Pemanfaatan Ragam Bahan Ajar dalam Menulis Puisi: Literature Review
https://doi.org/10.30605/onoma.v11i2.5528
Keywords:
bahan ajar, menulis puisi, ekologi, kajian literaturAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ragam bahan ajar menulis puisi dan menyusun konstruk bahan ajar menulis puisi. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode literature review. Teknik pemilihan literatur didasarkan pada kata kunci bahan ajar menulis puisi. Sumber referensi diambil dari jurnal nasional terakreditasi pada google scholar dengan spesifikasi yaitu: (1) terpublikasi dalam 5 tahun terakhir, (2) berkaitan dengan pengembangan bahan ajar menulis puisi, dan (3) penelitian dilakukan di tingkat SMP dan SMA. Hasil penelitian ini adalah ragam bahan ajar menulis puisi dengan menerapkan model pembelajaran (picture and picture, PjBL, HOTS, dan concept attainment), pendekatan pembelajaran (basis kearifan lokal dan menetapkan tema mitigasi bencana dan lingkungan), dan strategi pembelajaran (padanan kata, pemodelan, dan pembelajaran kreatif-produktif). Selain itu terdapat intervensi bahan ajar menulis puisi yang menggabungkan ketiga model tersebut yaitu desain pembelajaran diferensiasi dengan tema SMART, media foto berbasis pendidikan karakter peduli lingkungan, basis peduli lingkungan dengan model PjBL, dan model picture and picture berbasis nasionalisme. Implikasi dari hasil penelitian mengenai kajian literatur ini menghasilkan konstruk bahan ajar dengan pendekatan pembelajaran bermuatan pendidikan ekologi. Selain memudahkan siswa dalam proses menemukan ide dalam menulis puisi, bahan ajar menulis puisi bermuatan pendidikan ekologi mampu meningkatkan kesadaran ekologi dan mempersiapkan peserta untuk berkontribusi dalam upaya pelestarian lingkungan di masa yang akan datang.
Downloads
References
Aisyah, Siti, Triyanto, and Evih Noviyanti. 2020. “Bahan Ajar Sebagai Bagian Dalam Kajian Problematika Pembelajaran Bahasa Indonesia.” Jurnal Salaka 2(1):62–65. DOI: https://doi.org/10.33751/jsalaka.v2i1.1838
Amala, Emil, and Sri Widayati. 2021. “Analisis Ekologi Karya Sastra Pada Novel Rindu Terpisah Di Raja Ampat Karya Kirana Kejora Sebagai Alternatif Bahan Ajar Di Sekolah Menengah Atas.” Griya Cendikia 6(2):180–91. doi: 10.47637/griya-cendikia.v6i2.95. DOI: https://doi.org/10.47637/griya-cendikia.v6i2.95
Anjani, Tri Aprilia. 2022. “Pengembangan Bahan Ajar Puisi Berbasis Model Concept Attainment.” Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Dan Sastra 7(1):35–44. doi: 10.32696/jp2bs.v7i1.785. DOI: https://doi.org/10.32696/jp2bs.v7i1.785
Arfiana, Rizma, Nanang Khoirul Umam, Iqnatia Alfiansyah, and Afakhrul Masub Bakhtiar. 2024. “Pengembangan Media Kartu Kuartet Untuk Keterampilan Menulis Kalimat Sederhana.” Jurnal Riset Madrasah Ibtidaiyah 4(1):52–62. DOI: https://doi.org/10.32665/jurmia.v4i1.2717
Arianto, F., and Khaerunnisa. 2022. “Pengembangan Bahan Ajar Menulis Puisi Bertema Mitigasi Bencana Berbasis Website.” Jurnal Serunai Bahasa Indonesia 19(1):25–36. doi: 10.37755/jsbi.v19i1.539. DOI: https://doi.org/10.37755/jsbi.v19i1.539
Arikunto, Suharsimi. 2014. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Aulia, Ridha Shafa, Wahyu Sukartiningsih, and Titik Indarti. 2021. “Pemanfaatan Model Bahan Ajar Pada Materi Menulis Cerpen.” Jurnal Mudarrisuna: Media Kajian Pendidikan Agama Islam 11(2):278–90.
Awalludin, A. Agustina, and Inawati. 2022. “Struktur Batin Puisi Dalam Kumpulan Puisi Yang Tersisih Karya Wiji Thukul.” Lentera Pedagogi 5(2).
Barrat, Caroline. 2014. “Higher-Order Thinking and Assessment.” in International Seminar on current issues in Primary Education. Prodi PGSD Universitas Muhammadiyah Makasar.
