Tindak Tutur Ekspresif dalam Percakapan Terapeutik Pasien NAPZA: Kajian Pragmatik Klinis
https://doi.org/10.30605/onoma.v11i1.5307
Keywords:
tindak tutur ekspresif, bentuk dan fungsi, pragmatik klinisAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bentuk dan fungsi tindak tutur ekspresif yang muncul dalam percakapan terapeutik antara terapis dan pasien yang mengalami penyalahgunaan NAPZA. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif untuk mengklasifikasikan bentuk dan fungsi tindak tutur ekspresif tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam percakapan terapeutik antara terapis dan pasien NAPZA terdapat berbagai bentuk tindak tutur, seperti tindak tutur langsung literal, tindak tutur langsung tidak literal, tindak tutur tidak langsung literal, dan tindak tutur tidak langsung tidak literal. Bentuk-bentuk tindak tutur ini kemudian dikelompokkan berdasarkan kalimat deklaratif, imperatif, interogatif, dan eksklamatif yang masing-masing memiliki fungsi tertentu. Pada penelitian ini disimpulkan bahwa tindak tutur ekspresif memiliki peran penting dalam memotivasi pasien, meningkatkan kepercayaan diri, dan mendukung proses pemulihan pasien. Penelitian ini memberikan kontribusi bagi pengembangan praktik terapeutik serta memperkaya ilmu pengetahuan di bidang linguistik dan psikologi klinis. Selain itu, temuan ini dapat memberikan rekomendasi untuk meningkatkan keterampilan komunikasi para terapis, guna mendukung keberhasilan terapi pasien NAPZA.
Downloads
References
Akhmad, S. (2019). Teori Tindak Tutur dalam Studi Linguistik Pragmatik. LITE Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Budaya, 15(Maret), 1–16. DOI: https://doi.org/10.33633/lite.v15i1.2382
Assidik, G. K., Vinansih, S. T., & Kustanti, E. W. (2023). Tindak Tutur Ekspresif pada Penulisan Utas Mengenai Politik, Ekonomi dan Sosial. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 9(1), 29–37. https://doi.org/10.30605/onoma.v9i1.2120 DOI: https://doi.org/10.30605/onoma.v9i1.2120
Astuti, S. P. (2019). NUSA, Vol. 14 No. 2 Mei 2019 Sri Puji Astuti, Tuturan Langsung dan Tidak Langsungntara Penjual dan Pembeli di Pasar Tradisional Semarang. 14(2), 239–252. DOI: https://doi.org/10.14710/nusa.14.2.239-252
Ningsi, N. (2023). Analisis Tindak Tutur Langsung dan Tidak Langsung Percakapan Shabira Alula dan Ayahnya di Sosial Media Tiktok. Concept: Journal of Social Humanities and Education, 2(2), 209–222. https://doi.org/10.55606/concept.v2i2.309 DOI: https://doi.org/10.55606/concept.v2i2.309
Safitri, R. D., Mulyani, M., & Farikah. (2021). Teori Tindak Tutur dalam Studi Pragmatik. KABASTRA: Kajian Bahasa Dan Sastra, 1(1), 59–67. https://doi.org/10.31002/kabastra.v1i1.7 DOI: https://doi.org/10.31002/kabastra.v1i1.7
Septian, Anggraeni, A. (2024). Tindak Tutur Ilokusi Ekspresif Guru dalam Pembelajaran Materi. 8, 19766–19778.
Winarti, Y. A., Haruna, M. J., & Suhatmady, B. (2023). Defisit Tindak Tutur Penderita Skizofrenia di Balikpapan : Kajian Pragmatik Klinis Speech act deficit of schizophrenics in Balikpapan : a clinical pragmatics study Pendahuluan Kemampuan berkomunikasi merupakan aspek penting dalam bertindak tutur . Komunik. 6, 425–436. DOI: https://doi.org/10.30872/diglosia.v6i2.647
Chaer A. 2015. Filsafat Bahasa. Jakarta: PT RINEKA CIPTA.
Hidayat A. 2006. Filsafat Bahasa Mengungkapkan Hakikat Bahasa Dan Tanda. Bandung: PT REMAJA ROSDAKARYA.
Sudaryanto. 2015. Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa: Pengantar Penelitian Wahana Kebudayaan Secara Linguitis. Yogyakarta: Sanata Dharma Univesity Press.
Harun R. 2007. Metode Penelitian. Kualitatif Untuk Pelatihan. Bandung: Mandar Maju
Suyono. 1990. Pragmatik dan Dasar-Dasar Pengajaran. Malang: Yayasan Asih Asah Asuh (YA 3)
Searle, J. (2014). Apa itu tindak tutur?. Filsafat di Amerika (hlm. 221-239). Routledge.
Downloads
Published
How to Cite
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with Onoma Journal: Education, Languages??, and Literature agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.