Kemampuan Menulis Kalimat Efektif Berbasis Medis
https://doi.org/10.30605/onoma.v11i1.5172
Keywords:
kalimat efektif, komunikasi medis, keperawatan, keterampilan menulis, medisAbstract
Kemampuan menulis kalimat efektif berbasisi medis sangat penting dalam mendukung komunikasi tertulis di dunia medis khususnya bagi mahasiswa kesehatan yang dipersiapkan sebagai tenaga kesehatan profesional. Penelitian ini bertujuan menganalisis kemampuan mahasiswa Institut Ilmu Kesehatan Pelamonia menulis kalimat efektif, mengidentifikasi kendala yang dihadapi, dan merancang bahan ajar berbasis medis. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dengan teknik pengumpulan data berupa tes menulis, observasi, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hanya 62,5% mahasiswa mampu menulis kalimat dengan struktur yang tepat, sementara 74% kesalahan penulisan berasal dari kalimat yang terlalu panjang atau ambigu. Faktor utama yang memengaruhi kesulitan ini meliputi kurangnya pemahaman terhadap kaidah bahasa, penggunaan istilah medis yang tidak tepat, serta minimnya latihan berbasis konteks profesional. Penelitian ini memberikan kontribusi pada pengembangan bahan ajar bahasa Indonesia berbasis teks medis yang mendukung pembelajaran komunikasi tertulis yang efektif, meningkatkan kualitas laporan medis dan mendukung keselamatan pasien dalam praktik medis.
Downloads
References
Anderson, T. M., Allen, K., Ramirez, J. M., & Mitchell, E. A. (2021). Circadian variation in sudden unexpected infant death in the United States. Acta Paediatrica, International Journal of Paediatrics, 110(5), 1498–1504. https://doi.org/10.1111/apa.15695 DOI: https://doi.org/10.1111/apa.15695
Azis, A., & Juanda, J. (2017). Kohesi Gramatikal: Kajian Keutuhan Wacana Tugas Mahasiswa Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa Dan Sastra, Universitas Negeri Makassar. Bahasa Dan Seni: Jurnal Bahasa, Sastra, Seni Dan Pengajarannya, 45(2), 170–180. https://doi.org/10.17977/um015v45i22017p170 DOI: https://doi.org/10.17977/um015v45i22017p170
Azis, & Juanda. (2021). Konstruksi Eufemisme Teks Kesehatan Fisik Mahasiswa Universitas Negeri Makassar. Seminar Nasional Hasil Penelitian “Penguatan Riset, Inovasi, Dan Kreativitas Peneliti Di Era Pandemi Covid-19", 239–245.
Dahlan, M., & Wahid, A. (2022). AUFKLARUNG : Jurnal Kajian Bahasa , Sastra Indonesia , dan Pembelajarannya. AUFKLARUNG: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra Indonesia, Dan Pembelajarannya, 1(2), 138–146.
Dahrul, D., Khalik, S., & Hanafi, M. (2020). Kemampuan Menulis Puisi Melalui Metode Outdoor Siswa Kelas X Sma Negeri 1 Pancarijang. Cakrawala Indonesia, 5(1), 10–13. https://doi.org/10.55678/jci.v5i1.334 DOI: https://doi.org/10.51817/jci.v5i1.334
Davis, A. P., Grondin, C. J., Johnson, R. J., Sciaky, D., Wiegers, J., Wiegers, T. C., & Mattingly, C. J. (2021). Comparative Toxicogenomics Database (CTD): Update 2021. Nucleic Acids Research, 49(D1), D1138–D1143. https://doi.org/10.1093/nar/gkaa891 DOI: https://doi.org/10.1093/nar/gkaa891
Hafizd, M. R., Zahra, A., Azzahidah, H. R., & ... (2024). Analisis Kesalahan Kata Baku Pada Penulisan Laporan Praktikum Kimia Analisa. … Ilmiah Sains Dan …, 2, 39–43. http://jurnal.kolibi.org/index.php/scientica/article/view/1622
Has’ad Rahman Attamimi, Yunita Lestari, & Nikodimus Margo Rinenggantyas. (2024). Pentingnya Kemampuan Komunikasi Dalam Pelayanan Kesehatan. Compromise Journal : Community Proffesional Service Journal, 2(1), 25–29. https://doi.org/10.57213/compromisejournal.v2i1.169 DOI: https://doi.org/10.57213/compromisejournal.v2i1.169
Ikawati, A. (2014). Problematika Dalam Aplikasi Kaidah Berbahasa Indonesia. LIKHITAPRAJNA. Jurnal Ilmiah. Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 18(2), 79–89.
