Penggunaan Media Wattpad pada Pembelajaran Menulis Cerpen Bertema Lingkungan Hidup Berbasis Case Method bagi Mahasiswa PBSI FKIP Universits Tadulako

https://doi.org/10.30605/onoma.v10i4.4600

Authors

  • Ade Nurul Izatti G.Yotolembah Universitas Tadulako
  • Hasnur Ruslan Universitas Tadulako
  • Nur Halifah Universitas Tadulako

Keywords:

Wattpad, Case Method, menulis cerpen, lingkungan hidup

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan Wattpad dalam pembelajaran menulis cerpen bertema lingkungan hidup dengan metode case method.  Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif, di mana peneliti bertindak sebagai instrumen kunci. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes, dan dokumentasi. Observasi dilakukan untuk menemukan masalah dan memperoleh solusi melalui wawancara dengan dosen dan mahasiswa. Tes dilakukan untuk mengetahui efektivitas penggunaan Wattpad dalam pembelajaran menulis cerpen dengan penilaian ketepatan isi, tokoh/penokohan, latar, alur, sudut pandang, gaya bahasa, dan amanah cerpen. Dokumentasi digunakan untuk memperoleh informasi kronologis pembelajaran melalui foto-foto yang mendokumentasikan keaktifan mahasiswa. Objek penelitian adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) pada mata kuliah Penulisan Kreatif Sastra semester genap tahun ajaran 2023/2024. Penelitian ini melibatkan 46 mahasiswa yang dipilih sebagai sampel dari populasi sebanyak 210 mahasiswa Semester VI angkatan 2021 PBSI FKIP Universitas Tadulako. Data penelitian berupa nilai keterampilan menulis cerpen mahasiswa yang bertema lingkungan hidup, yang diperoleh melalui media Wattpad. Hasil dari penelitian menunjukkan total nilai keseluruhan sebesar 3.835 dengan rata-rata 83,4, yang masuk dalam kategori baik. Mayoritas mahasiswa mampu menulis cerpen sesuai dengan kriteria yang telah ditetapkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Wattpad dan metode case method terbukti efektif dalam meningkatkan keterampilan menulis mahasiswa. Diharapkan pengajar terus memanfaatkan media digital dan memberikan bimbingan intensif pada setiap aspek penulisan untuk mencapai hasil yang lebih optimal. Penelitian lanjutan diperlukan untuk mengeksplorasi pengaruh variabel lain terhadap hasil pembelajaran menulis mahasiswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afifah, A., Yulistio, D., & Kurniawan, R. (2022). Kemampuan Menulis Puisi Siswa Kelas X SMA Negeri 7 Kota Bengkulu. Diksa: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 2(6), 72-82. DOI: https://doi.org/10.33369/diksa.v6i2.10406

Al-Ma’ruf, A. I., & Nugrahani, F. (2017). Pengkajian sastra. Surakarta: CV. Djiwa Amarta.

Ananda, I., & Rakhmawati, A. (2022). Pembelajaran sastra populer sebagai peningkatan literasi digital dengan penggunaan media aplikasi Wattpad: Studi kasus. Research in Education and Technology (REGY), 1(1), 36-45. DOI: https://doi.org/10.62590/regy.v1i1.6

Asmani, J. M. M. (2016). Tips Efektif Cooperative Learning: Pembelajaran Aktif, Kreatif, dan Tidak Membosankan. Diva Press.

Dewi, S. M., & Sobari, T. (2018). Pembelajaran Menulis Teks Cerpen dengan Menggunakan Metode Pembelajaran Berbasis Masalah pada Siswa Kelas XI SMK Citra Pembaharuan. Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1(6), 989–997.

Dianastiti, F. E., Suwandi, S., & Setiawan, B. (2024). Contributing Factors and Challenges in Mastering Academic Writing Skills: Multiple Case Studies of Deaf Students in Inclusive Universities in Indonesia. International Journal of Language Education, 1(8), 20–35. https://doi.org/https://doi.org/10.26858/ijole.v8i1.60905 DOI: https://doi.org/10.26858/ijole.v8i1.60905

Eliyana, R., Mustika, R. I., & San Fauziya, D. (2022). Analisis Nilai Moral Dalam Cerita Pendek Toa Karya Herumawan Pa: Kajian Semiotik Sastra. Parole: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 5(5), 295-306. DOI: https://doi.org/10.22460/parole.v5i5.7733

Fahmy, Z., Pristiwati, R., & Subyantoro, S. (2024). Pembelajaran Menulis Cerpen Berbasis Platform Sastra Siber Di Indonesia: Selera Industri Atau Kebutuhan Seni. Paedagoria: Jurnal Kajian, Penelitian Dan Pengembangan Kependidikan, 1(15), 46-56.

Fatthurahman, I. F. (2021). Kemampuan Menyusun Teks Cerpen Dengan Metode Simulasi Melalui Film Nyai Ahmad Dahlan Pada Siswa SD Muhammadiyah 1 Kudus. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 2(3), 140–152. DOI: https://doi.org/10.29300/disastra.v3i2.4308

Hasanah, M. (2015). Model cerita fiksi kontemporer anak-anak untuk pengembangan kemahirwacanaan siswa kelas 5 sekolah dasar. LITERA, 1(11). DOI: https://doi.org/10.21831/ltr.v11i1.1150

Howard-Sukhil, C. (2024). Twitter & world literature: The development of hashtag communities as a global writing practice. New Techno Humanities, 1–11. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.techum.2024.02.001 DOI: https://doi.org/10.1016/j.techum.2024.02.001

Jaidi, N., Abdullah, Y., Tarasat, S., & Rahman, S. K. (2014). Kesan Penggunaan Perisian iMindMap Dalam Penulisan Karangan Jenis Rencana. Procedia - Social and Behavioral Sciences, (134), 389–398. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.04.261 DOI: https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.04.261

Layinah, S., Wendra, I. W., & Yasa, I. N. (2023). Penggunaan Media Wattpad dalam Pembelajaran Daring Menulis Cerita Pendek di SMAN 1 Abiansemal. Jurnal Penelitian Mahasiswa Indonesia, 3(3), 553-563.

