Model Quantum Writing Dibantu Media Aplikasi Canva dalam Pembelajaran Menulis Cerita Pendek Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Ciawi Kabupaten Tasikmalaya
https://doi.org/10.30605/onoma.v11i2.5597
Keywords:
model pembelajara , Quantum Writing, cerita pendek, CanvaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui adanya perbedaan hasil kemampuan menulis cerita pendek siswa kelas XI SMA Negeri 1 Ciawi Tasikmalaya menggunakan model Quantum Writing dibantu media aplikasi Canva dengan pembelajaran yang tidak menggunakan model Quantum Writing dibantu media aplikasi Canva (2) Mengetahui pengaruh model Quantum Writing dibantu media aplikasi Canva pada kemampuan menulis cerita pendek siswa kelas XI SMA Negeri 1 Ciawi Tasikmalaya. Latar belakang adanya penelitian ini yaitu menurunnya motivasi siswa, keterbatasan ide atau materi pada cerita, serta kurangnya kemampuan dalam mengolah cerita. Hal ini menunjukkan perlu adanya eksplorasi dan implementasi pembelajaran inovatif yang bisa meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis cerita pendek. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Ciawi Kabupaten Tasikmalaya serta fokus pada kelas IX.9. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode kuasi eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Teknik yang digunakan pada penelitian ini yaitu observasi dan tes (pretest dan posttest). Hasil dari penelitian ini yaitu: 1) Hasil belajar siswa dalam kemampuan menulis cerita pendek sebelum menerapkan model Quantum Writing dibantu media aplikasi Canva yaitu rendah dengan rata-rata nilai 52,54; 2) Hasil belajar siswa pada kemampuan menulis cerita pendek setelah penerapan model Quantum Writing dibantu media aplikasi Canva hasilnya tinggi dengan nilai rata-rata 85,79 3) Berdasar pada uji hipotesis, hasil yang diperoleh yaitu nilai sig. (2-tailed) 0,00 < 0.05, sehingga Ha diterima dan H0 ditolak. Dari hasil tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh model pembelajaran Quantum Writing dibantu media aplikasi Canva pada kemampuan menulis cerita pendek, dengan terbukti adanya perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa dalam menulis cerita pendek sebelum dan setelah menggunakan model pembelajaran Quantum Writing dibantu media aplikasi Canva.
Downloads
References
Alawiyah, Susi. (2021). Model pembelajaran think talk write dan menulis karangan narasi pada era disrupsi. Jurnal Inovasi Penelitian, 1691-1700 https://media.neliti.com/media/publications/467343-none-b6ad8cb4.pdf
Alfian, Nurul Ari, Mardi Yudhi Putra, Rita Wahyuni Arifin, Agung Barokah, Ahmad Safei, Novan Julian. 2022. Pemanfaatan media pembelajaran audio visual berbasis aplikasi canva. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat. 5(1) DOI: https://doi.org/10.31599/jabdimas.v5i1.986
Anggraeni, Fitria Sulistia, Via Nugraha, Sary Sukawati. 2023. Pemanfaatan bahan ajar e-modul berbantun aplikasi canva dalam pembelajaran menulis cerpen menggunakan model discovery learning pada siswa kelas IX. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. 6(5). https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/parole/article/view/18543 DOI: https://doi.org/10.22460/parole.v6i5.18543
Barrett, L. 2020. Enhancing creative writing skills: an application of quantum learning. Journal of Creative Education, 11(5), 935-948. https://doi.org/10.4236/ce.2020.115069
Dewi, Gusti Ayu Karya, I Nengah Sueca , I Wayan Numertayasa, 2021, Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Deskriptif Melalui Metode Quantum Writing Pada Siswa Kelas Viidsmp Negeri 1 Susut, Jurnal Pendidikan Deiksis, 3(1). file:///C:/Users/ACER/Downloads/48-Article%20Text-152-2-10-20210714%20(1).pdf
Farhani, Nadia Azizah, Rusmawan, Maria Magdalena Suyatini. 2022. Peningkatan motivasi membaca dan menulis menggunakan model pembelajaran problem based learning (PBL). Jurnal Ilmu Pendidikan. 4(4). https://repository.usd.ac.id/46308/1/9615_2022_Artikel%2BEdukatif_Peningkatan%2BMotivasi%2BMembaca%2Bdan%2BMenulis%2BMenggunakan%2BModel%2BPembelajaran%2BProblem%2BBased%2BLearning.pdf
Hapsari, Gita Permata Puspita, & Zulherman, Z. 2021. Pengembangan media video animasi berbasisaplikasi canva untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa. Jurnal Basicedu, 5(4),2384–2394. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1237 DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1237
Kusnadi, 2021, Partisipasi siswa dalam quantum wiriting: sebuah studi pembelajaranmenulis pada siswa Kelas Xii Sman Di Kabupaten Sekadau, Journal Of Edukasi Borneo, 2(2). https://journalofedukasiborneo.or.id/index.php/jeb/article/view/25/22
Maryani, Ni Putu Saptari, Ni Luh Sukanadi, Komang Widana Putra. 2024. Analisis kesalahan berbahasa Indonesia dalam penulisan cerita pendek siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Abiansemal Tahun Ajaran 2023/2024. Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. 9(2). https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/jipbsi/article/view/10247/7720