Berliana, Bella, Sarwiji Suwandi, and Sumarwati Sumarwati. 2022. “Penyebab Disharmoni Manusia Dengan Lingkungan Dalam Novel O Karya Eka Kurniawan.” KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya 8(2):1–29. doi: 10.30738/caraka.v8i2.12276. DOI: https://doi.org/10.30738/caraka.v8i2.12276
Deliani, Susy, and Ade Maruli Tua Dongoran. 2022. “Pengembangan Bahan Ajar Menulis Puisi Melalui Pembelajaran Higher Order Thinking Skill (Hots).” Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Dan Sastra 7(2):151–58. doi: 10.32696/jp2bs.v7i2.1585.
Deliani, Susy, and Ade MARULI TUA Dongoran. 2022. “Pengembangan Bahan Ajar Menulis Puisi Melalui Pembelajaran Higher Order Thinking Skill (HOTS).” Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Dan Sastra 7(2). DOI: https://doi.org/10.32696/jp2bs.v7i2.1585
Endraswara, Suwardi. 2016. Metodologi Penelitian Ekologi Sastra; Konsep, Langkah Dan Penerapan. Jakarta: PT Buku Seru.
Gea, P., W. S. Pinoa, and S. E. Manakane. 2024. “Implementation of Environmental Education in the Tourism Area of Santai Beach, Nusaniwe District, Ambon City.” Geoforum: Jurnal Geografi Dan Pendidikan Geografi 3(1):1–18. doi: https://doi.org/10.30598/geoforumvol3iss1pp1-18. DOI: https://doi.org/10.30598/geoforumvol3iss2pp99-108
Haig, Yvonne. 2014. “Higher Order Thinking And Assessment.” in nternational Seminar on current issues in Primary Education. Prodi PGSD Universitas Muhammadiyah Makasar.
Harahap, Mei Nanda Sari, Siti Fauziah Khairani, and Khairil Anshari. 2019. “Pengembangan Bahan Ajar Menulis Puisi ‘Bertema Lingkungan’ Pada Siswa X Smkn 1 Labuhanbatu.” Jurnal Skripta 5(2):1–10. doi: 10.31316/skripta.v5i2.616. DOI: https://doi.org/10.31316/skripta.v5i2.616
Harahap, Rosmawati, and Nurapriana. 2023. “Pengembangan Bahan Ajar Puisi Berbasis Model Picture and Picture Pada Siswa Kelas VIII SMP Al-Razi Sinar Harapan Tahun Pembelajaran 2022-2023.” Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Dan Sastra 8(1). DOI: https://doi.org/10.32696/jp2bs.v8i1.2054
Hayani, Aida. 2022. “The Indonesian National Qualification Framework & MBKM Curriculum of PAI Doctoral in PTKI.” SKIJIER 1(1). DOI: https://doi.org/10.14421/skijier.2022.61.05
Hayati, Indra Isnaini nur, Nurhadi, and Azizatuz Zahro. 2021. “Bahan Ajar Menulis Naskah Drama Bermuatan Nilai Toleransi Untuk Siswa Kelas VIII SMP / MTS.” Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan 6(9):1485–88. DOI: https://doi.org/10.17977/jptpp.v6i9.15026
Insani, K. 2023. “Peran United Nation Environment Programme (UNEP) Sebagai Lembaga Lingkungan Hidup Internasional Dalam Pengelolaan Lingkungan Hidup.” UNES Law Review 6(2):6065–75. doi: https://doi.org/10.31933/unesrev.v6i2.1444.
Khoirurriza, M., Egar Ngasbun, and Nazla M. Umaya. 2019. “Pengembangan Bahan Ajar Menulis Puisi Di SMK Kabupaten Jepara.” TEKS: Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya 4(1):34–43.
Kristanto, Philip. 2013. Ekologi Industri. Yogyakarta: Andi Offset.
Magdalena, Ina, and Dkk. 2020. “Analisis Bahan Ajar.” Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial 2(2):311–26.
Marlina, M., Efrina, E., & Kusumastuti, G. 2019. “Differentiated Learning for Students with Special Needs in Inclusive Schools.” doi: https://doi.org/10.2991/icet-19.2019.164. DOI: https://doi.org/10.31227/osf.io/r2zyf
Mauluddin, Imam, Azizatuz Zahro, and Didin Widyartono. 2024. “Pembelajaran Menulis Teks Puisi Berbasis Model Akrostik Dengan Kartu Kata Melalui Media Wordwall.” Diksa : Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia 10(1):13–26. doi: 10.33369/diksa.v10i1.31661. DOI: https://doi.org/10.33369/diksa.v10i1.31661
Mirdad, Jamal. 2020. “Model-Model Pembelajaran ( Empat Rumpun Model Pembelajaran ).” (Indonesia Jurnal Sakinah) Jurnal Pendidikan Dan Sosial Islam 2(1):14–23.
