Penguatan Karakter Peserta Didik Kelas X dalam Pembelajaran Collaborative Learning melalui Penulisan Teks Anekdot

https://doi.org/10.30605/onoma.v11i3.5938

Authors

  • Yulia Puspasari Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo
  • Sri Muryati Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo
  • Wahyu Dini Septiari Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo
  • Erna Dwi Suryani SMKN 1 Sukoharjo

Keywords:

Penguatan karakter; peserta didik kelas X; pembelajaran berbasis collaborative learning; penulisan teks anekdot

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi penguatan karakter siswa kelas X di SMK N 1 Sukoharjo melalui penerapan pembelajaran berbasis collaborative learning dalam penulisan teks anekdot, yang dikaitkan dengan dimensi gotong royong dalam Profil Pelajar Pancasila. Model pembelajaran kolaboratif ini memberikan ruang bagi siswa untuk saling bertukar ide, berdiskusi, serta bekerja sama dalam menyelesaikan tugas, sehingga diharapkan mampu menanamkan nilai-nilai karakter seperti kerja sama, tanggung jawab, empati, sikap saling menolong, dan menghargai pendapat orang lain. Pendekatan penelitian yang digunakan bersifat kualitatif dengan metode deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, penyebaran angket, dan analisis dokumen yang melibatkan siswa kelas X di SMK N 1 Sukoharjo. Berdasarkan hasil analisis data kualitatif, ditemukan bahwa pembelajaran berbasis kolaborasi memiliki efektivitas dalam membentuk karakter gotong royong. Temuan ini diperoleh melalui observasi, angket, dan dokumentasi yang menunjukkan bahwa siswa mengalami perkembangan dalam keterampilan sosial dan karakter positif, terutama dalam aspek kerja sama, tanggung jawab, empati, tolong-menolong, dan sikap saling menghargai. Hasil penelitian ditemukan sebanyak 28 nilai karakter gotong royong, yang terdiri dari nilai karakter gotong royong aspek kerja sama 6, nilai karakter gotong royong aspek tanggung jawab 6, nilai karakter gotong royong aspek empati 5, nilai karakter gotong royong aspek tolong menolong 4, dan nilai karakter gotong royong aspek menghargai pendapat 6. Penulisan teks anekdot terbukti menjadi media yang tepat untuk menanamkan nilai-nilai tersebut karena mendorong keterlibatan siswa dalam proses belajar yang bersifat kreatif dan reflektif. Dengan demikian, pendekatan ini dapat menjadi alternatif strategis dalam pembentukan karakter siswa di lingkungan sekolah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ayuni, F., & Purba, A. (2022). Penerapan Asesmen Autentik Materi Menulis Teks Anekdot Kelas X SMA. Jurnal Onoma: Pendidakan, Bahasa Dan Sastra, 8(1). https://e-journal.my.id/onoma

Fauziyah Inayati F, K. (2024). Internalisasi Nilai-Nilai Keagamaan Melalui Budaya Jum’at Beriman Upaya Penguatan Karakter SMK Jalaluddin Wonosobo. 20(1), 101–109.

Habibullah N. (2023). Manajemen Pendidikan Karakter pada Kurikulum Merdeka Belajar. Jurnal Kajian Pendidikan Agama Islam, 5(1). www.ejournal.an-nadwah.ac.id

Khairiah, I., Budiman, A., & Pangesti, F. (2024). Implementasi model Pembelajaran Discovery Learning pada Pembelajaran Teks Ulasan Film. Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia, 10(1), 549. https://doi.org/10.29210/1202423938

Lilis Mulyati, H. (2016). Penggunaan Media Komik Strip dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Anekdot di SMK Negeri 1 Sumedang. Riksa Bahasa, 2(2).

Lucky Kriswidyasari V, M. S. D. S. W. (2024). Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dalam Buku Teks Pelajaran Bahasa Indonesia SMP Kelas VIII Kurikulum Merdeka. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa Dan Sastra, 10(4). https://e-journal.my.id/onoma

Lumban Batu, J., Berliani, T., Joko Nugroho FKIP, P., Palangka Raya, U., Raya, P., Kunci, K., Pendidikan Karakter, P., & Karsa Mulya, S. (2021). Manajemen Program Penguatan Pendidikan Karakter di SMK Karsa Mulya Palangka Raya. Equity in Education Journal (EEJ), 3. https://e-journal.upr.ac.id/index.php/eej

Mufidah, E., Jannah, N., Suwignyo, H., & Harsiati, T. (2019). Analisis Nilai-nilai Karakter Hasil Karya Menulis Kreatif Siswa. Jurnal Pendidikan, 4(2). http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/

Prasetyo, G. W., Desvania, N. R. T., & Japar, M. (2024). Pengintegrasian Nilai Gotong Royong Melalui Model Teams Games Tournament pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila di Sekolah Menengah Pertama. PARAMETER: Jurnal Pendidikan Universitas Negeri Jakarta, 36(1), 40–54. https://doi.org/10.21009/parameter.361.03

Puspitasari M. (2022). Kerjasama dalam Lembaga Pendidikan Berdasarkan Tafsir Al-Qur’an Surat Al-Maidah Ayat 2. 2(3).

