Implementasi Instrumen Asesmen Menulis Karya Ilmiah dengan PJBL untuk Siswa Kelas XI SMA

https://doi.org/10.30605/onoma.v11i1.4800

Authors

  • Athi’ Firliya Rusdiyana Universitas Negeri Malang
  • Didin Widyartono Universitas Negeri Malang
  • Febri Taufiqurrahman Universitas Negeri Malang

Keywords:

Asesmen Menulis, Karya Ilmiah, PJBL

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi instrumen asesmen menulis karya ilmiah dengan PJBL untuk siswa kelas XI SMA. Penelitian ini mengguakan penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui observasi dan wawancara. Data dipaparkan sesuai fokus penelitian meliputi pemaparan (1) instrumen asesmen pada keterampilan menulis karya ilmiah pada siswa kelas XI SMA, (2) Pembelajaran menulis karya ilmiah berupa artikel hasil penelitian didalam suat pembelajaran penulisan karya ilmiah, dan (3) kendala yang dihadapi siswa dan guru dalam pembelajaran penulisan karya ilmiah. Sumber data diperoleh dari guru dan siswa. Hasil penelitian ini menjelaskan bentuk implementasi instrumen asesmen menulis karya ilmiah dengan PJBL untuk siswa kelas XI SMA untuk meningkatkan kualitas tulisan siswa disertai pemaparan kendala impelemtasi materi karya ilmiah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alfianika, N., & Sitohang, K. (2022). Validitas Pengembangan Rubrik Penilaian Menulis Paragraf Narasi dan Deskripsi dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Fon: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 18(2), 223–235. https://doi.org/10.25134/fon.v18i2.5592 DOI: https://doi.org/10.25134/fon.v18i2.5592

Angga Rini, T., Harsiati, T., & Agus Basuki, I. (2017). Asesmen Autentik Menulis untuk Menunjang Penerapan Gerakan Literasi di Sekolah Dasar.

Anugraheni, I. (2021). Faktor-faktor Kesulitan Guru Sekolah Dasar dalam Penulisan Karya Ilmiah. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Sekolah Dasar), 9(1), 59–65. https://doi.org/10.22219/jp2sd.v9i1.12457

Aulia, R., Johan Sulistiawan, M., & Luriawati Naryatmojo, D. (2024). Rekontruksi Asesmen Formatif Modul Ajar Teks Deskripsi bagi Siswa SMP di Era Merdeka Belajar. In Bahasa dan Sastra (Vol. 10, Issue 1). Pendidikan. https://e-journal.my.id/onoma DOI: https://doi.org/10.30605/onoma.v10i1.3188

Dahl, B. M., Vasset, F., & Frilund, M. (2023). Students’ approaches to scientific essay writing as an educational method in higher education: A mixed methods study. Social Sciences and Humanities Open, 7(1). https://doi.org/10.1016/j.ssaho.2022.100389 DOI: https://doi.org/10.1016/j.ssaho.2022.100389

Dole, D., Ulfa, S., Soepriyanto, Y., & Artikel Abstrak, I. (2021). Pengembangan Desain Pembelajaran Literasi Informasi Model I-LEARN Pada Penulisan Karya Tulis Ilmiah. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/ DOI: https://doi.org/10.17977/jptpp.v6i8.14946

Juniarti Hutabarat, C., Pahar Harahap, E., Jambi, J., Bulian, M. K., Darat, M., Jambi, M., & Corresponssding Author, J. (n.d.). Penilaian Proyek dalam Pembelajaran Menulis Teks Narasi Siswa Kelas VII SMP Negeri 18 Jambi Indonesia: Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia berada di bawah lisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License. https://doi.org/10.26858/indonesia.v4i3.45933

Khoiroh, I., Andajani, K., & Widyartono, D. (2024). Analisis Kebutuhan dalam Pengembangan Asesmen Diagnostik Literasi Informasi Mahasiswa dalam Penulisan Karya Ilmiah. In Bahasa dan Sastra (Vol. 10, Issue 1). Pendidikan. https://e-journal.my.id/onoma DOI: https://doi.org/10.30605/onoma.v10i1.3082