Miterianifa, and Muhammad Fiqri Mawarni. 2024. “Penerapan Model Pembelajaran Literasi Lingkungan Dalam Meningkatkan Pengetahuan Dan Kesadaran Lingkungan.” Jurnal Sains Dan Edukasi Sains 7(1):68–73. DOI: https://doi.org/10.24246/juses.v7i1p68-73
Monica, Sella Mitha, Diah Kusyani, and Sri Muliatik. 2024. “Pengembangan Bahan Ajar Puisi Rakyat Berbasis Kearifan Lokal Melayu Deli Pada Siswa Kelas VII SMP Tahun Pembelajaran 2023- 2024.” Jurnal Pendidikan Tambusai 8(1):14292-14306x.
Morgan, H. 2014. “Maximizing Student Success with Differentiated Learning.” The Clearing House: A Journal of Educationa. doi: https://doi.org/10.1080/00098655.2013.832130. DOI: https://doi.org/10.1080/00098655.2013.832130
Muna, Linatul, Harjito Harjito, and Suwandi SuwanDI. 2021. “Pengembangan Bahan Ajar Menulis Puisi Dengan Teknik Padanan Kata Melalui Karyawisata Bagi Peserta Didik Kelas X MA Di Demak (Development of Poetry Writing Teaching Materials with Word Matching Techniques through Field Trips for Class X Madrasah Aliyah Stu.” Teks: Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya 6(1):40–51. doi: 10.26877/teks.v6i1.8137. DOI: https://doi.org/10.26877/teks.v6i1.8137
Nazir, M. 2014. Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Ngalimun. 2016. Strategi Dan Model Pembelajara. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.
Ningsih, Aulia Mutia, and Ari Suriani. 2024. “Pengembangan Bahan Ajar Menulis Teks Narasi Menggunakan Aplikasi Flip PDF Corporate Berbasis Radec Kelas IV SD.” Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(2).
Nugroho, Mohammad Andi, Harjito, and Suwandi. 2019. “Pengembangan Bahan Ajar Menulis Puisi Dengan Metode Picture and Picture Berbasis Nasionalisme Pada Siswa Kelas X SMK Kabupaten Pekalongan.” Teks Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya 4(1).
Nurgiyanto, Burhan. 2019. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Nurhayati, Siti. 2023. “Pengembangan Bahan Ajar Berdeferensiasi (Literature Review).” Normalita Jurnal X 11(3):531–38.
Onny, Fariha. 2025. “Implementasi Teknologi Dalam Pendidikan Ekologi Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Tentang Isu Lingkungan Global: Review.” Educatoria : Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan 5(1):1–8. DOI: https://doi.org/10.36312/educatoria.v5i1.332
Pelata, Cory Marlen Moilili, Widyasari, Yudi Efendi, and Wuri Syaputri. 2023. “Analisa Puisi ‘ Dreams ’ Oleh Langston Hughes.” Jurnal Pembelajaran Bahasa Indonesia 13(2). DOI: https://doi.org/10.31851/pembahsi.v13i2.13677
Priansa, d j. 2017. Pengembangan Strategi Dan Model Pembelajaran. Bandung: Pustaka Setia.
Primasanti, Winda. 2020. “Pengembangan Bahan Ajar Elektronik Menulis Teks Puisi Dengan Strategi Pembelajaran Kreatif-Produktif Untuk Siswa Kelas X SMK.” Jurnal Ilmiah Nosi 8(2):99–104.
Rahayu, Isti Setia, Siti Nurhayati, and Nelly Manik. 2021. “Efektivitas Model Pembelajaran Scramble Pada Keterampilan Menulis Kalimat Siswa Kelas III SDN Pabuaran Tumpeng 2 Kota Tangerang.” Masaliq 1(3):191–202. doi: 10.58578/masaliq.v1i3.62. DOI: https://doi.org/10.58578/masaliq.v1i3.62
Rahmayantis, Marista dwi, and Nurlailiyah. 2020. “Pengembangan Materi Bahan Ajar Menulis Puisi Dengan Menggunakan Teknik Pemodelan Di SMPN 1 Tulungagung.” KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya 6(2):243–54. DOI: https://doi.org/10.22219/kembara.v6i2.14025
Rahyono, F. X. 2015. Kearifan Budaya Dalam Kata. Jakarta: Wedatama Widya Sastra.