Istiqoh, N. (2021). Peningkatan kemampuan menulis pantun dengan menggunakan model Think Pair Share dikelas VII A MTs pesantren pembangunan majenang kabupaten cilacap tahun pelajaran 2018/2019. Diksatrasia : Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 4(1), 22–29. https://doi.org/10.25157/diksatrasia.v4i1.2246 DOI: https://doi.org/10.25157/diksatrasia.v4i1.2246
Juanda, & Afandi, I. (2024). Assessing text comprehension proficiency: Indonesian higher education students vs ChatGPT. XLinguae, 17(1), 49–68. https://doi.org/10.18355/XL.2024.17.01.04 DOI: https://doi.org/10.18355/XL.2024.17.01.04
Juanda, Azis, & Djumingin, S. (2024). Comparative Study of Local Wisdom Comprehension in Short Stories Between College Students and Ai Chatbots (Chatgpt and Gemini). Journal of Theoretical and Applied Information Technology, 102(18), 6659–6668.
Juanda, J., & Azis, A. (2019). Aplikasi Kaidah Kebahasaan Bahasa Indonesia Dalam Tajuk Berita Surat Kabar Sebagai Konsumsi Informasi Publik Di Kota Makassar. Jurnal Ilmu Budaya, 16(1), 9–28. https://doi.org/10.31849/jib.v16i1.3170 DOI: https://doi.org/10.31849/jib.v16i1.3170
Juli, N., Arifah, I., Suprapti, S., & Trenggalek, S. P. (2024). Analisis Kemampuan Mahasiswa dalam Penulisan Karya Ilmiah Melalui Perspektif Literasi Data di Perguruan Tinggi. 2(3). DOI: https://doi.org/10.61132/yudistira.v2i3.1168
Kusumaningrum, N. L., Hidayah, E., Sari, V. W., Rhamadhan, S. D., Purwo, A., Utomo, Y., & Galih Kesuma, R. (2023). Fungsi, Kategori, dan Peran Sintaksis Bahasa Indonesia dalam Kalimat Efektif Teks Cerita Anak yang Berjudul “Berbeda Itu Tak Apa” pada Buku Ajar Bahasa Indonesia Kelas Satu Sekolah Dasar Kurikulum Merdeka. Student Research Journal, 1(2), 372–383. https://doi.org/10.55606/sjryappi.v1i2.360 DOI: https://doi.org/10.55606/srjyappi.v1i2.360
Lasya, H., Kandacong, R. K., & Batter, S. R. (2023). Gambaran Pemanfaatan Pelayanan Kesehatan di Instalasi Rawat Inap Rumah Sakit TK.II Pelamonia Kota Makassar. Zahra: Journal of Health and Medical Research, 3(2), 140–150.
