Peran Sanggar Bahasa dan Sastra Indonesia dalam Upaya Meningkatkan Literasi Peserta Didik

https://doi.org/10.30605/onoma.v10i4.4609

Authors

  • Rahma Dewi Hartati Universitas Terbuka
  • Nunung Supratmi Universitas Terbuka

Keywords:

literasi, sanggar bahasa dan sastra Indonesia, keterampilan berbahasa dan bersastra

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi peran sanggar bahasa dan sastra Indonesia dalam meningkatkan literasi di sekolah terutama tingkat SMP maupun SMA sehingga dapat membentuk budaya literasi. Fokus utama penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi bagaimana ruang lingkup dan pengelolaan kegiatan sanggar bahasa dan sastra Indonesia berkontribusi dalam meningkatkan kemampuan membaca, menulis, dan pemahaman karya sastra maupun ilmiah peserta didik. Metode penelitian yang digunakan metode deskriptif kualitatif yang mengeksplorasi eksistensi dan respon berkaitan dengan tujuan penelitian dalam bentuk kuesioner, serta melakukan wawancara mendalam dengan guru mata pelajaran bahasa Indonesia sebagai responden. Temuan penelitian menunjukkan bahwa sanggar bahasa dan sastra di sekolah masih belum optimal digiatkan, seperti: 1) pengelola sanggar  masih berpusat pada guru mata pelajaran bahasa Indonesia, 2) penyelenggaraan kegiatan sanggar dilakukan di saat kegiatan ekstrakurikuler dengan menyiapkan program kegiatan berbahasa dan bersastra, 3) belum seluruh sekolah memiliki ruang khusus sanggar, namun demikian terdapat beberapa sekolah yang optimal dalam memfasilitasi dan mengembangkan sanggar bahasa dan sastra Indonesia, sehingga dapat meningkatkan literasi dan keterampilan berbahasa peserta didik. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan baru dalam pengembangan kebijakan dan praktik pendidikan informal yang lebih memperhatikan literasi di sekolah salah satunya melalui pengelolaan sanggar bahasa dan sastra Indonesia. 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abimubarok, A. (2021). Pembelajaran Puisi yang Bermakna di Sanggar Sastra Sekolah. Imajeri: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 4(1), 26–33. https://doi.org/10.22236/imajeri.v4i1.7651 DOI: https://doi.org/10.22236/imajeri.v4i1.7651

Apriyani, T., Daulay, R., & Jaya, P. H. (2024). Pembelajaran Bahasa Indonesia melalui Pemanfaatan Sastra Anak pada Sanggar Belajar di Malaysia. PUAN INDONESIA, 5(2). https://doi.org/10.37296/jpi.v5i2.183 DOI: https://doi.org/10.37296/jpi.v5i2.183

Arisyi, D. F. (2021). Model Pengelolaan Pada Sanggar Seni Indah di Mato dalam Melestarikan Seni Pertunjukan Minangkabau. DESKOVI : Art and Design Journal, 4(2). https://doi.org/10.51804/deskovi.v4i2.1563 DOI: https://doi.org/10.51804/deskovi.v4i2.1563

Ati, A. P., & Widiyarto, S. (2020). Literasi Bahasa dalam Meningkatkan Minat Baca dan Menulis pada Siswa SMP Kota Bekasi. Basastra, 9(1). https://doi.org/10.24114/bss.v9i1.17778 DOI: https://doi.org/10.24114/bss.v9i1.17778

Cicilia, Y., & Nursalim, N. (2019). Gaya dan Strategi Belajar Bahasa. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 1(3). https://doi.org/10.31004/edukatif.v1i3.30 DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v1i3.30

Darmayanti, T., Setiani, M. Y., & Oetojo, B. (2007). E-Learning pada Pendidikan Jarak Jauh: Konsep yang Mengubah Metode Pembelajaran di Perguruan Tinggi di Indonesia. Jurnal Pendidikan Terbuka Dan Jarak Jauh, 8(2).

Denafri, B., Budiono, T., Irwansyah, I., & Yanti, D. (2019). Peningkatan Kemampuan Apresiasi Puisi Bagi Siswa di Sanggar Baca Jendela Dunia Ciputat Tangerang Selatan. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri). https://doi.org/10.31764/jmm.v0i0.1157 DOI: https://doi.org/10.31764/jmm.v0i0.1157

Dewi, A. M. S. (2019). Majalah Dinding sebagai Implementasi Kemampuan Menulis Cerpen Siswa yang Mengikuti Ekstrakurikuler Jurnalistik di SMP N 4 Singaraja. Jurnal Jurusan Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1(1).

