Penggunaan Media Youtube pada Akun Learn French With Frenchpod101.com dalam Upaya Meningkatkan Keterampilan Berbicara Bahasa Perancis Level A1
https://doi.org/10.30605/onoma.v11i1.5132
Keywords:
kemampuan berbicara, media Youtube, bahasa Perancis.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) menguraikan tahapan penggunaan media Youtube Learn French with FrenchPod101.com dalam pembelajaran keterampilan berbicara bahasa Perancis Tingkat A1; (2) mendeskripsikan kemampuan berbicara bahasa Perancis siswa sebelum dan sesudah menggunakan media Youtube Learn French with FrenchPod101.com dalam pembelajaran keterampilan berbicara bahasa Perancis Tingkat A1; dan (3) menyampaikan tanggapan siswa tentang penggunaan media Youtube tersebut dalam dalam pembelajaran keterampilan berbicara bahasa Perancis Tingkat A1. Metode penelitian yang digunakan adalah pre-eksperimental dengan desain one group pretest-postest dengan mengacu pada kriteria penilaian Tagliante, (2005: 136) Yang diujikan kepada 24 siswa dengan rata-rata nilai pretest sebesar (38,67%), dan nilai postest sebesar (68,17%). Dari hasil tersebut menunjukkan bahwa adanya peningkatan sebesar (29,5%). Hasil kuisioner menunjukan bahwa 71% siswa memberikan tanggapan positif terhadap penggunaan media ini karena dapat memudahkan dalam mempelajari keterampilan berbicara bahasa Perancis. Peneletian ini menujukan bahwa penggunaan media Youtube dengan pendekatan short conversation dapat mendukung pengembangan keterampilan berbicara bahasa Perancis pada level A1 secara signifikan.
Downloads
References
Abdul Syahid. 2023. Introducing The Use Of Youtube As English Teaching Material In Junior High School.
AL, Fitriani. "Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Videoo Visite Guidèe Dalam Meningkatkan Keterampilan Berbicara Bahasa Prancis Siswa Kelas XI SMAN 16 BANDARLAMPUNG Tahun Pelajaran 2022/2023." (2023).
Arham, Mutmainnah. "Efektivitas penggunaan youtube sebagai media pembelajaran." Academia Education 1.1 (2020): 1-13.
BELLENGER, Lionel. 1996. L’Expression Orale : Une approche nouvelle de la parole expressive. Paris : ESF éditeur.
Dahlia, M. H., Diana, R., & Setia, R. (2020). Penggunaan Media Youtube dalam Meningkatkan Kosakata Bahasa Prancis bagi Siswa Kelas X SMAN! Terusan Nunyai. PRANALA, 3(1), 103-112.
Fathurohman, Irfai. "Pembelajaran Mata Kuliah Keterampilan Berbahasa Indonesia melalui Live Streaming Youtube Berbasis Open Broadcast Software dan Whatsapp di Era Pandemi Covid 19." Jurnal Educatio FKIP UNMA 6.2 (2020): 668-675. DOI: https://doi.org/10.31949/educatio.v6i2.704
Gania, Ilga Patricya, Dadang Sunendar, and Iis Sopiawati. "The Influence Of Goal Setting, Self-Efficacy, Self-Regulation, And Course Attitude On French Language Learning Motivation." Language Literacy: Journal of Linguistics, Literature, and Language Teaching 7.2 (2023): 399-413. DOI: https://doi.org/10.30743/ll.v7i2.8214
Intan, T. (2021). Strategi pembelajar pemula bahasa prancis di perguruan tinggi. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 7(1), 94–105. DOI: https://doi.org/10.30605/onoma.v7i1.563
Kamhar, Muhammad Yusi. & Lestari, Erma. 2019. Pemanfaatan Sosial Media Youtube Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Perguruan Tinggi. Jurnal Ilmu Pendidikan, 1 (2), 1-7. DOI: https://doi.org/10.33366/ilg.v1i2.1356
Kemp dan Dayton. (1985:28). dalam kutipan Arsyad (2002) Media Pembelajaran Jakarta: PT Raja Garfindo Perasada.
Mcnamara, S., Schilling, C., & Soucy, C. (2019). La compétence orale. La Production de Cette Ressource a Été Rendue Possible Par l’aide Financière Du Ministère de l’Éducation de l’Ontario et Du Gouvernement Du Canada (Ministère Du Patrimoine Canadien)., 22.
Nurlaelah, Nurlaelah, and Geminastiti Sakkir. "Model pembelajaran respons verbal dalam kemampuan berbicara." Edumaspul: Jurnal Pendidikan 4.1 (2020): 113-122. DOI: https://doi.org/10.33487/edumaspul.v4i1.230
Puspitasari, W. D., & Febrinita, F. (2021). Pengujian validasi isi (content validity) angket persepsi mahasiswa terhadap pembelajaran daring matakuliah matematika komputasi. Journal Focus Action of Research Mathematic (Factor M), 4(1), 77-90. DOI: https://doi.org/10.30762/factor_m.v4i1.3254
Satiakemala, S. (2019). Teknik wawancara dalam storytelling untuk meningkatkan keterampilan berbicara dan menyimak pada pemelajar bahasa prancis. Jurnal Sora: Pernik Studi Bahasa Asing, 4(1), 31–39.
Sianipar, A. P. (2013). Pemanfaatan youtube di kalangan mahasiswa (studi penggunaan youtube di kalangan mahasiswa ilmu komunikasi fisip usu medan dengan pendekatan uses and gratification) (Doctoral dissertation, Universitas Sumatera Utara).
Sriwahyuni, K. D. (2021). Penggunaan Aplikasi Discord Pada Keterampilan Berbicara Bahasa Prancis Kelas Xi Smk Kridawisata Bandarlampung.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: ALFABETA.
Suriani, A., Chandra, C., Sukma, E., & Habibi, H. (2021). Pengaruh penggunaan podcast dan motivasi belajar terhadap keterampilan berbicara pada siswa di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 800-807. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.832
Susanthi, I. G. A. A. D. (2020). Kendala dalam belajar bahasa Inggris dan cara mengatasinya. Linguistic Community Services Journal, 1(2), 64-70. DOI: https://doi.org/10.55637/licosjournal.1.2.2658.64-70
Tagliante, Christine. (2005). L’evaluation Le Cadre Européen Commun. Paris: CLE Internationa
Tarigan, Henry Guntur. (1981). Berbicara Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung. Angkasa.
Tafonao, Talizaro. 2018. Peranan Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Junal Komunikasi Pendidikan. (Vol. 2)(No. 2). DOI: https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113
Downloads
Published
How to Cite
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with Onoma Journal: Education, Languages??, and Literature agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.