Kreativitas Mahasiswa PBSI FKIP Universitas Tadulako pada Mata Kuliah Penulisan Kreatif Sastra melalui Media Tik Tok

https://doi.org/10.30605/onoma.v10i2.3647

Authors

  • Hasnur Ruslan Universitas Tadulako
  • Nur Halifah Universitas Tadulako
  • Ade Nurul Universitas Tadulako

Keywords:

kretivitas, mahasiswa, penulisan kreatif sastra, media Tik Tok

Abstract

Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif. Tujuan dalam penelitian ini adalah mendeskrispsikan kreativitas mahasiswa PBSI FKIP Universitas Tadulako pada mata kuliah penulisan kreatif sastra melalui media Tik Tok. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh Mahasiswa PBSI FKIP Universitas Tadulako yang terdaftar memprogramkan mata kuliah penulisan kreatif sastra. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 60 mahasiswa yang berasal dari kelas B dan D. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui beberapa tahapan sebagai berikut, (a) tes kemampuan menulis puisi melalui media Tik Tok, (b) Pemberian skor pada rubrik penilaian yang memuat aspek; (1) ketepatan isi dengan judul, (2) pilihan kata atau diksi, (3) penggunaan majas dan perlambangan, (4) pemanfaatan versifikasi (rima dan ritma), (5) penggunaan tipografi, dan (6) kreativitas menggunakan media Tik Tok, dan (c) menyimpulkan data melaluipemberian skor pada tiap masing-masing aspek yang ada pada rubrik penilaian. Analisis data dilakukan dengan cara melakukan penilaian dalam bentuk skor pada tiap aspek yang ada dalam rubrik penilaian. Berdasarkan hasil penskoran tersebut, peneliti menentukan nilai akhir dari tiap mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan pada aspek penilaian ketepatan isi dengan judul mahasiswa memperoleh jumlah nilai 936 dengan nilai rata-rata 97,5 pada kategori sangat baik. Pada aspek penilaian pilihan kata atau diksi memperoleh jumlah nilai 784 dengan nilai rata-rata 81,7 pada kategori baik. Pada aspek penilaian penggunaan majas dan perlambangan memperoleh jumlah nilai 736 dengan nilai ratarata 76,7 pada kategori cukup. Pada aspek penilaian pemanfaatan versifikasi(rima dan ritma) memperoleh jumlah nilai 823 dengan nilai rata-rata 85,7 pada kategori baik. Pada aspek penilaian Penggunaan tipografi memperoleh jumlah nilai 724 dengan nilai rata-rata 75,4 pada kategori cukup. Pada aspek penilaian kreativitas menggunakan media Tiktok memperoleh jumlah nilai 965 dengan nilai rata-rata 80,4 pada kaegori baik. Terakhir pada skor maksimal semua kriteria penilaian mahasiswa memperoleh jumlah nilai 4968 dengan nilai rata-rata 82.8 pada kategori baik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adawiyah, D. P. R. (2020). Pengaruh Penggunaan Aplikasi TikTok Terhadap Kepercayaan Diri Remaja di Kabupaten Sampang. Jurnal Komunikasi, 14(2), 146. https://journal.trunojoyo.ac.id/komunikasi%0A DOI: https://doi.org/10.21107/ilkom.v14i2.7504

Aji, W. N, (2018). Aplikasi Tiktok Sebagai Media Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. In Prosiding Seminar Nasional Pertemuan Ilmiah Bahasa Dan Sastra Indonesia, 431(2), 431–440.

Aprilia, F., Neisya, N., Yanti, C. H., & Syaputri, K. (2019). Peningkatan Literasi Menulis Kreatif melalui Gelar Wicara Daring. Jurnal Abdimas Prakasa Dakara, 2(1), 15–23. DOI: https://doi.org/10.37640/japd.v2i1.1352

Arikunto. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. PT. Rineka.

Arsanti, M. (2018). Pengembangan bahan ajar mata kuliah penulisan kreatif bermuatan nilai-nilai pendidikan karakter religius bagi mahasiswa prodi PBSI, FKIP, UNISSULA. KREDO: Jurnal Ilmiah Bahasa Dan Sastra, 1(2), 69–88. DOI: https://doi.org/10.24176/kredo.v1i2.2107

Dafit, F. (2017). Keefektifan Kemampuan Menulis Kreatif Siswa SD Dengan Model PembelajaranMultiliterasi. GERAM. GERAM, 5(1), 49–57. https://doi.org/(https://journal.uir.ac.id/index.php/geram/article/view/418) DOI: https://doi.org/10.25299/geram.2017.vol5(2).467

Dalle, H. A. (2015). Wacana Bahasa Inggris Berdasarkan Keterampilan Berbahasa Kelas X Man 2 Parepare. Al-Ishlah: Jurnal Pendidikan Islam, 13(2), 110-129. https://doi.org/https://doi.org/10.35905/alishlah.v13i2.496

Dea K, P, F., & Rahmawati. (2022). mplementasi Media Sosial Aplikasi TikTok sebagai Media Menguatkan Literasi Sastra dalam Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu: Journal Of Elementary Education, 6(3).