Fathorrahman, F., & Zulfa, E. (2023). Implementasi Ekstrakurikuler Sanggar Al-Amien (SSA) dalam Mengembangkan Bakat Menulis Santriawati di TMI Al-Amien Prenduan. PARAMUROBI: JURNAL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM, 6(2). https://doi.org/10.32699/paramurobi.v6i2.5332 DOI: https://doi.org/10.32699/paramurobi.v6i2.5332

Fatma, R., Damayani, N. A., & Rusmana, A. (2016). Kegiatan Sanggar Sastra Rumah Puisi Taufiq Ismail dalam Mendukung Perilaku Menulis. Jurnal Kajian Informasi Dan Perpustakaan, 4(1). https://doi.org/10.24198/jkip.v4i1.11630 DOI: https://doi.org/10.24198/jkip.v4i1.11630

Firmansyah, M., Masrun, M., & Yudha S, I. D. K. (2021). ESENSI PERBEDAAN METODE KUALITATIF DAN KUANTITATIF. Elastisitas - Jurnal Ekonomi Pembangunan, 3(2). https://doi.org/10.29303/e-jep.v3i2.46 DOI: https://doi.org/10.29303/e-jep.v3i2.46

Iskandar, A. H. (2021). Strategi Pengelolaan Sanggar Gong Sitimang dalam Melestarikan Musik Tradisional Melayu Jambi. Gorga : Jurnal Seni Rupa, 10(2). https://doi.org/10.24114/gr.v10i2.24938 DOI: https://doi.org/10.24114/gr.v10i2.24938

Murcahyanto, H. (2023). Sistem Pengelolaan Sanggar Pendidikan Seni di Lombok Timur. Journal of Education and Instruction (JOEAI), 6(1). https://doi.org/10.31539/joeai.v6i1.5977 DOI: https://doi.org/10.31539/joeai.v6i1.5977

N.K. Widiastini, I.M.Sutama, & I.N.Sudiana. (2023). Penerapan Merdeka Belajar dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Bahasa Indonesia, 12(1). https://doi.org/10.23887/jurnal_bahasa.v12i1.2220 DOI: https://doi.org/10.23887/jurnal_bahasa.v12i1.2220

Oktariani, O., & Ekadiansyah, E. (2020). Peran Literasi dalam Pengembangan Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Penelitian Pendidikan, Psikologi Dan Kesehatan (J-P3K), 1(1). https://doi.org/10.51849/j-p3k.v1i1.11 DOI: https://doi.org/10.51849/j-p3k.v1i1.11

Rohman, A. (2022). Literasi dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis di Era Disrupsi. EUNOIA (Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia), 2(1). https://doi.org/10.30821/eunoia.v2i1.1318 DOI: https://doi.org/10.30821/eunoia.v2i1.1318

Safitri, L., & Pujiati, D. (2023). Menumbuhkan Budaya Literasi Bahasa Indonesia Melalui Metode Bernyanyi Gerak Dan Lagu Anak Usia 4-6 Tahun Di Sanggar Bimbingan Kepong Kuala Lumpur Malaysia. Efektor, 10(1). https://doi.org/10.29407/e.v10i1.19388 DOI: https://doi.org/10.29407/e.v10i1.19388

S.C. Rawin, I.N. Sudiana, & I.G. Astawan. (2023). Peran Budaya Literasi dalam Menumbuhkan Minat Baca Siswa. PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 7(1). https://doi.org/10.23887/jurnal_pendas.v7i1.1371 DOI: https://doi.org/10.23887/jurnal_pendas.v7i1.1371

Siki, F. (2019). Problematik Strategi Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jubindo: Jurnal Ilmu Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 4(2). https://doi.org/10.32938/jbi.v4i2.213 DOI: https://doi.org/10.32938/jbi.v4i2.213

Siswanto, W. (2019). Sanggar Bahasa dan Sastra Indonesia (N. Supratmi & E. Purwanto, Eds.; 1st ed.). Universitas Terbuka.

Published

2024-10-09

How to Cite

Rahma Dewi Hartati, & Nunung Supratmi. (2024). Peran Sanggar Bahasa dan Sastra Indonesia dalam Upaya Meningkatkan Literasi Peserta Didik. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 10(4), 4175–4185. https://doi.org/10.30605/onoma.v10i4.4609

Issue

Section

Articles

Categories