Sinisme dalam Dialog Film Komedi
https://doi.org/10.30605/onoma.v11i1.5023
Keywords:
sinisme, Film Komedi, Pengembangan KarakterAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi bentuk-bentuk sinisme yang terdapat dalam dialog film komedi dan menganalisis fungsi sinisme dalam membentuk karakter tokoh dalam film komedi. Fokus pada penelitian ini terletak pada bentuk-bentuk dan fungsi sinisme yang digunakan dalam dialog film, serta bagaimana sinisme tersebut mempengaruhi pembentukan karakter tokoh dalam film Imperfect: Karier, Cinta dan Timbangan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Data penelitian berupa kutipan dialog yang secara eksplisit dan implisit mengandung sindiran sinisme. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sinisme dalam dialog film komedi memiliki peran penting tidak hanya sebagai elemen humor, tetapi juga sebagai alat naratif yang kuat untuk membangun karakter. Sinisme dalam film ini muncul dalam bentuk verbal langsung, subtil, dan situasional. Dialog sinis digunakan untuk menciptakan karakter yang kritis dan reflektif, seperti tokoh Rara yang berani menentang tekanan sosial terhadap penampilan fisik. Selain itu, sinisme juga berfungsi membangun konflik internal dan eksternal, menggambarkan kedalaman emosi tokoh, serta menghadirkan humor yang menghibur sekaligus bermakna.
Downloads
References
Afrianti, F., Sinaga, M., & Zuhafizh, Z. (2024). Gaya Bahasa Sindiran dalam Komentar Akun Instagram Sabyan Gambus. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(1), 2103-2108.
Amilia, F., & Anggraeni, A. W. (2019). Semantik: konsep dan contoh analisis. Pustaka Abadi.
Anwar, M. K. (2019). Sarkasme dan Sinisme dalam Komedi: Kajian Terhadap Dialog Film Indonesia. Jurnal Seni dan Budaya, 17(2), 54-66.
Arisnawati, N. (2020). Gaya Bahasa Sindiran Sebagai Bentuk Komunikasi Tidak Langsung dalam Bahasa Laiyolo. Medan Makna: Jurnal Ilmu Kebahasaan Dan Kesastraan, 18(2), 136-149. DOI: https://doi.org/10.26499/mm.v18i2.2314
Artajaya, G. S. (2021). Analisis Gaya Bahasa Dalam Antologi Cerpen Daerah Baru Karya GDE ARYANTHA SOETHAMA. Stilistika: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Seni, 9(2), 206-225.
Asyifa, L. N., Purwanto, B. E., & Nirmala, A. A. (2022). Gaya Bahasa Sindiran Dalam Opini Berbahasa Indonesia Di Platform Mojok. Co Dan Implikasinya Terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia Di SMA. Perisai, 1(1), 145-153. DOI: https://doi.org/10.30998/.v1i1.3814
Azhari, T., Hermandra, H., & Septyanti, E. (2023). Gaya Bahasa Satire dalam Talkshow
Mata Najwa “Jenaka di Negeri Opera”. Journal on Education, 5(4), 13870-13877.
Cahyo, A. N., Manullang, T. A. A., & Isnan, M. (2020). Analisis penggunaan gaya bahasa sarkasme pada lagu Bahaya Komunis karangan Jason Ranti. Asas: Jurnal Sastra, 9(1), 6-22. DOI: https://doi.org/10.24114/ajs.v9i1.18329
Fadilah, A. (2019). Penggunaan Humor dan Sinisme dalam Film Komedi Indonesia. Jurnal Komedi dan Kritik Sosial, 7(2), 123-135.
Fadilah, M. H. (2019). Penggunaan Humor dan Sinisme dalam Film Komedi Indonesia.
Jurnal Budaya Populer, 7(2), 89-97.
