Strategi Menulis Karya Ilmiah Model Pembelajaran Kolaboratif Berbasis Problem Based Learning pada Mahasiswa Administrasi Bisnis Politeknik Informatika Nasional
https://doi.org/10.30605/onoma.v6i2.428
Keywords:
Kolaboratif; Problem Based LearningAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa Admnistrasi Bisnis dalam menyusun karya ilmiah. Penelitian ini yakni penelitian deskriptif kualitatif yang berorientasi pada pendeskripsian kemampuan mahasiswa dalam menulis karya ilmiah Model Pembelajaran Kolaboratif Berbasis Problem Learning. Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) menggunakan desain PTK Kemmis dan Taggart. Metode pengumpulan data adalah metode observasi dan metode intropeksi. Teknik pengumpulan data yaitu teknik wawancara, teknis tes pemberian soal dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yakni melakukan empat kali pertemuan setiap siklusnya kemudian menganalisis setiap hasil siklus yang didapatkan. Hasil penelitian ini menunjukkan pendekatan metode kolaboratif dan PBL dalam menulis dan menyusun karya ilmiah dapat meningkatkan pengetahuan mahasiswa Administasi Bisnis. Peningkatan kemampuan dan pemahaman mahasiswa dapat dilihat pada keaktifan dan keantusiasan mahasiswa dalam melakukan kolaboratif. Peningkatan dari segi kualitas tercermin dari produk hasil menulis karya ilmiah pada siklus I, dan II, . Pada siklus I nilai rata-rata 12 dengan persentase 61% untuk aspek bagian awal, 74% untuk aspek bagian isi, 63% bagian notasi ilmiah dan 61% untuk mekanisme penulisan . Pada siklus ke 2 rata-rata nilai yang diperoleh mahasiswa sebesar 16 dengan persentase 77% untuk aspek bagian awal, 80% untuk aspek bagian isi, 85% bagian notasi ilmiah dan 77% untuk mekanisme penulisan.
Downloads
References
Kusmana, S., Kuntarto, E., Boeriswati, E., & Suhartono. (2019). Cerdas Berbahasa (Y. Mulyadi & A. Andriyani (eds.); 1st ed.). YRAMA WIDYA.
Mujianto, M., Zubaidi, Z., & Suprapto YM, Y. (2017). Peningkatan kemampuan menulis karya ilmiah mahasiswa program jaringan telekomunikasi digital ( JTD ) melalui problem based learning. Prosiding Seminar Nasional #3: Bahasa Dan Sastra Indonesia Dalam Konteks Global, 177–186. https://jurnal.unej.ac.id/index.php/fkip-epro/article/view/4868
Musaljon, M., Rafli, Z., & Attas, S. G. (2019). Peningkatan Keterampilan Menulis Karya Ilmiah Melalui Model Pembelajaran Workshop dan Kolaborasi (Penelitian Tindakan di Program Studi PBSI STKIP Muhammadiyah Bogor). Semnasfip, 32–39. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/SEMNASFIP/index
Sriyanti. (2017). PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS SURAT PRIBADI DENGAN MENGGUNAKAN METODE KOLABORASI ( Penelitian Tindakan Kelas VII MTsN 15 Ciamis ) Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Jurnal Diksatrasia, 1(20), 157.
Sudjana, N. (2017). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar (21st ed.). ROSDA.
Suryani, N., & Agung, L. (2012). Strategi Belajar Mengajar (A. Pratama (ed.)). Ombak.
Tanjung, H. S., & Nababan, S. A. (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berorientasi Model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sma Se-Kuala Nagan Raya Aceh. Genta Mulia, 9(2), 56–70.
Trianto. (2011). Model Pembelajaran Terpadu: konsep, strategi, dan implementasi dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Bumi Aksara.
Wulandari, B., & Surjono, H. D. (2013). Pengaruh problem-based learning terhadap hasil belajar ditinjau dari motivasi belajar PLC di SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, 3(2), 178–191. https://doi.org/10.21831/jpv.v3i2.1600
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with Onoma Journal: Education, Languages??, and Literature agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.