Penggunaan Media Wattpad pada Pembelajaran Menulis Cerpen Bertema Lingkungan Hidup Berbasis Case Method bagi Mahasiswa PBSI FKIP Universits Tadulako
https://doi.org/10.30605/onoma.v10i4.4600
Keywords:
Wattpad, Case Method, menulis cerpen, lingkungan hidupAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan Wattpad dalam pembelajaran menulis cerpen bertema lingkungan hidup dengan metode case method. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif, di mana peneliti bertindak sebagai instrumen kunci. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes, dan dokumentasi. Observasi dilakukan untuk menemukan masalah dan memperoleh solusi melalui wawancara dengan dosen dan mahasiswa. Tes dilakukan untuk mengetahui efektivitas penggunaan Wattpad dalam pembelajaran menulis cerpen dengan penilaian ketepatan isi, tokoh/penokohan, latar, alur, sudut pandang, gaya bahasa, dan amanah cerpen. Dokumentasi digunakan untuk memperoleh informasi kronologis pembelajaran melalui foto-foto yang mendokumentasikan keaktifan mahasiswa. Objek penelitian adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) pada mata kuliah Penulisan Kreatif Sastra semester genap tahun ajaran 2023/2024. Penelitian ini melibatkan 46 mahasiswa yang dipilih sebagai sampel dari populasi sebanyak 210 mahasiswa Semester VI angkatan 2021 PBSI FKIP Universitas Tadulako. Data penelitian berupa nilai keterampilan menulis cerpen mahasiswa yang bertema lingkungan hidup, yang diperoleh melalui media Wattpad. Hasil dari penelitian menunjukkan total nilai keseluruhan sebesar 3.835 dengan rata-rata 83,4, yang masuk dalam kategori baik. Mayoritas mahasiswa mampu menulis cerpen sesuai dengan kriteria yang telah ditetapkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Wattpad dan metode case method terbukti efektif dalam meningkatkan keterampilan menulis mahasiswa. Diharapkan pengajar terus memanfaatkan media digital dan memberikan bimbingan intensif pada setiap aspek penulisan untuk mencapai hasil yang lebih optimal. Penelitian lanjutan diperlukan untuk mengeksplorasi pengaruh variabel lain terhadap hasil pembelajaran menulis mahasiswa.
Downloads
References
Afifah, A., Yulistio, D., & Kurniawan, R. (2022). Kemampuan Menulis Puisi Siswa Kelas X SMA Negeri 7 Kota Bengkulu. Diksa: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 2(6), 72-82. DOI: https://doi.org/10.33369/diksa.v6i2.10406
Al-Ma’ruf, A. I., & Nugrahani, F. (2017). Pengkajian sastra. Surakarta: CV. Djiwa Amarta.
Ananda, I., & Rakhmawati, A. (2022). Pembelajaran sastra populer sebagai peningkatan literasi digital dengan penggunaan media aplikasi Wattpad: Studi kasus. Research in Education and Technology (REGY), 1(1), 36-45. DOI: https://doi.org/10.62590/regy.v1i1.6
Asmani, J. M. M. (2016). Tips Efektif Cooperative Learning: Pembelajaran Aktif, Kreatif, dan Tidak Membosankan. Diva Press.
Dewi, S. M., & Sobari, T. (2018). Pembelajaran Menulis Teks Cerpen dengan Menggunakan Metode Pembelajaran Berbasis Masalah pada Siswa Kelas XI SMK Citra Pembaharuan. Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1(6), 989–997.
Dianastiti, F. E., Suwandi, S., & Setiawan, B. (2024). Contributing Factors and Challenges in Mastering Academic Writing Skills: Multiple Case Studies of Deaf Students in Inclusive Universities in Indonesia. International Journal of Language Education, 1(8), 20–35. https://doi.org/https://doi.org/10.26858/ijole.v8i1.60905 DOI: https://doi.org/10.26858/ijole.v8i1.60905
Eliyana, R., Mustika, R. I., & San Fauziya, D. (2022). Analisis Nilai Moral Dalam Cerita Pendek Toa Karya Herumawan Pa: Kajian Semiotik Sastra. Parole: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 5(5), 295-306. DOI: https://doi.org/10.22460/parole.v5i5.7733
Fahmy, Z., Pristiwati, R., & Subyantoro, S. (2024). Pembelajaran Menulis Cerpen Berbasis Platform Sastra Siber Di Indonesia: Selera Industri Atau Kebutuhan Seni. Paedagoria: Jurnal Kajian, Penelitian Dan Pengembangan Kependidikan, 1(15), 46-56.
Fatthurahman, I. F. (2021). Kemampuan Menyusun Teks Cerpen Dengan Metode Simulasi Melalui Film Nyai Ahmad Dahlan Pada Siswa SD Muhammadiyah 1 Kudus. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 2(3), 140–152. DOI: https://doi.org/10.29300/disastra.v3i2.4308
Hasanah, M. (2015). Model cerita fiksi kontemporer anak-anak untuk pengembangan kemahirwacanaan siswa kelas 5 sekolah dasar. LITERA, 1(11). DOI: https://doi.org/10.21831/ltr.v11i1.1150
Howard-Sukhil, C. (2024). Twitter & world literature: The development of hashtag communities as a global writing practice. New Techno Humanities, 1–11. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.techum.2024.02.001 DOI: https://doi.org/10.1016/j.techum.2024.02.001
Jaidi, N., Abdullah, Y., Tarasat, S., & Rahman, S. K. (2014). Kesan Penggunaan Perisian iMindMap Dalam Penulisan Karangan Jenis Rencana. Procedia - Social and Behavioral Sciences, (134), 389–398. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.04.261 DOI: https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.04.261
Layinah, S., Wendra, I. W., & Yasa, I. N. (2023). Penggunaan Media Wattpad dalam Pembelajaran Daring Menulis Cerita Pendek di SMAN 1 Abiansemal. Jurnal Penelitian Mahasiswa Indonesia, 3(3), 553-563.
