Pemanfaatan Media Wordwall Berbantuan Anagram dalam Meningkatkan Imajinasi Keterampilan Menulis Teks Fantasi
https://doi.org/10.30605/onoma.v10i4.4551
Keywords:
Menulis, Teks Fantasi, WordwallAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasikan bagaimana pemanfaatan media Wordwall dengan dukungan anagram dalam meningkatkan imajinasi dan keterampilan menulis teks fantasi di era digital. Penelitian ini mengadopsi pendekatan kualitatif yang bertujuan untuk memberikan deskripsi dan penjelasan yang komprehensif terkait penggunaan media Wordwall. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kepustakaan, yang melibatkan pengumpulan materi penelitian dari berbagai sumber termasuk buku, jurnal ilmiah, literatur, dan publikasi lain yang dianggap relevan. Pendapat beberapa ahli menjadi dasar dalam mendeskripsikan dan menjelaskan data yang dikumpulkan selama proses rincian. Variabel penelitian mencakup segala bentuk yang telah ditetapkan oleh peneliti untuk dianalisis, memastikan penelitian mencapai kedalaman pemahaman dan kesimpulan yang tepat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan teknologi, terutama melalui media Wordwall, dapat meningkatkan efektivitas dan efisiensi pembelajaran, khususnya dalam meningkatkatkan imajinasi keterampilan menulis teks fantasi. Dengan bantuan Wordwall, pembelajaran menjadi lebih efisien dan membantu baik guru maupun siswa. Kesimpulan dari penulisan ini adalah pembaca dapat memperoleh pemahaman yang lebih baik tentang berbagai media yang dapat digunakan untuk mengajar teks fantasi.
Downloads
References
Aprilia, F., Neisya, N., Yanti, C. H., & Syaputri, K. D. (2022). Peningkatan Literasi Menulis Kreatif melalui Gelar Wicara Daring. Jurnal Abdimas Prakasa Dakara, 2(1), 15–23. https://doi.org/10.37640/japd.v2i1.1352 DOI: https://doi.org/10.37640/japd.v2i1.1352
Ati, Aster Pujaning Ati, Sigit Widyarto, N. S. (n.d.). 887-4211-1-Pb. 30–36.
Atin, S., Fajriyani, N. A., Ningsih, E. P., Fitriyati, I., & Malahati, F. (2023). Keaktifan belajar siswa menggunakan aplikasi live board pada pembelajaran bahasa Jawa madrasah ibtidaiyah. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 16(1), 1–12. https://doi.org/10.21831/jpipfip.v16i1.52296 DOI: https://doi.org/10.21831/jpipfip.v16i1.52296
Ayu, D. P., & Amelia, R. (2020). Penggunaan teknologi bahasa Indonesia di era digital. Proceedings, 1(2), 56–61. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/SAMASTA/article/view/7145
Cipondoh, J., Raya, M., Rw, R. T., & Makmur, C. (2021). 111436-59703-1-Pb.
Febrita, Y., & Ulfah, M. (2019). Peranan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Prosiding DPNPM Unindra 2019, 0812(2019), 181–188.
Gunawan, H. M., & Aziz, R. (2018). Mengapa Kepercayaan Diri Mempengaruhi Kemampuan Menulis Kreatif Siswa? Psikoislamika : Jurnal Psikologi Dan Psikologi Islam, 15(2), 7. https://doi.org/10.18860/psi.v15i2.6738 DOI: https://doi.org/10.18860/psi.v15i2.6738
Hanik, E. U., Puspitasari, D., Safitri, E., Firdaus, H. R., Pratiwi, M., & Inayah, R. N. (2022). Integrasi Pendekatan TPACK (Technological, Pedagogical, Content Knowledge) Guru Sekolah Dasar SIKL dalam Melaksanakan Pembelajaran Era Digital. JEID: Journal of Educational Integration and Development, 2(1), 15–27. https://doi.org/10.55868/jeid.v2i1.97 DOI: https://doi.org/10.55868/jeid.v2i1.97
Harahap, L. A. (2019). Konsep Pembelajaran Blended Learning Di Sekolah Dasar: Upaya Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Di Desa Terpencil. Jurnal Ekonomi & Bisnis, 3(3), 940–944.
Ma’ruf, F. (2021). Pengembangan Game Edukasi Berbasis Flash Sebagai Sarana Belajar Siswa PAUD. Ainara Journal (Jurnal Penelitian Dan PKM …. http://journal.ainarapress.org/index.php/ainj/article/view/68 DOI: https://doi.org/10.54371/ainj.v2i3.68
Noprianti, Destia; Fujiastuti, A. (2021). Media Pembelajaran Teks Cerita Fantasi Berbasis Komik. FKIP E-PROCEEDING, 17–37.
