Studi Komparatif Strategi Pembelajaran Inovatif: CRL., TaRL., dan DL.

https://doi.org/10.30605/onoma.v11i1.5236

Authors

  • Muhammad Binur Huda Universitas PGRI Madiun
  • Ahmad Faizi Universitas Hasyim Asy'ari Tebuireng Jombang
  • Bagus Bayu Saputra Universitas PGRI Madiun
  • Dzarna Dzarna Universitas Muhammadiyah Jember

Keywords:

kontras, strategi, budaya, responsif, pembelajaran

Abstract

strategi yang sering digunakan dalam pembelajaran kontekstual. Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi teknik yang efektif dalam ketiga strategi ini. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif, penelitian ini mendengarkan dan menganalisis berbagai artikel penelitian tentang ketiga strategi tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa CRT, TaRL., dan DL. memiliki persamaan dan perbedaan dalam penerapannya. Ketiganya sama-sama menyajikan pembelajaran kontekstual sesuai dengan latar belakang dan kebutuhan siswa, namun perbedaannya adalah CRT berfokus pada adaptasi pembelajaran dengan latar belakang budaya siswa, TaRL berfokus pada adaptasi pembelajaran dengan tingkat pengetahuan siswa, dan DL berfokus pada pemahaman mendalam tentang siswa. berbagai konsep sedang dipelajari. Ketiga strategi ini dapat dikolaborasikan untuk menciptakan pembelajaran yang efektif dengan berbagai skenario yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anwar, M. K. (2017). Pembelajaran Mendalam untuk Membentuk Karakter Siswa sebagai Pembelajar. Tadris: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Tarbiyah, 2(2), 97. https://doi.org/10.24042/tadris.v2i2.1559 DOI: https://doi.org/10.24042/tadris.v2i2.1559

Faizi, A. (2023). Pembelajaran Responsif Budaya.

Faizi, A. (2024a). Adaptive Indonesian Language Learning To Islamic Boarding School.

Faizi, A. (2024b). Pembelajaran responsif budaya (Lilik Wahyuni (ed.)). UnismaPress. https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=OJAHEQAAQBAJ&oi=fnd&pg=PR5&dq=pembelajaran+responsif+budaya+ahmad+faizi&ots=-nfj0zyVOQ&sig=2xtcpYaHVi724ka6FKm-U6XhU6I&redir_esc=y#v=onepage&q=pembelajaran responsif budaya ahmad faizi&f=false

Faizi, A., Saryono, D., Hasanah, M., Faizi, A., Saryono, D., & Hasanah, M. (2021). Culturally Responsive Madurese Language Learning. 13, 1314–1321. https://doi.org/10.9756/INT-JECSE/V13I2.211179 DOI: https://doi.org/10.9756/INT-JECSE/V13I2.211179

Faizi, A., Wahyuni, L., & Brawijaya, U. (2024). Wujud Pertarungan Multilingual : Kajian Lanskap Linguistik. 12(2), 116–125. DOI: https://doi.org/10.46244/metamorfosa.v12i2.2886

Fitriah, L., Gaol, M. E. L., Cahyanti, N. R., Yamalia, N., Maharani, N., Iriani, I. T., & Surayanah, S. (2024). Pembelajaran Berbasis Pendekatan Culturally Responsive Teaching Di Sekolah Dasar. JoLLA Journal of Language Literature and Arts, 4(6), 643–650. https://doi.org/10.17977/um064v4i62024p643-650 DOI: https://doi.org/10.17977/um064v4i62024p643-650

Fitriyah, F., & Bisri, M. (2023). Pembelajaran Berdiferensiasi Berdasarkan Keragaman Dan Keunikan Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 9(2), 67–73. https://doi.org/10.26740/jrpd.v9n2.p67-73 DOI: https://doi.org/10.26740/jrpd.v9n2.p67-73

Fullan, M., & Langworthy, M. (2013). New pedagogies for Deep Learning Project. Towards a New End: New Pedagogies for Deep Learning, June, 37. www.newpedagogies.org

Gay, G. (2015). Culturally Responsive Teaching Principles, Practices, and Effects. Handbook of Urban Education, 10872. https://doi.org/10.4324/9780203094280.ch19 DOI: https://doi.org/10.4324/9780203094280.ch19

Geneva Gay. (2021). Handbook of Urban Education (K. L. H. Richard Milner IV (ed.); 2nd Editio). Routledge Education Books.