Maarip, S. (2018). Penggunaan Aplikasi Writeabout dalam Pembelajaran Menulis Cerpen Bertema Bebas Siswa Kelas IX SMP Waskito Tahun Pelajaran 2021/2022 (Bachelor’s thesis.
Nugraheni, L. (2019). Media Sebagai Faktor Determinan Keberhasilan Pembelajaran Folklor Di Sekolah Dasar Kabupaten Pati. Konferensi Nasional Bahasa Dan Sastra (Konnas Basastra) V, 161–165.
Nurgiyantoro, B. (2018). Teori pengkajian fiksi. UGM press.
Oktrifianty, E. (2021). Kemampuan Menulis Narasi di Sekolah Dasar (Melalui Regulasi Diri, Kecemasan dan Kemampuan Membaca Pemahaman). CV Jejak (Jejak Publisher).
Permatasari, A. A. (2016). Pengaruh Penggunaan Multimedia Powerpoint Terhadap Peningkatan Kemampuan Menulis Cerita Pendek Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia. PEDAGOGIA Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(12), 19. https://doi.org/https://doi.org/10.17509/pedagogia.v12i1.3297 DOI: https://doi.org/10.17509/pedagogia.v12i1.3297
Pratiwi, B. A., Sumiyadi, S., & Nugroho, R. A. (2024). Pembelajaran diferensiasi berbasis proyek untuk pengembangan keterampilan menulis cerita pendek di SMP. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 3(10), 2998-3009. DOI: https://doi.org/10.30605/onoma.v10i3.4035
Pratiwi, S., & Dewi, T. U. (2023). Pemanfaatan Wattpad Sebagai Media Literasi Digital. Khazanah Pendidikan, 2(17), 229-236. DOI: https://doi.org/10.30595/jkp.v17i2.18625
Roysa, M. (2015). Kemampuan Menulis Cerpen Dengan Perlakuan Model Pengajaran Tidak Langsung Dan Model Kooperatif Integratif Pada Siswa Sma Dilihat Dari Tingkat Kemandirian Siswa. Refleksi Edukatika, 2(4), 1–13. https://doi.org/https://doi.org/10.24176/re.v4i2.418 DOI: https://doi.org/10.24176/re.v4i2.418
Simanjuntak, N., Naibaho, P., & Arif, S. (2021). Pemanfaatan wattpad sebagai media pembelajaran menulis cerita pendek. In Prosiding Seminar Nasional PBSI-IV Tahun 2021 Tema: Pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia berbasis digital guna mendukung im.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Jakarta: Alfabeta CV.
Sujarwoko, M. P. (2021). Analisis Gaya Bahasa Dalam Lirik Lagu Rap Pada Era 2000 Awal.
Sutisna, E., Novita, L., & Iskandar, M. I. (2020). Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi, Informasi, Dan Komunikasi Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Subtema Lingkungan Tempat Tinggalku. Pedagonal: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 4(1), 01-06. DOI: https://doi.org/10.33751/pedagonal.v4i1.1929
Syamsiah, S. (2020). Hubungan antara Kebiasaan Membaca Berbasis Aplikasi Wattpad dengan Keterampilan Menulis Cerpen Siswa Kelas XI SMA Negeri 11 Kota Tangerang Selatan Tahun Pelajaran 2019/2020.
Ulfah, T. A., Wahyuni, E. A., & Nurtamam, M. E. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Permainan Satuan Panjang. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pembelajarannya. Jurusan Matematika, 3(3), 955–961.
Utami, S. (2018). Penggunaan media gambar untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar IPA siswa kelas III sekolah dasar. Primary, 1(7), 137-148. DOI: https://doi.org/10.33578/jpfkip.v7i1.5346
Widiyastuti, N. E., Sanulita, H., Waty, E., Qani’ah, B., Purnama, W. W., Tawil, M. R., ... & Rumata, N. A. (2023). Inovasi & Pengembangan Karya Tulis Ilmiah: Panduan Lengkap Untuk Penelitian dan Mahasiswa. PT. Sonpedia Publishing.
Yin, R. K. (2014). Case Study Research Design and Methods (5th ed.). Thousand Oaks, CA: Sage. 282 pages. The Canadian Journal of Program Evaluation, March 2016. https://doi.org/https://doi.org/10.3138/CJPE.BR-240
Yusuf, Q., Jusoh, Z., & Yusuf, Y. Q. (2019). Cooperative learning strategies to enhance writing skills among second language learners. International Journal of Instruction, 1(12), 1399–1412. https://doi.org/https://doi.org/10.29333/iji.2019.12189a DOI: https://doi.org/10.29333/iji.2019.12189a
Downloads
Published
How to Cite
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with Onoma Journal: Education, Languages??, and Literature agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.