Kemampuan Menulis Kalimat Efektif Berbasis Medis

https://doi.org/10.30605/onoma.v11i1.5172

Authors

  • Heryani Heryani Institut Ilmu Kesehatan Pelamonia
  • Juanda Juanda Universitas Negeri Makassar
  • Mantasiah R. Universitas Negeri Makassar

Keywords:

kalimat efektif, komunikasi medis, keperawatan, keterampilan menulis, medis

Abstract

Kemampuan menulis kalimat efektif berbasisi medis sangat penting dalam mendukung komunikasi tertulis di dunia medis khususnya  bagi mahasiswa kesehatan yang dipersiapkan sebagai tenaga kesehatan profesional.  Penelitian ini bertujuan menganalisis kemampuan mahasiswa Institut Ilmu Kesehatan Pelamonia menulis kalimat efektif, mengidentifikasi kendala yang dihadapi, dan merancang bahan ajar berbasis medis. Penelitian ini  menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dengan teknik pengumpulan data berupa tes menulis, observasi, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hanya 62,5% mahasiswa mampu menulis kalimat dengan struktur yang tepat, sementara 74% kesalahan penulisan berasal dari kalimat yang terlalu panjang atau ambigu. Faktor utama yang memengaruhi kesulitan ini meliputi kurangnya pemahaman terhadap kaidah bahasa, penggunaan istilah medis yang tidak tepat, serta minimnya latihan berbasis konteks profesional. Penelitian ini memberikan kontribusi pada pengembangan bahan ajar bahasa Indonesia berbasis teks medis yang mendukung pembelajaran komunikasi tertulis yang efektif, meningkatkan kualitas laporan medis dan mendukung keselamatan pasien dalam praktik medis.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anderson, T. M., Allen, K., Ramirez, J. M., & Mitchell, E. A. (2021). Circadian variation in sudden unexpected infant death in the United States. Acta Paediatrica, International Journal of Paediatrics, 110(5), 1498–1504. https://doi.org/10.1111/apa.15695 DOI: https://doi.org/10.1111/apa.15695

Azis, A., & Juanda, J. (2017). Kohesi Gramatikal: Kajian Keutuhan Wacana Tugas Mahasiswa Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa Dan Sastra, Universitas Negeri Makassar. Bahasa Dan Seni: Jurnal Bahasa, Sastra, Seni Dan Pengajarannya, 45(2), 170–180. https://doi.org/10.17977/um015v45i22017p170 DOI: https://doi.org/10.17977/um015v45i22017p170

Azis, & Juanda. (2021). Konstruksi Eufemisme Teks Kesehatan Fisik Mahasiswa Universitas Negeri Makassar. Seminar Nasional Hasil Penelitian “Penguatan Riset, Inovasi, Dan Kreativitas Peneliti Di Era Pandemi Covid-19", 239–245.

Dahlan, M., & Wahid, A. (2022). AUFKLARUNG : Jurnal Kajian Bahasa , Sastra Indonesia , dan Pembelajarannya. AUFKLARUNG: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra Indonesia, Dan Pembelajarannya, 1(2), 138–146.

Dahrul, D., Khalik, S., & Hanafi, M. (2020). Kemampuan Menulis Puisi Melalui Metode Outdoor Siswa Kelas X Sma Negeri 1 Pancarijang. Cakrawala Indonesia, 5(1), 10–13. https://doi.org/10.55678/jci.v5i1.334 DOI: https://doi.org/10.51817/jci.v5i1.334

Davis, A. P., Grondin, C. J., Johnson, R. J., Sciaky, D., Wiegers, J., Wiegers, T. C., & Mattingly, C. J. (2021). Comparative Toxicogenomics Database (CTD): Update 2021. Nucleic Acids Research, 49(D1), D1138–D1143. https://doi.org/10.1093/nar/gkaa891 DOI: https://doi.org/10.1093/nar/gkaa891

Hafizd, M. R., Zahra, A., Azzahidah, H. R., & ... (2024). Analisis Kesalahan Kata Baku Pada Penulisan Laporan Praktikum Kimia Analisa. … Ilmiah Sains Dan …, 2, 39–43. http://jurnal.kolibi.org/index.php/scientica/article/view/1622

Has’ad Rahman Attamimi, Yunita Lestari, & Nikodimus Margo Rinenggantyas. (2024). Pentingnya Kemampuan Komunikasi Dalam Pelayanan Kesehatan. Compromise Journal : Community Proffesional Service Journal, 2(1), 25–29. https://doi.org/10.57213/compromisejournal.v2i1.169 DOI: https://doi.org/10.57213/compromisejournal.v2i1.169

Ikawati, A. (2014). Problematika Dalam Aplikasi Kaidah Berbahasa Indonesia. LIKHITAPRAJNA. Jurnal Ilmiah. Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 18(2), 79–89.