Li, Z., Xie, D., Sun, Z., Zhang, D. H., Lin, S. Y., & Guo, H. (2009). NH (X3 σ) +H/D (S2) →h (S2) +NH/ND (X3 σ) exchange reactions: State-to-state quantum scattering and applicability of statistical model. Journal of Chemical Physics, 131(12). https://doi.org/10.1063/1.3241134 DOI: https://doi.org/10.1063/1.3241134
Mailani, O., Nuraeni, I., Syakila, S. A., & Lazuardi, J. (2022). Bahasa Sebagai Alat Komunikasi Dalam Kehidupan Manusia. Kampret Journal, 1(1), 1–10. https://doi.org/10.35335/kampret.v1i1.8 DOI: https://doi.org/10.35335/kampret.v1i1.8
Marampa, E. R., Pangaribuan, A., Siregar, J. P., Siburian, A., & Zai, S. (2024). Inovasi Pembelajaran: Memperkuat Kemampuan Menulis Ilmiah Mahasiswa Melalui Penugasan Publikasi Artikel Ilmiah. Jurnal Penelitian Bidang Pendidikan, 30(1), 34. https://doi.org/10.24114/jpbp.v30i1.56375 DOI: https://doi.org/10.24114/jpbp.v30i1.56375
Menawati & Kurniawan T, H. (2015). Pentingnya Komunikasi Dalam Pelayanan Kesehatan Primer. Jurnal Kedokteran Syiah Kuala, 15(2), 120–124. https://jurnal.usk.ac.id/JKS/article/view/3264
Naim, N. (2021). Menulis itu Mudah 40 Jurus Jitu Mewujudkan Karya.
Perangin-Angin, E., Angelia, M., Prima, Sri, & Ginting, D. B. (2024). Analisis Kalimat Efektif Pada Teks Berita Siswa Kelas Viii Smp Negeri 7 Medan. EUNOIA : Jurnal Pendidkan Bahasa Indonesia, 4(1), 31–42.
Pertiwi, M. R., Annalia, W., Raziansyah, Lucia, F., Annisa, F., Yohana, S., Dely, M., Widya, A., Ikhsan, F., & Arniati. (2022). Komunikasi terapeutik dalam kesehatan.
Purnamasari, L., & Indrawati, S. W. (2024). JOTE Volume 5 Nomor 3 Tahun 2024 Halaman 223-228 JOURNAL ON TEACHER EDUCATION Research & Learning in Faculty of Education Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Deskripsi Menggunakan Pendekatan Pedagogi Genre pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Gelumbang. 5, 223–228. DOI: https://doi.org/10.31004/jote.v5i3.25491
Ramadhani, A., Permatasari, I., Rahmayana, L., Maulida, N., Siregar, A., Nanda, W., Harahap, A., Audina, F., Ramadhani, A., Permatasari, I., Rahmayana, L., Maulida, N., Siregar, A., Islam, U., & Sumatera, N. (2024). Dasar-Dasar Fonologi Dalam Linguistik. 2(6), 1886–1898.
Ummah, M. S. (2019). No 主観的健康感を中心とした在宅高齢者における 健康関連指標に関する共分散構造分析Title. In Sustainability (Switzerland) (Vol. 11, Issue 1). http://scioteca.caf.com/bitstream/handle/123456789/1091/RED2017-Eng-8ene.pdf?sequence=12&isAllowed=y%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.regsciurbeco.2008.06.005%0Ahttps://www.researchgate.net/publication/305320484_SISTEM_PEMBETUNGAN_TERPUSAT_STRATEGI_MELESTARI
Wirawati, D., Rahman, H., Fahmi, S., & Qurrota A’yun, E. S. (2024). Integrasi Media Sosial dalam Pembelajaran Keterampilan Berbahasa di Prodi PBSI UAD Pada Era Society 5.0. Kode : Jurnal Bahasa, 13(1), 164–177. https://doi.org/10.24114/kjb.v13i1.56886 DOI: https://doi.org/10.24114/kjb.v13i1.56886
Yuliyati, D. R. L., Meitikasari, D., Rasidi, R., & Mardiana, T. (2024). Upaya Meningkatkan Keterampilan Menulis Permulaan Dengan Model Quantum Learning Berbantuan Media Sikata Di Kelas Ii Sd Bantul Timur. Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 13(1), 1. https://doi.org/10.31000/lgrm.v13i1.10972 DOI: https://doi.org/10.31000/lgrm.v13i1.10972
Zulfadhli, M., Hamdani, H., & Lakawa, A. R. (2022). Analysis of the Students ’ Ability of Effective Sentence Writing At Universitas Bhayangkara Jakarta Raya Universitas Bhayangkara Jakarta Raya. 10(2), 42–51. DOI: https://doi.org/10.25299/geram.2022.vol10(2).10650
Downloads
Published
How to Cite
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with Onoma Journal: Education, Languages??, and Literature agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.