Indoglish: Mencermati Fenomena Sosiolinguistik di Era Media Sosial Melalui Konten Facebook

Indoglish

https://doi.org/10.30605/onoma.v11i2.5494

Authors

  • Ratni Bantuu Universitas Sam Ratulangi Manado
  • Djeinnie Imbang Universitas Sam Ratulangi
  • Golda Juliet Tulung Universitas Sam Ratulangi

Keywords:

Sosiolinguistik, Indoglish, Konten FB

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendokumentasikan bentuk-bentuk Indoglish dari tingkat linguistik, mendeskripsikan proses terbentuknya Indoglish, serta menjelaskan alasan penggunaan Indoglish oleh pembuat konten Facebook dengan nama akun Pita’slife”. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dan menyajikan hasilnya dalam bentuk uraian verbal. Data diperoleh dari konten video yang diunggah oleh akun “Pita’slife” dalam Facebook. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan pencatatan. Analisis data mencakup tiga tahapan, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan terdapat 45 data Indoglish dalam konten FB Pita’slife yang dibatasi empat konten video. Klasifikasi data berdasarkan konsep Oktavia (2019), di mana Indoglish dapat dilihat dari dua unsur, yaitu unsur Indonesia dalam bahasa Inggris dan unsur bahasa Inggris dalam bahasa Indonesia. Berdasarkan data primer penelitian, alasan dibalik penggunaan Indoglish dalam konten FB “Pita’slife” yaitu: (1) menjaga koneksi dengan audiens lokal, (2) mempertahankan identitas budaya, (3) menarik perhatian audiens Indonesia dan memperluas jangkauan, serta (4) mempermudah komunikasi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dahniar, A. & Sulistyawati, R. (2023). Analisis Campur Kode Pada Tiktok Podcast Kesel

Aje Dan Dampaknya Terhadap Eksistensi Berbahasa Anak Milenial: Kajian Sosiolinguistik. ENGGANG: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, Dan Budaya, 3(2), 55–65. https://doi.org/10.37304/enggang.v3i2.8988 DOI: https://doi.org/10.37304/enggang.v3i2.8988

Hambali, A. (2023). Analisis Bahasa Indoglish Dalam Instagram Pada Generasi Z Di Kabupaten Sragen. Seminar Internasional Riksa Bahasa, 15-25.

Handayani, F. & Amelia, M. (2022). Indoglish As A Sociolinguistic Phenomenon: A Case Study At English Departments Ummy Solok. Journal of English Language Learning (JELL), 6 (1), 53-61. https://doi.org/10.31949/jell.v6i1.2448 DOI: https://doi.org/10.31949/jell.v6i1.2448

Khotimah, K., Pribadi, F., Mintowati, & Ahmadi, A. (2020). Indoglish in Social Media Platforms and Its Significance as a National Language Planning Material Study of Language Attitudes of Young Generation in the Digital Age. Proceedings of the International Joint Conference on Arts and Humanities (IJCAH), 491, 998-1007. Atlantis Press. https://doi.org/10.2991/assehr.k.201201.168 DOI: https://doi.org/10.2991/assehr.k.201201.168

Mahsun. (2017). Metode Penelitian Bahasa: Tahapan Strategi, Metode, dan Tekniknya. Rajawali Pers.

Oktavia, W. (2019). Eskalasi bahasa indoglish dalam ruang publik media sosial. Diglosia:Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 2(2), 83-92. https://doi.org/10.30872/diglosia.v2i2.20 DOI: https://doi.org/10.30872/diglosia.v2i2.20

Sedeng, N. & Indrawati, N. L. K. M. (2019). The Use of Indoglish in Faculty of Arts, Udayana University-Bali. Journal of A Sustainable GlobalSouth, 3 (1), 23-27. DOI: https://doi.org/10.24843/jsgs.2019.v03.i01.p04

Sudewi, N. K. P. N, Muhlisin, & Ardiyati, SM. (2023). Indoglish as A Sociolinguistic Phenomenon: The Power of Language In the 4.0 Era. JISHUM (Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora), 1 (3), 407-416. https://doi.org/10.57248/jishum.v1i3.93 DOI: https://doi.org/10.57248/jishum.v1i3.93

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Wijana, I. D. P. 2021. Pengantar Sosiolinguistik. Gadjah Mada University press.

Wijaya, A. D., & Bram, B. (2021). A Sociolinguistic Analysis Of Indoglish Phenomenon In South Jakarta. PROJECT (Professional Journal of English Education). 4 (4), 672-684. DOI: https://doi.org/10.22460/project.v4i4.p672-684

Published

2025-05-02

How to Cite

Bantuu, R., Djeinnie Imbang, & Golda Juliet Tulung. (2025). Indoglish: Mencermati Fenomena Sosiolinguistik di Era Media Sosial Melalui Konten Facebook: Indoglish. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 11(2), 2125–2135. https://doi.org/10.30605/onoma.v11i2.5494

Issue

Section

Articles

Categories