Pengembangan Modul Menulis Teks Fungsional Dunia Kerja Berbasis Project Based Learning di SMK-SMTI Makassar

https://doi.org/10.30605/onoma.v11i1.4699

Authors

  • Irma Rahmayani Universitas Negeri Makassar
  • Muhammad Saleh Universitas Negeri Makassar
  • Mayong Maman Universitas Negeri Makassar

Keywords:

Project-Based Learning, teks fungsional, surat lamaran kerja, curriculum vitae

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul pembelajaran menulis teks fungsional dunia kerja berbasis Project-Based Learning (PjBL) untuk siswa kelas XII di SMK-SMTI Makassar. Modul ini dirancang untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam memproduksi surat lamaran kerja, curriculum vitae, dan praktik wawancara kerja, yang merupakan keterampilan esensial di dunia kerja. Pengembangan modul dilakukan melalui metode penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan model Borg and Gall, melibatkan tiga tahap utama: analisis kebutuhan, pengembangan produk, dan uji keefektifan modul. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul yang dikembangkan valid, praktis, dan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran mandiri oleh siswa. Modul ini diharapkan dapat menjadi solusi dalam meningkatkan keterampilan menulis teks fungsional dunia kerja di kalangan siswa SMK, khususnya yang akan memasuki dunia industri

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ampulembang, A. M., Hasnawati, H., & Sarira, F. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik dalam Berkarya Seni Lukis Melalui Model Pembelajaran Project Based Learning. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Pembelajaran, 5(3), 779–787.

Angelina Phila, Gusrita Rani, Turinah Tiama Tinggal, & Handayani vitri Aprilla. (2023). Efektifitas Pembelajaran dengan Sistem Blok. Jurnal Sintak, 1(2), 21–29. file:///C:/Users/Hp/Downloads/21-28.pdf

Anggara, M. R. (2020). Pengembangan Pedoman Penyusunan Laporan Karya Tulis Ilmiah Pada Pembelajaran Berbasis Proyek Di SMK (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).

Ariyuani, I. (2022). Pembelajaran Menulis Surat Lamaran Pekerjaan (Studi Kasus Siswa Kelas Xii Rpl Smk Ma’arif Nu 01 Ajibarang Kabupaten Banyumas Tahun Pelajaran 2021/2022). http://repository.unwidha.ac.id:880/3091/%0Ahttp://repository.unwidha.ac.id:880/3091/1/Iswaryati Fix.pdf

Gall, M. D., Gall, J. P., & Borg, W. R. (2007). Educati on al Research : An Introduction ( 8. utg.). AE Burvikovs, Red.) USA: Pearson., 8–9. https://secure.nodebox.net/gkjfduhfy/02-yvonne-kub/9780205488490-educational-research-an-introduction-8th-edition.pdf

Mestika Putra, Y., Fitriah, S., Kartika Putri, A., Amri, U., & Triandana, A. (2023). Penggunaan Flashcards Elektronik Dalam Keterampilan Menulis Kata Baku Di SMPN 5 Kota Jambi. Estungkara: Jurnal Pengabdian Pendidikan Sejarah, 2(1), 84–97. https://doi.org/10.22437/est.v2i1.24481 DOI: https://doi.org/10.22437/est.v2i1.24481

Mulyadi, Y., & Wikanengsih, W. (2022). Implementasi Keterampilan Berbahasa Memirsa Dalam Capaian Pembelajaran Kurikulum Prototipe Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas X Pada Program Sekolah Penggerak. Semantik, 11(1), 47–60. https://doi.org/10.22460/semantik.v11i1.p47-60 DOI: https://doi.org/10.22460/semantik.v11i1.p47-60

Musriadi, 2016. Profesi Kependidikan Secara Teoretis dan Aplikatif. Yogyakarta: Deepublish.

Noprina, W. (2019). Pengembangan Modul Menulis Cerpen Berbasis Project Based Learning (Pjbl)Untuk Siswa Ma Ar-Risalah. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 9(2), 92–97. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jpbsi/article/view/24018

Novianto, N. K., Masykuri, M., & Sukarmin, S. (2018). Engembangan Modul Pembelajaran Fisika Berbasis Proyek (Project Based Learning) Pada Materi Fluida Statis Untuk Meningkatkan Kreativitas Belajar Siswa Kelas X SMA/ MA. INKUIRI: Jurnal Pendidikan IPA, 7(1), 81. https://doi.org/10.20961/inkuiri.v7i1.19792 DOI: https://doi.org/10.20961/inkuiri.v7i1.19792

Ramdan1, S., Syahidah2, H. A., Zulfikar3, M., Satira, N., Antariksa, Y. M., Wijaya, R., Rozak, A., Program, ), Teknik, S. P., Industri, O., & Robotika, D. (2023). Optimalisasi SDM Melalui Penerapan Pendidikan Otomasi Industri dan Robotika di SMK. Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(4), 2986–6340. https://doi.org/10.5281/zenodo.7951427

Sastradiharja, E. J., & Febriani, F. (2023). Pembelajaran Berbasis Projek (Project Based Learning) Dalam Meningkatkan Kreativitas Siswadi Sekolah Penggerak Smp Al Azhar Syifa Budi Cibinong-Bogor. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 12(01), 601–614. https://doi.org/10.30868/ei.v12i01.3839 DOI: https://doi.org/10.30868/ei.v12i01.4184

Suyanto, E., Fuad, M., & Fitri, Y. (2019). Pengembangan Modul Berbasis Proyek Pada Pembelajaran Menulis Siswa Kelas XI Semester Ganjil SMA. J-Simbol: Jurnal Magister Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 7(3), 1–7. https://doi.org/10.23960/j-simbol/v7i3.2019.09 DOI: https://doi.org/10.23960/J-Simbol/v7i3.2019.09

Suryani, D. I., Suhery, T., & Ibrahim, A. R. (2014). Pengembangan modul kimia reaksi reduksi oksidasi kelas X SMA. Jurnal Penelitian Pendidikan Kimia: Kajian Hasil Penelitian Pendidikan Kimia, 1(1), 18-28.

Published

2025-01-14

How to Cite

Irma Rahmayani, Muhammad Saleh, & Mayong Maman. (2025). Pengembangan Modul Menulis Teks Fungsional Dunia Kerja Berbasis Project Based Learning di SMK-SMTI Makassar. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 11(1), 430–441. https://doi.org/10.30605/onoma.v11i1.4699

Issue

Section

Articles

Categories

Most read articles by the same author(s)