Problematika Pembelajaran Berpikir Kritis Teks Eksposisi di MTsN 6 Malang

https://doi.org/10.30605/onoma.v11i1.4979

Authors

  • Rahmi Yulianti Universitas Negeri Malang
  • Yuni Pratiwi Universitas Negeri Malang
  • Didin Widyartono Universitas Negeri Malang

Keywords:

problematika, berpikir kritis, eksposisi

Abstract

Penelitian ini mengeksplorasi problematika dalam pembelajaran berpikir kritis teks eksposisi di MTsN 6 Malang. Berpikir kritis merupakan keterampilan penting yang diperlukan untuk memahami, menganalisis, dan mengevaluasi informasi secara objektif. Dalam praktiknya, pembelajaran keterampilan berpikir kritis melalui teks eksposisi sering kali menghadapi berbagai tantangan. Data penelitian dikumpulkan melalui observasi kelas, wawancara dengan guru, serta analisis dokumen pembelajaran. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat beberapa problematika diantaranya pengembangan tujuan dan indikator dalam rencana pelaksanaan pembelajaran belum mengarah pada indikator berpikir kritis. Dalam pelaksanaan pembelajaran siswa belum terbiasa dengan pola analisis dan diskusi yang mendalam dengan berbagai sudut pandang. Dalam perangkat asesmen kemampuan berpikir kritis masih perlu ditingkatkan, terutama dalam variasi metode asesmen dan kualitas umpan balik yang diberikan kepada siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustiningsih, dkk. (2022). Model Pembelajaran Berbasis Proyek Untuk Menulis Teks Eksposisi di Sekolah Menengah Pertama. https://conference.um.ac.id/isolec/article

Cahyanto, Z. D., Basuki, I. A., & Martutik. (2016). Pengembangan Instrumen Asesmen Membaca Kritis Untuk Siswa SMA/SMK Kelas X dan XI. Jurnal Pendidikan, 1(5), 780–784. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/6256/2672

Dhini, M. S., Sunarti, I., & Riadi, B. (2019). Pengembangan Instrumen Penilaian Berbasis Hots (Higher Order Thinking Skill) Teks Deskripsi SMP Kelas VII. Jurnal Kata (Bahasa, Sastra, Dan Pembelajarannya), 1–6. https://core.ac.uk/reader/291695482

Fadhlullah, A., & Ahmad, N. (2017). Thinking Outside of the Box: Determining Students’ Level of Critical Thinking Skills in Teaching and Learning. Asian Journal of University Education, 13(2), 51–70.

Manurung, A. S., Hasanah, M., & Siswanto, W. (2020). Instrumen Asesmen Berpikir Kritis Dalam Pembelajaran Membaca Teks Eksposisi untuk Siswa Kelas VIII SMP. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 5(6), 730–736. https://doi.org/10.17977/jptpp.v5i6.13583 DOI: https://doi.org/10.17977/jptpp.v5i6.13583

Mareza, N., Susetyo, & Kurniawan, R. (2020). Pelaksanaan Pembelajaran Teks Eksposisi Berdasarkan Kurikulum 2013 (K13) pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri I Kota Bengkulu Tahun Ajaran 2018-2019. Jurnal Ilmiah Korpus, 4(1), 73–79. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/korpus

Mukarramah, M., Gani, A., & Winarni, S. (2021). Analisis Kesesuaian Perangkat Pelaksanaan Pembelajaran dengan Tuntutan Pembelajaran Abad 21. Jurnal IPA & Pembelajaran IPA, 5(3), 233–241. https://doi.org/10.24815/jipi.v5i3.21934 DOI: https://doi.org/10.24815/jipi.v5i3.21934

Muttaqiin, A., & Sopandi, W. (2016). Pengaruh Model Discovery Learning dengan Sisipan Membaca Kritis Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Edusains, 8(1). https://doi.org/10.15408/es.v8i1.1752 DOI: https://doi.org/10.15408/es.v8i1.1752

Nurhayatin, T. (2018). Pengembangan Model Problem Based Learning Sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Eksposisi dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA. Aksara, 6(1), 1–18. http://publikasi.stkippgri-bkl.ac.id/index.php/aksara/article/view/21

Rofi’uddin, A. H., Susanto, G., Widyartono, D., Sultan, S., & Muzakki, H. (2022). Pengembangan Pembelajaran Berpikir Kritis-Kreatif Berbasis Blended Learning di SMA. Diglosia: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 5(2), 527–536. https://doi.org/10.30872/diglosia.v5i2.414 DOI: https://doi.org/10.30872/diglosia.v5i2.414

Simbolon, E. R., & Tapilouw, F. S. (2015). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah dan Pembelajaran Kontekstual terhadap Berpikir Kritis Siswa SMP. Edusains, 7(1), 97–104. https://doi.org/10.15408/es.v7i1.1533 DOI: https://doi.org/10.15408/es.v7i1.1533

Sritaman, L., Marhaeni, N., & Dantes, N. (2014). Pengaruh Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif dengan Teknik TTW dalam Rangka meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Pemahaman Bacaan pada Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan Indonesia, 4(1). https://doi.org/10.23887/jpepi.v4i1.1221

Suhartono. (2016). Pengaruh Kebiasaan Membaca, Kemampuan Berpikir Kritis, dan Penguasaan Struktur Sintaksis terhadap Keterampilan Menulis Ilmiah. Lentera Pendidikan, 17(01), 43–65. DOI: https://doi.org/10.24252/lp.2014v17n1a4

Triling, B., & Fadel, C. (2009). 21St Century Skill Learning for Life in Our Times. San Francisco, CA: John Wiley & Sons

Utomo, S. S. (2020). Berpikir Kritis dan Kreatif dalam Pembelajaran Sejarah. Purwokerto: Amarta Media. DOI: https://doi.org/10.31237/osf.io/skjec

Published

2025-01-06

How to Cite

Rahmi Yulianti, Yuni Pratiwi, & Didin Widyartono. (2025). Problematika Pembelajaran Berpikir Kritis Teks Eksposisi di MTsN 6 Malang. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 11(1), 193–201. https://doi.org/10.30605/onoma.v11i1.4979

Issue

Section

Articles

Categories

Most read articles by the same author(s)