Halimah, N., Hardiyanto, & Rusdinal. (2023). Analisis Pembelajaran Berdiferensiasi Sebagai Bentuk Implementasi Kebijakan Kurikulum Merdeka. Pendas: Jurnal Pendidikan Dasar, 08(01), 1–15. https://ejournal.uit-lirboyo.ac.id/index.php/pgmi/article/view/3513/1247

Hendrianty, Boenga Jenny, Aldi Ibrahim, Sofyan Iskandar, E. M. (2024). Membangun Pola Pikir Deep Learning Guru Sekolah Dasar. Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 12, 1–23.

Horváth, E. (2003). Language, Culture, And Teaching: Critical Perspectives For A New Century. Sonia Nieto . Mahwah, NJ: Erlbaum, 2002. Pp. xvi + 296. $29.95 paper. . In Studies in Second Language Acquisition (Vol. 25, Issue 4). https://doi.org/10.1017/s0272263103210251 DOI: https://doi.org/10.1017/S0272263103210251

Inayah, N., Triana, L., & Retnoningrum, D. (2023). Pendekatan Culturally Responsive Teaching Menggunakan Media Game Kahoot pada Pembelajaran Bahasa Indonesia. Seminar Nasional Literasi Pedagogi (SRADA) III, 24–31. https://semnas.upstegal.ac.id/index.php/srada/article/view/470

Indartiningsih, D., Mariana, N., & Subrata, H. (2023). Perspektıf Glokal Dalam Implementası Teachıng At The Rıght Level(Tarl) Pada Pembelajaran Berdıfrensıası Pada Kurıkulum Merdeka. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(4), 1984–1994. https://doi.org/10.31949/jee.v6i4.7547 DOI: https://doi.org/10.31949/jee.v6i4.7547

Ismail, I. A., Qadriati;, Jhora, F. U., & Arvini Yorianda. (2024). Teaching at the Right Level (TaRL) as a Potential Solution for Improving Middle School Education: A Systematic Review of the Literature (p. Pages: 126-138). International Journal of Academic Pedagogical Research (IJAPR). https://www.researchgate.net/profile/Irfan-Ismail-7/publication/380711266_Teaching_at_the_Right_Level_TaRL_as_a_Potential_Solution_for_Improving_Middle_School_Education_A_Systematic_Review_of_the_Literature/links/664a3d9e0b0d28457447ea6b/Teaching-at-the-R

Kieran, L., & Anderson, C. (2019). Connecting Universal Design for Learning With Culturally Responsive Teaching. Education and Urban Society, 51(9), 1202–1216. https://doi.org/10.1177/0013124518785012 DOI: https://doi.org/10.1177/0013124518785012

Ladson-Billings, G. (1995a). But that’s just good teaching! the case for culturally relevant pedagogy. Theory Into Practice, 34(3), 159–165. https://doi.org/10.1080/00405849509543675

Ladson-Billings, G. (1995b). But that’s just good teaching! The case for culturally relevant pedagogy. Theory into Practice, 34(3), 159–165. DOI: https://doi.org/10.1080/00405849509543675

Mulyani, S., & Sholeh, A. (2023). Paradigma Pembelajaran Bahasa Arab (Analisis Kontrastif Metode Pembelajaran Konvensional dan Kontemporer). Takuana: Jurnal Pendidikan, Sains, Dan Humaniora, 2(1), 63–75. https://doi.org/10.56113/takuana.v2i1.71 DOI: https://doi.org/10.56113/takuana.v2i1.71

Nugraha, M. T. (2021). Membentuk Karakter Kepemimpinan Pada Peserta Didik Melalui Pendekatan Pembelajaran Deep Learning. Al-Hikmah : Jurnal Pendidikan Dan Pendidikan Agama Islam, 47(4), 124–134. https://doi.org/10.31857/s013116462104007x DOI: https://doi.org/10.31857/S013116462104007X