Mubasiroh, S. L., Priyatni, T., & Susanto, G. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Menulis Resensi Cerpen Berbasis Literasi Kritis bagi Siswa Sma Kelas XI. 2, 1–19. https://journal.uny.ac.id/index.php/fondasia DOI: https://doi.org/10.21831/foundasia.v10i2.28926

Nur Afifatul Hikmah, S., & Studi Tadris Bahasa Indonesia IAI Darussalam Blokagung Banyuwangi, P. (2021). Pengembangan Instrumen Asesmen Keterampilan Menulis Teks Eksposisi. Jurnal Tarbiyatuna, 2(1). DOI: https://doi.org/10.30739/tarbiyatuna.v2i01.975

Pisano, A., Crawford, A., Huffman, H., Graham, B., & Kelp, N. (2021). Development and Validation of a Universal Science Writing Rubric That is Applicable to Diverse Genres of Science Writing. Journal of Microbiology & Biology Education, 22(3). https://doi.org/10.1128/jmbe.00189-21 DOI: https://doi.org/10.1128/jmbe.00189-21

Pramudita Sari, W., Hidayat, A., & Kusairi, S. (n.d.). Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa SMA dalam Pembelajaran Project Based Learning (Pjbl) pada Materi Fluida Statis. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/

Santi, A., Silvia, D., & Damaianti, V. S. (2023). Penilaian Autentik Pembelajaran Bahasa Indonesia Menulis Karya Ilmiah: Penggunaan dan Pencapaian Keterampilan Peserta Didik. Fon: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 19(2), 226–238. https://doi.org/10.25134/fon.v19i2.7710 DOI: https://doi.org/10.25134/fon.v19i2.7710

Santoso, R. S. B., Suyono, S., Harsiati, T., & Sari, N. P. (2023). Implementasi Instrumen Asesmen Keterampilan Menulis Cerpen dengan Media Lagu Inspiratif untuk Siswa Kelas XI SMA di Era Merdeka Belajar. GHANCARAN: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia. https://doi.org/10.19105/ghancaran.vi.11772 DOI: https://doi.org/10.19105/ghancaran.vi.11772

Syahputra Manurung, A., Hasanah, M., Siswanto, W., & Artikel Abstrak, I. (n.d.). Instrumen Asesmen Berpikir Kritis Dalam Pembelajaran Membaca Teks Eksposisi untuk Siswa Kelas VIII SMP. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/

Taufiqurrahman, F., Martutik, M., Widyartono, D., Santoso, A., Susilowati, N. E., Jayanti, C. T., Suparno, S., & Ibrahim, A. S. (2020). Training and Mentoring of Scientific Writing Based on Corpus Linguistics. Wahana Dedikasi : Jurnal PkM Ilmu Kependidikan, 3(2), 20. https://doi.org/10.31851/dedikasi.v3i2.5337 DOI: https://doi.org/10.31851/dedikasi.v3i2.5337

Widyartono, D., Dermawan, T., Sulistyorini, D., Andajani, K., & Muzakki, H. (2023). Pendampingan Penulisan Artikel Jurnal Terindeks dengan Zotero untuk Guru SMP Negeri 15 Malang. | Wahana Dedikasi Copyright@Didin Widyartono, 6. https://doi.org/10.31851/dedikasi.v6i1

Xu, Y., & Liu, Y. (2009). Teacher Assessment Knowledge and Practice: A Narrative Inquiry of a Chinese College EFL Teacher’s Experience. TESOL Quarterly, 43(3), 492–513. https://doi.org/10.1002/j.1545-7249.2009.tb00246.x DOI: https://doi.org/10.1002/j.1545-7249.2009.tb00246.x

Published

2025-01-04

How to Cite

Rusdiyana, A. . F., Didin Widyartono, & Febri Taufiqurrahman. (2025). Implementasi Instrumen Asesmen Menulis Karya Ilmiah dengan PJBL untuk Siswa Kelas XI SMA. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 11(1), 42–51. https://doi.org/10.30605/onoma.v11i1.4800

Issue

Section

Articles

Categories

Most read articles by the same author(s)