Ramdani, Nanang Gustri, Nisa Fauziyyah, Riqotul Fuadah, Soleh Rudiyono, Yayang Alistin Septiyaningrum, Nur Salamatussa’adah, and Aida Hayani. 2023. “Definisi Dan Teori Pendekatan , Strategi , Dan Metode Pembelajaran.” Indonesian Journal of Elementary Education and Teaching Innovation 2(1):20–31. DOI: https://doi.org/10.21927/ijeeti.2023.2(1).20-31
Ratnaningsih, D. 2017. “Kemiskinan Dalam Novel Di Kaki Bukit Cibalak Karya Ahmad Tohari.” Edukasi Lingua Sastra 15(2). doi: https://doi.org/10.47637/elsa.v15i2.67. DOI: https://doi.org/10.47637/elsa.v15i2.67
Rokhayah, Siti, and Pujiati Suyata. 2022. “Pengembangan Modul Pembelajaran Menulis Puisi Berbasis ‘Project Based Learning.’” Alinea: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajaran 11(1):56. doi: 10.35194/alinea.v11i1.1871. DOI: https://doi.org/10.35194/alinea.v11i1.1871
Saputra, Aldi Dwi, Firda Nurul Fauziah, and Sarwiji Suwandi. 2022. “Pemanfaatan Materi Ajar Bahasa Indonesia Bermuatan Kearifan Lokal Di SMA Negeri 1 Karanganyar.” KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya 8(2):335–48. DOI: https://doi.org/10.22219/kembara.v8i2.21726
Saputro, Handi, Suwandi, and Harjito. 2020. “Pengembangan Bahan Ajar Menulis Puisi Di SMP Kabupaten Jepara.” Teks Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya 5(1). DOI: https://doi.org/10.26877/teks.v5i1.6336
Sukirman. 2020. “Tes Kemampuan Keterampilan Menulis Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Sekolah.” Jurnal Konsepsi 9(2):72–81.
Teguh, Edi Suyanto, and Munaris. 2019. “Pengembangan Bahan Ajar Menulis Puisi Berbasis Project Based Learning Siswa Kelas X.” J-Simbol (Bahasa, Sastra, Dan Pembelajarannya) 7(1):1–8. DOI: https://doi.org/10.23960/J-Simbol/v7i3.2019.09
Uno, Hamzah B. 2017. Model Pembelajaran Menciptakan Proses BelajarMengajar Yang Kreatif Dan Efektif. Jakarta: Bumi Aksara.
Utami, Nidya Chandra Muji, Maret Markus Harefa, Indri Pudjiati, and Lilik Fitriani. 2022. “Analisis Keterampilan Menulis Puisi Di Sekolah Dasar: Literatur Review Nidya.” Jurnal Pendidikan Dan Konseling 4(6):1319–32.
Wicaksana, Andrean Fahreza Nur, Khristin Sri Utami Nardiyana, Dyah Werdiningsih, and Hasan Busri. 2024. “Development of Interactive Poetry Writing Teaching Materials with Smart Themed Differentiated Learning Design in Class X SMA Brawijaya Smart.” International Journal of Social Science and Education Research Studies 04(06):614–18. DOI: https://doi.org/10.55677/ijssers/V04I6Y2024-18
Widayati, S. 2019. “Menepis Hoax Melalui Pendidikan Karakter Dan Pembelajaran Sastra.” Jurnal Edukasi Lingua Sastra 17(2). doi: https://doi.org/10.47637/elsa.v17i2. DOI: https://doi.org/10.47637/elsa.v17i2.39
Widianti, A. W. 2017. “Kajian Ekologi Sastra Dalam Kumpulan Cerpen Pilihan Kompas 2014 Di Tubuh Tarra Dalam Rahim Pohon.” Jurnal Ilmiah FKIP Universitas Galuh 1(2). doi: http://jurnal.unigal.ac.id/index.php/diksatrasia/article/viewFile/576/474. DOI: https://doi.org/10.25157/diksatrasia.v1i2.576
Winastasia, Novia. 2023. “Pengembangan Bahan Ajar Menulis Puisi Melalui Media Pembelajaran Buku Tiga Dimensi Pada Siswa Kelas X SMK Swasta Abdi Negara Binjai.” Universitas Islam Sumatera UtarA. DOI: https://doi.org/10.57251/sin.v4i1.1213
Zaman, M. badruz. 2022. “Pengaruh Kesadaran Ekologis Terhadap Kemampuan Membaca Dan Menulis Cerpen Siswa Kelas X MA Al Ittihad.” Jurnal Penelitian, Pendidikan, Dan Pembelajaran 17(4):1–13.
Downloads
Published
How to Cite
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with Onoma Journal: Education, Languages??, and Literature agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.