Analisis Kesalahan Penggunaan Ejaan dalam Penulisan Teks Narasi Siswa Kelas VI Sekolah Dasar
https://doi.org/10.30605/onoma.v11i2.5516
Keywords:
Analisis, Kesalahan, Ejaan, Narasi, MenulisAbstract
Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan kesalahan penggunaan ejaan dalam karangan narasi serta (2) mengetahui penyebab kesalahan penggunaan ejaan dalam karangan narasi siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus dimana data dikumpulkan dengan wawancara dengan subjek guru dan siswa kelas VI SDN Ngijo 02 dan objek penelitian dari hasil analisis teks narasi siswa. Penelitian ini menggunakan instrumen pengumpulan data berupa peneliti sendiri, peserta didik, serta wali kelas SDN Ngijo 02 untuk mendapatkan data melalui dokumentasi serta wawancara Penelitian ini menggunakan teknik analisis data berupa melakukan pengumpulan data, reduksi data, menyajikan data serta menarik kesimpulan dan juga menggunakan kebasahan data berupa triangulasi data dan sumber, diskusi dengan teman sejawat serta menggunakan teknik pembacaan berulang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat kesalahan dalam penggunaan ejaan pada kesalahan penggunaan huruf sebanyak 86%, kesalahan dalam penulisan kata sebanyak 86%, kesalahan penggunaan tanda baca sebanyak 86%, serta kesalahan penggunaan unsur serapan sebanyak 13% dan juga penelitian ini menemukan faktor-faktor yang menjadi penyebab siswa salah dalam menggunakan ejaan saat menulis. Disimpulkan bahwa masih terdapat siswa yang kesulitan menulis dengan memperhatikan ejaan dan juga terdapat beberapa faktor yang mempengaruhinya yakni faktor internal dan faktor eksternal, serta terdapat cara untuk memperbaiki tulisan siswa seperti menggunakan strategi SAMT yang dapat menjadi solusi untuk mengembangkan materi pembelajaran khususnya dalam menulis dengan memperhatikan kaidah kebahasaan dan ejaan yang berlaku.
Downloads
References
Anggraini, L. W., & Rahmawati, L. E. (2023). Peningkatan literasi membaca dan menulis bagi siswa sekolah dasar melalui kegiatan lakusi (latihan khusus literasi). Jurnal Ilmiah Kampus Mengajar, 60-70. DOI: https://doi.org/10.56972/jikm.v3i1.57
Arikunto, Suharsimi. 2019. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Arisandi, N., Halidjah, S., & Suparjan, S. (2022). Deskripsi Kesalahan Berbahasa Pada Karangan Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri 17 Pontianak Kota. Jurnal Elementary: Kajian Teori dan Hasil Penulisan Pendidikan Sekolah Dasar, 5(2), 105-110. DOI: https://doi.org/10.31764/elementary.v5i2.7874
Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. Ejaan Yang Disempurnakan Edisi Kelima. https://ejaan.kemdikbud.go.id/ diakses pada 12 Juni 2024
Bracewell, R. J. (2020). Investigating the control of writing skills. In Reading Empirical Research Studies (pp. 436-463). Routledge. DOI: https://doi.org/10.4324/9781315044620-49
Finoza, L. (2019). Komposisi bahasa Indonesia untuk mahasiswa non jurusan Bahasa.
Fitrah, M. (2018). Metodologi penelitian: penelitian kualitatif, tindakan kelas & studi kasus. CV Jejak (Jejak Publisher).
Gaol, T. L. (2021). Analisis Penggunaan Ejaan (Penulisan Kata) di Internet. In Prosiding Seminar Nasional Linguistik dan Sastra (SEMANTIKS) (Vol. 3, pp. 88-95).
Hasrianti, A. (2021). Analisis kesalahan penggunaan tanda baca dalam karangan peserta didik. Jurnal Onoma: Pendidikan, bahasa, dan sastra, 7(1), 213-222. DOI: https://doi.org/10.30605/onoma.v7i1.618
Hartinah, H., & Abdullah, S. I. (2019). Pengaruh minat baca dan persepsi atas perpustakaan sekolah terhadap keterampilan menulis narasi. Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 1(02), 127-135. DOI: https://doi.org/10.30998/diskursus.v1i02.5289
Haryanti, A. S. (2019). Kesalahan Penggunaan Huruf Kapital Pada Karangan Deskripsi Terhadap Kemampuan Menulis Mahasiswauniversitas Indraprasta Pgri. KREDO: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra, 2(2), 351-367. DOI: https://doi.org/10.24176/kredo.v2i2.3047
Kim, Y. S. G. (2024). Writing fluency: Its relations with language, cognitive, and transcription skills, and writing quality using longitudinal data from kindergarten to grade 2. Journal of educational psychology, 116(4), 590. DOI: https://doi.org/10.1037/edu0000841
Kolhar, M., Kazi, R. N. A., & Alameen, A. (2021). Effect of social media use on learning, social interactions, and sleep duration among university students. Saudi journal of biological sciences, 28(4), 2216-2222. DOI: https://doi.org/10.1016/j.sjbs.2021.01.010
Healey, B. (2025). Teaching an embodied thinking process for narrative writing ‘with grammar in mind’: an analysis of writing conferences and teacher talk. Literacy Research and Instruction, 64(2), 203-228. DOI: https://doi.org/10.1080/19388071.2024.2345898
Lopez-Escribano, C., Martin-Babarro, J., & Perez-Lopez, R. (2022). Promoting handwriting fluency for preschool and elementary-age students: Meta-analysis and meta-synthesis of research from 2000 to 2020. Frontiers in psychology, 13, 841573. DOI: https://doi.org/10.3389/fpsyg.2022.841573
Mappasere, S. A., & Suyuti, N. (2019). Pengertian Penulisan Pendekatan Kualitatif. Metode Penulisan Sosial, 33.
