Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Laporan Hasil Observasi pada Peserta Didik Kelas VIII-6 di SMPN 23 Kota Malang melalui Pendekatan Gamifikasi

https://doi.org/10.30605/onoma.v11i1.4870

Authors

  • Bagus Pratomo Universitas Negeri Malang
  • Elady’s Wiqhoyah Kusnadi Universitas Negeri Malang
  • Wahyudi Siswanto Universitas Negeri Malang

Keywords:

pendekatan gamifikasi, menulis, teks LHO

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis bagaimana pendekatan gamifikasi dipakai untuk membantu siswa kelas VIII–6 SMPN 23 Kota Malang menulis teks Laporan Hasil Observasi (LHO) yang lebih baik. Kemampuan menulis peserta didik di SMPN 23 Kota Malang untuk teks laporan observasi masih kurang. Tidak ada latihan yang mendorong peserta didik untuk mengambil pendekatan yang lebih antusias dalam belajar menulis. Bahkan hingga saat ini, peserta didik masih kesulitan mengartikulasikan apa yang harus ditulis. Selain itu, peserta didik sering kali tidak tahu harus mulai dari mana saat menulis teks Laporan Hasil Observasi . Penelitian ini memakai metodologi Penelitian Tindakan Kelas (PTK) berdasarkan paradigma Robyn McTaggart dan Stephen Kemmis. Empat tahap utama pendekatan ini adalah perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Siswa kelas VIII–6 SMPN 23 Kota Malang berjumlah 32 orang yang dijadikan sebagai subjek penelitian. Ujian keterampilan menulis teks observasi berfungsi sebagai instrumen penelitian. Penggunaan pendekatan gamifikasi dalam pembelajaran menulis teks laporan observasi di SMPN 23 Kota Malang dilaksanakan dalam dua siklus. Dari siklus 1 hingga siklus 2 siswa SMPN 23 Kota Malang mampu membuat teks Laporan Hasil Observasi  setelah diajar memakai teknik gamifikasi. Mereka mencapai ketuntasan belajar 100% dengan kategori sangat baik sekali.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Bagus Pratomo, Universitas Negeri Malang

Menulis mengubah pikiran menjadi inspirasi, membaca mengubah persepsi menjadi refleksi

References

Figueroa Flores, J. F. 2015. “Using Gamification To Enhance Second Language Learning”. Digital Education Review. Number 27:32-54.

Ling, L. L., Muna, W., & Wan, R. (2024). “Amalan Gamifikasi Melalui Pengajaran Penulisan Karangan Bahasa Melayu Dalam Kalangan Guru Di Sekolah Jenis Kebangsaan Cina”. Jurnal Dunia Pendidikan, 6(1), 1–13. https://doi.org/10.55057/jdpd.2024.6.1.1 DOI: https://doi.org/10.55057/jdpd.2024.6.1.1

Lubis, F. W., Turnip, B. R., dan Saragih, R. (2022). “Pengaruh Media Gambar Berseri terhadap Kemampuan Menulis Cerpen”. Jurnal Bastara Vol. 7 (1) DOI: https://doi.org/10.31604/linguistik.v7i1.83-90

Prihantoro, A., & Hidayat, F. (2019). “Melakukan Penelitian Tindakan Kelas”. Ulumuddin : Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 9(1), 49–60. https://doi.org/10.47200/ulumuddin.v9i1.283 DOI: https://doi.org/10.47200/ulumuddin.v9i1.283

Putri, Astri Lidia dkk. (2021). “Kemampuan Menulis Teks Laporan Hasil Observasi Pada Siswa Kelas X SMK Negeri 3 Seluma”. Jurnal Ilmiah Korpus Vol. 5 (1). DOI: https://doi.org/10.33369/jik.v5i1.13449

Srimulyani. (2023). “Menggunakan Teknik Gamifikasi untuk Meningkatkan Pembelajaran dan Keterlibatan Siswa di Kelas.” EDUCARE : Jurnal Pendidikan dan Kesehatan. Educare, 1(1), 30. DOI: https://doi.org/10.69743/edumedia.v1i1.6

Suyatun. (2021). “Peningkatan Kemampuan Menulis Cerpen Dengan Penerapan Pembelajaran Langsung Pada Siswa Kelas IX Melalui Model Latar Dan Alur”. Jurnal Inovasi Pendidikan Bahasa dan Sastra Vol 1 (2). DOI: https://doi.org/10.51878/language.v1i2.698

Syahputra, Donny dan Sri Ulina Beru Ginting. (2020). “Kemampuan Menulis Teks Anekdot Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Write Arround Pada Siswa Kelas X SMK Putra Jaya Stabat”. Jurnal Serunai Bahasa Indonesia Vol 17 (2) DOI: https://doi.org/10.37755/jsbi.v17i2.318

Tarigan, Henry Guntur. (2017). “Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa”. Bandung : Angkasa.

Published

2025-01-24

How to Cite

Bagus Pratomo, Elady’s Wiqhoyah Kusnadi, & Wahyudi Siswanto. (2025). Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Laporan Hasil Observasi pada Peserta Didik Kelas VIII-6 di SMPN 23 Kota Malang melalui Pendekatan Gamifikasi. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 11(1), 673–685. https://doi.org/10.30605/onoma.v11i1.4870

Issue

Section

Articles

Categories