Analisis Kesalahan Penggunaan Ejaan dalam Penulisan Teks Narasi Siswa Kelas VI Sekolah Dasar

https://doi.org/10.30605/onoma.v11i2.5516

Authors

  • Hanung Hanindhito Universitas Negeri Semarang
  • Andarini Permata Cahyaningtyas Universitas Negeri Semarang

Keywords:

Analisis, Kesalahan, Ejaan, Narasi, Menulis

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan kesalahan penggunaan ejaan dalam karangan narasi serta (2) mengetahui penyebab kesalahan penggunaan ejaan dalam karangan narasi siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus dimana data dikumpulkan dengan wawancara dengan subjek guru dan siswa kelas VI SDN Ngijo 02 dan objek penelitian dari hasil analisis teks narasi siswa. Penelitian ini menggunakan instrumen pengumpulan data berupa peneliti sendiri, peserta didik, serta wali kelas SDN Ngijo 02 untuk mendapatkan data melalui dokumentasi serta wawancara  Penelitian ini menggunakan teknik analisis data berupa melakukan pengumpulan data, reduksi data, menyajikan data serta menarik kesimpulan dan juga menggunakan kebasahan data berupa triangulasi data dan sumber, diskusi dengan teman sejawat serta menggunakan teknik pembacaan berulang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat kesalahan dalam penggunaan ejaan pada kesalahan penggunaan huruf sebanyak 86%, kesalahan dalam penulisan kata sebanyak 86%, kesalahan penggunaan tanda baca sebanyak 86%, serta kesalahan penggunaan unsur serapan sebanyak 13% dan juga penelitian ini menemukan faktor-faktor yang menjadi penyebab siswa salah dalam menggunakan ejaan saat menulis. Disimpulkan bahwa masih terdapat siswa yang kesulitan menulis dengan memperhatikan ejaan dan juga terdapat beberapa faktor yang mempengaruhinya yakni faktor internal dan faktor eksternal, serta terdapat cara untuk memperbaiki tulisan siswa seperti menggunakan strategi SAMT yang dapat menjadi solusi untuk mengembangkan materi pembelajaran khususnya dalam menulis dengan memperhatikan kaidah kebahasaan dan ejaan yang berlaku.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggraini, L. W., & Rahmawati, L. E. (2023). Peningkatan literasi membaca dan menulis bagi siswa sekolah dasar melalui kegiatan lakusi (latihan khusus literasi). Jurnal Ilmiah Kampus Mengajar, 60-70. DOI: https://doi.org/10.56972/jikm.v3i1.57

Arikunto, Suharsimi. 2019. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arisandi, N., Halidjah, S., & Suparjan, S. (2022). Deskripsi Kesalahan Berbahasa Pada Karangan Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri 17 Pontianak Kota. Jurnal Elementary: Kajian Teori dan Hasil Penulisan Pendidikan Sekolah Dasar, 5(2), 105-110. DOI: https://doi.org/10.31764/elementary.v5i2.7874

Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. Ejaan Yang Disempurnakan Edisi Kelima. https://ejaan.kemdikbud.go.id/ diakses pada 12 Juni 2024

Bracewell, R. J. (2020). Investigating the control of writing skills. In Reading Empirical Research Studies (pp. 436-463). Routledge. DOI: https://doi.org/10.4324/9781315044620-49

Finoza, L. (2019). Komposisi bahasa Indonesia untuk mahasiswa non jurusan Bahasa.

Fitrah, M. (2018). Metodologi penelitian: penelitian kualitatif, tindakan kelas & studi kasus. CV Jejak (Jejak Publisher).

Gaol, T. L. (2021). Analisis Penggunaan Ejaan (Penulisan Kata) di Internet. In Prosiding Seminar Nasional Linguistik dan Sastra (SEMANTIKS) (Vol. 3, pp. 88-95).

Hasrianti, A. (2021). Analisis kesalahan penggunaan tanda baca dalam karangan peserta didik. Jurnal Onoma: Pendidikan, bahasa, dan sastra, 7(1), 213-222. DOI: https://doi.org/10.30605/onoma.v7i1.618

Hartinah, H., & Abdullah, S. I. (2019). Pengaruh minat baca dan persepsi atas perpustakaan sekolah terhadap keterampilan menulis narasi. Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 1(02), 127-135. DOI: https://doi.org/10.30998/diskursus.v1i02.5289

Haryanti, A. S. (2019). Kesalahan Penggunaan Huruf Kapital Pada Karangan Deskripsi Terhadap Kemampuan Menulis Mahasiswauniversitas Indraprasta Pgri. KREDO: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra, 2(2), 351-367. DOI: https://doi.org/10.24176/kredo.v2i2.3047

Kim, Y. S. G. (2024). Writing fluency: Its relations with language, cognitive, and transcription skills, and writing quality using longitudinal data from kindergarten to grade 2. Journal of educational psychology, 116(4), 590. DOI: https://doi.org/10.1037/edu0000841