Mekarisce, A. A. (2020). Teknik pemeriksaan keabsahan data pada penelitian kualitatif di bidang kesehatan masyarakat. Jurnal Ilmiah Kesehatan Masyarakat: Media Komunikasi Komunitas Kesehatan Masyarakat, 12(3), 145-151. DOI: https://doi.org/10.52022/jikm.v12i3.102
Moleong, Lexy J. (2017). "Metodologi Penulisan Kualitatif." Edisi Revisi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Muliawanti, S. F., Amalian, A. R., Nurasiah, I., Hayati, E., & Taslim, T. (2022). Analisis Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas Iii Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(3), 860-869. DOI: https://doi.org/10.31949/jcp.v8i3.2605
Muslim, P. Y. C., & Siregar, R. A. (2022). Keterampilan Menulis DOI: https://doi.org/10.31219/osf.io/usdct
Purwo, A. (2019). Analisis Kesalahan Ejaan dalam Karangan Siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas III SDN 2 Mojoarum Kecamatan Gondang Kabupaten Tulungagung Tahun Ajaran 2018/2019. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Sekolah Dasar, 5(1), 01-07.
Prayitno, J. E., Rukayah, R., & Daryanto, J. (2021). Analisis kesalahan penggunaan ejaan bahasa Indonesia pada teks karangan narasi peserta didik kelas v SD. Didaktika Dwija Indria, 9(1). DOI: https://doi.org/10.20961/ddi.v9i1.49033
Rand, M. K., & Morrow, L. M. (2021). The contribution of play experiences in early literacy: Expanding the science of reading. Reading Research Quarterly, 56, S239-S248. DOI: https://doi.org/10.1002/rrq.383
Rini, R. M., & Wardana, D. (2023). Analisis Keterampilan Menulis Karangan Narasi Berdasarkan Pengalaman Pribadi Siswa Kelas 5 Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 3179-3183.
Sugiarto, E. (2023). Kitab Eyd Edisi V Terlengkap & Terbaru. Penerbit Andi.
Sugiyono, P. D. (2019). metode penelitian pendidikan (kuantitatif, kualitatif, kombinasi, R&D dan penelitian pendidikan). Metode Penelitian Pendidikan, 67, 18.
Tarigan, H. G. (2013). Menulis Sebagai Uatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Thomas, D. P., Hopwood, B., Hatisaru, V., & Hicks, D. (2024). Gender differences in reading and numeracy achievement across the school years. The Australian Educational Researcher, 51(1), 41-66. DOI: https://doi.org/10.1007/s13384-022-00583-8
Wati, S. H., & Sudigdo, A. (2019, April). Keterampilan Menulis Karangan Narasi Sejarah Melalui Model Pembelajaran Mind Mapping Bagi Siswa Sekolah Dasar. In Prosiding Seminar Nasional PGSD UST (Vol. 1).
Wiranti, D. A. (2022). Analisis Kesalahan Ejaan Dalam Penulisan Karangan Deskripsi Siswa Kelas Iv Sd 04 Besito Kudus. Jurnal Prasasti Ilmu, 2(3), 127-132. DOI: https://doi.org/10.24176/jpi.v2i3.8643
Yunita, D. A., Sugono, D., & Suendarti, M. (2021). Kesalahan Penggunaan Tanda Baca dan Kosakata dalam Penulisan Karangan Deskripsi. Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 3(02), 121-129. DOI: https://doi.org/10.30998/diskursus.v3i02.7494
Ziliwu, T., Laiya, R. E., & Fau, H. S. (2022). Analisis Kesalahan Pilihan Kata Pada Surat Resmi Yang Ditulis Siswa Kelas X Smk Swasta Bnkp Daro-Daro. Kohesi: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 2(2), 1-10. DOI: https://doi.org/10.57094/kohesi.v2i2.422
Downloads
Published
How to Cite
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with Onoma Journal: Education, Languages??, and Literature agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.