Cyber-Bahasa-Sastra pada Aplikasi di Playstore sebagai Model Pembelajaran Bahasa-Sastra Mutakhir
https://doi.org/10.30605/onoma.v10i2.3617
Keywords:
Model Pembelajaran, Bahasa Mutakhir, Cyber-Bahasa-SastraAbstract
Berbagai model pembelajaran bahasa-sastra mutakhir terus dikembangkan saat ini dengan mengombinasikan perkembangan teknologi pada era digital. Salah satunya adalah cyber-bahasa-sastra. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan memberikan gambaran terkait cyber-bahasa-sastra pada aplikasi di playstore sebagai model pembelajaran bahasa mutakhir. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan menggunakan analisis isi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari hasil analisis isi ditemukan; Pertama banyak tersedia aplikasi pengembangan bahasa dan sastra yang menyediakan berbagai karya. Aplikasi tersebut antara lain, Wattpad, WebNovel, NovelToon, Innovel, AllNovel, Fizzo Novel dan masih banyak lagi. Kedua, penulis menemukan bahwa aplikasi-aplikasi yang tersedia dan dapat diunduh di playstore tersebut dapat dijadikan model pembelajaran bahasa mutakhir dalam hal ini model pembelajaran Cyber-Bahasa-Sastra karena menggunakan teknologi internet dalam penyebaran karya seperti novel, puisi, cerpen, serta prosa lainnya. Penulis mengatakan dapat menjadi model pembelajaran bahasa mutakhir berbasis Cyber-Bahasa-Sastra karena memungkinkan pengembangan bahasa dan sastra indonesia dengan empat indikator yaitu penulis, pembaca, apresiasi karya, kritik karya.
Downloads
References
Alfulaila, N. (2022). Model-model dan strategi pembelajaran bahasa di sekolah dan madrasah (Issue 33).
Ananda, I., & Rakhmawati, A. (2022). Pembelajaran Sastra Populer Sebagai Peningkatan Literasi Digital Dengan Penggunaan Media Aplikasi Wattpad: Studi Kasus. Research in Education and Technology (REGY), 1(1), 36–45. https://doi.org/10.62590/regy.v1i1.6
Anna, H. (2016). 235775-Pembelajaran-Bahasa-Indonesia-Dalam-Kont-Aefa2Fc0. Al-Ta’dib, 9.
Artajaya, G. S. (2022). Inovasi Media Wattpad dalam Pembelajaran Sastra Indonesia. SANDIBASA I (Seminar Nasional Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia I), 4(April), 173–184. https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/sandibasa/article/view/2011
Azzuhri, M. (1970). Metode dan Media Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Internet di Era Teknologi Informasi. INSANIA : Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 14(3), 348–445. https://doi.org/10.24090/insania.v14i3.360
Gelar, M., Pendidikan, S., & Agustina, S. A. (2024). Penggunaan media joylada dalam pembelajaran keterampilan membaca cerpen pada siswa sma muhammadiyah 08 ciputat tahun pelajaran 2023/2024.
Isma, V. P. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Mutakhir Dalam Proses Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri Sinjay. 53(9), 1689–1699.
Linggasari, E., & Rochaendi, E. (2022). Indonesian Language Learning in Elementary Schools Through Life Skills Education Model. LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan), 13(1), 40. https://doi.org/10.21927/literasi.2022.13(1).40-62
Menengah, P. (2022). ANALISIS MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TIME- ACHIVEMENT DIVISON ( STAD ) TERHADAP HASIL BELAJAR. 7(1), 1–9.
Mulyaningtyas, R., & Ekafebriyanti, V. (2021). PEMANFAATAN NOVELTOON SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PROSA di SMA. Tabasa: Jurnal Bahasa, Sastra Indonesia, Dan Pengajarannya, 2(2), 87–106. https://doi.org/10.22515/tabasa.v2i2.3938
Nasution, S., & Zulheddi, Z. (2018). Pengembangan Model Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Teori Konstruktivisme Di Perguruan Tinggi. Arabi : Journal of Arabic Studies, 3(2), 121. https://doi.org/10.24865/ajas.v3i2.96
Purwati, Z. D. (2020). Collaborative Learning Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Eprints.Uad.Ac.Id, 102. http://eprints.uad.ac.id/20206/1/BUKU REF_COLLABORATIVE LEARNING DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA.pdf
Septriani, H. (2016). Fenomena Sastra Cyber: Sebuah Kemajuan atau Kemunduran? Seminar Nasional Sosiologi Sastra Di Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya, Universitas Indonesia Pada Tanggal 10-11 Oktober 2016, 1–15.
Sukmawati, S. (2023). Program Studi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Fakultas Bahasa Dan Seni Universitas Negeri Yogyakarta. Eprints.Uny.Ac.Id, November, 8–10. https://eprints.uny.ac.id/1307/1/SANDI_SUKMAWATI.pdf
Suryaman, M. (2012). Metodologi Pembelajaran Bahasa.compressed.pdf (p. 239).
Yusanta, F. B., & Wati, R. (2020). Eksistensi Sastra Cyber: Webtoon Dan Wattpad Menjadi Sastra Populer Dan Lahan Publikasi Bagi Pengarang. Jurnal LITERASI, 4(April), 1–7.
Yusuf, Suhirman, Suastra, I. W., & Tokan, M. K. (2019). The effects of problem-based learning with character emphasis and naturalist intelligence on students’ problem-solving skills and care. International Journal of Innovation, Creativity and Change, 5(3), 1–26.
Downloads
Published
How to Cite
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with Onoma Journal: Education, Languages??, and Literature agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.