Maarip, S. (2018). Penggunaan Aplikasi Writeabout dalam Pembelajaran Menulis Cerpen Bertema Bebas Siswa Kelas IX SMP Waskito Tahun Pelajaran 2021/2022 (Bachelor’s thesis.

Nugraheni, L. (2019). Media Sebagai Faktor Determinan Keberhasilan Pembelajaran Folklor Di Sekolah Dasar Kabupaten Pati. Konferensi Nasional Bahasa Dan Sastra (Konnas Basastra) V, 161–165.

Nurgiyantoro, B. (2018). Teori pengkajian fiksi. UGM press.

Oktrifianty, E. (2021). Kemampuan Menulis Narasi di Sekolah Dasar (Melalui Regulasi Diri, Kecemasan dan Kemampuan Membaca Pemahaman). CV Jejak (Jejak Publisher).

Permatasari, A. A. (2016). Pengaruh Penggunaan Multimedia Powerpoint Terhadap Peningkatan Kemampuan Menulis Cerita Pendek Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia. PEDAGOGIA Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(12), 19. https://doi.org/https://doi.org/10.17509/pedagogia.v12i1.3297 DOI: https://doi.org/10.17509/pedagogia.v12i1.3297

Pratiwi, B. A., Sumiyadi, S., & Nugroho, R. A. (2024). Pembelajaran diferensiasi berbasis proyek untuk pengembangan keterampilan menulis cerita pendek di SMP. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 3(10), 2998-3009. DOI: https://doi.org/10.30605/onoma.v10i3.4035

Pratiwi, S., & Dewi, T. U. (2023). Pemanfaatan Wattpad Sebagai Media Literasi Digital. Khazanah Pendidikan, 2(17), 229-236. DOI: https://doi.org/10.30595/jkp.v17i2.18625

Roysa, M. (2015). Kemampuan Menulis Cerpen Dengan Perlakuan Model Pengajaran Tidak Langsung Dan Model Kooperatif Integratif Pada Siswa Sma Dilihat Dari Tingkat Kemandirian Siswa. Refleksi Edukatika, 2(4), 1–13. https://doi.org/https://doi.org/10.24176/re.v4i2.418 DOI: https://doi.org/10.24176/re.v4i2.418

Simanjuntak, N., Naibaho, P., & Arif, S. (2021). Pemanfaatan wattpad sebagai media pembelajaran menulis cerita pendek. In Prosiding Seminar Nasional PBSI-IV Tahun 2021 Tema: Pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia berbasis digital guna mendukung im.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Jakarta: Alfabeta CV.

Sujarwoko, M. P. (2021). Analisis Gaya Bahasa Dalam Lirik Lagu Rap Pada Era 2000 Awal.

Sutisna, E., Novita, L., & Iskandar, M. I. (2020). Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi, Informasi, Dan Komunikasi Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Subtema Lingkungan Tempat Tinggalku. Pedagonal: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 4(1), 01-06. DOI: https://doi.org/10.33751/pedagonal.v4i1.1929

Syamsiah, S. (2020). Hubungan antara Kebiasaan Membaca Berbasis Aplikasi Wattpad dengan Keterampilan Menulis Cerpen Siswa Kelas XI SMA Negeri 11 Kota Tangerang Selatan Tahun Pelajaran 2019/2020.

Ulfah, T. A., Wahyuni, E. A., & Nurtamam, M. E. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Permainan Satuan Panjang. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pembelajarannya. Jurusan Matematika, 3(3), 955–961.

Utami, S. (2018). Penggunaan media gambar untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar IPA siswa kelas III sekolah dasar. Primary, 1(7), 137-148. DOI: https://doi.org/10.33578/jpfkip.v7i1.5346

Widiyastuti, N. E., Sanulita, H., Waty, E., Qani’ah, B., Purnama, W. W., Tawil, M. R., ... & Rumata, N. A. (2023). Inovasi & Pengembangan Karya Tulis Ilmiah: Panduan Lengkap Untuk Penelitian dan Mahasiswa. PT. Sonpedia Publishing.

Yin, R. K. (2014). Case Study Research Design and Methods (5th ed.). Thousand Oaks, CA: Sage. 282 pages. The Canadian Journal of Program Evaluation, March 2016. https://doi.org/https://doi.org/10.3138/CJPE.BR-240

Yusuf, Q., Jusoh, Z., & Yusuf, Y. Q. (2019). Cooperative learning strategies to enhance writing skills among second language learners. International Journal of Instruction, 1(12), 1399–1412. https://doi.org/https://doi.org/10.29333/iji.2019.12189a DOI: https://doi.org/10.29333/iji.2019.12189a

Published

2024-10-08

How to Cite

Ade Nurul Izatti G.Yotolembah, Hasnur Ruslan, & Nur Halifah. (2024). Penggunaan Media Wattpad pada Pembelajaran Menulis Cerpen Bertema Lingkungan Hidup Berbasis Case Method bagi Mahasiswa PBSI FKIP Universits Tadulako. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 10(4), 4149–4163. https://doi.org/10.30605/onoma.v10i4.4600

Issue

Section

Articles

Categories

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>