Putri Dina Saharani D, R. H. A. P. P. R. S. (2024). Pentingnya Pendidikan Karakter Terhadap Pembentukan Moral Anak Sekolah Dasar. Jurnal Bima : Pusat Publikasi Ilmu Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 2(2), 234–240. https://doi.org/10.61132/bima.v2i2.860

Rismi, R., Suhaili, N., Marjohan, M., Afdal, A., & Ifdil, I. (2022). Bimbingan Kelompok dalam Pemahaman Nilai Empati untuk Meningkatkan Sikap Prososial Siswa. Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia, 8(1), 14. https://doi.org/10.29210/1202221496

Rizal Bakri A, S. M. Q. (2021). Nilai Karakter Siswa pada Kegiatan Ekstrakurikuler. IVCEJ, 4(1).

Rofiudin, A., Prasetya, A., Dwi Prasetya, D., & Kejuruan, P. (2024). Pembelajaran Kolaboratif di SMK: Peran Kerja Sama Siswa dalam Meningkatkan Keterampilan Soft skills. Journal of Education Research, 5(4).

Rukhmana T, M. A. H. E. B. Y. K. F. R. I. A. (2024). Pentingnya Pendidikan Karakter di Era Digital untuk Masa Depan. Journal on Education, 06(03), 15795–15800.

Saleh Alfarisi, R. (2019). Pengembangan Buku Pengayaan Menulis Teks Anekdot Bermuatan Cinta Tanah Air. Kredo, 3.

Sari, R., Hudiyono, Y., & Soe’oed, R. (2017). Pengembangan Media Blog dalam Pembelajaran Menulis Teks Anekdot pada Siswa Kelas X SMA. Jurnal Ilmu Budaya, 1(4).

Setyaningsih. (2023). Pelaksanaan Nilai Karakter Gotong Royong Berbasis Online Collaborative Learning. Jurnal Penelitian Dan Penjaminan Mutu, 1.

Supriadi, S. A. P. S. I. (2020). Integrasi Nilai Karakter dalam Pembelajaran Keterampilan Menulis Siswa. Journal of Management, 3(3), 84–93. https://doi.org/10.2568/yum.v3i3.778

Supriyadi A, A. H. I. (2021). Penerapan Metode Gallery Walk dalam Meningkatkan Sikap Tolong Menolong pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada Siswa Kelas V di Sekolah Dasar Islam Ar-Rahiim Ungaran Timur Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2019/2020. Jurnal Insipirasi, 5.

Supriyati, A., Nyoman, N. A., & Miyono, N. (2023). Perencanaan Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila pada SMK Pusat Keunggulan. JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan), 6(2), 1037–1043. http://Jiip.stkipyapisdompu.ac.id

Susetiyo A, S. (2022). Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Karakter di Madrasah Ibtida’iyah Darul Ulum Kediri. Jurnal Riset Madrasah Ibtidaiyah (JURMIA), 2(2), 277–283. https://doi.org/10.32665/jurmia.v2i2.544

Syofiani. (2020). Pengembangan Materi Pembelajaran Collaborativ Learning Berbasis Kearifan Lokal untuk mengembangkan Karakter Kreatif dan Bersahabat di SD Islam Khaira Ummah Padang. Jurnal CERDAS Proklamator, 34(1), 34–45.

Wahyu Oktavianto A, A. A. (2023). Analisis penerapan Profil Pelajar Pancasila pada pembelajaran Pendidikan Pancasila dalam mencapai nilai gotong royong di kelas IV sekolah dasar. INNOVATIVE, 3(4).

Wendra, W., & Yasa, N. (2020). Representasi Nilai Karakter dan Kearifan Lokal (Local Genius) pada Cerpen Surat Kabar Bali Post sebagai Dasar Menentukan Cerpen yang Layak diterbitkan. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPBS

Winanda, F. A., Lisdayanti, S., Kusumaningsih, D., Paulina, Y., & Rustinar, E. (2024). Membangun Karakter Santun Melalui Kultur Sekolah dalam Kegiatan 5S (Senyum, Sapa, Salam, Sopan, dan Santun). Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(1), 205–212. https://doi.org/10.29303/jipp.v9i1.1884

Published

2025-06-17

How to Cite

Yulia Puspasari, Sri Muryati, Wahyu Dini Septiari, & Erna Dwi Suryani. (2025). Penguatan Karakter Peserta Didik Kelas X dalam Pembelajaran Collaborative Learning melalui Penulisan Teks Anekdot. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 11(3), 2798–2815. https://doi.org/10.30605/onoma.v11i3.5938

Issue

Section

Articles

Categories