.96
Purwati, Z. D. (2020). Collaborative Learning Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Eprints.Uad.Ac.Id, 102. http://eprints.uad.ac.id/20206/1/BUKU REF_COLLABORATIVE LEARNING DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA.pdf
Septriani, H. (2016). Fenomena Sastra Cyber: Sebuah Kemajuan atau Kemunduran? Seminar Nasional Sosiologi Sastra Di Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya, Universitas Indonesia Pada Tanggal 10-11 Oktober 2016, 1–15.
Sukmawati, S. (2023). Program Studi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Fakultas Bahasa Dan Seni Universitas Negeri Yogyakarta. Eprints.Uny.Ac.Id, November, 8–10. https://eprints.uny.ac.id/1307/1/SANDI_SUKMAWATI.pdf
Suryaman, M. (2012). Metodologi Pembelajaran Bahasa.compressed.pdf (p. 239).
Yusanta, F. B., & Wati, R. (2020). Eksistensi Sastra Cyber: Webtoon Dan Wattpad Menjadi Sastra Populer Dan Lahan Publikasi Bagi Pengarang. Jurnal LITERASI, 4(April), 1–7.
Yusuf, Suhirman, Suastra, I. W., & Tokan, M. K. (2019). The effects of problem-based learning with character emphasis and naturalist intelligence on students’ problem-solving skills and care. International Journal of Innovation, Creativity and Change, 5(3), 1–26.

Published

2024-05-09

How to Cite

Hilaliyah, H., Yulianto, B. ., Sodiq, S. ., & Supratno, H. . (2024). Cyber-Bahasa-Sastra pada Aplikasi di Playstore sebagai Model Pembelajaran Bahasa-Sastra Mutakhir. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 10(2), 2029–2039. https://doi.org/10.30605/onoma.v10i2.3617

Issue

Section

Articles

Categories