Pengembangan Model Pembelajaran Menulis Teks Iklan Berbantuan Sumber Belajar Multimodal

https://doi.org/10.30605/onoma.v11i1.5170

Authors

  • Anna Maghfiroh Universitas Negeri Malang
  • Yuni Pratiwi Universitas Negeri Malang
  • Karkono Karkono Universitas Negeri Malang

Keywords:

model pembelajaran, menulis, teks iklan, sumber belajar multimodal

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan model pembelajaran menulis teks iklan berbantuan sumber belajar multimodal. Penelitian ini menggunakan metode R&D (Research and Development) dengan model yang dikembangkan oleh Borg and Gall (1985), Research and Development yang terdiri dari tujuh tahapan, (1) tahap studi pendahuluan, (2) tahap perencanaan, (3) tahap pengembangan desain, (4) tahap uji ahli, (5) tahap revisi, (6) tahap uji coba lapangan terbatas, dan (7) revisi produk akhir. Hasil akhir produk ini berupa model pembelajaran yang terdiri dari sintaks, sistem sosial, prinsip reaksi, dan sistem pendukung. Sintaks pembelajaran terdiri dari tahap memotivasi siswa, menyajikan infromasi, mengorganisir siswa, memberikan stimulus, memberikan pelatihan, dan mempresentasikan hasil kegiatan dan evaluasi. Berdasarkan hasil uji ahli dan praktisi, diketahui bahwa produk melampaui 80% kriteria layak. Dengan demikian, model pembelajaran ini layak dan dapat diimplementasikan dalam pembelajaran menulis teks iklan.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abidin, Y. (2014). Desain Sistem Pembelajaran Dalam Konteks Kurikulum. Refika Aditama.

Agustrijanto. (2006). Copywriting: Seni Mengasah Kreativitas dan Memahami Bahasa Iklan. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

Boogs, G. L. (2016). Teachers’ Perceptions about Teaching Multimodal Composition: The Case Study of Korean English Teachers at Secondary Schools. English Language Teaching, 9(6). DOI: https://doi.org/10.5539/elt.v9n6p52

Firmansyah, M. (2019). Literasi Multimodal Bermuatan Kearifan Lokal serta Implementasinya dalam Pembelajaran. Jurnal Ilmiah Edukasi&Sosial, 10(1), 60-68.

Dewi, A. M. (2018). Pengaruh Iklan Online Melalui Instagram Terhadap Keputusan Pembelian Bagi Peningkatan Penjualan Produk Kuliner Lokal. Ekonika : Jurnal Ekonomi Universitas Kadiri, 3(1), 1–22. https://doi.org/10.30737/ekonika.v3i1.78 DOI: https://doi.org/10.30737/ekonika.v3i1.78

Forceville, C. (2017). Visual and Multimodal Metaphor in Advertising: Cultural Perspectives. Styles of Communication, 9(2).

Joyce, B., & Weil, M. (2003). Fifth Edition Models of Teaching. Prentice Hall of India, 1–479.

Joyce, B., & Weil, M. (2016). Models of Teaching Edisi Kesembilan. Pustaka Pelajar.

Kosasih, E. (2017). Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Leeuwen, T. V. (2006). Towards a Semiotics of Typography. Information Design Journal, 14(2). DOI: https://doi.org/10.1075/idj.14.2.06lee

Nasution, S. (2000). Didaktik Asas-Asas Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Utomo, D. P. (2020). Mengembangkan Model Pembelajaran: Merancang dan Memadukan Tujuan, Sintaks, Sistem Sosial, Prinsip Reaksi, dan Sistem Pendukung Pembelajaran. In Bildung.

Widyatama, R. (2011). Teknik Menulis Naskah Iklan Agar Tepat Kena Sasaran. Cakrawala.

Published

2025-02-10

How to Cite

Maghfiroh, A., Yuni Pratiwi, & Karkono, K. (2025). Pengembangan Model Pembelajaran Menulis Teks Iklan Berbantuan Sumber Belajar Multimodal. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 11(1), 1037–1046. https://doi.org/10.30605/onoma.v11i1.5170

Issue

Section

Articles

Categories