Halimah, S. N., & Hilaliyah, H. (2019). Gaya bahasa sindiran Najwa Shihab dalam buku catatan Najwa. Deiksis, 11(02), 157-165. DOI: https://doi.org/10.30998/deiksis.v11i02.3648
Hasanah, D. U., Achsani, F., & Al Aziz, I. S. A. (2019). Analisis penggunaan gaya bahasa pada puisi-puisi karya Fadli Zon. Kembara: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 5(1), 13-26. DOI: https://doi.org/10.22219/KEMBARA.Vol5.No1.13-26
Kadir, N., & Dinar, S. S. (2023). Gaya Bahasa Dalam Novel Bumi Cinta Karya Habiburrahman El Shirazy. Jurnal Bastra (Bahasa dan Sastra), 8(2), 292-299.
Marjan, M., Saleh, M., & Azis, A. (2021). Penggunaan Gaya Bahasa Sindiran dalam Webtoon Pak Guru Inyong Karya Anggoro Ihank. INDONESIA: Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia, 2(3), 146-155.
Molamahu, W., Muslimin, M., & Zakaria, U. (2022). Penggunaan Gaya Bahasa dalam Sinema Elektronik" Amanah Wali 5" Karya Sutradara Kiki ZKR Bobby. Jambura Journal of Linguistics and Literature, 3(2).
Mulyanto, A., Probowati, A. R., & Purnamasari, R. (2023). Analisis gaya bahasa sindiran dalam video tiktok Rian Fahardhi. Semantik, 12(2), 141-160. DOI: https://doi.org/10.22460/semantik.v12i2.p141-160
Nasya, N. I. B., & Sudaryanto, M. (2024, February). Penggunaan Gaya Bahasa pada Film Pendek" Tilik" Karya Ravacana Film. In Prosiding Seminar Nasional Kolaborasi Akademik Dosen-Mahasiswa (Vol. 2, No. 1, pp. 199-206).
Nugraha, A. (2023). Peran Bahasa dalam Pembentukan Identitas Karakter melalui Sindiran dalam Film. Jurnal Bahasa dan Sastra, 11(2), 70-85.
Pratiwi, D. S. (2020). Sindiran dan Kritik Sosial dalam Film Indonesia: Analisis Semiotika.
Jurnal Ilmu Komunikasi Indonesia, 12(1), 35-45.
Rahmawati, Y. (2021). Pengaruh Dialog Film terhadap Pembentukan Karakter Kritis dalam Film Indonesia. Jurnal Media dan Komunikasi, 8(4), 102-114.
Rahmayanti, I. (2022). Gaya Bahasa Sindiran Pandemi Covid-19 Pada Media Online. DOI: https://doi.org/10.30651/lf.v6i2.7568
Lingua Franca: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 6(2), 181-189.
Reza, A. R. A., & Nurmalisa, D. (2023). Bentuk Dan Fungsi Gaya Bahasa Sindiran Dalam Acara Somasi Di Youtube. Jurnal Ilmiah Semantika, 4(02), 32-43. DOI: https://doi.org/10.46772/semantika.v4i02.986
Saleh, M., & Azis, A. (2021). Penggunaan Gaya Bahasa Sindiran Dalam Webtoon Pak Guru Inyong Karya Anggoro Ihank. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia berada di bawah lisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License, 2(3). DOI: https://doi.org/10.26858/indonesia.v2i3.23996
Santosa, T. W. (2022). Fungsi Retorika dan Sinisme dalam Film sebagai Kritik Sosial.
Jurnal Kajian Film Indonesia, 9(3), 48-56.
Suciartini, N. N. A. (2019). Analisis Bahasa Satire dalam Pertarungan Politik 2019 (Satire Language Analysis in Political 2019). Sirok Bastra, 7(1), 73-84. DOI: https://doi.org/10.37671/sb.v7i1.156
Syahrani, I. A. (2020). Sindiran dalam Komedi Indonesia Kontemporer: Analisis Wacana Kritik Sosial. Jurnal Komunikasi dan Kebudayaan, 12(1), 34-48.
Widianata, F. S., Anggraeni, A. W., & Afrizal, M. (2024). Tindak Tutur Ilokusi Ekspresif Guru dalam Pembelajaran Materi Analisis Teks Tanggapan Si Itam. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(2), 19766-19778.
Downloads
Published
How to Cite
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with Onoma Journal: Education, Languages??, and Literature agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.