Nisa, Hani & Apryliana Agnes. (2020). Uji Terbatas Keefektifan Pembelajaran Menulis Teks Deskriptif Berbasis M-Learning. Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, dan Pengajaran, 71-80 DOI: https://doi.org/10.31539/kibasp.v4i1.1683
Normuliati, Sri, Istiqamah. 2020. Pelatihan keterampilan menulis fiksi bagi siswa SMKN2 Marabahan. Jurnal PengabdianUntuk Mu NegeRI. 4(1). https://ejurnal.umri.ac.id/index.php/PengabdianUMRI/article/view/1904/1154 DOI: https://doi.org/10.37859/jpumri.v4i1.1904
Nufus, Hayatun, dkk. (2022). Pelatihan menulis cerpen yang berkearifan lokal pada siswa SMAN 2 Prabumulih. Jurnal Pengabdian Masyarakat Formosa. 1(2). 225-232. https://media.neliti.com/media/publications/556050-pelatihan-menulis-cerpen-yang-berkearifa-e9df9139.pdf DOI: https://doi.org/10.55927/jpmf.v1i2.422
Ramadhan, Emira Hayatina, Hindun. 2023. Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek untuk Membantu Siswa Berpikir Kreatif. Jurnal Bahasa, Sastra, Budaya, dan Pengajarannya (Protasis). 2(2). https://protasis.amikveteran.ac.id/index.php/protasis/article/view/98/76 DOI: https://doi.org/10.55606/protasis.v2i2.98
Renza, Muhammad Abdu, Lalu Hamdian Affandi,Heri Setiawan. 2022. Pengembangan media gambar berseri pada materi keterampilan menulis teks narasi siswa kelas iv, jurnal ilmiah profesi pendidikan. 7(2). https://jipp.unram.ac.id/index.php/jipp/article/view/562/331 DOI: https://doi.org/10.29303/jipp.v7i2.562
Sayogha, Agung Surya, Ni Kadek Adiyani Rahmaputri. 2023. Pentingnya pembelajaran bahasa dan sastra dalam penguatan karakter peserta didik. PEDALITRA III: Seminar Nasional Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya. https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/pedalitra/article/view/3361/2306
Sholeh, M., Rachmawati, R. Y., & Susanti, E. (2020). Penggunaan aplikasi canva untuk membuat konten gambar pada media sosial sebagai upaya mempromosikan hasil produk UKM. SELAPARANG Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 4(1), 430. https://doi.org/10.31764/jpmb.v4i1.2983 DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v4i1.2983
Siswanjaya. 2021. Penggunaan canva pada pembelajaran berbasis proyek untuk meningkatkan keterampilan dan motivasi menulis siswa. Jurnal Didaktika Pendidikan Dasas. 5(2). https://ojsdikdas.dikdasmen.go.id/index.php/didaktika/article/view/259/309 DOI: https://doi.org/10.26811/didaktika.v5i2.259
Suaedi, Hasan, Yeni Mardiana, Mochamad Hatip, Uswatun Hasanah. 2023. Pelatihan menulis cerpen bertema fantasi bagi siswa di Yayasan Nurussalam Wonoasri Jember. Abdi Indonesia. 3(1). http://jurnal.unmuhjember.ac.id/index.php/ABDI/article/view/15304/4607
Sukirman. (2020). Tes kemampuan keterampilan menulis dalam pembelajaran bahasa indonesia di sekolah. Jurnal Konsepsi, 9(2), 1–10. https://p3i.my.id/index.php/konsepsi/article/view/42
Syahrir, Ayun Permata, Sadira Putri Zahirah, Ummi Salamah, 2023, Pemanfaatan aplikasi desain grafis canva dalam pembelajaran multimedia di SMA Negeri 1 Taman. file:///C:/Users/ACER/Downloads/ahuda,+851-Research+Results-2814-1-2-20231029.pdf
Suparman, S., Herdiana, B., & Nuruahmad, M. (2025). Analisis Nilai pada Lagu" Sandaran Hati" Karya Letto. DEIKTIS: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 5(1), 89-93. DOI: https://doi.org/10.53769/deiktis.v5i1.1326
Triandy, Rendy, Aries Setia Nugraha, Adi Rustandi. 2021. Model quantum writingberbasis kecerdasan interpersonal dalam pembelajaran menulis artikel (eksperimen kuasi pada siswa SMA Talenta Bandung). Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang. 7(1). https://www.journal.stkipsubang.ac.id/index.php/didaktik/article/view/176/145 DOI: https://doi.org/10.36989/didaktik.v7i01.176
Usmadi. 2022. Pengujian persyaratan analisis (uji homogenitas dan uji normalitas). Inovasi Pendidikan. 7(1). https://www.jurnal.umsb.ac.id/index.php/inovasipendidikan/article/viewFile/2281/1798 DOI: https://doi.org/10.31869/ip.v7i1.2281
Weniati, Siti Yuni, Dan Rochmawati Rochmawati. (2022). Pengaruh blended learning, minat dan motivasi terhadap hasil belajar siswa pada masa pandemi di smk. Edukatif. Jurnal Ilmu Pendidikan. 4(3):3276–88. Doi: 10.31004/Edukatif.V4i3.2614. DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i3.2614
Wulandari, Tri, Adam Mudinillah, 2022, Efektivitas penggunaan aplikasi canva sebagai media pembelajaran IPA MI/SD, Jurnal Riset Madrasah Ibtidaiyah, 2(1), https://journal.unugiri.ac.id/index.php/jurmia/article/view/245/207 DOI: https://doi.org/10.32665/jurmia.v2i1.245
Zahwa, F. A., & Syafi’i, I. (2022). Pemilihan pengembangan media pembelajaran berbasis teknologi informasi. Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Ekonomi, 19(01), 61–78. https://doi.org/10.25134/equi.v19i01.3963 DOI: https://doi.org/10.25134/equi.v19i01.3963
Downloads
Published
How to Cite
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with Onoma Journal: Education, Languages??, and Literature agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.