Penggunaan Media Youtube pada Akun Learn French With Frenchpod101.com dalam Upaya Meningkatkan Keterampilan Berbicara Bahasa Perancis Level A1

https://doi.org/10.30605/onoma.v11i1.5132

Authors

  • Raka Cristian Syah Universitas Pendidikan Indonesia
  • Dadang Sunendar Universitas Pendidikan Indonesia
  • Iis Sopiawati Universitas Pendidikan Indonesia

Keywords:

kemampuan berbicara, media Youtube, bahasa Perancis.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) menguraikan tahapan penggunaan media Youtube Learn French with FrenchPod101.com dalam pembelajaran keterampilan berbicara bahasa Perancis Tingkat A1; (2) mendeskripsikan  kemampuan berbicara bahasa Perancis siswa sebelum dan sesudah menggunakan media Youtube Learn French with FrenchPod101.com dalam pembelajaran keterampilan berbicara bahasa Perancis Tingkat A1; dan (3) menyampaikan tanggapan siswa tentang penggunaan media Youtube tersebut dalam dalam pembelajaran keterampilan berbicara bahasa Perancis Tingkat A1. Metode penelitian yang digunakan adalah pre-eksperimental dengan desain one group pretest-postest  dengan mengacu pada kriteria penilaian Tagliante, (2005: 136) Yang diujikan kepada 24 siswa dengan rata-rata nilai pretest sebesar (38,67%), dan nilai postest sebesar (68,17%). Dari hasil tersebut menunjukkan bahwa adanya peningkatan sebesar (29,5%). Hasil kuisioner menunjukan bahwa 71% siswa memberikan tanggapan positif terhadap penggunaan media ini karena dapat memudahkan dalam mempelajari keterampilan berbicara bahasa Perancis. Peneletian ini menujukan bahwa penggunaan media Youtube dengan pendekatan short conversation dapat mendukung pengembangan keterampilan berbicara bahasa Perancis pada level A1 secara signifikan.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdul Syahid. 2023. Introducing The Use Of Youtube As English Teaching Material In Junior High School.

AL, Fitriani. "Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Videoo Visite Guidèe Dalam Meningkatkan Keterampilan Berbicara Bahasa Prancis Siswa Kelas XI SMAN 16 BANDARLAMPUNG Tahun Pelajaran 2022/2023." (2023).

Arham, Mutmainnah. "Efektivitas penggunaan youtube sebagai media pembelajaran." Academia Education 1.1 (2020): 1-13.

BELLENGER, Lionel. 1996. L’Expression Orale : Une approche nouvelle de la parole expressive. Paris : ESF éditeur.

Dahlia, M. H., Diana, R., & Setia, R. (2020). Penggunaan Media Youtube dalam Meningkatkan Kosakata Bahasa Prancis bagi Siswa Kelas X SMAN! Terusan Nunyai. PRANALA, 3(1), 103-112.

Fathurohman, Irfai. "Pembelajaran Mata Kuliah Keterampilan Berbahasa Indonesia melalui Live Streaming Youtube Berbasis Open Broadcast Software dan Whatsapp di Era Pandemi Covid 19." Jurnal Educatio FKIP UNMA 6.2 (2020): 668-675. DOI: https://doi.org/10.31949/educatio.v6i2.704

Gania, Ilga Patricya, Dadang Sunendar, and Iis Sopiawati. "The Influence Of Goal Setting, Self-Efficacy, Self-Regulation, And Course Attitude On French Language Learning Motivation." Language Literacy: Journal of Linguistics, Literature, and Language Teaching 7.2 (2023): 399-413. DOI: https://doi.org/10.30743/ll.v7i2.8214

Intan, T. (2021). Strategi pembelajar pemula bahasa prancis di perguruan tinggi. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 7(1), 94–105. DOI: https://doi.org/10.30605/onoma.v7i1.563

Kamhar, Muhammad Yusi. & Lestari, Erma. 2019. Pemanfaatan Sosial Media Youtube Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Perguruan Tinggi. Jurnal Ilmu Pendidikan, 1 (2), 1-7. DOI: https://doi.org/10.33366/ilg.v1i2.1356

Kemp dan Dayton. (1985:28). dalam kutipan Arsyad (2002) Media Pembelajaran Jakarta: PT Raja Garfindo Perasada.

Mcnamara, S., Schilling, C., & Soucy, C. (2019). La compétence orale. La Production de Cette Ressource a Été Rendue Possible Par l’aide Financière Du Ministère de l’Éducation de l’Ontario et Du Gouvernement Du Canada (Ministère Du Patrimoine Canadien)., 22.

Nurlaelah, Nurlaelah, and Geminastiti Sakkir. "Model pembelajaran respons verbal dalam kemampuan berbicara." Edumaspul: Jurnal Pendidikan 4.1 (2020): 113-122. DOI: https://doi.org/10.33487/edumaspul.v4i1.230

Puspitasari, W. D., & Febrinita, F. (2021). Pengujian validasi isi (content validity) angket persepsi mahasiswa terhadap pembelajaran daring matakuliah matematika komputasi. Journal Focus Action of Research Mathematic (Factor M), 4(1), 77-90. DOI: https://doi.org/10.30762/factor_m.v4i1.3254

Satiakemala, S. (2019). Teknik wawancara dalam storytelling untuk meningkatkan keterampilan berbicara dan menyimak pada pemelajar bahasa prancis. Jurnal Sora: Pernik Studi Bahasa Asing, 4(1), 31–39.

Sianipar, A. P. (2013). Pemanfaatan youtube di kalangan mahasiswa (studi penggunaan youtube di kalangan mahasiswa ilmu komunikasi fisip usu medan dengan pendekatan uses and gratification) (Doctoral dissertation, Universitas Sumatera Utara).

Sriwahyuni, K. D. (2021). Penggunaan Aplikasi Discord Pada Keterampilan Berbicara Bahasa Prancis Kelas Xi Smk Kridawisata Bandarlampung.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: ALFABETA.

Suriani, A., Chandra, C., Sukma, E., & Habibi, H. (2021). Pengaruh penggunaan podcast dan motivasi belajar terhadap keterampilan berbicara pada siswa di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 800-807. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.832

Susanthi, I. G. A. A. D. (2020). Kendala dalam belajar bahasa Inggris dan cara mengatasinya. Linguistic Community Services Journal, 1(2), 64-70. DOI: https://doi.org/10.55637/licosjournal.1.2.2658.64-70

Tagliante, Christine. (2005). L’evaluation Le Cadre Européen Commun. Paris: CLE Internationa

Tarigan, Henry Guntur. (1981). Berbicara Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung. Angkasa.

Tafonao, Talizaro. 2018. Peranan Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Junal Komunikasi Pendidikan. (Vol. 2)(No. 2). DOI: https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113

Published

2025-01-16

How to Cite

Cristian Syah, R., Sunendar, D., & Sopiawati, I. (2025). Penggunaan Media Youtube pada Akun Learn French With Frenchpod101.com dalam Upaya Meningkatkan Keterampilan Berbicara Bahasa Perancis Level A1. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 11(1), 487–499. https://doi.org/10.30605/onoma.v11i1.5132

Issue

Section

Articles

Categories