Keterbacaan Teks pada Buku Ajar Bahasa Sunda “ Wiwaha Basa” Kelas VII SMP/MTs
https://doi.org/10.30605/onoma.v10i4.4473
Keywords:
buku ajar, keterbacaan, grafik fryAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui factor-faktor yang mempengeruhi keterbacaan, serta mengetahui keterbacaan teks pada buku ajar bahasa Sunda “ Wiwaha Basa” kelas VII SMP/ MTs. Buku ajar berperan menjadi elemen krusial dalam pembelajaran, memberikan manfaat signifikan bagi siswa, kurikulum, guru, dan masyarakat, serta menunjukkan betapa pentingnya perannya dalam pendidikan. Kendala dalam memahami materi pelajaran dapat menghambat siswa memperoleh informasi dan mencapai tujuan pembelajaran, menjadikan peran materi pelajaran sangat penting dalam konteks pendidikan. Peneliti menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif terhadap teks wacana yang terdapat dalam buku ajar tersebut. Teknik pengambilan data menggunakan teknik studi pustaka dengan menggunakan analisis unsur langsung. Pengambilan data observasi langsung melalui studi pustaka terhadap teks wacana yang terdapat dalam buku ajar tersebut. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan pada enam wacana dari keseluruhan bab buku “Wiwaha Basa”, didapatkan 2 wacana memiliki keterbacaan berkategori mudah, dan 4 wacana memiliki keterbacaan berkategori sesuai. Maka dapat disimpulkan, bahwa buku ajar bahasa Sunda berjudul “Wiwaha Basa” untuk SMP kelas VII, sesuai dengan kemampuan keterbacaan peserta didik kelas VII SMP/MTs.
Downloads
References
Aliyah, N. A., Kamdan, A., Nurdiani, H., Agustini, N., Herlis, Sumarsono, T., & Fatutohman, T. (2024). Wiwaha Basa VII. CV Geger Sunten.
Andriana, W. (2012). Analisis keterbacaan teks buku pelajaran kelas III SD: studi kasus untuk teks bahasa Indonesia, IPA, dan IPS. Universitas Indonesia.
Anih, E., & Nurhasanah, N. (2016). Tingkat keterbacaan wacana pada buku paket kurikulum 2013 kelas 4 sekolah dasar menggunakan formula grafik Fry. Didaktik : Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 66, 37–39. DOI: https://doi.org/10.36989/didaktik.v1i2.24
Chaniago, Sam Mukhtar, D. (1996). Aspek keterpaduan dan keterbacaan wacana buku ajar bahasa Indonesia untuk kelas I SMU. Lembaga Penelitian IKIP Jakarta.
Fatin, I. (2017). Keterbacaan Buku Teks Bahasa Indonesia Kelas X Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2016 Dengan Formula FRY. Belajar Bahasa : Jurnal Ilmiah Program, 2(1), 21–33.
Fatin, I., & Yunianti, S. (2018). Bahan ajar keterbacaan (Sujinah & P. C. Kartika (eds.)). UMSurabaya Publishing.
Ginanjar, A. A. (2020). Analisis tingkat keterbacaan teks dalam buku ajar bahasa Indonesia. Literasi : Jurnal Bahasa Dan Sastra Indonesia Serta Pembelajarannya, 4(2), 158. https://doi.org/10.25157/literasi.v4i2.4216 DOI: https://doi.org/10.25157/literasi.v4i2.4216
Himala, S. P. T., Ibrahim, M., & Fitrihidajati, H. (2016). Keterbacaan Teks Buku Ajar Berbasis Aktivitas Pada Materi Ruang Lingkup Biologi Kelas X SMA. BioEdu, 5(3), 445–448.
Lubis, S. (2004). Teknik Penulisan Ilmiah Populer. E-USU Repository.
Maghfirah, A., Yasin, M. F., & Kusasi, Z. A. (2022). keterbacaan Teks Redability of The Text in The Bahasa Indonesia Textbook For. Locana, 5(1), 1–10.
Mintowati. (2003). Panduan Penulisan Buku Ajar. Depdikbud.
Mursyadah, U. (2021). Tingkat Keterbacaan Buku Sekolah Elektronik (Bse) Pelajaran Biologi Kelas X Sma/Ma. TEACHING : Jurnal Inovasi Keguruan Dan Ilmu Pendidi. DOI: https://doi.org/10.51878/teaching.v1i4.774
Nawawi, H., & Martini, M. (1994). Penelitian Terapan. Gajahmada University.
Nugrahani, A. F., Saputri, D. S. D., Iffadah, A. D., Adiwijaya, S. N., & Andrian, F. (2024). Analisis Keterbacaan Bahan Ajar Bahasa Indonesia Pada Kelas I SD Berdasarkan Grafik Fry. JEMARI (Jurnal Edukasi Madrasah Ibtidaiyah), 6(1), 46–51. https://doi.org/10.30599/jemari.v6i1.3017 DOI: https://doi.org/10.30599/jemari.v6i1.3017
Pebriana, P. H. (2021). Analisis Keterbacaan Buku Teks Siswa Kelas IV Pada Tema I Dengan Menggunakan Grafik Fry. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 3(1), 28–35. https://doi.org/10.31004/jpdk.v2i2.1340 DOI: https://doi.org/10.31004/jpdk.v2i2.1340
Rohim, I. S. (2022). Keterbacaan Buku Teks Keterbacaan Buku Teks Bahasa Sunda Rancagé Diajar Kelas X Untuk SMA/SMK/MAK. Piwulang : Jurnal Pendidikan Bahasa Jawa, 10(1), 89–94. https://doi.org/10.15294/piwulang.v10i1.53323 DOI: https://doi.org/10.15294/piwulang.v10i1.53323
Sulistyorini, H. (2006). Tingkat Keterbacaan Teks dan Pengaruhnya Terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Pokok Bahasan Larutan Penyangga di SMA Negeri I Kramat Kabupaten Tegal. Universitas Negeri Semarang.
Supriadi, R., & Fitriyani, N. (2021). Analisis kesesuaian buku teks bahasa Arab berbasis keterbacaan menggunakan ketentuan Fog Index. Arabi : Journal of Arabic Studies, 6(1), 105. https://doi.org/10.24865/ajas.v6i1.232 DOI: https://doi.org/10.24865/ajas.v6i1.232
Downloads
Published
How to Cite
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with Onoma Journal: Education, Languages??, and Literature agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.