Istiqoh, N. (2021). Peningkatan kemampuan menulis pantun dengan menggunakan model Think Pair Share dikelas VII A MTs pesantren pembangunan majenang kabupaten cilacap tahun pelajaran 2018/2019. Diksatrasia : Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 4(1), 22–29. https://doi.org/10.25157/diksatrasia.v4i1.2246 DOI: https://doi.org/10.25157/diksatrasia.v4i1.2246

Juanda, & Afandi, I. (2024). Assessing text comprehension proficiency: Indonesian higher education students vs ChatGPT. XLinguae, 17(1), 49–68. https://doi.org/10.18355/XL.2024.17.01.04 DOI: https://doi.org/10.18355/XL.2024.17.01.04

Juanda, Azis, & Djumingin, S. (2024). Comparative Study of Local Wisdom Comprehension in Short Stories Between College Students and Ai Chatbots (Chatgpt and Gemini). Journal of Theoretical and Applied Information Technology, 102(18), 6659–6668.

Juanda, J., & Azis, A. (2019). Aplikasi Kaidah Kebahasaan Bahasa Indonesia Dalam Tajuk Berita Surat Kabar Sebagai Konsumsi Informasi Publik Di Kota Makassar. Jurnal Ilmu Budaya, 16(1), 9–28. https://doi.org/10.31849/jib.v16i1.3170 DOI: https://doi.org/10.31849/jib.v16i1.3170

Juli, N., Arifah, I., Suprapti, S., & Trenggalek, S. P. (2024). Analisis Kemampuan Mahasiswa dalam Penulisan Karya Ilmiah Melalui Perspektif Literasi Data di Perguruan Tinggi. 2(3). DOI: https://doi.org/10.61132/yudistira.v2i3.1168

Kusumaningrum, N. L., Hidayah, E., Sari, V. W., Rhamadhan, S. D., Purwo, A., Utomo, Y., & Galih Kesuma, R. (2023). Fungsi, Kategori, dan Peran Sintaksis Bahasa Indonesia dalam Kalimat Efektif Teks Cerita Anak yang Berjudul “Berbeda Itu Tak Apa” pada Buku Ajar Bahasa Indonesia Kelas Satu Sekolah Dasar Kurikulum Merdeka. Student Research Journal, 1(2), 372–383. https://doi.org/10.55606/sjryappi.v1i2.360 DOI: https://doi.org/10.55606/srjyappi.v1i2.360

Lasya, H., Kandacong, R. K., & Batter, S. R. (2023). Gambaran Pemanfaatan Pelayanan Kesehatan di Instalasi Rawat Inap Rumah Sakit TK.II Pelamonia Kota Makassar. Zahra: Journal of Health and Medical Research, 3(2), 140–150.

Li, Z., Xie, D., Sun, Z., Zhang, D. H., Lin, S. Y., & Guo, H. (2009). NH (X3 σ) +H/D (S2) →h (S2) +NH/ND (X3 σ) exchange reactions: State-to-state quantum scattering and applicability of statistical model. Journal of Chemical Physics, 131(12). https://doi.org/10.1063/1.3241134 DOI: https://doi.org/10.1063/1.3241134

Mailani, O., Nuraeni, I., Syakila, S. A., & Lazuardi, J. (2022). Bahasa Sebagai Alat Komunikasi Dalam Kehidupan Manusia. Kampret Journal, 1(1), 1–10. https://doi.org/10.35335/kampret.v1i1.8 DOI: https://doi.org/10.35335/kampret.v1i1.8

