Peran Sanggar Bahasa dan Sastra Indonesia dalam Upaya Meningkatkan Literasi Peserta Didik
https://doi.org/10.30605/onoma.v10i4.4609
Keywords:
literasi, sanggar bahasa dan sastra Indonesia, keterampilan berbahasa dan bersastraAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi peran sanggar bahasa dan sastra Indonesia dalam meningkatkan literasi di sekolah terutama tingkat SMP maupun SMA sehingga dapat membentuk budaya literasi. Fokus utama penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi bagaimana ruang lingkup dan pengelolaan kegiatan sanggar bahasa dan sastra Indonesia berkontribusi dalam meningkatkan kemampuan membaca, menulis, dan pemahaman karya sastra maupun ilmiah peserta didik. Metode penelitian yang digunakan metode deskriptif kualitatif yang mengeksplorasi eksistensi dan respon berkaitan dengan tujuan penelitian dalam bentuk kuesioner, serta melakukan wawancara mendalam dengan guru mata pelajaran bahasa Indonesia sebagai responden. Temuan penelitian menunjukkan bahwa sanggar bahasa dan sastra di sekolah masih belum optimal digiatkan, seperti: 1) pengelola sanggar masih berpusat pada guru mata pelajaran bahasa Indonesia, 2) penyelenggaraan kegiatan sanggar dilakukan di saat kegiatan ekstrakurikuler dengan menyiapkan program kegiatan berbahasa dan bersastra, 3) belum seluruh sekolah memiliki ruang khusus sanggar, namun demikian terdapat beberapa sekolah yang optimal dalam memfasilitasi dan mengembangkan sanggar bahasa dan sastra Indonesia, sehingga dapat meningkatkan literasi dan keterampilan berbahasa peserta didik. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan baru dalam pengembangan kebijakan dan praktik pendidikan informal yang lebih memperhatikan literasi di sekolah salah satunya melalui pengelolaan sanggar bahasa dan sastra Indonesia.
Downloads
References
Abimubarok, A. (2021). Pembelajaran Puisi yang Bermakna di Sanggar Sastra Sekolah. Imajeri: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 4(1), 26–33. https://doi.org/10.22236/imajeri.v4i1.7651 DOI: https://doi.org/10.22236/imajeri.v4i1.7651
Apriyani, T., Daulay, R., & Jaya, P. H. (2024). Pembelajaran Bahasa Indonesia melalui Pemanfaatan Sastra Anak pada Sanggar Belajar di Malaysia. PUAN INDONESIA, 5(2). https://doi.org/10.37296/jpi.v5i2.183 DOI: https://doi.org/10.37296/jpi.v5i2.183
Arisyi, D. F. (2021). Model Pengelolaan Pada Sanggar Seni Indah di Mato dalam Melestarikan Seni Pertunjukan Minangkabau. DESKOVI : Art and Design Journal, 4(2). https://doi.org/10.51804/deskovi.v4i2.1563 DOI: https://doi.org/10.51804/deskovi.v4i2.1563
Ati, A. P., & Widiyarto, S. (2020). Literasi Bahasa dalam Meningkatkan Minat Baca dan Menulis pada Siswa SMP Kota Bekasi. Basastra, 9(1). https://doi.org/10.24114/bss.v9i1.17778 DOI: https://doi.org/10.24114/bss.v9i1.17778
Cicilia, Y., & Nursalim, N. (2019). Gaya dan Strategi Belajar Bahasa. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 1(3). https://doi.org/10.31004/edukatif.v1i3.30 DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v1i3.30
Darmayanti, T., Setiani, M. Y., & Oetojo, B. (2007). E-Learning pada Pendidikan Jarak Jauh: Konsep yang Mengubah Metode Pembelajaran di Perguruan Tinggi di Indonesia. Jurnal Pendidikan Terbuka Dan Jarak Jauh, 8(2).
Denafri, B., Budiono, T., Irwansyah, I., & Yanti, D. (2019). Peningkatan Kemampuan Apresiasi Puisi Bagi Siswa di Sanggar Baca Jendela Dunia Ciputat Tangerang Selatan. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri). https://doi.org/10.31764/jmm.v0i0.1157 DOI: https://doi.org/10.31764/jmm.v0i0.1157
Dewi, A. M. S. (2019). Majalah Dinding sebagai Implementasi Kemampuan Menulis Cerpen Siswa yang Mengikuti Ekstrakurikuler Jurnalistik di SMP N 4 Singaraja. Jurnal Jurusan Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1(1).