Effendi, I., & Fajri, K. (2024). Penerapan Metode Sugesti Imajinasi Menggunakan Media Video Klip Dalam Pembelajaran Menulis Teks Puisi Pada Siswa Kelas X SMAN 1 Kedokanbunder Tahun Pelajaran 2023/2024. Sindoro: Cendikia Pendidikan, 3(9), 1–17. DOI: https://doi.org/10.55047/jrpp.v3i1.593

Elvira, Dan, D., & Muti‟ah, (2021). Instrumen Penilaian Kreatif Pembelajaran Membaca Puisi di SMA Berbasis Media Sosial TikTok. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia UNDIKSHA, 11(1).

Haliq. A., Asri, A., & Fitri, S. (2017). Kemampuan Menulis Puisi Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dengan Menggunakan Metode Mind Mapping. Proceedings of Nasional Seminar, Research and Community Service Institute, Universitas Negeri Makassar, 14. https://ojs.unm.ac.id/semnaslemlit/article/view/3999

Juliana, R, dkk (2022). Pelatihan Penulisan Kreatif Mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Teuku Umar. Meuseuraya-Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), 81-90. DOI: https://doi.org/10.47498/meuseuraya.v1i2.1278

Kusumandaru, A. D., & Rahmawati, F. P. (2022). Implementasi Media Sosial Aplikasi Tik Tok sebagai Media Menguatkan Literasi Sastra dalam Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 4876-4886. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2972

Mufidah, R., & Mufidah, A. (2021). Aplikasi tik-tok dan instagram sebagai salah satu alternatif dalam media pembelajaran IPA. In PISCES: Proceeding of Integrative Science Education Seminar, 1(1), 60–69.

Ninawati, M. (2019). Efektivitas Model Pembelajaran Literasi Kritis Berbasis Pendekatan Konsep Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Kreatif Siswa Sekolah Dasar. Pendas:JurnalIlmiah Pendidikan Dasar, 4(1), 68–67. https://doi.org/https://doi.org/10.23969/jp.v4i1.1747 DOI: https://doi.org/10.23969/jp.v4i1.1747

Pradita, L. E., & Jayanti, R. (2021). Berbahasa produktif melalui keterampilan berbicara: teori dan aplikasi. Penerbit NEM.

Pradopo, R. D. (2014). Pengkajian Puisi. Gadjah Mada University Press.

Putri, S. N. (2022). Tiktok (Alternatif Media Pembelajaran Bahasa Di Kalangan Mahasiswa). In Prosiding Seminar Nasional Inovasi Pendidikan.

Ramdani, N. S., Nugraha, H., & Hadiapurwa, A, (2021). Potensi pemanfaatan media sosial tiktok sebagai media pembelajaran dalam pembelajaran daring. 10(02). Akademika: Jurnal Teknologi Pendidikan, 10(2), 425-436. DOI: https://doi.org/10.34005/akademika.v10i02.1406

Septiari, W. D. (2022). Keterampilan Menyimak Teks Prosedur Melalui Teknologi Informasi ‘Tik-Tok. Kawruh: Journal of Language Education, Literature and Local Culture, 4(1), 41-48. DOI: https://doi.org/10.32585/kawruh.v4i1.2246

Sutardi, H. K. (2012). Penelitian Sastra Kreatif. Graha Ilmu.

Suwarna, D. (2012). TrikMenulis Puisi, Cerpen, Resensi Buku, Opini/Esai. Jelajah Nusa.

Toha-Sarumpaet, R. K. (2010). Pedoman penelitian sastra anak. Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Waluyo, H. J. (2008). Pengkajian dan Apresiasi Puisi. Widya Saru Press Salatiga.

Wicaksono, A. (2014). Menulis Kreatif Sastra: dan Beberapa Model Pembelajarannya. Garudhawaca.

Widiyanto. J. (2019). Evaluasi Pembelajaran (Sesuai dengan Kurikulum 2013). UNIPMA Press.

Published

2024-05-11

How to Cite

Hasnur Ruslan, Nur Halifah, & Ade Nurul. (2024). Kreativitas Mahasiswa PBSI FKIP Universitas Tadulako pada Mata Kuliah Penulisan Kreatif Sastra melalui Media Tik Tok. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 10(2), 2119–2129. https://doi.org/10.30605/onoma.v10i2.3647

Issue

Section

Articles

Categories

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>