Marampa, E. R., Pangaribuan, A., Siregar, J. P., Siburian, A., & Zai, S. (2024). Inovasi Pembelajaran: Memperkuat Kemampuan Menulis Ilmiah Mahasiswa Melalui Penugasan Publikasi Artikel Ilmiah. Jurnal Penelitian Bidang Pendidikan, 30(1), 34. https://doi.org/10.24114/jpbp.v30i1.56375 DOI: https://doi.org/10.24114/jpbp.v30i1.56375

Menawati & Kurniawan T, H. (2015). Pentingnya Komunikasi Dalam Pelayanan Kesehatan Primer. Jurnal Kedokteran Syiah Kuala, 15(2), 120–124. https://jurnal.usk.ac.id/JKS/article/view/3264

Naim, N. (2021). Menulis itu Mudah 40 Jurus Jitu Mewujudkan Karya.

Perangin-Angin, E., Angelia, M., Prima, Sri, & Ginting, D. B. (2024). Analisis Kalimat Efektif Pada Teks Berita Siswa Kelas Viii Smp Negeri 7 Medan. EUNOIA : Jurnal Pendidkan Bahasa Indonesia, 4(1), 31–42.

Pertiwi, M. R., Annalia, W., Raziansyah, Lucia, F., Annisa, F., Yohana, S., Dely, M., Widya, A., Ikhsan, F., & Arniati. (2022). Komunikasi terapeutik dalam kesehatan.

Purnamasari, L., & Indrawati, S. W. (2024). JOTE Volume 5 Nomor 3 Tahun 2024 Halaman 223-228 JOURNAL ON TEACHER EDUCATION Research & Learning in Faculty of Education Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Deskripsi Menggunakan Pendekatan Pedagogi Genre pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Gelumbang. 5, 223–228. DOI: https://doi.org/10.31004/jote.v5i3.25491

Ramadhani, A., Permatasari, I., Rahmayana, L., Maulida, N., Siregar, A., Nanda, W., Harahap, A., Audina, F., Ramadhani, A., Permatasari, I., Rahmayana, L., Maulida, N., Siregar, A., Islam, U., & Sumatera, N. (2024). Dasar-Dasar Fonologi Dalam Linguistik. 2(6), 1886–1898.

Ummah, M. S. (2019). No 主観的健康感を中心とした在宅高齢者における 健康関連指標に関する共分散構造分析Title. In Sustainability (Switzerland) (Vol. 11, Issue 1). http://scioteca.caf.com/bitstream/handle/123456789/1091/RED2017-Eng-8ene.pdf?sequence=12&isAllowed=y%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.regsciurbeco.2008.06.005%0Ahttps://www.researchgate.net/publication/305320484_SISTEM_PEMBETUNGAN_TERPUSAT_STRATEGI_MELESTARI

Wirawati, D., Rahman, H., Fahmi, S., & Qurrota A’yun, E. S. (2024). Integrasi Media Sosial dalam Pembelajaran Keterampilan Berbahasa di Prodi PBSI UAD Pada Era Society 5.0. Kode : Jurnal Bahasa, 13(1), 164–177. https://doi.org/10.24114/kjb.v13i1.56886 DOI: https://doi.org/10.24114/kjb.v13i1.56886

Yuliyati, D. R. L., Meitikasari, D., Rasidi, R., & Mardiana, T. (2024). Upaya Meningkatkan Keterampilan Menulis Permulaan Dengan Model Quantum Learning Berbantuan Media Sikata Di Kelas Ii Sd Bantul Timur. Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 13(1), 1. https://doi.org/10.31000/lgrm.v13i1.10972 DOI: https://doi.org/10.31000/lgrm.v13i1.10972

Zulfadhli, M., Hamdani, H., & Lakawa, A. R. (2022). Analysis of the Students ’ Ability of Effective Sentence Writing At Universitas Bhayangkara Jakarta Raya Universitas Bhayangkara Jakarta Raya. 10(2), 42–51. DOI: https://doi.org/10.25299/geram.2022.vol10(2).10650

Published

2025-02-05

How to Cite

Heryani , H. ., Juanda, J., & Mantasiah R. (2025). Kemampuan Menulis Kalimat Efektif Berbasis Medis . Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 11(1), 858–867. https://doi.org/10.30605/onoma.v11i1.5172

Issue

Section

Articles

Categories

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>