Keterbacaan Teks pada Buku Ajar Bahasa Sunda “ Wiwaha Basa” Kelas VII SMP/MTs

https://doi.org/10.30605/onoma.v10i4.4473

Authors

  • Nenden Aisyah universitas pendidikan indonesia
  • Usep Kuswari Universitas Pendidikan Indonesia
  • Haris Santosa Nugraha Universitas Pendidikan Indonesia

Keywords:

buku ajar, keterbacaan, grafik fry

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui factor-faktor yang mempengeruhi keterbacaan, serta mengetahui keterbacaan teks pada buku ajar bahasa Sunda “ Wiwaha Basa” kelas VII SMP/ MTs. Buku ajar berperan menjadi elemen krusial dalam pembelajaran, memberikan manfaat signifikan bagi siswa, kurikulum, guru, dan masyarakat, serta menunjukkan betapa pentingnya perannya dalam pendidikan. Kendala dalam memahami materi pelajaran dapat menghambat siswa memperoleh informasi dan mencapai tujuan pembelajaran, menjadikan peran materi pelajaran sangat penting dalam konteks pendidikan. Peneliti menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif terhadap teks wacana yang terdapat dalam buku ajar tersebut. Teknik pengambilan data menggunakan teknik studi pustaka dengan menggunakan analisis unsur langsung. Pengambilan data observasi langsung melalui studi pustaka terhadap teks wacana yang terdapat dalam buku ajar tersebut. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan pada enam wacana dari keseluruhan bab buku “Wiwaha Basa”, didapatkan 2 wacana memiliki keterbacaan berkategori mudah, dan 4 wacana memiliki keterbacaan berkategori sesuai. Maka dapat disimpulkan, bahwa buku ajar bahasa Sunda berjudul “Wiwaha Basa” untuk SMP kelas VII, sesuai dengan kemampuan keterbacaan peserta didik kelas VII SMP/MTs.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aliyah, N. A., Kamdan, A., Nurdiani, H., Agustini, N., Herlis, Sumarsono, T., & Fatutohman, T. (2024). Wiwaha Basa VII. CV Geger Sunten.

Andriana, W. (2012). Analisis keterbacaan teks buku pelajaran kelas III SD: studi kasus untuk teks bahasa Indonesia, IPA, dan IPS. Universitas Indonesia.

Anih, E., & Nurhasanah, N. (2016). Tingkat keterbacaan wacana pada buku paket kurikulum 2013 kelas 4 sekolah dasar menggunakan formula grafik Fry. Didaktik : Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 66, 37–39. DOI: https://doi.org/10.36989/didaktik.v1i2.24

Chaniago, Sam Mukhtar, D. (1996). Aspek keterpaduan dan keterbacaan wacana buku ajar bahasa Indonesia untuk kelas I SMU. Lembaga Penelitian IKIP Jakarta.

Fatin, I. (2017). Keterbacaan Buku Teks Bahasa Indonesia Kelas X Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2016 Dengan Formula FRY. Belajar Bahasa : Jurnal Ilmiah Program, 2(1), 21–33.

Fatin, I., & Yunianti, S. (2018). Bahan ajar keterbacaan (Sujinah & P. C. Kartika (eds.)). UMSurabaya Publishing.

Ginanjar, A. A. (2020). Analisis tingkat keterbacaan teks dalam buku ajar bahasa Indonesia. Literasi : Jurnal Bahasa Dan Sastra Indonesia Serta Pembelajarannya, 4(2), 158. https://doi.org/10.25157/literasi.v4i2.4216 DOI: https://doi.org/10.25157/literasi.v4i2.4216

Himala, S. P. T., Ibrahim, M., & Fitrihidajati, H. (2016). Keterbacaan Teks Buku Ajar Berbasis Aktivitas Pada Materi Ruang Lingkup Biologi Kelas X SMA. BioEdu, 5(3), 445–448.

Lubis, S. (2004). Teknik Penulisan Ilmiah Populer. E-USU Repository.

Maghfirah, A., Yasin, M. F., & Kusasi, Z. A. (2022). keterbacaan Teks Redability of The Text in The Bahasa Indonesia Textbook For. Locana, 5(1), 1–10.

Mintowati. (2003). Panduan Penulisan Buku Ajar. Depdikbud.

Mursyadah, U. (2021). Tingkat Keterbacaan Buku Sekolah Elektronik (Bse) Pelajaran Biologi Kelas X Sma/Ma. TEACHING : Jurnal Inovasi Keguruan Dan Ilmu Pendidi. DOI: https://doi.org/10.51878/teaching.v1i4.774

Nawawi, H., & Martini, M. (1994). Penelitian Terapan. Gajahmada University.

Nugrahani, A. F., Saputri, D. S. D., Iffadah, A. D., Adiwijaya, S. N., & Andrian, F. (2024). Analisis Keterbacaan Bahan Ajar Bahasa Indonesia Pada Kelas I SD Berdasarkan Grafik Fry. JEMARI (Jurnal Edukasi Madrasah Ibtidaiyah), 6(1), 46–51. https://doi.org/10.30599/jemari.v6i1.3017 DOI: https://doi.org/10.30599/jemari.v6i1.3017

Pebriana, P. H. (2021). Analisis Keterbacaan Buku Teks Siswa Kelas IV Pada Tema I Dengan Menggunakan Grafik Fry. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 3(1), 28–35. https://doi.org/10.31004/jpdk.v2i2.1340 DOI: https://doi.org/10.31004/jpdk.v2i2.1340

Rohim, I. S. (2022). Keterbacaan Buku Teks Keterbacaan Buku Teks Bahasa Sunda Rancagé Diajar Kelas X Untuk SMA/SMK/MAK. Piwulang : Jurnal Pendidikan Bahasa Jawa, 10(1), 89–94. https://doi.org/10.15294/piwulang.v10i1.53323 DOI: https://doi.org/10.15294/piwulang.v10i1.53323

Sulistyorini, H. (2006). Tingkat Keterbacaan Teks dan Pengaruhnya Terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Pokok Bahasan Larutan Penyangga di SMA Negeri I Kramat Kabupaten Tegal. Universitas Negeri Semarang.

Supriadi, R., & Fitriyani, N. (2021). Analisis kesesuaian buku teks bahasa Arab berbasis keterbacaan menggunakan ketentuan Fog Index. Arabi : Journal of Arabic Studies, 6(1), 105. https://doi.org/10.24865/ajas.v6i1.232 DOI: https://doi.org/10.24865/ajas.v6i1.232

Published

2024-09-28

How to Cite

Nenden Aisyah, Usep Kuswari, & Haris Santosa Nugraha. (2024). Keterbacaan Teks pada Buku Ajar Bahasa Sunda “ Wiwaha Basa” Kelas VII SMP/MTs. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 10(4), 4020–4035. https://doi.org/10.30605/onoma.v10i4.4473

Issue

Section

Articles

Categories