Nur, S., Nurhadi, N., & Pratiwi, Y. (2023). Revolusi Buku Ajar Bermuatan Teks Multimodal Terintegrasi Media: Kurikulum Merdeka. GHANCARAN: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, November, 377–396. https://doi.org/10.19105/ghancaran.vi.11769 DOI: https://doi.org/10.19105/ghancaran.vi.11769
Nurjanah, N. E., & Mukarromah, T. T. (2021). Pembelajaran Berbasis Media Digital pada Anak Usia Dini di Era Revolusi Industri 4.0 : Studi Literatur. Jurnal Ilmiah Potensia, 6(1), 66–77.
Oktaviani, P. S., Hadiana, O., Heriyana, T., Nurhayati, T., & Cirebon, U. M. (2023). Efektivitas Penggunaan Media Wordwall Dan. 9(2), 125–136. DOI: https://doi.org/10.25134/jes-mat.v9i2.7814
Pradana, M. F. A., Zahro, A., & Widyartono, D. (2023). Desain Pembelajaran Model ASSURE dalam Pembelajaran Menulis Kreatif Berbasis Media Plotagon di Era Merdeka Belajar. Alinea: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajaran, 12(1), 13. https://doi.org/10.35194/alinea.v12i1.2852 DOI: https://doi.org/10.35194/alinea.v12i1.2852
Priastari, M., & Devi, W. S. (2021). Peningkatan Menulis Teks Fantasi Menggunakan Metode PJBL Berbantuan Media Bontang. Metafora: Jurnal Pembelajaran …. http://jurnalnasional.ump.ac.id/index.php/METAFORA/article/view/10276 DOI: https://doi.org/10.30595/mtf.v8i1.10276
Putra, A. P., Soepriyanto, Y., & Husna, A. (2018). Pengembangan Multimedia Game Edukasi Tentang Keragaman Masakan Khas Daerah-daerah di Indonesia Untuk Kelas V SD. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 1, 299–306.
Putri, F. R., Thahar, H. E., & Arief, E. (2018). Struktur dan Kebahasaan teks cerita fantasi karya siswa kelas VII SMP Pembangunan Laboratorium. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan …. https://ejournal.unp.ac.id/index.php/pbs/article/view/9538
Rohman, M., Sudjimat, D. A., Sugandi, M., & Nurhadi, D. (2019). Developing an interactive digital book to improve the technical drawing abilities of mechanical engineering students. Global Journal of Engineering Education, 21(3), 239–244.
Sahanata, M., Widia Asiani, R., Syahputri, E. D., & Pradani, A. P. (2022). Pelatihan Penggunaan Aplikasi Wordwall Sebagai Sarana Menciptakan Media Pembelajaran Interaktif. LOKOMOTIF ABDIMAS Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 11–21. DOI: https://doi.org/10.30631/lokomotifabdimas.v1i1.1644
Setiawan, A., Praherdhiono, H., & Suthoni, S. (2019). Penggunaan Game Edukasi Digital Sebagai Sarana Pembelajaran Anak Usia Dini. JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran) Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 6(1), 39–44. https://doi.org/10.17977/um031v6i12019p039 DOI: https://doi.org/10.17977/um031v6i12019p039
Siregar, Z., & Marpaung, T. B. (2020). Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Dalam Pembelajaran di Sekolah. BEST Journal (Biology Education, Sains and Technology), 3(1), 61–69. https://doi.org/10.30743/best.v3i1.2437 DOI: https://doi.org/10.30743/best.v3i1.2437
Sudiyati. (2021). Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Cerpen dengan Media Multiliterasi Menulis Imajinatif Berbasis Media Film Animasi. Jurnal Pendidikan Sultan Agung, 1(005), 100–113. DOI: https://doi.org/10.30659/jp-sa.v1i2.15624
Wardani, W. (2016). Keefektifan Penggunaan Media Permainan Wordwall Terhadap Penguasaan Kosakata Bahasa MandarinmPada Siswa Kelas X Sma Giki 2 Surabaya. Mandarin UNESA, 1(1), 1–8.
Wildan, A., Suherman, S., & Rusdiyani, I. (2023). Pengembangan Media GAULL (Game Edukasi Wordwall) pada Materi Bangun Ruang untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 1623–1634. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i2.2357 DOI: https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i2.2357
Downloads
Published
How to Cite
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with Onoma Journal: Education, Languages??, and Literature agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.