Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dalam Buku Teks Pelajaran Bahasa Indonesia SMP Kelas VIII Kurikulum Merdeka

https://doi.org/10.30605/onoma.v10i4.4237

Authors

  • Vincencia Lucky Kriswidyasari Universitas Veteran Bangun Nusantara
  • Sri Muryati Universitas Veteran Bangun Nusantara
  • Wahyu Dini Septiari Universitas Veteran Bangun Nusantara

Keywords:

nilai pendidikan karakter, buku teks, kurikulum merdeka

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai-nilai karakter dan mendeskripsikan
nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam buku teks Bahasa Indonesia
kelas VIII SMP Kurikulum Merdeka dengan dimensi Profil Pelajar Pancasila.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Data dari penelitian
ini adalah teks. Wujud dari data adalah frasa, kalimat, maupun kata yang
mengandung nilai pendidikan karakter. Sumber data berasal dari buku teks
pembelajaran Bahasa Indonesia SMP Kelas VIII Kurikulum Merdeka. Data yang
didapatkan kemudian dianalisis sesuai dengan jenis-jenis karakter yang ada dan
dikategorikan sesuai dengan keterampilan berbahasa. Penelitian ini dikategorikan
sesuai dengan dimensi Profil Pelajar Pancasila. Perolehan data penelitian dibatasi
dengan keterampilan berbahasa. Hasil penelitian ditemukan sebanyak 27 nilai
karakter di dalam buku Bahasa Indonesia kelas VIII SMP Kurikulum Merdeka yang
terdiri dari 4 nilai karakter beriman bertakwa kepada Tuhan YME dan berakhlak
mulia; 1 nilai karakter berkebinekaan global; 4 nilai karakter mandiri; 3 nilai
karakter bergotong royong; 10 nilai karakter bernalar kritis; dan 5 nilai karakter
kreatif. Buku teks Bahasa Indonesia Kelas VIII SMP Kurikulum Merdeka sudah
memuat nilai-nilai pendidikan karakter yang akan ditanamkan kepada siswa

Downloads

Download data is not yet available.

References

Creswell, J.W. (2015). Research design pendekatan kualitatif, kuantitatif, dan mixed. Yogyakarta : Pustaka Pelajar

Danawati, M. G., Regina, B. D., & Mukhlishina, I. (2020). Analisis Nilai Karakter pada Buku Siswa Tematik Sekolah Dasar Berorientasi Pendidikan Karakter. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD), 8(1). https://doi.org/10.22219/jp2sd.v8i1.12369 DOI: https://doi.org/10.22219/jp2sd.v8i1.12369

Ramli, R. B., Karman, A., Suparman, S., & Musriani, M. (2024). Representasi Makna Kultural dalam Gerakan Tari Seka Kontemporer Suku Kamoro Papua. DEIKTIS: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 4(3), 328-335.

Gusfitri, M.L. & Delfia, E. (2021). Bahasa Indonesia untuk SMP Kelas VIII. Jakarta Selatan: Pusat Perbukuan Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. https://buku.kemdikbud.go.id/

Hendri, Utami, I. S., & Nurlaili, L. (2022). Optimalisasi Peran Sekolah dengan Analisis Interaktif bagi Penguatan Pendidikan Karakter. Jurnal Moral Kemasyarakatan, 7(1). https://doi.org/10.21067/jmk.v7i1.6464 DOI: https://doi.org/10.21067/jmk.v7i1.6464

Hikmasari, D. N., Susanto, H., & Syam, A. R. (2021). Konsep Pendidikan Karakter Perspektif Thomas Lickona dan Ki Hajar Dewantara. AL-ASASIYYA: Journal Basic of Education , 6(1), 19–31. DOI: https://doi.org/10.24269/ajbe.v6i1.4915

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. (2022). Keputusan Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. Diakses pada 3 Juni 2024 dari https://kurikulum.kemdikbud.go.id/wp-content/unduhan/Dimensi_PPP.pdf

Kharisma, M. E., Faridi, F., & Yusuf, Z. (2023). Penanaman Karakter Gotong Royong Berbasis P5 di SMP Muhammadiyah 8 Batu. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(2), 1152–1161. https://doi.org/10.29303/jipp.v8i2.1420 DOI: https://doi.org/10.29303/jipp.v8i2.1420

Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI). (2024). Stop Bullying di Satuan Pendidikan. Diakses pada 1 April 2024 dari https://www.kpai.go.id/publikasi/stop-bullying-di-satuan-pendidikan.