Kolhar, M., Kazi, R. N. A., & Alameen, A. (2021). Effect of social media use on learning, social interactions, and sleep duration among university students. Saudi journal of biological sciences, 28(4), 2216-2222. DOI: https://doi.org/10.1016/j.sjbs.2021.01.010

Healey, B. (2025). Teaching an embodied thinking process for narrative writing ‘with grammar in mind’: an analysis of writing conferences and teacher talk. Literacy Research and Instruction, 64(2), 203-228. DOI: https://doi.org/10.1080/19388071.2024.2345898

Lopez-Escribano, C., Martin-Babarro, J., & Perez-Lopez, R. (2022). Promoting handwriting fluency for preschool and elementary-age students: Meta-analysis and meta-synthesis of research from 2000 to 2020. Frontiers in psychology, 13, 841573. DOI: https://doi.org/10.3389/fpsyg.2022.841573

Mappasere, S. A., & Suyuti, N. (2019). Pengertian Penulisan Pendekatan Kualitatif. Metode Penulisan Sosial, 33.

Mekarisce, A. A. (2020). Teknik pemeriksaan keabsahan data pada penelitian kualitatif di bidang kesehatan masyarakat. Jurnal Ilmiah Kesehatan Masyarakat: Media Komunikasi Komunitas Kesehatan Masyarakat, 12(3), 145-151. DOI: https://doi.org/10.52022/jikm.v12i3.102

Moleong, Lexy J. (2017). "Metodologi Penulisan Kualitatif." Edisi Revisi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Muliawanti, S. F., Amalian, A. R., Nurasiah, I., Hayati, E., & Taslim, T. (2022). Analisis Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas Iii Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(3), 860-869. DOI: https://doi.org/10.31949/jcp.v8i3.2605

Muslim, P. Y. C., & Siregar, R. A. (2022). Keterampilan Menulis DOI: https://doi.org/10.31219/osf.io/usdct

Purwo, A. (2019). Analisis Kesalahan Ejaan dalam Karangan Siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas III SDN 2 Mojoarum Kecamatan Gondang Kabupaten Tulungagung Tahun Ajaran 2018/2019. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Sekolah Dasar, 5(1), 01-07.

Prayitno, J. E., Rukayah, R., & Daryanto, J. (2021). Analisis kesalahan penggunaan ejaan bahasa Indonesia pada teks karangan narasi peserta didik kelas v SD. Didaktika Dwija Indria, 9(1). DOI: https://doi.org/10.20961/ddi.v9i1.49033

Rand, M. K., & Morrow, L. M. (2021). The contribution of play experiences in early literacy: Expanding the science of reading. Reading Research Quarterly, 56, S239-S248. DOI: https://doi.org/10.1002/rrq.383

Rini, R. M., & Wardana, D. (2023). Analisis Keterampilan Menulis Karangan Narasi Berdasarkan Pengalaman Pribadi Siswa Kelas 5 Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 3179-3183.

Sugiarto, E. (2023). Kitab Eyd Edisi V Terlengkap & Terbaru. Penerbit Andi.

Sugiyono, P. D. (2019). metode penelitian pendidikan (kuantitatif, kualitatif, kombinasi, R&D dan penelitian pendidikan). Metode Penelitian Pendidikan, 67, 18.

Tarigan, H. G. (2013). Menulis Sebagai Uatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Thomas, D. P., Hopwood, B., Hatisaru, V., & Hicks, D. (2024). Gender differences in reading and numeracy achievement across the school years. The Australian Educational Researcher, 51(1), 41-66. DOI: https://doi.org/10.1007/s13384-022-00583-8

Wati, S. H., & Sudigdo, A. (2019, April). Keterampilan Menulis Karangan Narasi Sejarah Melalui Model Pembelajaran Mind Mapping Bagi Siswa Sekolah Dasar. In Prosiding Seminar Nasional PGSD UST (Vol. 1).

Wiranti, D. A. (2022). Analisis Kesalahan Ejaan Dalam Penulisan Karangan Deskripsi Siswa Kelas Iv Sd 04 Besito Kudus. Jurnal Prasasti Ilmu, 2(3), 127-132. DOI: https://doi.org/10.24176/jpi.v2i3.8643

Yunita, D. A., Sugono, D., & Suendarti, M. (2021). Kesalahan Penggunaan Tanda Baca dan Kosakata dalam Penulisan Karangan Deskripsi. Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 3(02), 121-129. DOI: https://doi.org/10.30998/diskursus.v3i02.7494

Ziliwu, T., Laiya, R. E., & Fau, H. S. (2022). Analisis Kesalahan Pilihan Kata Pada Surat Resmi Yang Ditulis Siswa Kelas X Smk Swasta Bnkp Daro-Daro. Kohesi: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 2(2), 1-10. DOI: https://doi.org/10.57094/kohesi.v2i2.422

Published

2025-05-07

How to Cite

Hanung Hanindhito, & Andarini Permata Cahyaningtyas. (2025). Analisis Kesalahan Penggunaan Ejaan dalam Penulisan Teks Narasi Siswa Kelas VI Sekolah Dasar. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 11(2), 2185–2202. https://doi.org/10.30605/onoma.v11i2.5516

Issue

Section

Articles

Categories