Fathorrahman, F., & Zulfa, E. (2023). Implementasi Ekstrakurikuler Sanggar Al-Amien (SSA) dalam Mengembangkan Bakat Menulis Santriawati di TMI Al-Amien Prenduan. PARAMUROBI: JURNAL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM, 6(2). https://doi.org/10.32699/paramurobi.v6i2.5332 DOI: https://doi.org/10.32699/paramurobi.v6i2.5332
Fatma, R., Damayani, N. A., & Rusmana, A. (2016). Kegiatan Sanggar Sastra Rumah Puisi Taufiq Ismail dalam Mendukung Perilaku Menulis. Jurnal Kajian Informasi Dan Perpustakaan, 4(1). https://doi.org/10.24198/jkip.v4i1.11630 DOI: https://doi.org/10.24198/jkip.v4i1.11630
Firmansyah, M., Masrun, M., & Yudha S, I. D. K. (2021). ESENSI PERBEDAAN METODE KUALITATIF DAN KUANTITATIF. Elastisitas - Jurnal Ekonomi Pembangunan, 3(2). https://doi.org/10.29303/e-jep.v3i2.46 DOI: https://doi.org/10.29303/e-jep.v3i2.46
Iskandar, A. H. (2021). Strategi Pengelolaan Sanggar Gong Sitimang dalam Melestarikan Musik Tradisional Melayu Jambi. Gorga : Jurnal Seni Rupa, 10(2). https://doi.org/10.24114/gr.v10i2.24938 DOI: https://doi.org/10.24114/gr.v10i2.24938
Murcahyanto, H. (2023). Sistem Pengelolaan Sanggar Pendidikan Seni di Lombok Timur. Journal of Education and Instruction (JOEAI), 6(1). https://doi.org/10.31539/joeai.v6i1.5977 DOI: https://doi.org/10.31539/joeai.v6i1.5977
N.K. Widiastini, I.M.Sutama, & I.N.Sudiana. (2023). Penerapan Merdeka Belajar dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Bahasa Indonesia, 12(1). https://doi.org/10.23887/jurnal_bahasa.v12i1.2220 DOI: https://doi.org/10.23887/jurnal_bahasa.v12i1.2220
Oktariani, O., & Ekadiansyah, E. (2020). Peran Literasi dalam Pengembangan Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Penelitian Pendidikan, Psikologi Dan Kesehatan (J-P3K), 1(1). https://doi.org/10.51849/j-p3k.v1i1.11 DOI: https://doi.org/10.51849/j-p3k.v1i1.11
Rohman, A. (2022). Literasi dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis di Era Disrupsi. EUNOIA (Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia), 2(1). https://doi.org/10.30821/eunoia.v2i1.1318 DOI: https://doi.org/10.30821/eunoia.v2i1.1318
Safitri, L., & Pujiati, D. (2023). Menumbuhkan Budaya Literasi Bahasa Indonesia Melalui Metode Bernyanyi Gerak Dan Lagu Anak Usia 4-6 Tahun Di Sanggar Bimbingan Kepong Kuala Lumpur Malaysia. Efektor, 10(1). https://doi.org/10.29407/e.v10i1.19388 DOI: https://doi.org/10.29407/e.v10i1.19388
S.C. Rawin, I.N. Sudiana, & I.G. Astawan. (2023). Peran Budaya Literasi dalam Menumbuhkan Minat Baca Siswa. PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 7(1). https://doi.org/10.23887/jurnal_pendas.v7i1.1371 DOI: https://doi.org/10.23887/jurnal_pendas.v7i1.1371
Siki, F. (2019). Problematik Strategi Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jubindo: Jurnal Ilmu Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 4(2). https://doi.org/10.32938/jbi.v4i2.213 DOI: https://doi.org/10.32938/jbi.v4i2.213
Siswanto, W. (2019). Sanggar Bahasa dan Sastra Indonesia (N. Supratmi & E. Purwanto, Eds.; 1st ed.). Universitas Terbuka.
Downloads
Published
How to Cite
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with Onoma Journal: Education, Languages??, and Literature agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.