Pemanfaatan Media Wordwall Berbantuan Anagram dalam Meningkatkan Imajinasi Keterampilan Menulis Teks Fantasi

https://doi.org/10.30605/onoma.v10i4.4551

Authors

  • Nurul Hikma Universitas Negeri Malang
  • Anang Santoso Universitas Negeri Malang
  • Azizatuz Zahro Universitas Negeri Malang

Keywords:

Menulis, Teks Fantasi, Wordwall

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasikan bagaimana pemanfaatan media Wordwall dengan dukungan anagram dalam meningkatkan imajinasi dan keterampilan menulis teks fantasi di era digital. Penelitian ini mengadopsi pendekatan kualitatif yang bertujuan untuk memberikan deskripsi dan penjelasan yang komprehensif terkait penggunaan media Wordwall. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kepustakaan, yang melibatkan pengumpulan materi penelitian dari berbagai sumber termasuk buku, jurnal ilmiah, literatur, dan publikasi lain yang dianggap relevan. Pendapat beberapa ahli menjadi dasar dalam mendeskripsikan dan menjelaskan data yang dikumpulkan selama proses rincian. Variabel penelitian mencakup segala bentuk yang telah ditetapkan oleh peneliti untuk dianalisis, memastikan penelitian mencapai kedalaman pemahaman dan kesimpulan yang tepat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan teknologi, terutama melalui media Wordwall, dapat meningkatkan efektivitas dan efisiensi pembelajaran, khususnya dalam meningkatkatkan imajinasi keterampilan menulis teks fantasi. Dengan bantuan Wordwall, pembelajaran menjadi lebih efisien dan membantu baik guru maupun siswa. Kesimpulan dari penulisan ini adalah pembaca dapat memperoleh pemahaman yang lebih baik tentang berbagai media yang dapat digunakan untuk mengajar teks fantasi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aprilia, F., Neisya, N., Yanti, C. H., & Syaputri, K. D. (2022). Peningkatan Literasi Menulis Kreatif melalui Gelar Wicara Daring. Jurnal Abdimas Prakasa Dakara, 2(1), 15–23. https://doi.org/10.37640/japd.v2i1.1352 DOI: https://doi.org/10.37640/japd.v2i1.1352

Ati, Aster Pujaning Ati, Sigit Widyarto, N. S. (n.d.). 887-4211-1-Pb. 30–36.

Atin, S., Fajriyani, N. A., Ningsih, E. P., Fitriyati, I., & Malahati, F. (2023). Keaktifan belajar siswa menggunakan aplikasi live board pada pembelajaran bahasa Jawa madrasah ibtidaiyah. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 16(1), 1–12. https://doi.org/10.21831/jpipfip.v16i1.52296 DOI: https://doi.org/10.21831/jpipfip.v16i1.52296

Ayu, D. P., & Amelia, R. (2020). Penggunaan teknologi bahasa Indonesia di era digital. Proceedings, 1(2), 56–61. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/SAMASTA/article/view/7145

Cipondoh, J., Raya, M., Rw, R. T., & Makmur, C. (2021). 111436-59703-1-Pb.

Febrita, Y., & Ulfah, M. (2019). Peranan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Prosiding DPNPM Unindra 2019, 0812(2019), 181–188.

Gunawan, H. M., & Aziz, R. (2018). Mengapa Kepercayaan Diri Mempengaruhi Kemampuan Menulis Kreatif Siswa? Psikoislamika : Jurnal Psikologi Dan Psikologi Islam, 15(2), 7. https://doi.org/10.18860/psi.v15i2.6738 DOI: https://doi.org/10.18860/psi.v15i2.6738

Hanik, E. U., Puspitasari, D., Safitri, E., Firdaus, H. R., Pratiwi, M., & Inayah, R. N. (2022). Integrasi Pendekatan TPACK (Technological, Pedagogical, Content Knowledge) Guru Sekolah Dasar SIKL dalam Melaksanakan Pembelajaran Era Digital. JEID: Journal of Educational Integration and Development, 2(1), 15–27. https://doi.org/10.55868/jeid.v2i1.97 DOI: https://doi.org/10.55868/jeid.v2i1.97

Harahap, L. A. (2019). Konsep Pembelajaran Blended Learning Di Sekolah Dasar: Upaya Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Di Desa Terpencil. Jurnal Ekonomi & Bisnis, 3(3), 940–944.

Ma’ruf, F. (2021). Pengembangan Game Edukasi Berbasis Flash Sebagai Sarana Belajar Siswa PAUD. Ainara Journal (Jurnal Penelitian Dan PKM …. http://journal.ainarapress.org/index.php/ainj/article/view/68 DOI: https://doi.org/10.54371/ainj.v2i3.68

Noprianti, Destia; Fujiastuti, A. (2021). Media Pembelajaran Teks Cerita Fantasi Berbasis Komik. FKIP E-PROCEEDING, 17–37.

