Penguatan Karakter Peserta Didik Kelas X dalam Pembelajaran Collaborative Learning melalui Penulisan Teks Anekdot
https://doi.org/10.30605/onoma.v11i3.5938
Keywords:
Penguatan karakter; peserta didik kelas X; pembelajaran berbasis collaborative learning; penulisan teks anekdotAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi penguatan karakter siswa kelas X di SMK N 1 Sukoharjo melalui penerapan pembelajaran berbasis collaborative learning dalam penulisan teks anekdot, yang dikaitkan dengan dimensi gotong royong dalam Profil Pelajar Pancasila. Model pembelajaran kolaboratif ini memberikan ruang bagi siswa untuk saling bertukar ide, berdiskusi, serta bekerja sama dalam menyelesaikan tugas, sehingga diharapkan mampu menanamkan nilai-nilai karakter seperti kerja sama, tanggung jawab, empati, sikap saling menolong, dan menghargai pendapat orang lain. Pendekatan penelitian yang digunakan bersifat kualitatif dengan metode deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, penyebaran angket, dan analisis dokumen yang melibatkan siswa kelas X di SMK N 1 Sukoharjo. Berdasarkan hasil analisis data kualitatif, ditemukan bahwa pembelajaran berbasis kolaborasi memiliki efektivitas dalam membentuk karakter gotong royong. Temuan ini diperoleh melalui observasi, angket, dan dokumentasi yang menunjukkan bahwa siswa mengalami perkembangan dalam keterampilan sosial dan karakter positif, terutama dalam aspek kerja sama, tanggung jawab, empati, tolong-menolong, dan sikap saling menghargai. Hasil penelitian ditemukan sebanyak 28 nilai karakter gotong royong, yang terdiri dari nilai karakter gotong royong aspek kerja sama 6, nilai karakter gotong royong aspek tanggung jawab 6, nilai karakter gotong royong aspek empati 5, nilai karakter gotong royong aspek tolong menolong 4, dan nilai karakter gotong royong aspek menghargai pendapat 6. Penulisan teks anekdot terbukti menjadi media yang tepat untuk menanamkan nilai-nilai tersebut karena mendorong keterlibatan siswa dalam proses belajar yang bersifat kreatif dan reflektif. Dengan demikian, pendekatan ini dapat menjadi alternatif strategis dalam pembentukan karakter siswa di lingkungan sekolah.
Downloads
References
Ayuni, F., & Purba, A. (2022). Penerapan Asesmen Autentik Materi Menulis Teks Anekdot Kelas X SMA. Jurnal Onoma: Pendidakan, Bahasa Dan Sastra, 8(1). https://e-journal.my.id/onoma
Fauziyah Inayati F, K. (2024). Internalisasi Nilai-Nilai Keagamaan Melalui Budaya Jum’at Beriman Upaya Penguatan Karakter SMK Jalaluddin Wonosobo. 20(1), 101–109.
Habibullah N. (2023). Manajemen Pendidikan Karakter pada Kurikulum Merdeka Belajar. Jurnal Kajian Pendidikan Agama Islam, 5(1). www.ejournal.an-nadwah.ac.id
Khairiah, I., Budiman, A., & Pangesti, F. (2024). Implementasi model Pembelajaran Discovery Learning pada Pembelajaran Teks Ulasan Film. Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia, 10(1), 549. https://doi.org/10.29210/1202423938
Lilis Mulyati, H. (2016). Penggunaan Media Komik Strip dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Anekdot di SMK Negeri 1 Sumedang. Riksa Bahasa, 2(2).
Lucky Kriswidyasari V, M. S. D. S. W. (2024). Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dalam Buku Teks Pelajaran Bahasa Indonesia SMP Kelas VIII Kurikulum Merdeka. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa Dan Sastra, 10(4). https://e-journal.my.id/onoma
Lumban Batu, J., Berliani, T., Joko Nugroho FKIP, P., Palangka Raya, U., Raya, P., Kunci, K., Pendidikan Karakter, P., & Karsa Mulya, S. (2021). Manajemen Program Penguatan Pendidikan Karakter di SMK Karsa Mulya Palangka Raya. Equity in Education Journal (EEJ), 3. https://e-journal.upr.ac.id/index.php/eej
Mufidah, E., Jannah, N., Suwignyo, H., & Harsiati, T. (2019). Analisis Nilai-nilai Karakter Hasil Karya Menulis Kreatif Siswa. Jurnal Pendidikan, 4(2). http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/
Prasetyo, G. W., Desvania, N. R. T., & Japar, M. (2024). Pengintegrasian Nilai Gotong Royong Melalui Model Teams Games Tournament pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila di Sekolah Menengah Pertama. PARAMETER: Jurnal Pendidikan Universitas Negeri Jakarta, 36(1), 40–54. https://doi.org/10.21009/parameter.361.03
Puspitasari M. (2022). Kerjasama dalam Lembaga Pendidikan Berdasarkan Tafsir Al-Qur’an Surat Al-Maidah Ayat 2. 2(3).