Kurniawan, M. W., & Kusumawardhana, A. S. (2020). Strategi Penguatan Pendidikan Karakter dalam Menumbuhkan sikap Demokratis Siswa. Bhineka Tunggal Ika: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan PKn, 7(1), 7–16. https://doi.org/10.36706/jbti.v7i1.10862 DOI: https://doi.org/10.36706/jbti.v7i1.10862

Malawat, I., & Akhiruddin. (2022). Analisis Nilai Pendidikan Karakter dalam Novel “Mimpi Anak Pulau” Karya Abidah El Khalieqy. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 8(2), 786–799. https://doi.org/10.30605/onoma.v8i2.2060 DOI: https://doi.org/10.30605/onoma.v8i2.2060

Mas’Ud, L., & Mulyaningsih, R. R. S. S. (2022). Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dalam Buku Habis Gelap Terbitlah Terang. Kaganga:Jurnal Pendidikan Sejarah Dan Riset Sosial Humaniora, 5(2). https://doi.org/10.31539/kaganga.v5i2.4305 DOI: https://doi.org/10.31539/kaganga.v5i2.4305

Meilani, E. (2020). Analisis Muatan Nilai Karakter dalam buku teks Bahasa Indonesia XI Kurikulum 2013 Revisi 2017. Jurnal Pendidikan Karakter, 10(2). https://doi.org/10.21831/jpk.v10i2.35165 DOI: https://doi.org/10.21831/jpk.v10i2.35165

Muryati, S., & Sudiatmi, T. (2021). Tuturan Direktif Guru dalam Pembelajaran sebagai sarana Pendidikan Karakter. http://dx.doi.org/10.21831/jpk.v0i1.34404 DOI: https://doi.org/10.21831/jpk.v0i1.34404

Permatasari, A. D., & Anwas, E. O. M. (2019). Analisis Pendidikan Karakter dalam buku teks pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Kelas VII. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 7(2), 156. https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v7n2.p156--169 DOI: https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v7n2.p156--169

Puspita, A., & Djuhan, M. W. (2023). Penerapan budaya 5S dalam pembelajaran IPS sebagai penguatan karakter sosial siswa. JIIPSI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia, 3(1). https://doi.org/10.21154/jiipsi.v3i1.1487 DOI: https://doi.org/10.21154/jiipsi.v3i1.1487

Septiari, W. D., Larasati, D. C., & Saputri, A. (2022). Nilai Pendidikan Karakter Pada Novel Janshen karya Risa Saraswati serta relevansinya dalam pembelajaran Bahasa Indonesia SMA. In JCI Jurnal Cakrawala Ilmiah (Vol. 1, Issue 6). http://bajangjournal.com/index.php/JCI DOI: https://doi.org/10.53625/jcijurnalcakrawalailmiah.v1i6.2096

Soraya, S. Z. (2020). Penguatan Pendidikan Karakter untuk Membangun Peradaban Bangsa. http://sajiem.iainponorogo.ac.id/sajiem DOI: https://doi.org/10.21154/sajiem.v1i1.10

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta

Sukitman, T., Hardiansyah, F., & Ar, M. M. (2023). Penguatan Nilai Profil Pelajar Pancasila dalam Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. KARATON: Jurnal Pembangunan Sumenep, 3(1), 104–110. DOI: https://doi.org/10.47134/pgsd.v1i3.318

Syifa, U. Z., Ardianti, S. D., & Masfuah, S. (2022). Analisis Nilai Karakter Tanggung Jawab Anak Dalam Pembelajaran Daring. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(2). https://doi.org/10.31949/educatio.v8i2.2071 DOI: https://doi.org/10.31949/educatio.v8i2.2071

Published

2024-08-25

How to Cite

Kriswidyasari, V. L., Sri Muryati, & Wahyu Dini Septiari. (2024). Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dalam Buku Teks Pelajaran Bahasa Indonesia SMP Kelas VIII Kurikulum Merdeka. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 10(4), 3556–3569. https://doi.org/10.30605/onoma.v10i4.4237

Issue

Section

Articles

Categories