Setiawan, I., & Mulyati, S. (2020). Pembelajaran Ips Berbasis Kearifan Lokal. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(2), 121. https://doi.org/10.30659/pendas.7.2.121-133 DOI: https://doi.org/10.30659/pendas.7.2.121-133

Suwija, I. N. (2022). Pembelajaran Bahasa Indonesia dan Daerah Sesuai Kurikulum Merdeka Belajar. Sandibasa: Seminar Nasional Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1(1), 122–135. https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/sandibasa/article/view/2007%0Ahttps://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/sandibasa/article/download/2007/1452

Taliwuna, M., Tinggi, S., Yerusalem, T., & Manado, B. (2024). Strategi Pendidikan Moral Dalam Menghadapi Tantangan Digitalisasi Bagi Generasi Z Moral Education Strategy in Dealing with Digitalization Challenges for Generation Z. 3(2), 45–64. https://ejournal.stt-yerusalembaru.ac.id/index.php/SHAMAYIM

Taylor, S. V. dan D. M. S. (2011). Culturally Responsive Pedagogy: Teaching Like Our Students’ Lives Matter (Firstediti). Emerald Group Publishing Limited. DOI: https://doi.org/10.1163/9781780520315

Thomas, J. (1993). Livro - Thomas - Doing Critical Ethnography. SAGE Publications. DOI: https://doi.org/10.4135/9781412983945

Uliyah, A., & Isnawati, Z. (2019). Metode Permainan Edukatif Dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Shaut Al Arabiyyah, 7(1), 31. https://doi.org/10.24252/saa.v1i1.9375 DOI: https://doi.org/10.24252/saa.v1i1.9375

Villegas, A. M. (1991). Culturally Responsive Pedagogy for the 1990s and Beyond. Trends and Issues Paper No. 6. (Issue Trends and Issues Paper).

Wahyudi, T. (2020). Strategi Pendidikan Akhlak Bagi Generasi Muda di Era Disrupsi. TA’LIM : Jurnal Studi Pendidikan Islam, 3(2), 141–161. http://www.e-jurnal.unisda.ac.id/index.php/talim/article/view/1999 DOI: https://doi.org/10.52166/talim.v3i2.1999

Wahyuni, L., Faizi, A., Islahuddin, I., Sohnui, S., & Novitasari, M. (2024). Culturally Responsive Learning : Linguistic Landscape Study of MINHA Tebuireng Jombang, Indonesia. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 10(2). https://doi.org/https://doi.org/10.33394/jk.v10i2.10976 DOI: https://doi.org/10.33394/jk.v10i2.10976

Wati, T., Sari, I. S., & Andriani, O. (2024). Jenis Keragaman Peserta Didik Dalam Pembelajaran. 4(1). DOI: https://doi.org/10.55606/cendikia.v4i1.2353

Widiarti, E., Purwaningsih, D., & Maulida, S. (2024). Analisis Kepercayaan Peserta Didik Dalam Pembelajaran Matematika Menggunakan Model Pbl Terintegrasi Pendekatan CRT. Prosiding Seminar Nasional Program Profesi Guru, 2, 65–70. https://semnas.upstegal.ac.id/index.php/semnasppg/article/view/892

Zhu, C., Chen, L., Ou, L., Geng, Q., Jiang, W., Lv, X., Wu, X., Ci, H., Liu, Q., Yao, Y., Pentadbiran, P., Persekutuan, K., Kami, R., Ketua, S., Kementerian, S., Persekutuan, J., Pentadbiran, S., Kerajaan, S., Berkanun, B., … Flynn, D. (2019). No Titleกระบวนการสื่อสารกับการยอมรับปรัชญาเศรษฐกิจพอเพียงของเกษตรกร ในจังหวัดเชียงใหม่. Αγαη, 8(2), 2019. https://doi.org/10.22201/fq.18708404e.2004.3.66178 DOI: https://doi.org/10.22201/fq.18708404e.2004.3.66178

Published

2025-01-18

How to Cite

Muhammad Binur Huda, Ahmad Faizi, Bagus Bayu Saputra, & Dzarna, D. (2025). Studi Komparatif Strategi Pembelajaran Inovatif: CRL., TaRL., dan DL. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 11(1), 563–573. https://doi.org/10.30605/onoma.v11i1.5236

Issue

Section

Articles

Categories