Nur, S., Nurhadi, N., & Pratiwi, Y. (2023). Revolusi Buku Ajar Bermuatan Teks Multimodal Terintegrasi Media: Kurikulum Merdeka. GHANCARAN: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, November, 377–396. https://doi.org/10.19105/ghancaran.vi.11769 DOI: https://doi.org/10.19105/ghancaran.vi.11769

Nurjanah, N. E., & Mukarromah, T. T. (2021). Pembelajaran Berbasis Media Digital pada Anak Usia Dini di Era Revolusi Industri 4.0 : Studi Literatur. Jurnal Ilmiah Potensia, 6(1), 66–77.

Oktaviani, P. S., Hadiana, O., Heriyana, T., Nurhayati, T., & Cirebon, U. M. (2023). Efektivitas Penggunaan Media Wordwall Dan. 9(2), 125–136. DOI: https://doi.org/10.25134/jes-mat.v9i2.7814

Pradana, M. F. A., Zahro, A., & Widyartono, D. (2023). Desain Pembelajaran Model ASSURE dalam Pembelajaran Menulis Kreatif Berbasis Media Plotagon di Era Merdeka Belajar. Alinea: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajaran, 12(1), 13. https://doi.org/10.35194/alinea.v12i1.2852 DOI: https://doi.org/10.35194/alinea.v12i1.2852

Priastari, M., & Devi, W. S. (2021). Peningkatan Menulis Teks Fantasi Menggunakan Metode PJBL Berbantuan Media Bontang. Metafora: Jurnal Pembelajaran …. http://jurnalnasional.ump.ac.id/index.php/METAFORA/article/view/10276 DOI: https://doi.org/10.30595/mtf.v8i1.10276

Putra, A. P., Soepriyanto, Y., & Husna, A. (2018). Pengembangan Multimedia Game Edukasi Tentang Keragaman Masakan Khas Daerah-daerah di Indonesia Untuk Kelas V SD. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 1, 299–306.

Putri, F. R., Thahar, H. E., & Arief, E. (2018). Struktur dan Kebahasaan teks cerita fantasi karya siswa kelas VII SMP Pembangunan Laboratorium. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan …. https://ejournal.unp.ac.id/index.php/pbs/article/view/9538

Rohman, M., Sudjimat, D. A., Sugandi, M., & Nurhadi, D. (2019). Developing an interactive digital book to improve the technical drawing abilities of mechanical engineering students. Global Journal of Engineering Education, 21(3), 239–244.

Sahanata, M., Widia Asiani, R., Syahputri, E. D., & Pradani, A. P. (2022). Pelatihan Penggunaan Aplikasi Wordwall Sebagai Sarana Menciptakan Media Pembelajaran Interaktif. LOKOMOTIF ABDIMAS Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 11–21. DOI: https://doi.org/10.30631/lokomotifabdimas.v1i1.1644

Setiawan, A., Praherdhiono, H., & Suthoni, S. (2019). Penggunaan Game Edukasi Digital Sebagai Sarana Pembelajaran Anak Usia Dini. JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran) Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 6(1), 39–44. https://doi.org/10.17977/um031v6i12019p039 DOI: https://doi.org/10.17977/um031v6i12019p039

Siregar, Z., & Marpaung, T. B. (2020). Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Dalam Pembelajaran di Sekolah. BEST Journal (Biology Education, Sains and Technology), 3(1), 61–69. https://doi.org/10.30743/best.v3i1.2437 DOI: https://doi.org/10.30743/best.v3i1.2437

Sudiyati. (2021). Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Cerpen dengan Media Multiliterasi Menulis Imajinatif Berbasis Media Film Animasi. Jurnal Pendidikan Sultan Agung, 1(005), 100–113. DOI: https://doi.org/10.30659/jp-sa.v1i2.15624

Wardani, W. (2016). Keefektifan Penggunaan Media Permainan Wordwall Terhadap Penguasaan Kosakata Bahasa MandarinmPada Siswa Kelas X Sma Giki 2 Surabaya. Mandarin UNESA, 1(1), 1–8.

Wildan, A., Suherman, S., & Rusdiyani, I. (2023). Pengembangan Media GAULL (Game Edukasi Wordwall) pada Materi Bangun Ruang untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 1623–1634. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i2.2357 DOI: https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i2.2357

Published

2024-10-08

How to Cite

Hikma, N., Anang Santoso, & Azizatuz Zahro. (2024). Pemanfaatan Media Wordwall Berbantuan Anagram dalam Meningkatkan Imajinasi Keterampilan Menulis Teks Fantasi . Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 10(4), 4060–4069. https://doi.org/10.30605/onoma.v10i4.4551

Issue

Section

Articles

Categories