Putri Dina Saharani D, R. H. A. P. P. R. S. (2024). Pentingnya Pendidikan Karakter Terhadap Pembentukan Moral Anak Sekolah Dasar. Jurnal Bima : Pusat Publikasi Ilmu Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 2(2), 234–240. https://doi.org/10.61132/bima.v2i2.860
Rismi, R., Suhaili, N., Marjohan, M., Afdal, A., & Ifdil, I. (2022). Bimbingan Kelompok dalam Pemahaman Nilai Empati untuk Meningkatkan Sikap Prososial Siswa. Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia, 8(1), 14. https://doi.org/10.29210/1202221496
Rizal Bakri A, S. M. Q. (2021). Nilai Karakter Siswa pada Kegiatan Ekstrakurikuler. IVCEJ, 4(1).
Rofiudin, A., Prasetya, A., Dwi Prasetya, D., & Kejuruan, P. (2024). Pembelajaran Kolaboratif di SMK: Peran Kerja Sama Siswa dalam Meningkatkan Keterampilan Soft skills. Journal of Education Research, 5(4).
Rukhmana T, M. A. H. E. B. Y. K. F. R. I. A. (2024). Pentingnya Pendidikan Karakter di Era Digital untuk Masa Depan. Journal on Education, 06(03), 15795–15800.
Saleh Alfarisi, R. (2019). Pengembangan Buku Pengayaan Menulis Teks Anekdot Bermuatan Cinta Tanah Air. Kredo, 3.
Sari, R., Hudiyono, Y., & Soe’oed, R. (2017). Pengembangan Media Blog dalam Pembelajaran Menulis Teks Anekdot pada Siswa Kelas X SMA. Jurnal Ilmu Budaya, 1(4).
Setyaningsih. (2023). Pelaksanaan Nilai Karakter Gotong Royong Berbasis Online Collaborative Learning. Jurnal Penelitian Dan Penjaminan Mutu, 1.
Supriadi, S. A. P. S. I. (2020). Integrasi Nilai Karakter dalam Pembelajaran Keterampilan Menulis Siswa. Journal of Management, 3(3), 84–93. https://doi.org/10.2568/yum.v3i3.778
Supriyadi A, A. H. I. (2021). Penerapan Metode Gallery Walk dalam Meningkatkan Sikap Tolong Menolong pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada Siswa Kelas V di Sekolah Dasar Islam Ar-Rahiim Ungaran Timur Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2019/2020. Jurnal Insipirasi, 5.
Supriyati, A., Nyoman, N. A., & Miyono, N. (2023). Perencanaan Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila pada SMK Pusat Keunggulan. JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan), 6(2), 1037–1043. http://Jiip.stkipyapisdompu.ac.id
Susetiyo A, S. (2022). Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Karakter di Madrasah Ibtida’iyah Darul Ulum Kediri. Jurnal Riset Madrasah Ibtidaiyah (JURMIA), 2(2), 277–283. https://doi.org/10.32665/jurmia.v2i2.544
Syofiani. (2020). Pengembangan Materi Pembelajaran Collaborativ Learning Berbasis Kearifan Lokal untuk mengembangkan Karakter Kreatif dan Bersahabat di SD Islam Khaira Ummah Padang. Jurnal CERDAS Proklamator, 34(1), 34–45.
Wahyu Oktavianto A, A. A. (2023). Analisis penerapan Profil Pelajar Pancasila pada pembelajaran Pendidikan Pancasila dalam mencapai nilai gotong royong di kelas IV sekolah dasar. INNOVATIVE, 3(4).
Wendra, W., & Yasa, N. (2020). Representasi Nilai Karakter dan Kearifan Lokal (Local Genius) pada Cerpen Surat Kabar Bali Post sebagai Dasar Menentukan Cerpen yang Layak diterbitkan. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPBS
Winanda, F. A., Lisdayanti, S., Kusumaningsih, D., Paulina, Y., & Rustinar, E. (2024). Membangun Karakter Santun Melalui Kultur Sekolah dalam Kegiatan 5S (Senyum, Sapa, Salam, Sopan, dan Santun). Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(1), 205–212. https://doi.org/10.29303/jipp.v9i1.1884
Downloads
Published
How to Cite
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with Onoma Journal: Education, Languages??, and Literature agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.